Korean Stuff

Restoran Korea di Surabaya, Pastinya Halal Untuk K-Popers Muslim

Restoran Korea di Surabaya, Pastinya Halal Untuk K-Popers Muslim

Adanya demam Korea di Indonesia, membuat banyak pengusaha restoran yang membuka restoran Korea. Restoran Korea ini banyak ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya, restoran Korea di Surabaya.

Deretan Restoran Korea di Surabaya yang Pastinya Halal

Walaupun Korea dikenal sebagai negara dengan mayoritas nonmuslim, tapi mereka juga punya banyak makanan halal. Di Indonesia, termasuk di Surabaya, banyak restoran Korea yang menyediakan makanan halal. Yang tentunya bisa dikonsumsi oleh umat Islam. Jadi buat kalian para K-Popers muslim, kalian bisa menikmati masakan Korea tanpa khawatir di beberapa restoran Korea di Surabaya ini.

1. Kimchi Go

Restoran Korea di Surabaya, Pastinya Halal Untuk K-Popers Muslim

Salah satu restoran Korea di Surabaya yang cukup populer adalah Kimchi Go. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang karena namanya yang mudah diingat. Nama restoran ini diambil dari nama masakan korea yang sangat populer, yakni kimchi.

Restoran ini berlokasi di Galaxy Mall, Surabaya. Kimchi Go menyediakan beragam menu Korea yang halal. Bahkan restoran ini bisa menjadi pilihan tempat berbuka puasa pada saat bulan Ramadhan.

2. Ahjumma Kitchen

Restoran Korea di Surabaya, Pastinya Halal Untuk K-Popers Muslim

Restoran Korea halal yang akan kita bahas berikutnya adalah Ahjumma Kitchen. Restoran ini terletak di Graha Famili, Pradahkalikendal, Dukuh Pakis, Surabaya. Restoran ini menyajikan beragam makanan dan minuman. Mulai dari kalguksu, jajangmyeon, hingga jjampong.

Untuk minumannya sendiri, kita bisa menikmati teh, kopi, hingga bingsu. Restoran ini mempunyai ruangan indoor dan juga outdoor. Tak heran jika Ahjumma Kitchen selalu ramai dikunjungi. 

Ahjumma Kitchen nggak hanya menyediakan menu halal. Jadi, restoran ini juga bisa menjadi pilihan bagi kalian yang mengkonsumsi pork atau daging babi. Salah satu pork special menu disini adalah Spicy Pork. 

3. Nam Heong

Restoran Korea di Surabaya, Pastinya Halal Untuk K-Popers Muslim

Restoran yang akan kita bahas berikutnya adalah Nam Heong. Bagi kalian pecinta sayuran, restoran ini menyediakan makanan Korea yang berbahan dasar sayuran. Seperti Spinach with Egg White Sauce.

Tidak hanya sayur, restoran ini juga menyediakan menu berbahan dasar daging, pilihannya pun banyak. Restoran ini terletak di Pakuwon Mall, Surabaya.

4. D’Jang Gem

D’Jang Gem adalah satu dari banyaknya restoran Korea yang ada di Surabaya. Tentunya juga restoran yang menyediakan makanan halal Korea. Restoran yang terletak di kecamatan Sukomanunggal, kota Surabaya ini merupakan restoran keluarga.

Restoran ini bisa dimanfatkan untuk acara family gathering. Pilihan menu di restoran ini pun bervariasi. Mulai dari ayam, sayuran, steak, hingga makanan Korea yang berbau seafood.

5. Myoung Ga

Restoran Korea di Surabaya, Pastinya Halal Untuk K-Popers Muslim

Myoung Ga merupakan restoran halal Korea pertama di Surabaya. Restoran yang terletak di Dukuh Pakis, Surabaya ini mempunyai menu favorit yakni Bite Sized Fried Chicken. Hampir semua makanan yang di sajikan di restoran ini sangat menggugah selera dan sangat lezat.

