Korean Stuff

Manfaat SEO on Page Bagi Blog Kesayangan Kita, Apa Aja?

Konten [Tampil]

manfaat seo on page

Ada yang tau apa itu SEO? Nah, kita akan membicarakan nya nih. Di artikel pertama Korean Stuff mengenai teknik optimasi ini, kita akan berbicara apa sih manfaat SEO on page untuk blog kita.

Bagi blogger pemula seperti aku, mempelajari teknik menaklukkan mbah Google ini adalah sebuah PR besar. Karena membicarakan dan mempelajari SEO tidak akan pernah ada habisnya mengingat algoritma Google yang selalu berubah-ubah. Bahkan setiap hari. Oke, langsung saja check it out!

Seputar SEO

SEO adalah singkatan dari search engine optimization atau pengoptimasian mesin pencari, yang dalam hal ini adalah Google. Kenapa harus mempelajari teknik mengalahkan ‘si mbah pintar’ ini? Karena saat ini, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan.

Aku sendiri pernah mendengar kata ini sebelum terjun ke dunia blogging. Pada waktu itu bingung tuh dan bertanya-tanya, apa sih SEO itu? Ternyata, SEO adalah teknik agar blog atau website bisa disukai oleh si mbah dan bisa dapat kesempatan muncul di page one. Pengen apa pengen?

Nah, saat artikel sudah masuk di halaman pertama pencarian Google, akan ada banyak keuntungan yang bisa kita dapat. Seperti, blog akan dapat trafik organik, akan lebih mudah mendapat kesempatan klik dari pembaca, dan blog akan semakin dikenal. Jika hal-hal tersebut sudah tercapai, blog kita akan semakin bermanfaat bagi umat.

Seneng banget kan kalo bisa teknik satu ini? Tapi oh tapi, SEO ini mempelajarinya tidak mudah. Kita pun harus tau algoritma Google ini berubahnya kayak gimana. Karena disini kita sebagai publisher harus menuruti apa maunya mesin pencari terlaris ini.

Aturan dari Google pun bisa berubah-ubah dan dengan SEO ini kita bisa menurutinya. Contohnya nih, dulu pada saat aku awal-awal terjun ke dunia blogging, aturan untuk judul adalah maksimal 60 karakter. Tapi sekarang, aturannya adalah maksimal 55 karakter.

Gimana cara supaya bisa tau update perubahan teknik SEO ini? Salah satunya adalah dengan bergabung di komunitas-komunitas. Entah itu komunitas menulis atau blogging, maupun komunitas Adsense (ini bagi kalian yang menargetkan Google Adsense, ya).

Dikutip dari materi pembelajaran Blogspedia, menurut beberapa mastah, SEO adalah seni. Teknik ini bukan ilmu pasti. Ada banyak cara penerapannya dan tentunya setiap ahli berbeda-beda.

Lalu, siapa yang benar? Tidak ada yang pasti. Kaena setiap blog kebutuhannya berbeda-beda. Bisa jadi di blog Korean Stuff ini lebih cocok menggunakan teknik yang dibagikan oleh mbak Marita. Bisa juga blog temen-temen lebih cocok menggunakan teknik dari mas Alex atau mas Irwin.

Tools yang Diperlukan untuk SEO

Kenapa pake huruf ‘s’? Lebih dari satu soalnya wkwk. Jadi ada beberapa tools yang digunakan dalam membantu penerapan teknik ini. Yakni SEOQuake, Whatsmyserp, Meta SEO Inspector, dan Serp Trends.

Darimana kita bisa mendapatkan tool-tool ini? So, alat bantu SEO ini adalah ekstensi dari Google yang bisa kita pasang di browser kita. Kalau aku pakai Chrome.

Sebenarnya, masih banyak lagi tools yang bisa digunakan. Seperti Google Search Console, keywordtool.io, ahrefs, Ubersuggest, dan masih banyak lagi.

