Kedai Mie Ayam Enak di Gresik Utara, Sudah Tau Belum?

Konten [Tampil]

kedai mie ayam

Kalian pasti pernah dengar makanan mie ayam. Makanan satu ini sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai kedai mie ayam yang ada di Gresik Utara.

Setelah kemarin kita membahas pantai yang ada di Gresik bagian utara, Saatnya kita membahas makanannya nih. Bukan makanan khas daerah, tapi lebih tepatnya sebuah kedai yang menjual mie ayam.

Terdengar klasik, ya? Halah Cuma mie ayam doang. Tapi percayalah Keys, tidak semua mie ayam itu enak. Oke, sekarang aku mau nanya dulu nih, sudahkah kalian tau sejarah dari mie ayam?

Sejarah Mie Ayam

Oke, langsung saja. Ternyata oh ternyata, mie ayam itu berasal dari China, Keys. Tepatnya berasal dari China Selatan, daerah pelabuhan Fujian dan Guandong. Mie ini dulunya dibawa oleh para pedagang yang akan melakukan kegiatan ekonomi di negara Indonesia ini.

Di negeri tirai bambu, yakni negara asalnya, makanan ini dikenal dengan sebutan bakmi. Mie ini disajikan dengan topping daging diatasnya. Mie nya terbuat dari tepung terigu dan disajikan didalam mangkuk.

Penyajiannya di Indonesia tidak jauh berbeda dengan di negara asalnya. Bahan dasarnya pun sama yakni tepung terigu. Hanya saja di Indonesia topping untuk mie ini diganti dengan daging ayam.

Tidak hanya ayam saja, ada berbagai topping yang disajikan dalam mie ini. Seperti, pangsit goreng, pangsit rebus, dan sayuran.

Penyajian kuahnya pun bervariasi, ada yang dipisah dan ada yang langsung dicampur. Kalau aku tim dicampur biar lebih mantap, kalau kalian tim yang mana?

Beberapa Varian Mie Ayam yang Ada di Indonesia

kedai mie ayam

Ternyata mie ayam punya beberapa varian, Keys. Mau tau?

1.  Mie Ayam Bangka

Mie ayam bangka bukan berasal dari pulau Bangka. Justru mie ini hanya bisa kalian  temukan di luar pulau Bangka, seperti di Pulau Jawa.

Mie ini sama saja dengan mie ayam pada umumnya. Namun, mie ini memiliki ciri khasnya sendiri yang terletak pada penggunaan tauge sebagai topping-nya.

2.  Mie Ayam Jawa

Seperti namanya, mie ini banyak ditemukan di Pulau Jawa. Mie ini mempunyai rasa yang khas, dengan dominan rasa manis yang dipadu dengan rasa gurih. 

Mie ayam ini mempunyai topping yang lumayan banyak sehingga banyak digemari oleh khalayak umum. 

Ada yang membedakan nih antara mie ini dengan mie yang lain. Sekilas memang mirip. Tapi, mie ini memiliki bumbu yang khas. Bumbu dari mie ayam Jawa ditambah dengan ketumbar. Bahkan ada beberapa penjual yang menambahkan kunyit. 

3.  Mie Ayam Jamur

Mie ayam jamur tidak berbeda dengan mie ayam pada umumnya. Hanya saja mie ini menggunakan jamur kancing sebagai topping

Konon katanya, sebab aku pun belum pernah mencoba hehe, penambahan jamur kancing ini akan membuat rasa mie semakin lezat. Aduh jadi penasaran. 

4.  Mie Ayam Pelangi

Pelangi identik dengan warna-warna yang indah dan mewarna. Begitu juga dengan mie ayam pelangi. Makanan satu ini bisa jadi alternatif kalian jika sudah bosan dengan warna mie yang itu-itu saja wkwk.

Mie ini sama saja dengan mie pada umumnya. Yang membedakan hanya pada warna mie nya yang menggunakan warna beragam. 

Bahan yang digunakan dalam proses pewarnaan mie pun beragam. Biasanya bahan yang digunakan berasal dari bahan alami. Seperti warna ungu yang menggunakan ubi jalar dan warna hijau yang menggunakan daun bayam. 

