Korean Stuff

Fiksioner, Template Blogger Keren Gratis Pilihanku

Konten [Tampil]

template blog

Hai Keys dan para blogger sekalian, baik yang masih newbie maupun yang udah pro. Ketemu lagi nih kita di bagian blogging. Bahas apa sekarang? Kita akan membahas template blogger keren gratis. Wah, idaman semua blogger ini ya pastinya.

Ngomong-ngomong soal template blog, aku punya template andalan nih. Namanya adalah Fiksioner dari mbak Igniel. 

Thanks to mbak Igniel udah nyiptain template kece badai ini.

Walaupun template ini udah kece badai dari segi tampilannya, tapi tidak meninggalkan persyaratan yang bisa mendukung blog tampil di halaman pertama Google loh. Salah satu yang paling penting adalah SEO frinedly. Udah kenal belum dengan Fiksioner? Kenalan dulu, yuk.

Mengenal Template Blogger

Sebelum kita beranjak ke pembahasan, aku mau nanya dulu nih. Kalian tau nggak sih template itu apa? Pastinya udah pernah dengar sedikit dong, ya. Baiklah, mari kita bahas serba-serbi template lebih lanjut supaya semakin melekat di hati.

Template memiliki arti cetakan. Dengan demikian, template blog adalah cetakan dari tampilan blog kita. Sama seperti saat membuat kue putu ayu yang punya cetakan, blog pun punya.

Kita tidak perlu menata dan mempercantik layout lagi jika ingin mem-publish artikel. Karena semuanya sudah tertata melalui template tersebut. Template blog akan memudahkan kita dalam mempermanis tampilan blog kita.

Lalu, template ini berbentuk apa sih? Template blog berupa script kode yang berisi berbagai perintah untuk menampilkan layout-layout tertentu. Ekstensi dari file ini adalah XML.

“Aduh, bingung kalau lihat kode.” Eits, itu sudah menjadi risiko bagi seorang blogger. Dulu saya juga begitu, waktu lihat kode-kode yang berjajar sedemikian rupa, langsung kena mental. Hiperbolis banget ya wkwk.

Tapi, kalau kalian sudah menyelami kode-kode tersebut, kalian akan ketagihan dan timbul rasa greget untuk bisa menyelesaikan masalah yang terjadi.

template blogger

Darimana Kita Bisa Dapat Template untuk Blog?

Meskipun template berasal dari kode-kode yang rumit, kalian bisa mendapatkan berbagai template tersebut dari banyak sumber. Banyak orang-orang baik yang membagikan template secara gratis. Meski terkadang ada yang versi berbayar.

Biasanya, template-template tersebut dinamakan template pihak ketiga. Untuk pengguna Blogspot, bisa memilih template dari CMS blogspot secara langsung. Namun, cetakan blog dari Blogspot masih membutuhkan sentuhan supaya lebih SEO friendly.

Template pihak ketiga lebih disarankan karena kita bisa memilih dan memilah mana yang kira-kira cocok dengan selera kita dan tentunya sudah mendukung SEO masa kini serta sudah user friendly, baik untuk pengguna mobile maupun desktop.

Tips Memasang Template Blog

Setelah kita berbicara mengenai template blog yang baik, kita akan membicarakan tips memasang template blog. Wah, bagaimanakah itu? Check it out!

1.  Pilih Template yang SEO Friendly

Tips pertama adalah carilah template yang SEO friendly, kenapa? SEO itu sangat penting. Kualitas search engine optimization yang dimiliki oleh sebuah blog, baik on page maupun off page, sangat mempengaruhi kualitas blog.

Doi menjadi salah satu penentu dalam kejayaan blog kita. Tanpa SEO yang kuat, blog kita tidak akan bisa menembus page one nya Google. Meskipun ada beberapa faktor lain, tapi doi ini penting sekali loh.

Template yang tidak SEO friendly pun justru hanya akan menyusahkan kalian. Its okay kalau kalian mempunyai pengetahuan dalam bidang coding karena kalian bisa menyesuaikannya sendiri walaupun butuh waktu yang lama. Tapi, kalau kalian sangat awam dibidang per-coding-an ini, lebih baik tinggalkan dia.