Macam-macam SEO

SEO ini punya banyak macam, kayak martabak yang punya varian telor dan martabak manis. Berdasarkan optimasinya, SEO ini dibagi menjadi dua yakni on page dan off page.

1.  On Page

Seperti namanya, optimasi ini dilakukan di dalam artikel yang akan kita tulis. Menurut beberapa sumber, kuncinya adalah penempatan keyword. Kenapa? Biar Google tau apa topik yang akan kita bahas. Tentunya yang tidak lupa adalah kualitas konten yang jempolan.

SEO on page ini bertujuan agar artikel kita lebih mudah ditemukan oleh pembaca. Dan jika kalian adalah blogger pemula seperti aku yang masih cari inpo mengenai cara menjadi blogger, kalian wajib nih menguasai ilmu ini.

2.  Off Page

Jika yang pertama tadi adalah pengoptimalan pada artikel, untuk jenis kedua ini adlaah pengoptimalan pada luar blog atau website. SEO off page ini bertujuan untuk membantu Google memahami seberapa manfaat sih blog kita bagi umat.

Manfaat SEO on Page

Manfaat SEO on page

Nah, saatnya kita membicarakan inti artikel ini. Yakni manfaat dari SEO on page. Apakah kita akan membahas manfaat dari SEO off page? Untuk saat ini tidak dulu, mungkin suatu saat ya hehe. Langsung saja ini dia manfaatnya untuk blog kita.

1.  Membantu dalam Mendapat Trafik

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, SEO ini mampu membuat blog kita nangkring di halaman pertama Google. Dengan begitu, kita akan mendapat trafik lebih banyak. Trafik ini pun organik loh yang mana bagus untuk pemain Adsense.

Artikel ku yang membahas tentang apartemen mewah Korea pernah duduk manis di page one selama beberapa bulan dan mendatangkan trafik yang sangat baik untuk blog ini. Rasanya gimana? Wah, nggak usah ditanya. Suweneng pol.

2.  Blog dan Website Lebih Menarik

Blog yang ala kadarnya saja terkadang tidak SEO friendly. Namun, bukan berarti blog yang memakai template unyuk pun akan mendukung syarat dari SEO. Blog menarik pun tidak hanya bisa dilihat dari tampilannya saja, bisa juga dilihat dari kecepatan loading blog.

3.  Brand Awareness

Banyak blogger yang menerima job memasarkan produk tertentu melalui blognya. Dengan menerapkan SEO ini, blog akan semakin dipercaya oleh Google maupun pemilik usaha.

Kaidah SEO on Page

SEO on page

Setelah bicara panjang lebar mengenai SEO, sekarang saatnya kita bicara mengenai kaidah-kaidah yang ada di dalam ilmu optimasi ini. Apa aja? Ini dia.

1.  Letakkan Keyword pada Judul, Meta Deskripsi, Paragraf Awal dan Akhir, Serta Permalink

Keyword atau yang biasa disingkat dengan kw (bukan artian palsu ya wkwk) ini harus sering muncul di dalam artikel. Ibaratnya dia ini bintang utama dari tulisan kita. Peletakan kw di beberapa titik ini akan membuat Google tau apa yang disampaikan.

2.  Stop Cara Jadul Penulisan Link

Berdasarkan informasi dari mbak Marita Ningtyas dalam blognya yang diberi nama Blogspedia, cara jadul penulisan kw sudah tidak diperlukan lagi. Karena si mbah sekarang udah makin pinter.

Cara jadul itu yang gimana? Keyword dicetak miring, tebal, ataupun diberi garis bawah. Tapi, ada beberapa orang yang menganggap jika penulisan ini masih efektf.

Mana yang benar? Tergantung lagi dari kita mau pakai yang mana. Karena kembali lagi, SEO itu bukan sebuah ilmu yang pasti.