5.  Mie Ayam Wonogiri

Mie ayam yang kelima ini diklaim berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah. Mie ini sangat dikenal, sehingga banyak pedagang yang menyertakan nama "Wonogiri" pada dagangan mereka. 

Sajian satu ini dikenal dengan baksonya. Satu lagi yang menjadi pembeda dengan mie ayam lain adalah kuah minyak ayamnya. 

6.  Mie Ayam Yamin

Mie yamin adalah salah satu jenis mie ayam yang disajikan tanpa kuah. Inilah yang membedakannya dengan mie ayam yang lain. 

Mie ini juga dilumuri dengan kecap yang lebih banyak untuk memberikan rasa manis yang berpadu dengan rasa gurih. Mie ini juga ditambah dengan saus sambal untuk menambah cita rasa yang ada. 

7.  Mie Ayam Donoloyo

Mie ayam donoloyo disebut sebagai primadona dari masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Mie ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Topping-nya berupa pangsit goreng, ayam, dan juga caisim yang semakin menambah cita rasa dari mie satu ini. Bagi kalian pecinta bakso, bisa juga nih menambahkan bakso ke dalam makanan ini. 

Dungo Dinungo, Kedai Ayam Favoritku

kedai dungo dinungo

Ini fotonya aku ambil dari Google, karena saat artikel ini dipublish sedang 

Setelah kita berbicara mengenai sejarah dan jenis-jenisnya dari mie ayam, aku akan merekomendasikan kedai mie ayam yang menjadi favoritku. Jika kalian berkunjung ke Pasir Putih, bisa nih berkunjung ke kedai ini.

Mie ayam di kedai ini uwenak banget, top markotop deh. Mereka tidak hanya menjual mie ayam  saja, mereka juga menjual bakso.

Topping dari mie ayam disini terdiri dari ayam, keripik pangsit goreng, dan sayur. Kalian juga bisa menambahkan bakso sebagai topping-nya. Oh iya, kalian juga bisa memilih mau ditambah dengan ceker ataupun kepala ayam. Kalau aku pribadi lebih memilih ceker, sedap bangeet.

Minuman yang dijual disini bermacam-macam. Mulai dari es kelapa muda, es teh, aneka jus, dan lain-lain. Tinggal pilih saja.

Lokasi dari kedai ini berada di pertigaan menuju ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Campurejo. Sangat strategis untuk ditemukan. Tempatnya berada di pinggir tambak.

Akhir-akhir ini, ada pertunjukan perahu kecil dengan hiasan lampu yang beratraksi di pinggir Dungo Dinungo. Jadi bisa nih menikmati mie ayam sambil menikmati pertunjukan perahu.

Kedai ini memiliki pilihan tempat makan, bisa di indoor maupun outdoor. Kalian tinggal pilih saja, Keys. Kalo aku lebih prefer ke outdoor. Sambil makan mie ayam sambil menikmati semilir angin dari laut. Seger bangeeet. Kedai ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai pukul 10 malam.

Harga makanan di kedai ini cukup murah. Tidak menguras kantong banyak lah.

Itulah sekilas tentang kedai mie ayam di Gresik Utara. Kalau kalian punya mie ayam favorit nggak nih?

Sumber: kids.grid.id, reddoorz.com


5 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Aku baru tau Mie ayam donoloyo... 😅 Asli deh, baca ini jadi bener2 pengen mi ayam Jawa. Belom ketemu yang pas di Sulawesi, nih.

    BalasHapus
  2. Aku ada mie ayam favorit, di sini deket rumah, mienya warna hijau.. jadi lapar 😍

    BalasHapus
  3. Mie ayam, gampang tergoda dengan makanan ini karena favoritku hehehehe

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu kalo mie ayam punya banyak varian. Tak kira sama semua😂 tahunya varian mie ayam cuma mie ayam bakso sama ceker doang

    BalasHapus
  5. Kalo lagi jalan-jalan, trus bingung makan apa... Biasanya sasarannya adl mie ayam. Jadi pengen nyobain ini...

    BalasHapus