2.  Pilih Template yang User Friendly

Tips yang kedua, kalian haruslah mencari template yang user friendly. Artinya, template yang kalian pilih haruslah nyaman bagi pembaca. Salah satu faktor kenyamanannya adalah mobile friendly. Karena sekarang hampir seluruh pengguna internet mengaksesnya internet melalui smartphone.

Jadi, akan sia-sia jika kalian hanya memperbaiki atau memilih template yang hanya desktop friendly saja. Karena  orang di jaman ini lebih memilih yang praktis daripada yang ribet. User friendly disini juga berarti kalian harus mencari template yang responsive.

3.  Loading Harus Cepat

Masih terkait dengan user friendly, salah satu faktor dari lama tidaknya pembaca menetap adalah dari tingkat loading blog. Semakin cepat loading-nya, semakin betah pembaca untuk singgah dan menetap. Begitupun sebaliknya.

Template sangat mempengaruhi kecepatan sebuah situs atau blog. Untuk itu, pilihlah template yang ramah pada kecepatan loading blog. Gimana sih caranya biar tau berapa kecepatannya? Kalian bisa melakukan check and rechek di beberapa situs. Seperti pagespeed dan lain-lain.

4.  Perhatikan Layout yang Disediakan

Hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih template adalah layout. Layout menjadi salah satu faktor kenyamanan pembaca dalam mengunjungi sebuah blog. 

Kalian harus memperhatikan beberapa hal yang disediakan oleh pihak penyedia template. Seperti warna, susunan isi artikel, widget, dan ukuran. Blog yang baik adalah blog yang isi artikel nya berada di sebelah kiri dan sidebar di sebelah kanan. 

5.  Perhatikan Tipe Font yang Digunakan

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah pemilihan font yang digunakan. Gaya huruf ini tidak boleh disepelekan meskipun kelihatannya hanya masalah sepele. Sebaiknya pilih template dengan font yang ramah pembaca. Jangan pilih font yang sulit untuk dibaca. 

Tips Menata Template Blog Sederhana

Apa saja bagian-bagian dalam blog yang harus ditata? Ini dia. 

1.  Struktur Blog

Umumnya, struktur blog terdiri atas header, sidebar, konten, dan footer. Didalam bagian-bagian tersebut terdapat bagian yang lain yang biasa disebut dengan widget. Kalian bisa mengatur widget ini melalui pengaturan tata letak atau layout di Blogspot. 

2.  Deskripsi Singkat

Setiap blog harus memiliki deskripsi yang singkat, padat, dan jelas. Ini digunakan agar pembaca bisa membayangkan artikel apa yang akan mereka baca. 

3.  Navigasi yang Mudah dan Sederhana

Ini berhubungan dengan user friendly yang sudah kita bahas diatas, ya. Saat navigasi pada semua blog dapat diakses dengan mudah, pembaca akan semakin tertarik. Apalagi jika tampilannya sederhana. Oh iya,saat mengotak-atik template, jangan sampai ada navigasi yang kosong ya. 

4.  White Space

White space adalah ruang kosong yang ada pada blog. Ini juga penting loh. Fungsinya untuk apa sih? Agar blog kalian tidak terlihat ramai dan sesak. Kalian bisa menghapus widget-widget yang tidak diperlukan untuk membuat white space lebih banyak. 

5.  Profil Sosmed

Aku pernah membaca sebuah artikel tentang situs yang mengandung unsur penipuan adalah salah satunya tidak memiliki kontak yang jelas. Untuk itu, cantumkan sosmed yang kalian punya. Atau paling tidak kalian bisa dihubungi melalui email yang jelas.

Peletakan sosmed dalam blog juga penting untuk menarik perhatian Google. Ini akan menambah skor kepercayaan Google pada blog kita.

6.  Subheading

Kalau kalian diberi dua tulisan, yang satu panjang tanpa paragraf maupun sub-sub judul, dan yang satu terdapat beberapa sub judul dan dibagi menjadi beberapa paragraf. Kalian memilih yang mana? Pasti pilihan kedua dong, ya.

Penggunaan subheading akan membuat pembaca tidak mudah lelah. Mereka akan diberi jeda dari membaca, apalagi untuk artikel yang panjang. Kalian juga bisa memberikan TOC atau table of content pada artikel untuk lebih memudahkan pembaca melompat dari subheading satu ke subheading yang lain.

