Manfaat Personal Branding untuk Blogger, Apa Saja?

Konten [Tampil]

Manfaat personal branding

Saat seseorang terjun ke dunia blogging, pastinya pernah mendengar kalimat "manfaat personal branding bagi seorang blogger". Personal branding sangat penting bagi kalian yang mulai menjajaki dunia karir. Termasuk juga seorang blogger

Tapi, apa kalian tau apa sih yang dimaksud dengan personal branding itu? Lalu, apa saja manfaatnya bagi orang-orang dibalik blog-blog ini? 

Mengenal Personal Branding

mengenal personal branding

Personal branding sendiri adalah persepsi atau anggapan seseorang kepada individu. Gampangnya gini, siapa kita dimata seseorang. Seorang penulis, editor, desain grafis, atau yang lain. Kita mengenalkan kepada khalayak umum bahwa siapa sih kita itu? 

Dengan membangun personal branding, kita akan lebih mudah dikenal. Jika ada orang yang menyebutkan nama kalian, akan ada yang bilang "Oh, si A yang blogger itu?" Atau "Si B yang seorang digital marketer?" 

Apakah setiap orang perlu memiliki personal branding? Jawabannya adalah iya. Tanpa hal tersebut, kita akan kesulitan dalam memperkenalkan diri ke publik. Apalagi untuk seseorang yang memasuki dunia kerja. 

"Kalo kata Kang Ugi, salah satu coach tamu di Blogspedia Coaching #3, personal branding adalah menjual diri. Tapi dalam artian yang positif, ya." 

Sedangkan beberapa ahli mendefinisikan personal branding sebagai berikut. 

1.  Haroen

Personal branding adalah proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki seseorang. Seperti kemampuan, kepribadian, atau nilai-nilai yang semua itu dapat menciptakan persepsi positif dari masyarakat yang dapat digunakan sebagai alat pemasar. 

2.  Wasesa

Personil branding adalah proses saat seseorang menggunakan dirinya atau karirnya sebagai brand atau merek. 

3.  McNally dan Speak

Personal branding adalah persepsi yang tertanam di benak orang lain yang mempunyai tujuan agar publik mengetahui nilai positif terhadapnya sehingga dapat berlanjut pada kepercayaan dan loyalitas. 

4.  Perengkuan dan Becky

Personal branding adalah kesan yang berkaitan dengan perilaku, keahlian, maupun prestasi yang dibangun oleh seorang individu baik secara sengaja maupun tidak dengan tujuan untuk menampilkan citra dirinya di masyarakat. 

Jenis-jenis Personal Branding

Personal branding memiliki dua jenis, yakni alami dan buatan. 

1.  Alami

Jenis ini adalah ketika seseorang yang secara tidak sadar telah membangun personal branding untuk dirinya sendiri. Seperti contoh seorang makelar sepeda motor yang menggunakan Facebook untuk mempromosikan dagangannya dan juga mencari barang untuk diperdagangkan melalui postingan dan juga grup jual beli di Facebook.

Dia tidak berniat untuk membangun personal branding, tetapi tanpa disadarinya banyak orang yang sudah mengenalnya sebagai seorang makelar sepeda motor. 

2.  Buatan

Jenis ini adalah jenis personal branding ketika seseorang dengan sengaja membangun branding-nya di tengah masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu. Seperti contoh seorang blogger yang membangun personal branding melalui sosial media agar dia semakin dikenal. 

Komponen Personal Branding

Seperti jenis-jenis personal branding di atas, komponennya juga memiliki dua macam. Komponen utama dan komponen pendukung. 

1.  Komponen Utama

Komponen utama dari personal branding adalah value, skill, dan behavior. Setiap orang memiliki ketiga komponen ini. Asalkan mereka mau menggalinya lebih dalam lagi. 

Value sendiri adalah nilai yang ada pada diri kita. Ada beberapa orang yang sudah menyadari apa nilai yang ada dalam dirinya dan ada beberapa orang yang belum menyadari dan butuh waktu untuk menyadari nilai dirinya. 

Skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu. Dalam membangun skill, fokuslah pada kelebihan yang dimiliki bukan fokus pada peperangan yang dimiliki dan stop membanding bandingkan diri dengan orang lain. 

Behavior adalah tingkah laku yang mendukung citra diri, baik positif maupun negatif. 

2.  Komponen Pendukung

Selain komponen utama, terdapat komponen pendukung dalam personal branding. Diantaranya adalah appearance, uniqueness, dan authentic

Appearance adalah penampilan yang mendukung diri kita. Apakah kita adalah orang yang sederhana, eksklusif, rapi, dan sebagainya. 

Uniqueness adalah keunikan pada diri kita yang tidak dimiliki oleh orang lain. 

Authentic adalah image yang original dan otentik yang tidak dibuat-buat dan mencerminkan kekhasan diri kita. 

