Tteokbokki Terenak di Jakarta, Sudah Pernah Coba Belum?

Konten [Tampil]
Source: Happyfresh.id

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tteokbokki 'kan? Kue beras yang berasal dari Korea ini sudah sangat mendunia. Sekarang, kalian bisa menikmati tteokbokki enak di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya adalah tteokbokki terenak di Jakarta. 

Selain bisa menikmati kue beras ini di restoran Korea, kalian juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Ada banyak resep tteokbokki bertebaran di internet. 

Sejarah Tteokbokki

Ngomong-ngomong soal tteokbokki, aku mau nanya nih, kalian tau nggak sejarah dari kue beras berbumbu ini? Kalau belum, langsung saja check it out! 

Dalam sebuah buku yang bernama "Siui Jeongseo", disebutkan bahwa tteokbokki pertama kali muncul di era terakhir Dinasti Joseon. Namun, ada yang menduga jika eksistensi tteokbokki lebih panjang dari itu. Karena faktanya, kue beras atau tteok, bahan utama dari hidangan ini telah diproduksi sebelum adanya Tiga Kerajaan. 

Tteokbokki juga disebutkan dalam catatan medis yang berjudul "Shingnyo Chanyo" yang ditulis Jeon Sunui yang merupakan seorang tabib pada era Joseon. Lalu, apa sih hubungannya dengan tteokbokki? Buku ini adalah buku yang berisi penyembuhan melalui makanan, dan tteokbokki termasuk didalamnya. 

Dalam dua dekade terakhir ini, terdapat upaya mengubah tteokbokki dari jajanan pinggir jalan menjadi waralaba. Hal ini dikarenakan permintaan terhadap makanan ini cukup tinggi diantara orang-orang Korea. 

Bersamaan dengan upaya itu, budaya KPop mulai mendunia. Hal ini juga berdampak pada makanannya, Keys. Termasuk tteokbokki yang dinilai memiliki rasa yang cocok dengan lidah banyak orang. 
Sejarah Tteokbokki
Source: ProSehat

Ada yang menarik nih. Pemerintahan Korea sampai mendirikan Laboratorium Tteokbokki pada tahun 2009 loh. Untuk apa sih? Pendirian laboratorium ini bertujuan untuk menduniakan jajanan street food ini. 

Dengan melakukan riset pasar, pengembangan saus, metode memasak agar lebih sesuai dengan preferensi masak dari berbagai negara, hingga melakukan riset terhadap jenis kue beras. Bahkan lembaga ini memberikan ejaan khusus yakni "Topokki" agar lebih ramah dengan pasar internasional. 

Daftar Tteokbokki Terenak di Jakarta

Setelah mengetahui sejarah dari makanan Korea populer ini, saatnya kita membahas tentang daftar tempat tteokbokki terenak yang ada di Jakarta. Apa saja? 

1. Reddog

Reddog memiliki menu andalan tteokbokki. Selain itu, mereka juga memiliki menu lain yang terkenal, yakni hotteok. Ada banyak pilihan rasa, diantaranya adalah sosis, mozarella, dan juga original. Minuman yang bisa kalian beli disini adalah air putih dan oksusucha. 

Jam buka dari kedai ini mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam. Harga yang ditawarkan berkisar antara 8 ribu sampai 120 ribu. Lokasinya sendiri berada di Jalan Letjen S. Parman Nomor Kavling 21, Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. 

2. Chung Gi Wa Terrace

Tempat yang kedua, adalah Chung Gi Wa Terrace. Di tempat ini, kalian bisa menemukan berbagai street food Korea. Salah satunya adalah tteokbokki. Jajanan lain yang bisa kalian temukan disini adalah odeng, ramen, gimnari, dan juga kimbab. Untuk minuman disediakan tiga pilihan jus. Yakni jus kiwi, jus jeruk, dan juga jus strawberry. 

Harga makanan disini berkisar 10 sampai 42 ribu. Jam operasionalnya mulai pukul 10 pagi sampai 10 malam. Alamatnya berada di PIK Avenue Lantai 1 Unit E7, Jalan Pantai Indah Kapuk Boulevard, Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

3. Mujigae

Mujigae ini adalah salah satu restoran Korea yang sudah membuka cabang dimana-mana. Mereka menyediakan tteokbokki yang dipadukan dengan sosis dan juga ayam. Selain itu, ada juga bibimbap, sundubu jjigae, dan juga galbitang. Sedangkan minumannya ada patbingsoo, aneka teh, dan juga lemonade. 

Kisaran harga disini mulai dari 13 ribu sampai 60 ribu. Jam buka mulai pukul 11 pagi sampai 9 malam. Alamatnya berada di Plaza Atrium Senen, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. 

4. Born Ga

Born ga resto
Source: Ivy's Life
Kalian ingin mencari restoran yang menjual makanan premium? Born Ga adalah jawabannya. Kalian bisa memilih tteokbokki dengan topping seafood. Enak 'kan? Selain itu, ada dua varian tteokbokki disini. Yakni spicy tteokbokki yang pedasnya nampol, dan juga soy sauce tteokbokki yang rasanya lebih gurih. 

Ada olahan babi juga yang bisa jadi pilihan untuk kalian yang mengkonsumsinya. Waralaba satu ini beralamat di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 24, Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Buka mulai pukul 11.30 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Kisaran harganya dari 38 ribu sampai 450 ribu. 

5. Mu Gung Hwa

Sebenarnya, Mu Gung Hwa adalah supermarket bahan masakan Korea yang lantai dua nya dijadikan sebuah restoran. Kalian bisa menikmati berbagai masakan Korea disini. Seperti tteokbokki, rabokki, tteok ramyeon, dan juga sundae. 

Kisaran harga di Mu Gung Hwa ini mulai dari 4 ribu sampai 65 ribu rupiah. Cukup terjangkau, ya? Alamatnya berada di Jalan Senayan Nomor 43, Kelurahan Rawa Baru, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

6. Omija

Jika kalian ingin mencari restoran dengan berbagai rasa, kalian bisa berkunjung ke Omija. Diantaranya adalah rapokki dan tteokbokki keju. Selain aneka tteokbokki, ada ayam goreng keju, dosirak, ramen, dan juga stik ayam. 

Resto ini terletak di Blok M Plaza Ground Floor, Jalan Bulungan Nomor 67, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Buka mulai pukul 11 pagi sampai pukul 9 malam. 

Itulah sejarah dan juga deretan resto tteokbokki terenak di Jakarta. Apa kalian sudah pernah kesini? 

Sumber: IDN Times, qraved.com

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.