Korean Stuff

Sundae McD Apakah Sama dengan Sundae Korea?

Konten [Tampil]

Sundae McD Apakah Sama dengan Sundae Korea?

Sundae McD - Apa kalian tau apa itu sundae? Bagi penggemar KPop pastinya nggak asing dong dengan nama makanan satu ini. Begitu pula dengan kalian para penggemar fast food dan es krim. 

Pasalnya, sundae merupakan salah satu menu yang ditawarkan oleh dua franchise fast food terkemuka. Yakni McD dan KFC. Tapi, apakah kedua makanan ini sama? Simak jawabannya dibawah ini!

Apa Itu Sundae McD? 

Nah, di artikel kali ini kita hanya akan membahas menu sundae McD saja ya hehe. Apa sih menu satu ini? 

Sundae adalah dessert berupa es krim. Makanan penutup ini berupa es krim satu atau dua scoop yang dipadukan dengan saus atau sirup dan terkadang ditambah juga dengan topping

Saus yang digunakan biasanya adalah saus coklat, saus strawberry, saus karamel, dan lain-lain. Sedangkan untuk topping, biasanya disediakan pilihan chococips, ceri, maraschino, nanas, stroberi, potongan kacang, dan masih banyak lagi. 

Sundae McD Apakah Sama dengan Sundae Korea?

Berdasarkan pantauan kami dari website resmi McDonald’s, saat ini tersedia dua varian rasa. Yakni strawberry sundae dan chocolate sundae. Es krim yang digunakan adalah es krim rasa vanilla dan diberi topping saus strober dan juga saus coklat. Kalian mau yang mana, nih?

Berapa Harganya?

Sundae ini salah satu menu favorit di Mcd. Alasannya karena harganya yang ramah dikantong dan cocok untuk dompet pelajar maupun mahasiswa.

Dengan harga 10 ribu kalian sudah bisa mendapatkan dessert yang menyegarkan dan cocok untuk disantap saat siang hari. Apalagi setelah bergelung dengan pelajaran. Ala-ala mendinginkan otak kan, ya? Hehe.

Bagaimana Asal-usul Sundae?

Konon katanya, dessert favorit para pelajar ini sengaja diberi nama sundae. Kata ini diambil dari kata Sunday atau sunntag dalam bahasa Jerman yang berarti hari Minggu.

Mengapa dinamakan demikian? Makanan ini dibuat dengan harapan bisa dimakan pada hari Minggu. Karena terdapat larangan memakan makanan manis dan dingin pada hari Minggu.

Apa Makanan Ini Bisa Dibuat di Rumah?

Rumah kalian jauh dari McD? Atau kalian mager keluar dari rumah hanya untuk membeli sundae? Kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

Proses pembuatan makanan ini cukup mudah. Kaian hanya perlu menyiapkan es krim dengan varian rasa sesuka hati kalian, sirup atau saus, dan jika ingin menambahkan topping kalian bisa menyiapkan buah, wafer, atau kacang.

Masukkan es krim pada gelas atau mangkuk kecil. Lalu, beri saus dan topping. Mudah, kan? Sausnya beli dimana? Sekarang banyak yang menjual saus siap pakai dan pilihan rasanya pun beragam. Muai dari coklat, stroberi, buah-buahan, karamel, dan lian-lain.

Apa Itu Sundae Korea?

Setelah berbincang mengenai sundae McD, kini saatnya kita berbincang mengeni Korean sundae. Apakah itu?

Sundae McD Apakah Sama dengan Sundae Korea?

Setiap negara memiliki kuliner uniknya masing-masing. Seperti di Indonesia yang memiliki belalang goreng, ulat sagu, dan botok tawon, Korea juga punya nih makanan unik. Adalah sundae yang merupakan sosis darah khas Korea.

Berbeda sekali ya dengan sundae dari gerai fast food terkenal dunia tadi. Meski bergitu, makanan ini menjadi favorit orang Korea, loh.

Makanan ini menjadi kuliner yang ramah dikantong. Sosis ini hanya bisa ditemukan di warung-warung pinggir jalan.

Berbicara dengan makanan dari darah, di Indonesia juga ada nih. Namanya adalah dideng yang berasal dari Tuban. Bahan dasar pembuatannya mirip namun bentuknya berbeda. Jika sundae khas Korea berbentuk sosis, dideng berbentuk kotak.

Sosis ini identik dengan darah babi. Namun ternyata, sundae tidak hanya terbuat dari darah saja. Sosis ini juga terbuat dari usus babi, daging sapi, ikan maupun cumi yang bisa ditemukan di daerah pelabuhan. Nah, bisa jadi alternatif nih untuk kalian yang tidak makan babi namun ingin mencoba sundae.

Makanan ekstrem ini biasa ditumis dengan berbagai sayuran dan disiram dengan saus gochujang. Ada juga yang mengolahnya menjadi sup atau mencampurkannya dengan tteokbokki. Biasanya, sundae dibuat dengan ukuran yang besar sehingga cocok untuk dimakan beramai-ramai.

Makanan Ektrem di Korea Selain Sundae

Selain sundae, ada makanan lain dari negeri ginseng yang juga terkenal ekstrim. Apa saja? ini dia!

1.  Bokjili

Sundae McD Apakah Sama dengan Sundae Korea?

Aoa kalian tau ikan fugu? Ikan ini merupakan ikan yang melindungi diri dari musuh dengan cara menggembungkan badannya yang penuh duri. Ikan ini dikenal memiliki racun dan jika tidak ahli dalam memasaknya akibatnya bisa fatal.

Hidangan dari ikan ini terkenal di Jepang, namun ternyata Korea juga punya loh. Ikan fugu di negeri ginseng diolah menjadi sup yang berisi daging ikan fugu, cabe merah, dan rempah-rempah.

2.  Ggeopdaegi

Makanan ekstrim lain dari Korea adalah ggeopdaegi yang terbuat dari kulit babi yang disiram dengan saus kemerahan dan dicamour dengan sayuran.

Ggeopdaegi biasanya dihidangkan menyerupai BBQ dan dijual di pedagang kaki lima. Rasa dari makanan satu ini mirip seperti kikil.

3.  Beondegi

Jika di Indonesia ada makanan dari ulat sagu, di korea ada makanan dari larva ulat sutra yang mempunyai nama beondogi. Jajanan khas pinggir jalan ini biasa disantap sebagi teman minum alkohol.

4.  Bosintang

Selain babi, negeri ginseng ini juga memiliki makanan yang berbahan dasar anjing namanya adalah bosintang. Makanan ini biasa dihidangkan saat musim panas. Konon katanya, bosintang bisa menjaga stamina tubuh.

Mengkonsumsi daging anjing merupakan hal yang lumrah di Korea. Ada beberapa jenis anjing yang sengaja dikembangbiakkan untuk dikonsumsi. Namun demikian, banyak juga warga sana yang menentang penggunaan daging ini sebagai pemenuhan konsumsi.

Itulah dia perbedaan dari sundae McD dan juga sundae Korea. Apa kalian sudah pernah mencoba dua jenis makanan ini?

Sumber: harga.web.id, m.diadona.id, m.merdeka.com


Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.