Elemen Dasar dari Personal Branding

Montoya dan Vandehey mengatakan bahwa personal branding memerlukan elemen-elemen yang saling berintegrasi secara bersamaan. Adapun elemen-elemen tersebut adalah. 

1.  You

You yang dimaksud di sini adalah diri kita sendiri. Bagaimana ciri kita dapat membentuk branding dengan baik serta mampu menjawab pertanyaan "Siapakah kita dan apa keahlian yang kita miliki?"

2.  Promise

Personal branding merupakan janji dan tanggung jawab kita untuk memenuhi harapan masyarakat terhadap persepsi yang telah kita bangun. 

3.  Relationship

Sebuah personal branding yang baik akan menciptakan suatu hubungan yang baik dengan klien. 

Karakteristik Personal Branding

Ada tiga hal yang menjadi karakteristik utama untuk membuat personal branding yang kuat menurut McNally dan Speak. 

1.  Authenticity

Personal branding yang kuat adalah yang menjelaskan sesuatu dengan sangat spesifik dan merupakan cerminan diri kita yang membedakan dengan orang lain. Dapat berupa keahlian maupun kepribadian. Seperti contoh Raditya Dika yang telah dikenal luas sebagai seorang komika. 

2.  Relevan

Adalah kaitan antara karakter diri dengan personal branding. Jika dua hal tersebut tidak berkaitan, akan sulit untuk kita mengembangkan branding ditengah masyarakat. 

3.  Konsisten

Konsisten untuk terus membangun personal branding yang telah dibuat. Dengan ini, orang akan semakin paham dan semakin mengenali diri kita. Konsistensi akan membentuk brand equity atau keunggulan merek. 

Manfaat Personal Branding untuk Blogger

Personal branding secara umum, memiliki beberapa fungsi dan tujuan, diantaranya adalah. 

  • Memperkenalkan diri dan mempertajam citra seseorang di publik. 
  • Mempermudah orang lain mengenali siapa sih kita itu?
  • Membantu kita untuk lebih fokus pada tujuan yang diinginkan. 
  • Memudahkan kita dalam menentukan pilihan kita kedepannya akan seperti apa. 

Sedangkan untuk blogger sendiri, manfaat personal branding adalah sebagai berikut. 

  • Sebagai motivasi untuk lebih mengembangkan diri. 
  • Mendatangkan peluang baru karena semakin banyak yang tahu value dan skill yang kita miliki. Dalam hal ini adalah value dan skill dalam dunia blogging
  • Menggali prestasi yang sebelumnya belum pernah dicapai. 
  • Semakin dikenal, semakin banyak pula manfaat yang kita berikan. 
  • Mudah diingat oleh orang lain. 

Langkah-langkah dalam Membangun Personal Branding

Menurut Yuhaida Noor, seorang Parenthood Psychologist, terdapat 6 langkah yang dilakukan untuk membangun personal branding

  • Kenali diri sendiri
  • Temukan hal yang membedakan diri kalian dengan orang lain.
  • Berikan bukti yang menguatkan branding kalian.
  • Optimalisasi media sosial yang kalian punya.
  • Kolaborasi dengan blogger lain.
  • Evaluasi branding yang telah kalian bangun, apakah mengalami perkembangan?

Personal Branding dari Korean Stuff

Blog Korean Stuff adalah sebuah blog yang membahas tentang hal-hal yang berbau Korea seperti yang sudah aku jelaskan pada page about. Aku mem branding diriku sebagai seorang Korean lifestyle blogger.

Apa nggak malu menyebut diri sebagai seorang blogger tapi belum bisa menghasilkan cuan? Malu sebenarnya! Tapi, mbak Marita berkata begini,

“Seseorang disebut sebagai blogger ketika dia mempunyai blog dan konsisten update konten.”

Oke, kembali kagi ke branding blog ini. Kenapa aku memilih menggunakan branding Korean lifestyle blogger? Karena aku tertarik dengan apapun yang berbau Korea dan kebetulan akupun seorang KPopers. Aku beberapa kali membahas mengenai toko-toko album, wisata yang ada di Korea, musim yang ada di Korea, dan masih banyak lagi.

Oh iya, aku juga sudah membuat ID Card untuk mendukung aku dalam membangun branding ku. Tentunya menggunakan Canva, platform edit mengedit yang paling aku suka.

id card

Oke, itulah tulisan mengenai manfaat personal branding untuk blogger dan serba-serbinya. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya, ya!

Sumber: popmama.com, kajianpustaka.com

2 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Penasaran dengan 6 langkahnya. kak.

    BalasHapus
  2. Wah keren mba hal hal berbau korea memang banyak yg bisa dibahas. Dan setiap orang juga sukanya berbeda di bidang kekoreaan. Semacam beda jurusan tp satu kamous ya. Wkwkwk

    BalasHapus