koreanstuff.my.id

Bisnis Jajanan Korea, Usaha Mudah yang Menjanjikan

Konten [Tampil]

Bisnis Jajanan Korea, Usaha Mudah yang Menjanjikan
Adanya demam Korea membuat dunia bisnis semakin melebarkan sayapnya. Tidak ketinggalan pula bisnis jajanan Korea. Membuka usaha ini bisa menjadi salah satu ide yang ciamik nih untuk kalian.

Aplaagi dengan semakin banyaknya penggemar KPop dan juga semakin mudahnya pemasaran dengan menggunakan media digital menjadikan bisnis ini semakin mudah untuk dijalankan.

Apa Saja Makanan yang Biasa Dijual untuk Bisnis Jajanan Korea Ini?

Beberapa makanan Korea sangat terkenal dikalangan masyarakat. Bahkan nonkpopers pun banyak yang mengetahui masakan khas negeri ginseng ini. Lalu, apa saja sih makanan yang biasa dijual untuk bisnis jajanan Korea ini?

1.  Tteokbokki

Tteokbokki merupakan kue beras berbentuk memanjang yang diberi bumbu saus pedas atau gochujang dan biasanya diberi topping keju, sayur, telur, atapun mie. jajanan ini biasanya muncul di drama Korea sehingga membuat para pecinta drakor penasaran.

Olahan dari kue beras ini kemudian tampil di berbagai kanal resep masakan. Sehingga masyarakat umum pun mulai mengenalnya. Meskipun menggunakan saus khas Korea, tapi makanan satu ini dapat diterima oleh lidah orang Indonesia. Dan ini juga menjadi salah satu faktor mengapa tteokbokki sangat hits di Indonesia.

2.  Corndog

Bisnis Jajanan Korea, Usaha Mudah yang Menjanjikan
Corndog adalah street food Korea yang terbuat dari sosis atau keju mozarella yang dibalut dengan tepung. Jajanan ini memiliki banyak toppping. Seperti gula halus, saus pedas, mayo, coklat, matcha, mustard, saus strawberry, dan lain-lain.

Makanan ini sangat populer. Nggak heran jika banyak pebisnis yang membuka bisnis jajanan Korea satu ini.

3.  Hottang

Hottang sama dengan corndog. Namun, jika corndog dibalut dengan tepung roti, maka hottang dibalut dengan kentang yang dipotong kotak-koak. Nama hottang sendiri diambil dari kata sosis hotdog dan kentang.

4.  Kimbab

Kimbab adalah nasi yang digulung bersama dengan nori atau rumput laut kering beserta sayuran. Sekilas hidangan ini mirip seperti sushi. Makanan satu ini populer di Indonesia karena sering muncul dalam drama Korea.

Biasanya, orang Korea Selatan membuat kimbab sebagai bekal untuk piknik. Kalian juga bisa nih membawa kimbab sebagai bekal perjalanan. Nggak perlu menyiapkan piring untuk nasi dan lauk karena sudah digulung menjadi satu dan tinggal ‘hap’ hehe. Praktis banget, kan?

5.  Kentang Ulir

Makanan satu ini memiliki banyak nama. Dalam bahasa Korea, kentang ini dinamakan hoeori gamja, dalam bahasa Inggris disebut twist potato atau spiral potato, dalam bahasa iIndonesia disebut kentang ulir. Bahkan ada yang menamakan kentang tornado.

Tapi, apa sih sebenarnya makanan ini? Kentang ulir adalah makanan yang terbuat dari kentang yang dipotong spiral kemudian digoreng. Si kentang satu ini populer setelah muncul dalam drama Mr. Queen.

6.  Bungeoppang

Kalian pasti sering melihat roti ikan dalam drakor, kan? Namanya adalah bungeoppang. Roti ini juga banyak dijual dijual di Indonesia, salah satunya ada di Jakarta. Bungeoppang mirip seperti taiyaki yakni kue ikan yang berasal dari Jepang.

7.  Bingsoo

Korea juga memiliki minuman menyegarkan yang banyak dijual di Indonesia. Namanya adalah bingsoo. Apa itu? Bongsoo adalah es serut yang diberi saus kacang merah. Namun sekarang minuman satu ini sudah memiliki banyak variasi. Mulai dari es krim, buah-buahan, yoghurt, sereal, dan lain-lain.

8.  Ramyeon

Siapa sih yang nggak kenal ramyeon? Hidangan satu ini menjadi trend di negara kita ini karena cara makan orang Korea yang terlihat sangat enak. Orang sana juga biasnaya makan ramyeon masih dalam keadaan panas dan dimakan dari pancinya langsung.

