Korean Stuff

6 Rekomendasi Makanan Korea di Surabaya, Sudah Coba?

Konten [Tampil]

 

6 Rekomendasi Makanan Korea di Surabaya, Sudah Coba?

Korean food menjadi salah satu makanan populer di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari peran hallyu wave yang telah sampai di negara kita ini. Kalian yang hobi nonton drakor pasti sudah tidak asing dengan beberapa makanan khas negeri ginseng. Mereka sering ‘tampil’ di beberapa scene. Di kota-kota besar di Indonesia, makanan-makanan ini cukup mudah ditemukan. Makanan Korea di Surabaya salah satu contohnya.

Di ibu kota provinsi Jawa Timur tersebut, banyak ditemukan tempat makan yang khusus menyediakan Korean food seperti yang sudah aku tulis di artikelku sebelumnya. Arek Suroboyo ada yang sudah pernah mencoba Korean food, belum? Atau malah ada yang sudah melabelinya sebagai makanan favorit?

Ciri Khas Makanan Korea

Seperti yang kita tahu, makanan Indonesia memiliki berbagai ciri khas, salah satunya adalah kaya akan rempah. Makanan Korea pun memiliki ciri khasnya sendiri, lho. Ada yang bisa menebaknya?

6 Rekomendasi Makanan Korea di Surabaya, Sudah Coba?

1. Merupakan Makanan Fermentasi

Pasti kalian sudah tidak asing dengan kimchi atau saus gochujang ‘kan? Yup, keduanya adalah contoh makanan dan bumbu fermentasi khas Korea. Ciri utama dari masakan Korea adalah difermentasikan. Alasannya adalah agar makanan tersebut awet dan bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Jika di Indonesia ada ikan asin, Korea juga punya, lho. Nah, ikan asin ini adalah contoh lain dari makanan fermentasi Korea. Ikan asin ini bisa digunakan untuk bahan campuran masakan.

2. Menggunakan Bahan-bahan yang Segar

Ciri kedua dari makanan asal Korea adalah dibuat dengan menggunakan bahan yang segar. Tidak hanya bahan utamanya saja yang masih fresh, bumbu yang digunakan bahkan masih segar.

Jika kalian memperhatikan restoran Korean BBQ, bahan yang digunakan pasti dalam keadaan yang fresh. Mulai dari daging, sayur, hingga bawang-bawangan. Pastinya makanan yang berasal dari bahan-bahan segar akan lebih sehat, apalagi jika dipanggang.

3. Dominan Bercita Rasa Pedas

Untuk urusan masakan pedas, orang Korea juga sama seperti orang Indonesia yang menyukai makanan dengan cita rasa yang pedas. Makanan pedas dapat membantu menghangatkan tubuh saat musim dingin.

Namun, jika di Indonesia kita menggunakan cabai asli, makanan Korea pada umumnya menggunakan bubuk cabai atau saus gochujang untuk menambahkan cita rasa pedas di makanannya. Hampir semua Korean spicy food menggunakan saus yang terbuat dari fermentasi kedelai ini.

4. Disajikan Bersama Side Dish

Side dish atau makanan pendamping ini sering mendampingi makanan utama yang disajikan. Di Korea, side dish disebut dengan banchan. Jika kalian memesan satu menu utama, yang hadir tidak hanya satu menu saja, tapi beberapa menu yang biasanya disajikan di piring kecil. Nah, inilah yang disebut dengan banchan.

Ada berbagai macam banchan untuk mendampingi menu utama. Seperti kimchi, tauge, terong, acar wortel, tumis timun Jepang, acar timun pedas dan masih banyak lagi. Di beberapa restoran bahkan ada yang menyajikannya secara gratis.

5. Dicampur dengan Sayuran

Ciri khas selanjutnya dari makanan Korea adalah dengan menggunakan sayuran, baik sebagai bahan utama maupun bahan pendamping. Tidak hanya sayur-sayuran, orang Korea bahkan menambahkan nori atau rumput laut kering pada makanan mereka, salah satu contohnya adalah kimbap.

Contoh makanan lain yang menggunakan sayuran adalah bibimbap atau nasi campur khas Korea. Tidak hanya menggunakan daging dan telur, mereka juga biasanya menggunakan sayur sebagai bahan utamanya.

Rekomendasi Makanan Korea di Surabaya

Setelah mengetahui ciri khas Korean food, saatnya kita beralih ke topik utama. Yakni, makanan Korea di Surabaya. Ada yang sudah pernah menjelajah makanan Korea di kota metropolitan ini? Apa saja sih rekomendasinya? Check it out

1. Kimbab

6 Rekomendasi Makanan Korea di Surabaya, Sudah Coba?

Makanan Korea di Surabaya yang wajib kalian coba adalah kimbab. Sekilas makanan ini mirip dengan sushi dari Jepang. Namun, kimbab berbeda dengan sushi. Nasi yang digunakan untuk membuat sushi adalah nasi putih, sedangkan kimbab selain memakai nasi putih juga bisa memakai nasi coklat atau hitam. Nah, perbedaan lain terletak pada campurannya. Nasi pada kimbab diberi minyak wijen, sedangkan sushi diberi cuka. 