3.  Perhatikan Jumlah Kata

Selanjutnya adalah jumlah kata. Ada yang bilang jumlah kata minimal 500 kata sudah bagus, ada yang bilang 800 kata, atau bahkan 1.000 kata.

Berdasarkan pengalamanku mengikuti kelas Adsense yang diadakan mas Alex, jumlah kata dalam sebuah artikel berdasarkan kompetitor. Seperti contoh artikel yang membahas tentang travel lebih baik antara 1.000 sampai 1.500 kata. Hal ini dikarenakan website travel, tour, dan wisata itu saingannya berat bangeet.

4.  Perhatikan Heading

Ini juga penting nih. Heading harus urut mulai dari H1 sampai H4. Namun, dalam artikel biasanya dimulai dari H2 atau judul. Kalian bisa cek di Meta SEO Inspector untuk penempatan heading apakah sudah benar atau belum.

5.  Jangan Lupakan Internal dan Eksternal Link

Jangan lupa beri internal link dan juga eksternal link. Idealnya, dalam satu artikel terdapat satu eksternal link dan tiga internal link. Ada juga yang berpendapat internal link ini terdiri dari empat link. Yakni satu URL domain dan tiga URL artikel yang ada dalam blog kita.  

6.  Optimasi Gambar

Untuk lebih mendukung teknik SEO yang sedang kita praktekkan pada blog kita, pengoptimasian blog juga diperlukan. Caranya adalah dengan merename gambar dengan menggunakan tanda strip. Seperti contoh “manfaat-seo-on-page-bagi-blog”.

Jangan lupakan juga pada saat gambar di upload pada post editor, beri alternative text dan juga judul teks. Antara alt dan judul harus beda ya.

7.  Gunakan LSI Keyword

LSI keyword adlaah kata kunci yang related dengan keyword yang akan kita gunakan. Dan ini penting. Bayangkan kalian membaca artikel tentang blogging bagi pemula dan kata tersebut diulang-ulang terus. Apa tidak bosan? Nah inilah pentingnya menggunakan LSI keyword.

8.  Share ke Sosmed

Sebenarnya kaidah ini berkaitan dengan SEO off page, tapi tidak ada salahnya kita menerapkan kaidah ini agar Google lebih mengenal kita.

9.  Lakukan Inspeksi URL

Inspect URL ini bisa dilakukan saat kita sudah memasang GSC atau Google Search Console. Saat ini blog ada banyak sekali dan itu membuat Google lebih lama dalam mengindeks artikel atau bahasa gampangnya menerbitkan artikel.

Memang benar robot si mbah lah yang akan mengindeks otomatis artikel yang baru kita posting. Tapi, dengan menggunakan tool ini artikel kita akan lebih cepat terindeks.

Itulah sedikit informasi mengenai SEO dan manfaat SEO on page bagi blog kita. Banyak gini kok dibilang sedikit? Percayalah ini hanyalah secuil pembahasan dari SEO yang sangat-sangat banyak. So, apa kalian sudah mempelajari ilmu pamungkas ini?

Sumber: halokakros.com, niagahoster.co.id, blogspedia.my.id

3 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Keliatan dikit padahal banyak dan lumayan bikin puyeng, ya, hihihi
    Mari belajar bersama ya kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. buwanyak banget, ini baru kulitnya doang wkwk. mari berpuyeng-puyeng dengan SEO dan tetap semangat yaa.

      Hapus
  2. untuk SEO ON page saya masih pakai sebagian yang pake bold italic pada keyword mba Filza, maklum orang jadul tekniknya juga kadang fanatic dengan ilmu jadul.

    saya coba tambahin 1 poin , menurut tools/plugin SEO Yoast sebuah artikel yang SEO minimal artikel 300 kata, apabila sampai 1000 kata lebih baik di buatkan Heading 1 sampai heading 5

    Btw urutan serta detail artikel diatas menurut saya betul semua, dan memang itu baru kulitnya doang, terutama optimasi eksternalnya yg kadang cukup melelahkan

    BalasHapus