Beauty Class Wardah, Event Wajib di Prodi Ekonomi Syariah

Konten [Tampil]

Beauty class bersama Wardah

Berkuliah di prodi Ekonomi Syariah bukanlah impianku. Awalnya aku berpikir pasti akan sangat sulit, mengingat ini bukanlah bidang ku. Tapi ternyata, ada banyak hal menarik saat aku menempuh pendidikan ini. Salah satunya adalah event beauty class Wardah. 

Terdengar menarik, ya? Memang. Kegiatan ini seru sekali. Rasanya aku nggak jadi menyesal masuk ke prodi ini, wkwk. 

Apa Itu Beauty Class?

Dari judulnya sudah ketebak, ya ges ya hehe. Beauty class adalah sebuah kelas kecantikan yang diadakan oleh sebuah instansi yang ditujukan agar para konsumen wanita memiliki wawasan yang luas tentang cara mempercantik diri. Baik itu belajar make up flawless, make up photoshoot, maupun daily make up.

Melalui beauty class ini kalian akan diberi pemahaman bagaimana cara menggunakan make up yang benar, bagaimana step by step nya, dan ada juga yang memberi tau cara berpakaian yang menarik tapi tetap sopan.

Beauty class yang pernah aku ikuti adalah beauty class Wardah yang diselenggarakan oleh pihak prodi. Aku berkuliah dimana?

So, aku adalah mahasiswa program studi Ekonomi Syariah di Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Di INSUD, sapaan akrab untuk kampus kami, program beauty class biasa diadakan untuk mahasiswa semester 6. Event ini adalah bagian dari mata kuliah Praktikum Lembaga Keuangan Syariah.

Kegiatan ini diadakan agar kelak ketika mahasiswa sudah lulus dan akan terjun di dunia kerja, khususnya dunia perbankan, bisa berpenampilan menarik namun tidak meninggalkan rasa sopan.

Kelas kecantikan Wardah
Sumber dari koleksi foto Himmaprodi Ekonomi Syariah


Event ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswi atau mahasiswa putri saja. tetapi juga diikuti oleh mahasiswa putra. Apakah yang laki-laki diajar cara membuat alis? Tentu tidak, Keys.

Jika para perempuan diajarkan bagaimana membuat make up flawaless yang baik dan benar, mahasiswa laki-laki diajarkan bagaimana cara merawat wajah agar tetap segar. Mahasiswa perempuan mendapatkan materi dari Wardah, sedangkan mahasiswa laki-laki mendapatkan materi dari Kahf yang masih satu perusahaan dengan Wardah, yakni PT. Paragon Technology and Innovation.

Ada cerita lucu nih. Karena acara ini dari dulu dikenal dengan nama baeuty class, anak laki-laki banyak yang bingung. “Ini masa kita harus ikut? Entar belajar make up gitu?” setelah tanya ke dosen pengampu matkul tetap harus ikut meskipun laki-laki.

Ternyata, saat hari H acara mahasiswa laki-laki diberi materi tentang merawat wajah agar tetap segar. Diluar ekspektasi ku dan teman-teman selama acara belum dimulai karena tidak berpikir kesana sama sekali.

Beauty class dari Wardah
Sumber dari koleksi foto Himmaprodi Ekonomi Syariah


Kegiatan ini dipandu oleh ibu Desti Putri Lestari selaku Brand Representative dari Wardah dan bapak Moch. Syafii selaku Personal Care Officer DC Surabaya.

Aku mendapatkan banyak pengalaman saat mengikuti event wajib tersebut. Salah satunya adalah bisa tahu bagaimana cara menggunakan make up yang benar. Selain itu, kalian akan mendapatkan bingkisan berupa produk dari Wardah. Aku mendapatkan tiga produk dari Wardah berupa moisturizer, lipstick 3 in 1, dan BB powder.

Souvernire dari Wardah

Bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dikenakan biaya sebesar 100 ribu rupiah. Kegiatan ini juga boleh diikuti mahasiswa dari prodi lain dan juga angkatan lain. Waktu itu ada yang dari prodi Manajemen Pendidikan Islam dan juga dari adik tingkat semester empat.

Aku termasuk orang yang sangat awam dengan dunia per-make up-an. Melalui acara ini,aku jadi tau sedikit-sedikit tentang make up. Salah satu tips yang paling aku ingat adalah sellau gunakan sunscreen.

Seperti kata mbak-mbak Wardah, semahal apapun skincare nya, tidak akan berguna jika tidak memakai sunscreen. Karena tabir surya ini yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Langkah Membuat Make Up Flawless Ala Beauty Class Wardah

Aku tau, mungkin sebagian dari kalian sudah bisa membuat make up. Tapi mungkin tips ini isa membantu kalian yang sangat awam terhadap dunia dandan seperti aku.