Mie pedas khas Korea ini disajikan dalam berbagai versi. Ada yang digoreng, direbus, atau bahkan ada yang dalam kemasan cup instant. Biasanya, mie ini dimakan dengan keju atau tteokbokki. Kalau dicampur dengan tteokbokki disebut dengan rambokki.

9.  Kimchi

Kimchi adalah sayur kol yang difermentasi dan dicampur dengan bumbu pedas asam khas Korea. Makanan satu ini biasanya menjadi makanan pelengkap pendamping nasi, mie, maupun sup.

10. Korean BBQ

Pecinta drakor pasti nggak asing dengan Korean BBQ. Pasalnya, dalam drakor seringkali ditayangkan adegan makan bersama dengan menu daging panggang. Banyak sekali restoran KFood di Indonesia yang menyajikan menu satu ini.

Hal yang menarik dari makanan ini adalah suasana kebersamaannya. Kalian bisa makan bersama keluarga maupun teman.

Tips menjalankan usaha jajanan Korea

Bisnis Jajanan Korea, Usaha Mudah yang Menjanjikan

1.  Persiapkan Modal

Hal pertama yang tentunya harus disiapkan dalam berbisnis adalah modal. Untuk memulai usaha ini, kalian cukup mempersiapkan modal sebesar 3 sampai 5 juta rupiah. 

Modal tersebut nantinya akan dialokasikan untuk gerobak, alat makan, kemasan, kursi, dan peralatan memasak. Oh iya, dan juga bahan makanannya hehe. 

2.  Pilih Lokasi yang Dekat dengan Keramaian

Kalian bisa berjualan di dekat sekolah, kampus, kantor, atau bisa juga di dekat taman. Karena jajanan Korea ini bermodel street food, maka kalian tidak perlu mencari ruko. Berjualan di pinggir jalan dan jajanan yang dibeli bisa langsung dibawa pulang atau take away

3.  Patok Harga yang Ramah di Kantong

Karena ini street food, pasang harga yang sewajarnya. Antara 10.000 sampai 15.000 rupiah. Kenapa? Makanan yang dijual di pinggir jalan identik dengan harga yang murah, berbeda dengan restoran. Modal yang kalian butuhkan pun tidak terlalu besar. 

4.  Pastikan Tempat Berjualan Kalian Bersih dan Rapi

Makanan dan kebersihan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Semakin bersih sebuah tempat penjualan makanan, semakin nyaman juga orang untuk membeli. Karenanya, selalu jaga kebersihan dari stand kalian.

Orang tidak akan mau datang kembali ke sebuah gerai atau resto yang kotor. Pembeli lebih nyaman membeli di tempat yang bersih dan rapi.

5.  Buat Sosial Media

Sosmed itu penting banget, kenapa? di zaman sekarang, banyak orang yang sudah memakai sosmed dan tau berita atau hal terbaru apapun dari sana. Kalian bisa membuat akun sosial media untuk strett food kalian.

Promosikan melalui sosmed tersebut. Akun tersebut juga bisa digunkaan untuk membangun branding kalian. Sehingga orang-orang akan lebih tertarik. Kalian juga bisa membangun bisnis Korean street food kalian ini menjadi bisnis online melalui media sosial.

6.  Jual Secara Online

Setelah membuat sosmed, saatnya kalian bergabung dengan platform penjualan online. Seperti ShopeeFood, GrabFood, dan lain-lain.

Masyarakat sekarang lebih memilih praktisnya. Bahkan ada yang rumahnya di depan sebuah gerai ayam geprek, mau beli aja lewat ShopeeFood, wkwk. Nah, kalian harus memanfaatkan peluang-peluang seperti ini.

7.  Promosikan dengan Menarik

Sudah menjadi hal yang biasa saat sebuah outlet baru buka memberikan diskon untuk pembeli pertama, entah itu 20, 30, atau bahkan hanya untuk 10 pembeli pertama.

Tujuan diadakannya grand opening semacam ini adalah untuk menarik perhatin orang-orang dan memberitahu bahwa disini loh ada gerai baru. Gitu, bestie.

Selain 7 tips diatas, ada satu lagi nih. Kalian bisa bergabung dengan franchise makanan Korea yang sudah terkenal. Wah, apa aja tuh? Bisa dibaca di artikel ini, ya. Hihiw.

Oke, cukup sudah cuap-cuap kita tentang bisnis jajanan Korea kali ini. Sampai jumpa di tulisan berikutnya, ya!

Sumber: cermati.com, kompas.com


Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

Posting Komentar