Korean Stuff

Review Film Bahasa Inggris: Mengupas Sisi Gelap Sosmed

Konten [Tampil]

review film bahasa inggris

Sosial media menjadi platform yang banyak digunakan oleh hampir semua kalangan. Tapi, taukah kalian kalau sosmed juga punya sisi gelap dibalik gemerlapnya? 

Nah kali ini, aku akan me-review film bahasa Inggris yang membahas mengenai kengerian dari sosial media ini. Film ini berjudul The Social Dilemma yang merupakan film dokumenter yang ditayangkan di Netflix. 

Review Film Bahasa Inggris: The Social Dilemma

Film ini sudah tayang agak lama, yakni pada tahun 2020 tapi aku baru tau pada tahun 2022 ini. Aku tau film ini dari mbak Marita di kelas Blogspedia Coaching 3.

Aku sangat tertarik dengan film ini karena tontonan ini mengangkat konsep 'kengerian' sosial media. Dan karena blogger tidak bisa lepas dari sosial media, paling tidak kita sebagai blogger harus tau bagaimana sih sebenarnya cara kerja dari sosmed ini. 

About This Film  

poster film
Source: lpmdimensi.com

  • Judul: The Social Dilemma
  • Penulis skenario: David Coombe, Vickie Curtis, Jeff Orlowski
  • Sutradara: Jeff Orlowski
  • Daftar pemain: Tristan Harris, Aza Raskin, Justin Rosenstein, Shoshana Zuboff, Jaron Laneir, Skyler Gisondo, Kara Hayward, Vincent Kartheiseir, Anna Lembke
  • Tanggal tayang: 9 September 2020
  • Tempat tayang: Netflix 

Penghargaan yang Pernah Diterima

  • Primetime Emmy Award 2021 kategori Outstanding Writing for a Nonfiction Program (Vickie Curtis, Davis Coombe, Jeff Orlowski)
  • Primetime Emmy Award 2021 kategori Outstanding Picture Editing for a Nonfiction Program (Davis Coombe, Netflix)
  • BFE Cut Above Award 2021 kategori Best Edited Single Documentary or Non-Fiction Programme (Davis Coombe)
  • Boulder International Film Festival 2020 kategori Impact Film Award (Jeff Orlowski)
  • CPH:DOX 2020 kategori F:ACT Award - Honorable Mention (Jeff Orlowski)
  • Music City Film Critics' Association Awards 2021 kategori Best Documentary Film (Jeff Orlowski, Larissa Rhodes, Shawna Schultz)
  • The Webby Awards 2021 kategori Advertising, Media & PR - Politics & Advocacy (Exposure Labs)

Sinopsis 

Film The Social Dilemma adalah sebuah film dokumenter yang mengupas dibalik ‘gemerlapnya’ sosial media. Tak disangka-sangka jika sosmed yang memberikan banyak kesenangan duniawi itu memiliki sisi gelap yang dikemas dalam algoritma.

Melalui film ini, kita bisa tau dampak negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan sosial media. Tanpa kita sadari, melalui penggunaan sosmed, dalam hal ini juga termasuk Google, kita sedang diawasi dengan sangat hati-hati. Tanpa sadar kita juga sedang dimanipulasi dengan pembaruan feed sehingga kita tidak bisa lepas dari yang namanya sosial media.

The Social Dilemma membongkar seluk beluk tersebut dan mengarahkan kita untuk menjadi pengguna yang cerdas. Diantara dampak buruk yang ditimbulkan dari penggunaan sosmed antara lain.

Interaksi antar individu yang semakin menurun karena semakin nyaman dengan ponsel masing-masing.

Pengaruh terhadap kesehatan mental yang menyebabkan berbagai penyakit mental, salah satunya adalah depresi.

Beredarnya berita yang kurang valid atau yang dikenal dengan sebutan berita hoax.

Namun, dibalik dampak buruknya yang begitu besar terhadap kehidupan, terdapat sisi positif yang bisa kita ambil dari penggunaan sosmed ini. Diantaranya adalah penyebaran informasi yang semakin cepat. kita juga bisa terhubung dengan siapapun dengan cepat tanpa ada hambatan.

Film dokumenter yang ditayangkan di platform merah hitam ini menampilkan wawancara dengan berbagai tokoh dibalik suksesnya sosial media. Seperti Google, Facebook, Firefox, WhatsApp, Mozilla, Pinterest, dan lain-lain.

Kesanku Terhadap Film Ini

animasi di film

Jujur, saat pertama kali menontonnya aku takjub. Dibalik penggunaan sosial media yang mempermudah kehidupan kita ada banyak tokoh hebat yang membangunnya. Namun, dari film ini pula aku semakin sadar bahwa dalam penggunaan sosial media kita harus sangat berhati-hati. Siapa sih yang nggak takut kalau diawasi secara diam-diam? Bahkan dari berapa lama kita melihat sebuah gambar mereka tau loh.

Apa kalian sadar? Setelah melihat-lihat baju di sebuah marketplace seperti Shopee, lalu kalian membuka Instagramiklan yang muncul adalah iklan baju. Begitulah cara kerja sosial media. Dan aku baru menyadarinya setelah menyimak percakapan di WAG Blogspedia Coaching lalu dilanjut dengan menonton film ini.

Dari film ini juga aku mengetahui banyak istilah baru. Namun, dengan banyaknya istilah baru yang aku ketahui tersebut membuat aku agak bingung saat menntonnya, haha.

“Sosial media adalah narkoba.” - Dr. Anna Lambke

Aku paling suka dengan kata-kata itu. Sosmed menyebabkan kecanduan pada penggunanya. Contohnya saja, seorang anak yang dipanggil ibunya bilangnya “iya” gitu terus padahal jarinya masih tetap scroll feed IG, TikTok, dan sosmed lain. Untuk penjelasan ilmiahnya bisa kalian lihat langsung pada filmnya, ya hehe.

Alasan The Social Dilemma Layak Ditonton

Dilansir dari Tirto.id, ada enam alasan mengapa film ini layak ditonton. Apa saja? Check it out!

1.  Memiliki Skor yang Bagus

IMDb memberikan skor sebesar 7.6 dari total 10 skor untuk film ini dari 79 ribu penilai. Sedangkan Rotten Tomatoes memberikan skor 85% versi kritikus dan penonton.

2.  Menggaet Narasumber Berpengalaman

Film ini mengajak narasumber yang berpengalaman dibidangnya. Mereka memberikan keterangan berdasarkan pengalaman mereka selama bekerja di platform-platform tersebut. Kebanyakan dari mereka adalah mantan pegawai dari platform besar, seperti Google, YouTube, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain.

3.  Sangat Relevan dengan Keadaan Sekarang

Di era sekarang ini, banyak orang yang menggunakan sosmed. Film ini layak menjadi tontonan kita agar semakin berhati-hati dalam penggunaan sosmed.

4.  Dilengkapi dengan Animasi dan Adegan yang Mempermudah Penonton

Meskipun mengundang narasumber dan dikemas dengan model wawancara, film ini juga dilengkapi dengan adegan dan juga animasi yang akan mempermudah kita sebagai penonton dalam memahami film ini.

5.  Kreator Menjanjikan

The Social Dilemma disutradarai oleh Jeff Orlowski yang telah memperoleh berbagai peghargaan yang tidak hanya melalui film ini saja, loh.

6.  Pemenang Penghargaan

Film ini telah mendapatkan berbagai penghargaan yang bisa kalian lihat dibagian about this film, ya.  

Nah, itulah review film bahasa Inggris berjudul The Social Dilemma. Sudahkah kalian menonton film ini?

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.