Sebelum mulai, tim Wardah terlebih dahulu mencari satu model laki-laki dan perempuan sebagai contoh didepan. Check it out!

1.  Bersihkan Wajah dengan Micellar Water

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah dengan micellar water. Peserta beauty class diberi kapas yang sudah basah dengan micellar water. Kami diberi arahan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

Di kapas, terlihat kotoran dan juga bekas bedak pagi hari sebelum pergi ke acara. Konon katanya, jika aa kotoran yang menempel sebelum menggunakan make up, maka make up yang digunakan tidak akan menempel dengan sempurna.

2.  Aplikasikan Moisturizer

Setelah dibersihkan, langkah selanjutnya adalah menggunakan moisturizer atau pelembab. Pertama, ambil moisturizer sebesar biji jagung. Lalu letakkan pada empat titik di area wajah. Yakni di dahi, kedua pipi, dan dagu. Ratakan.

Awalnya aku berpikir tidak akan cukup karena sebesar biji jagung cuma sedikit, ternyata cukup, Keys wkwk. Setelah menggunakan pelembab ini, kulit akan terlihat cerah seketika.

3.  Aplikasikan Foundation

Setelah pelembab meresap ke kulit wajah, saatnya mengaplikasikan foundation. Peserta diberi beauty blend dan juga sedikit foundation. Cukup oleskan sedikit asalkan merata pada kulit wajah.

4.  Aplikasikan BB Powder

Setelah foundation merata, saatnya mengaplikasikan BB powder. Kami diberikan satu set brush, dan ada salah satu brush yang digunakna untuk step ini. Oleskan hingga merata.

Jika masih terdapat kulit wajah yang glowing, berarti cushion-nya belum merata.

5.  Gunakan Lipstick 3 in 1 untuk Eyeshadow, Blush On, dan Bibir

Setelah proses perbedakan selesai, saatnya ‘melukis’ wajah. Gunakan lipstick 3 in 1 yang ada dalam bingkisan tadi. Untuk blush on, oleskan pada tiga titik di tulang pipi kemudian ratakan dengan beauty blend.

Untuk eyeshadow, kalian bisa mengoleskan sedikit lipstick pada kelopak mata bagian bawah. kemudian ratakan dengan menggunakan jari tangan. bagian eyeshadow yang gelap adalah pada bagian bawah. Semakin keatas semakin pudar.

6.  Aplikasikan Maskara, Alis, dan Eyeliner

Langkah terakhir adalah membuat maskara, eyeliner, dan juga alis. Untuk maskara dan eyeliner, jujurly aku tidak terlalu memperhatikan kaena aku tidak memakai maskara, hehe.

Untuk alis, jika kalian memiliki alis yang lumayan tebal tidak perlu membuatnya lagi. Cukup disisir mulai bagian tengah ke belakang dengan arah tidur. Untuk bagian depan, kalian bisa menyisirnya ke arah atas.

Yang perlu menggambar alis bagaimana? Maaf juga tips ini aku tidak terlalu memperhatikan. Tapi, yang aku ingat adalah bagian alis yang tebal adalah dari tengah ke belakang. Semakin ke depan akan semakin blur.

Beauty Class yang Dikemas dalam Personal Development

Seperti yang sudah aku bilang sebelumya, acara ini di tahun-tahun sebelumnya dinamakan dengan kelas kecantikan atau beauty class. Namun, di periode ku acara ini dinamakan dengan personal development dengan salah satu materinya adalah beauty class.

Personal development diadakan bertujuan agar mahasiswa semakin mempunyai kepribadian yang kuat sehingga mampu untuk bersaing di dunia kerja. Karena banyak sekali orang yang sulit diterima kerja karena mempunyai tingkah laku yang maaf dinilai kurang sopan.

Melalui acara ini, kita diajarkan bagaimana pentingnya good attitude, cara berkelakuan yang baik, serta cara bersikap yang baik.

Demikian ulasan ku mengenai event beauty class Wardah yang pernah aku ikuti. Apa kalian pernah mengikuti event semacam ini juga?

2 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Tahun 2008 kalau ngga salah, aku pernah ikut beautyclass kayak gini. Habis itu ngga pernah praktekin, jadi ya sampe sekarang tetep aja ngga bisa makeup akunya, hehee. Wahh, makasiiiiii panduan makeupnya mba..

    BalasHapus
  2. Pernah juga ikut beauty class wardah. Menyenangkan banget kegaiatannya apalagi kalo pulang bawak oleh² 😆

    BalasHapus