Jenuh? Rasakan Manfaat Menjadi Blogger untuk Recharge Semangat!

Konten [Tampil]
Jenuh? Rasakan Manfaat Menjadi Blogger untuk Recharge Semangat!

Menjalani sebuah pekerjaan adalah hal yang kadang menyenangkan, kadang membosankan, kadang-kadang lah pokoknya. Betul apa betul? Terlebih bagi seorang blogger yang merupakan jenis pekerjaan bebas alias freelance. Nggak punya tempat kerja pasti, nggak punya teman yang bisa diajak sharing secara langsung, nggak bisa tanya ke teman kerja "Mau makan siang apa?" 

Tapi itu tidak berlaku kalau kita sudah mencapai target yang ingin dicapai atau jika kita telah merasakan manfaat as a blogger. Ngomong-ngomong soal manfaat menjadi blogger, apa aja sih manfaat yang bisa diambil jika kita menjadi blogger

Apa Saja Manfaat Menjadi Blogger?

Hal apapun yang kita lakukan pasti memiliki manfaat, termasuk ketika menjelma menjadi seorang blogger. Dilansir dari Qwords, ada beberapa manfaat menjadi blogger yang bisa kita petik. Apa saja?

Jenuh? Rasakan Manfaat Menjadi Blogger untuk Recharge Semangat!

1.     Lebih Banyak Membaca

Pekerjaan utama blogger itu menulis. Kita tidak bisa meninggalkan kegiatan membaca walaupun jujurly membaca tuh sebosan itu. Jadi, dengan menjadi seorang blogger akan otomatis membuat kita harus banyak membaca.

Mengesampingkan ‘kewajiban’ tersebut, membaca memiliki banyak manfaat, lho. Dapat membuka pengetahuan baru, dapat menambah kosa kata baru, juga dapat menambah inspirasi. Sudahkah kamu membaca hari ini? Cielah gaya banget, padahal hari ini aku belum membaca apa-apa.

2.     Lebih Melek Teknologi

Selain berkutat dengan bacaan, blogger juga selalu bertemu dengan teknologi di setiap harinya. Bagaimana tidak, pekerjaan kita setiap harinya memanfaatkan teknologi. Mau tidak mau, seorang blogger harus bisa mengikuti perkembangan teknologi. Apalagi jika niche blog yang dimiliki adalah teknologi atau gadget. Sudah dipastikan nggak boleh ketinggalan!

Setiap harinya, kita berkutat dengan yang namanya Email, Drive, Google Foto, ditambah sekarang dunia perkontenan semakin meluas hingga ke pemanfaatan sosial media lain seperti Instagram. Meskipun tidak jago, setidaknya kita jadi lebih aware terhadap teknologi-teknologi tersebut.

3.     Memperdalam Writing Skill

Menulis adalah hal basic, mulai dari kecil hingga dewasa kita pasti harus menulis. Dengan nge-blog, kita tentu akan selalu menulis, lama kelamaan skill basic tersebut dapat meningkat sedikit demi sedikit.

Sedikit cerita, dulu awal aku mulai kegiatan blogging ini di semester 5 perkuliahan. Dengan harapan saat pengerjaan skripsi lebih lancar karena sudah terbiasa menulis. Dan Alhamdulillah saat proses penulisan skripsi cukup mudah. Ada sulitnya sih, saat mencari judul agar cepat di-acc dosen pembimbing, penyebaran kuesioner dan olah data. Tapi nggak apa-apa, finally graduated!

4.     Memiliki Jaringan Pertemanan yang Lebih Luas

Manfaat menjadi blogger lainnya adalah dapat memperluas jaringan pertemanan. Kita bisa mengikuti komunitas-komunitas yang ada untuk memperbanyak jaringan. Dengan memiliki banyak koneksi, kita akan semakin mudah dalam menjalani hari-hari sebagai blogger.

Kita juga bisa mengetahui perkembangan terkini dengan memiliki banyak teman. Karena tidak mungkin kita memantau setiap pembaruan yang ada. Seperti template yang sudah update versi, info terbaru mengenai teknik SEO, maupun tentang Google yang meng-update algoritmanya.

5.     Mendapat Income Tambahan

Mendapatkan income tambahan adalah hal yang paling ditunggu bagi sebagian besar blogger. Kegiatan blogging tidak hanya sekedar menulis saja. Banyak hal dibalik itu yang perlu kita lakukan. Dan mendapatkan income tambahan adalah bonus untuk apa yang kita lakukan. Setidaknya itu yang aku pelajari sekarang.

Penghasilan tambahan tersebut bisa kalian dapatkan dari berbagai sumber. Seperti Google Adsense dan pemasangan iklan lain, content placement, atau lomba blog. Menjadi seorang blogger juga bisa mengantarkan kita pada pekerjaan lainnya, tentunya pekerjaan tersebut bisa dilakukan hanya dari rumah saja. Keren!

6.     Lebih Terkenal

Menjadi terkenal tidak melulu berlaku pada artis saja, blogger juga bisa, lho. Buktinya banyak blogger yang memiliki followers ratusan ribu di platform Instagram. Blogger  adalah bagian dari influencer, sama seperti selebgram.

Bedanya, jika selebgram menggunakan media Instagram saja, atau mungkin juga ditambah dengan TikTok. Blogger bisa memakai media blog, Instagram dan TikTok sekaligus. Hebat ‘kan?

