Korean Stuff

Pantai Delegan, Pantai Cantik di Gresik Utara

Konten [Tampil]

pantai-delegan
Source: travelspromo.com

Gresik dikenal sebagai kota dengan banyak pabrik. Tapi siapa sangka jika kota ini punya banyak wisata yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Delegan. Pantai ini adalah salah satu pantai terkenal di kota ini loh.

Siapa yang sudah berkunjung ke pantai ini? Saking terkenalnya nih kalau kenalan sama orang baru dan ditanya orang mana atau rumahnya dimana, aku jawab “Tetangganya Pantai Pasir Putih Dalegan.” Mereka udah tau sendiri wkwk. Oke, langsung saja kita ‘ghibahin’ salah satu wisata laut yang ada di Gresik ini.

Mengenal Pantai Delegan

Sebelum berwisata ke suatu tempat, pastinya kita harus kenalan dulu dong sama tempat yang akan menjadi tujuan healing kita. Yap, disinilah kita akan terlebih dahulu berkenalan dengan pantai Dalegan.

Bentar deh, namanya apa sih yang bener? So guys, nama dari pantai ini adalah Pantai Pasir Putih. Letaknya berada di Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Jadi yang benar bukan Delegan ya, tapi Dalegan.

Wisata ini juga punya nama lain, yakni WPP dan WISID. WPP adalah singkatan dari Wisata Pasir Putih, dan WISID adalah Wisata Segoro Indah Dalegan. Banyak juga yang menyebutnya dengan PP yaitu singkatan dari Pasir Putih.

Kalau weekend nih wisata ini selalu ramai pengunjung. Sampai-sampai, saat hari  Sabtu dan Minggu kalau lewat sekitar PP harus lewat jalan tikus biar nggak kena macet.

Pantai ini memilki pasir yang berwarna putih. Itulah sebabnya dinamakan dengan Pantai Pasir Putih. Ombak di pantai ini termasuk dalam ombak yang tenang. Jadi, untuk para bunda-bunda yang ingin membawa anaknya untuk berlibur ke pantai, bisa nih kesini.

Pemandangan pertama yang disuguhkan oleh wisata ini saat kalian masuk adalah gapura berwarna hijau yang juga menyatu dengan panggung. Kemudian berjalan ke arah utara atau lebih tepatnya dibelakang panggung, kalian akan disuguhkan pemandangan pasir putih dan lautnya yang indah.

Pantai ini memiliki luas sekitar 1.5 hektar. Dan memiliki garis pantai yang tidak terlalu  panjang. So, buat kalian yang ingin berjalan-jalan menyusuri bibir pantai tidak akan terlalu melelahkan.

Para penikmat senja juga bisa nih menikmati sunset disini. Pantai di utara Gresik ini menyuguhkan matahari terbenam yang indah. Untuk yang ingin menikmati deburan ombak pun bisa banget loh.

pantai-delegan
Source: jejakpiknik.com

Disini terdapat jalan kecil semacam dermaga yang mengarah lebih jauh ke laut. Di dermaga kecil tersebut juga banyak perahu nelayan yang bersandar yang juga merupakan salah satu fasilitas dari WPP ini.

Keindahan dari dermaga ini akan semakin terpancarkan saat malam hari. Sayangnya, wisata Pasir Putih ini tidak buka pada saat malam hari. Aku pernah memotretnya dulu. Tapi sayang, fotonya sudah hilang karena sempat ganti hp.

Sayangnya nih, seperti kebanyakan laut di daerah sekitar, laut disini tidak berwarna biru jernih. Apalagi saat musim penghujan warna lautnya akan berwarna sedikit abu-abu.

Fasilitas yang Disediakan

Meskipun warna lautnya tidak sejernih laut diluar sana, seperti halnya laut di Busan contohnya, kalian tidak perlu khawatir nih. Kalian pasti akan puas dengan fasilitas yang disediakan disini. Apa saja fasilitasnya? Check it out!

pantai-gresik
Source: seringjalan.com

1.  Gazebo

Fasilitas yang wajib ada di tempat wisata adalah gazebo. Tempat ini sebagai sarana peristirahatan wisatawan setelah berkeliling wisata. Disini kaian bisa menikmati keindahan pantai dari gazebo yang disediakan.

Tenang, nggak akan panas kok. Karena Pantai Pasir Putih juga dilengkapi dengan jajaran pohon waru nya. Jadi semriwing gitu rasanya.