6. Mujigae

Restoran Korea di Surabaya, Pastinya Halal Untuk K-Popers Muslim

Restoran halal Korea di Surabaya lainnya yakni Mujigae. Restoran ini cukup menarik karena sebutannya, yaitu casual Korean food. Restoran ini sudah memiliki sertifikat halal untuk  semua makanannya.

Menu yang tersedia pun beragam mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Tempat makan halal ini terletak di daerah Rungkut Menanggal, Surabaya.

7. Gojumong

Restoran Korea di Surabaya, Pastinya Halal Untuk K-Popers Muslim

Satu lagi restoran yang terletak di Dukuh Pakis, Surabaya. Gojumong namanya. Restoran ini mempunyai desain yang memukau. Desain warna kecoklatan yang mendominasi restoran ini semakin memukau dengan pajangan lukisan di dinding restoran.

Selain itu, restoran ini juga memiliki pilihan makanan yang beragam. Mulai dari kimbab, kimchi jjigae, hingga paket grill juga tersedia di restoran ini.

Tips Memilih Restoran Korea Halal

Korea Selatan adalah negara dengan jumlah penduduk muslim yang sedikit. Karenanya, banyak sekali makanan khas Korea yang tidak boleh dimakan oleh umat Islam. Konsumsi babi disana juga termasuk tinggi. 

Ada sebagian orang yang khawatir untuk memilih restoran Korea sebagai pilihan tempat makan mereka. Namun, sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi nih. Korean Stuff akan menghadirkan tips memilih restoran Korea yang halal bagi kalian seorang muslim. 

1.  Pilih Restoran yang Mencantumkan Logo Halal

Cara yang paaaling mudah saat mencari restoran atau produk halal adalah dengan melihat apakah tercantum logo halal dalam restoran dan produk tersebut atau tidak. Beberapa restoran Korea sudah ada yang mencantumkan logo halal. 

Tapi, ada juga beberapa restoran yang tidak mencantumkan logo halal karena beberapa alasan. Salah satunya adalah sertifikasi halal yang mahal harganya. Untuk produk, kalian bisa check and recheck dulu apakah ada logo halal atau tidak.

Logonya berupa gambar masjid berwarna hijau dengan tulisan 'Halal' berwarna putih. Menurut importir makanan Korea, dalam instagramnya @jeomsimid menyebutkan jika suatu produk tidak terdapat logo halalnya, berarti memang makanan tersebut tidak halal. 

2.  Komposisi Makanan

Cara kedua yaitu dengan melihat komposisi makanan. Komposisi makanan yang paling jelas untuk dihindari adalah pork atau babi, dan lard atau lemak babi. Pastikan juga tidak ada tulisan 돼지 고기 (dwaeji gogi) atau yang berarti daging babi.

Sebisa mungkin pahami dalam bahasa aslinya, bukan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.  Hindari juga kata sul atau alkohol dan juga donji atau lemak babi. Hindari juga produk berbahan gelatin. Karena rata-rata produk gelatin Korea berasal dari gelatin babi.

3.  Pastikan dengan Aplikasi Halal

Di zaman serba canggih ini bukan tidak mungkin seseorang tidak bisa melacak halal tidaknya suatu produk. Banyak aplikasi yang menyediakan layanan tersebut. Begitupun untuk melacak kehalalan sebuah restoran. Ada beberapa aplikasi yang sudah mendukung layanan ini.

Nah, itulah deretan restoran Korea di Surabaya yang pastinya halal bagi kalian para K-Popers muslim. Apa kalian sudah mengunjungi restoran-restoran ini? Khususnya arek-arek Suroboyo, nih. 

Sumber: dijelas.in, gotravelly.com, Facebook, m.dreamers.id

4 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Ahjumma bukannya ada menu pork nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, setelah di cek ulang dan cari informasi lagi ternyata ada. Terimakasih atas koreksinya. 🙏😊

      Hapus
  2. Halo Kak Filza, Gojumong menyediakan pork menu, demikian juga Ahjumma dan Nam Heong. Kemudian Mujigae yang di Rungkut Menanggal itu bukan Mujigae Resto, melainkan toko minuman susu dan teh yang lokasinya di dalam perumahan. CMIIW.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak ya kak atas koreksinya. 🙏

      Hapus