7.  Optimasi Gambar

Gambar menjadi visual dan pendukung dari sebuah artikel. Seperti yang pernah aku tuangkan dalam artikel ku tentang infografis, bahwa 90% otak manusia lebih mudah menyerap informasi dalam bentuk gambar. Karenanya, kalian harus mengoptimalkan gambar yang ada dalam blog kalian.

Sebenarnya, masih ada beberapa gambar yang harus kalian optimalkan selain pada artikel. Seperti pada header blog maupun thumbnail foto. Nah, saat kalian mencari template pihak ketiga, sebaiknya cari yang panduannya lengkap supaya kalian juga bisa mengoptimalkan gambar-gambar pendukung tersebut.

8.  Warna Link

Sudahkan anchor text pada blog kalian memiliki warna yang lain? Jika belum, segera ubah ya. ini penting loh agar pembaca bisa mengetahui perbedaan antara teks biasa dan teks yang mengandung link.

9.  Maksimal 3 Font dan 3 Warna

Penggunaan font dan warna dalam template yang sederhana tidak boleh melebihi tiga. Semakin banyak font dan warna yang digunakan, maka akan semakin rame juga blog kalian. Pembaca juga males dong kalau blognya terlalu rame.

10. Jangan Gunakan Background

Berdasarkan materi yang aku dapat dari sebuah kelas, blog harus memiliki ruang putih sebesar 70% demi kenyamanan pembaca. Karenanya, jangan gunakan background dalam template. Hal tersebut hanya akan membuat pembaca semakin bingung.

Mengenal Fiksioner, Template Blogger Keren Gratis

Saatnya kita sampai dibagian berkenalan dengan template blogger keren gratis. Template fiksioner sangatlah recommended. Karena apa? Template ini sudah memenuhi semua kriteria template responsive. Template ini memiliki tampilan yang sederhana namun enak dipandang.

Kalian hanya perlu menyesuaikan beberapa fiturnya sedikit agar semakin kece. Mbak Igniel pun sudah menyiapkan panduannya lengkap, mulai dari cara memasang hingga mengatur beberapa kode yang dibutuhkan oleh penggunanaya.

Baru-baru ini, aku mengoprek blog ku ini agar semakin enak dipandang. Mulai dari bagian dropdown hingga footer. Namun sayang, hingga artikel ini tayang template ku belum selesai sesuai dengan apa yang diharapkan karena adanya kesibukan lain yang tidak kalah penting.

before after oprek template

Dari gambar diatas bisa dilihat perubahannya ada pada header blog ini. Yang sebelumnya berwarna putih dengan tulisan hitam menjadi mereah dengan tulisan putih. Tidak banyak perubahan yang ada pada blog ini karena aku sudah mengopreknya sedikit demi sedikit dari beberapa bulan yang lalu. 

Template Fiksioner ini banyak digunakan oleh para blogger, baik pro maupun newbie loh. Wah, laris ya.

Fiksioner terdiri dari dua versi. Yakni versi gratis dan berbayar. Tentunya ada perbedaan dong dari yang gratisan dan berbayar. Kalian bisa tengok langsung di blog Fiksioner.

Itulah sekilas tentang Fiksioner dan template blogger keren gratis untuk kalian. Kalau boleh tau, kalian pakai template apa nih?

Sumber: blogernas.com, niagahoster.co.id, review.bukalapak.com

6 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Semangat mba... Ngulik template emang butuh waktu berhari² krn ngga ngerti koding sih. Punyaku juga masih ada yg belum selesai kalo mau dikata perfect sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat juga buat mbak eka ngulik templatenya. tos dulu dong kita sama-sama ngga ngerti coding wkwk.

      Hapus
  2. Mba Filza udah paham banget soal beginiann ya. Keren euy :)

    BalasHapus
  3. Sebelum main ke blognya kak Filza ini aku nggak tau kalo merah dan kuning bisa jadi perpaduan warna yang bagus begini lho...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyoba-nyoba ini mbak wkwk. alhamdulillah kalo ternyata hasilnya bagus.

      Hapus