Selain duduk-duduk di gazebo, pengunjung juga biasanya membawa karpet. Apalagi jika weekend dan hari libur. Jika kalian tidak membawa karpet atau tikar, kalian tidak akan dapat tempat duduk saking ramenya.

2.  Perahu

Perahu ini adalah perahu nelayan yang berjajar di sekitar dermaga kecil yang sudah disebutkan diatas. Biasanya, pengunjung menggunakan fasilitas ini untuk memancing ke tengah laut.

Nah jika kalian bejo, kalian akan berjumpa dengan lumba-lumba. Tapi sayang, aku nggak tau waktu pasti meunculnya hewan satu ini. Jika ada yang tau bisa coret-coret di komentar, ya.

3.  Toilet dan Musholla

Fasilitas ini nggak boleh nggak ada ya di tempat manapun hehe. setelah kalian bermain bersama di pantai, maupun berenang di pantai. Nggak perlu pusing nyari toilet dimana. Toilet disini tersedia dari ujung timur sampai ujung barat.

4.  Kios Makanan

Ada yang pernah makan ikan asap? Ikan yang diolah dengan cara diasapkan ini menjadi makanan yang biasa dijual di wisata Pasir Putih. Biasanya ikan ini dipadukan dengan sambal terasi. Uuuh, enak banget pasti.

Banyak kios berjajar yang menyajikan ikan ini. Kalian bisa memilih mau dimakan di tempat atau dibawa pulang. Selain ikan asap, penjual disana juga banyak menyediakan makanan lain yang pastinya cocok untuk dimakan di pantai. Salah satunya adalah es kelapa muda.

5.  Spot Foto

Zaman dimana sosmed sedang mengalami kemajuan ini, banyak sekali orang yang mencari foto estetik untuk dipajang di akun mereka. Pantai ini juga menyediakannya loh. Ada ayunan yang ada di laut, ada juga foto dengan bingkai Instagram. Kalian bisa melihatnya di Instagram mereka di @wisatapasirputihdalegan.

6.  Bus Tayo

Karena sekarang area parkir berada di jarak 300 meter dari lokasi pantai, pihak pengelola menyediakan bus tayo untuk para mengunjung. Untuk biaya tambahan tidak dikenakan alias gratissss.

Selain beberapa fasilitas diatas, kalian juga bisa menikmati banana boot, bermain layang-layang, dan juga berenang dengan menggunakan ban. Jadi nggak khawatir tenggelam saat berenang.

Akses Menuju Lokasi

Untuk menuju ke lokasi pantai ini cukup mudah. Kalian hanya perlu melalui jalan raya Deandles dan belok ke arah Dalegan dan sampailah. Tidak sampai berkelok-kelok melewati lembah, gunung, perbukitan.

Bagi kalian yang berjalan dari arah pusat kota Gresik, kalian cukup mengambil jalan menuju Sidayu dan lurus terus ke arah barat. Setelah sampai di hutan jati Panceng, kalian bisa mengikuti petunjuk jalan yang ada. Setelah sampai di Desa Prupuh dan menemui perempatan, kalian tinggal belok ke arah kanan dan lurus terus hingga terlihatlah lokasi dari pantai ini.

Bagi kalian yang berangkat dari arah Tuban maupun Lamongan, kalian bisa mengambil jalur menuju ke WBL atau Wisata Bahari Lamongan lalu lurus terus ke arah timur. Jika sudah sampai di Desa Prupuh dan menemui perempatan jalan seperti yang sudah dijelaskan diatas, kalian bisa belok ke arah kiri.

Kadang ada yang mengatakan jika pantai ini berada di Lamongan. Tapi tidak, guys. Secara administratif, pantai ini berada di wilayah Kabupaten Gresik. Tepatnya bagian utara dan barat yang berbatasan langsung dengan Lamongan.

Biaya

Tiket masuk

Rp. 10.000

Parkir mobil

Rp. 10.000

Parkir bus

Rp. 25.000

Nah, itulah informasi mengenai pantai Delegan yang seharusnya bernama pantai Dalegan hehe. Kalian sudah pernah kesini belum?

4 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Asyik banget emang yaa Pantai Delegan itu. Terakhir kesana pas masih di kuliah di Surabaya. Sekarang nambah fasilitas dan makin rame yaa..

    BalasHapus
  2. Baru tahu saya klo ada pantai di gresik 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sekarang udah tau ya pak hehe

      Hapus