Ada beberapa restoran Korea di Surabaya yang menjual kimbab. Salah satunya ada di Cafe Jalan Korea yang terletak di Kecamatan Wonocolo. Disini, kalian tidak hanya menikmati nasi yang digulung dengan rumput laut kering layaknya kimbab pada umumnya. Pihak resto menawarkan bulgogi kimbab, yang merupakan kimbab dengan tambahan daging sapi.

2. Kimchi

6 Rekomendasi Makanan Korea di Surabaya, Sudah Coba?

Rekomendasi kedua adalah sayuran fermentasi yang biasa disebut dengan kimchi. Sebenarnya, kimchi masuk ke dalam side dish seperti yang sudah disebutkan diatas. Ada satu fakta unik tentang kimchi yang harus kalian tau. Makanan fermentasi satu ini adalah makanan anti kanker, lho. Daebak

Kimchi juga bisa dikombinasikan dengan makanan lain. Seperti di salah satu restoran di Surabaya ini, yakni Kimchi-go. Beberapa menu kimchi yang bisa kalian nikmati disini adalah kimchi beef dosirak, kimchi bokkeumbap beef/chicken, kimchi jjigae dan kimchi beef bulgogi rice bowl

Untuk menu kimchi jjigae atau sup pedas ini bisa kalian nikmati di tempat makan lain. Seperti di Magal Korean BBQ, Gojumong dan Chung Gi Wa. 

3. Tteokbokki

6 Rekomendasi Makanan Korea di Surabaya, Sudah Coba?

EXO-L pasti sudah sangat familiar dengan cerita tentang makanan ini. Pasalnya, salah satu member EXO yakni Sehun 'ditemukan' pihak agensi saat sedang makan tteokbokki di pinggir jalan. Tteokbokki sendiri adalah kue beras yang dimasak dengan saus gochujang

Makanan ini masuk ke dalam jajanan, bukan makanan berat. Makanan yang identik dengan warna merah ini juga dapat disajikan dengan mie dan biasa disebut dengan rabokki. Selain dipadukan dengan mie, tteokbokki juga bisa dipadukan dengan bahan lain. Seperti yang disediakan di restoran makanan Korea di Surabaya ini, yakni SamWon House dan Tteokbokki Queen. 

4. Aneka Olahan Ayam

6 Rekomendasi Makanan Korea di Surabaya, Sudah Coba?

Meskipun Korea memiliki cukup banyak makanan yang berbahan dasar daging babi atau sapi, Korea juga memiliki berbagai olahan dari ayam, lho. Rasanya tidak kalah dengan olahan sapi ataupun babi. Jika kalian sering menonton vlog Korean street food, kalian pasti tidak asing dengan olahan daging ayam. Entah itu bagian dada atau sayap. 

Salah satu masakan berbahan dasar ayam adalah chicken wings bap. Bap sendiri dalam bahasa Indonesia berarti nasi. Jadi, chicken wings bap adalah sayap ayam yang disajikan bersama dengan nasi putih. Seperti hidangan Indonesia pada umumnya 'kan? 

5. Bingsu

6 Rekomendasi Makanan Korea di Surabaya, Sudah Coba?

Selain makanan, kalian juga bisa menemukan minuman khas Korea di restoran Korea yang ada di Surabaya, lho, contohnya adalah bingsu. Minuman ini masuk ke dalam hidangan pencuci mulut atau bahasa kerennya dessert. Bingsu berasal dari bahasa Korea yang berarti es serut.

Yup, bingsu adalah es serut yang diberi tambahan kue beras, buah, sirup, susu dan tambahan lainnya. Hidangan satu ini dapat dengan mudah ditemukan di Korea saat musim panas. Nggak perlu jauh-jauh ke Korea, di Surabaya juga ada. Salah satunya ada di Ojju.

6. Corn Tea

6 Rekomendasi Makanan Korea di Surabaya, Sudah Coba?

Masih dengan minuman ala Korea, kali ini ada corn tea alias teh jagung. Iya, kalian tidak salah membaca. Teh ini terbuat dari jagung panggang. Meski terbuat dari jagung panggang, tapi corn tea tidak memiliki rasa yang pahit. Teh ini juga memiliki sedikit rasa manis yang berasal dari si jagung.

Hebatnya lagi, teh ini tidak mengandung kafein sehingga cocok dikonsumsi oleh anak-anak. Bisa jadi alternatif minuman sehat untuk anak-anak nih. Di Surabaya, kalian bisa menikmatinya di Ojju maupun Tteokbokki Queen.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan Korea di Surabaya dan beberapa restorannya. Ada yang punya rekomendasi makanan beserta tempatnya? Yuk tulis dibawah.

Sumber: IDN Times dan id.korean-culture.org

Sumber gambar: Pinterest

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.