7.     Menumbuhkan Jiwa Marketer

Seperti yang sudah disebutkan diatas, blogger sama dengan influencer, dan influencer adalah bagian dari bisnis. Secara tidak langsung, kita sebagai seorang blogger bisa disebut sebagai seorang penjual. Jasa dan tulisan adalah barang dagangan kita. Dan sebagai seorang penjual, kita harus pandai menjual dan menawarkan barang dagangan kita.

Dengan begitu, kita bisa menumbuhkan jiwa marketer dalam tubuh kita. Atau yang sudah memilikinya bisa lebih meningkatkannya. Tanpa dibarengi dengan strategi marketing, branding seorang blogger yang kita bangun akan sulit untuk berkembang.

8.     Menciptakan Portofolio Online

Menceburkan diri ke dunia digital pasti sudah tidak asing dengan yang namanya portofolio. Sebagai seorang blogger kita tidak bisa menghindari yang namanya portofolio. Jika kita bisa membuat portofolio semenarik mungkin, kita akan memperbesar kesempatan untuk mendapat job lebih banyak. Akibatnya, kita akan lebih banyak mendapat income tambahan.

Portofolionya blogger adalah blog yang dikelola. Enaknya, portofolio tersebut bersifat online dan bisa diakses oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Enak ‘kan?

9.     Dapat Menginspirasi

Last but not least adalah dapat menginspirasi banyak orang. Tentunya melalui tulisan yang kita publikasikan di blog. Tulisan apapun itu, asalkan tidak melenceng dari aturan. Saat pembaca puas, disitulah kita akan merasakan menjadi manusia yang bermanfaat. Terkadang, ada juga yang tidak sekedar puas saja, tapi juga terinspirasi oleh tulisan kita.

Apa Aku Sudah Merasakan Manfaat Selama Menjadi Blogger?

Jenuh? Rasakan Manfaat Menjadi Blogger untuk Recharge Semangat!

Menjalani pekerjaan setelah beberapa waktu dan merasa kurang puas dengan hasilnya akan membuat kita merasa jenuh dan bosan. Ingin switch ke pekerjaan lainnya juga maju mundur karena harus mulai semuanya dari awal lagi. Hal ini juga berlaku untuk blogger.

Walaupun blogging adalah jenis pekerjaan yang menyenangkan, tidak menutup kemungkinan kita akan melewati fase bosan. Pikiran ingin berhenti dan keluar dari dunia ini sudah pasti ada. Apalagi jika tujuan yang kita harapkan tidak kunjung datang.

Contoh harapan tersebut adalah tidak mendapat uang dari kegiatan blogging ini. Karena blogger adalah jenis pekerjaan freelance, kita tidak bisa langsung mendapatkan penghasilan begitu saja.ada banyak yang harus dilakukan. Salah satunya adalah meng-upgrade kemampuan menjadi seorang blogger profesional.

Lalu, jika kita menemui pikiran seperti itu haruskah kita maju atau mundur? Hal tersebut kembali ke pribadi masing-masing. Karena diri kita sendirilah yang dapat memutuskan. Tapi, jika kita masih ingin stay dan ingin keluar dari lingkaran kebosanan tersebut lihat lagi apa manfaat yang sudah kita dapatkan dari kegiatan ini, yang mana yang ku maksud disini adalah kegiatan blogging.

Manfaat-manfaat tersebut tidak harus berupa uang. Karena uang cenderung membuat kita mudah menyerah jika tidak segera didapat. Coba ubah mindset yang tertanam di diri kita.

Tanamkan pada pikiran bahwa dengan kita menjadi blogger, kita telah menebar manfaat ke pembaca. Dengan begitu, perasaan akan lebih lega dan happy. Tanamkan kata-kata "Nggak papa kok nggak dapat uang, setidaknya bisa bermanfaat untuk orang lain." 

Tentunya hal ini tidak mudah dan tidak sekali ucap kita bisa langsung menjauhkan rasa bosan tersebut dari diri kita. Lakukan hal lain yang sekiranya bisa membantu. Misal dengan rutin cek trafik blog baik di Google Search Console, Google Analytics, maupun tools lainnya. 

Disitu kita bisa melihat berapa trafik kita. Semakin bertambahnya trafik, akan semakin menambah juga semangat dalam menjalani kegiatan blogging ini. Dengan begitu, pikiran untuk mundur dari pekerjaan sebagai seorang blogger akan hilang sedikit demi sedikit. 

Aku sendiri bagaimana? Jujur, selama mengelola blog ini banyak banget up and down nya. Aku tidak akan menampik jika tujuan ku membangun sebuah blog tidak jauh dari kata “uang”. Tapi. Setelah aku mengikuti Blogspedia Coaching dan masuk ke Blogspedia Community, mindset ku berubah.

Niatkan untuk menabur manfaat maka uang akan mengikuti. Dan benar saja, meski belum bisa menghasilkan sebanyak itu, setidaknya cukup, nggak sampai kelaparan lah wkwk. Lebih bahagia lagi kalau melihat trafik blog naik.

Akhirnya kita sampai di penghujung tulisan ini. sesi curhat kita lanjutkan di lain kesempatan. Tulisan ini ditulis untuk memeriahkan Hari Blogger Nasional yang jatuh pada hari ini, tanggal 27 Oktober 2023. Selamat hari blogger untuk kita para blogger.

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.