Korean Stuff

Google Search Console, Keyword Tool Gratis Andalan Blogger

Konten [Tampil]

gsc salah satu keyword tool gratis

Di artikel yang lalu, kita sudah membahas tentang Google Analytics yang merupakan salah satu tool wajib bagi seorang blogger. “Kalau salah satu berarti ada banyak dong ya?” Betul banget! Salah satu yang wajib dipunyai adalah keyword tool gratis maupun berbayar, yang tentunya dapat memfasilitasi kita as a blogger. Tapi, kalau kalian belum punya cukup dana untuk mengakses tool yang berbayarpun tidak masalah.

Kenapa sih keyword tools kok penting banget? Karena seperti yang kita tau bahwa SEO tidak bisa lepas dari yang namanya keyword. Karenanya riset keyword itu sangat penting. Sedangkan keyword tools adalah alat yang membantu kita dalam melakukan riset. Tapi apa sih riset keyword itu? 

"SEO dan keyword tak ubahnya seperti sikat dan pasta gigi yang nggak bisa dipisahkan."

Tentang Riset Keyword

Riset kata kunci atau keyword research adalah proses mencari dan menentukan kata kunci yang akan dipakai untuk membuat konten dan berhubungan erat dengan yang namanya SEO atau search engine optimization. Riset keyword nggak hanya dipakai untuk blog saja loh. Bisa juga untuk YouTube, tapi kita tidak membahas ini karena saya sendiri pun belum pernah mempelajari keyword research for YouTube. 

"Apa sih keuntungan melakukan riset keyword? Nulis ya tinggal nulis aja."

Salah besar ya ges ya pemikiran tersebut. Riset keyword emang capek. Tapi, akan ada kepuasan tersendiri saat artikel yang kita buat dengan menggunakan kata kunci yang tepat berhasil tembus pageone mesin pencari. Dengan nangkringnya artikel di halaman pertama search engine, blog atau website kita akan lebih dikenal dan jika menarik akan mendapat klik dari pemirsa. Dengan begitu, tulisan kita akan lebih terasa bermanfaat. 

Ada beberapa macam jenis keyword, yakni.

Short tail keyword, yang merupakan kata kunci yang hanya terdiri dari satu atau dua kata. Kata kunci ini tidak disarankan karena persaingan yang sangat ketat. Apalagi dari website besar seperti Tribunnews. Contohnya seperti “skincare Korea

Long tail keyword, yaitu kaya kunci yang terdiri dari tiga sampai enam kata. Keyword jenis ini sangat disarankan karena persaingannya yang kecil sehingga peluang untuk menembus page one mesin pencari semakin besar. Seperti contoh “skincare Korea untuk kulit kombinasi”. 

Keyword evergreen, yang merupakan kata kunci 'abadi'. Abadi yang dimaksud disini bukan bisa dipakai sepanjang masa, ya. Keyword ini memiliki peliang pencarian hingga beberapa tahun kemudian. Contohnya seperti "Skincare Korea halal." 

Keyword trend, adalah keyword yang hanya dicari pada saat itu saja atau dengan kata lain hanya mengikuti trend saja. Contoh trend saat ini adalah "Lesti Kejora". Kalian bisa meng-compare trend keyword ini dengan kata kunci lain. 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, riset keyword ini sangat penting dan memiliki banyak manfaat. Kalian bisa tau mana kata kunci yang banyak dicari orang dan mana yang enggak. Kita juga bisa tau berapa volume pencarian dari sebuah keyword sehingga kita bisa memperkirakan jumlah visitor yang masuk ke blog kita. 

Tool Riset Keyword

Ada banyak sekali tools yang bisa digunakan untuk riset kata kunci. Ada yang berbayar ada yang gratis. Berikut ini adalah beberapa contoh keyword tool gratis yang biasa dipakai oleh para blogger. 

1.  Ubersuggest

Keyword tool gratis yang pertama adalah Ubersuggest yang dikembangkan oleh NailPatel. Konon katanya, Ubersuggest ini adalah tool gratis rasa premium. Namun, alat ini meng-audit data tiga bulan sekali. Jadi susah untuk menganalisis permintaan pembaca.  

2.  Google Related Search

Saat kalian mencari sebuah kata kunci di Google, pada bagian bawah akan ditampiljan related search yang berupa long tail keyword yang dicari secara real time. Kalian bisa menggunakan fitur ini. Namun, kalian tidak bisa melihat volume pencarian dari sini. Mbak Marita Ningtyas pada kelas Blogspedia Coaching menyarankan utuk menggunakan fitur ini sebagai referensi mencari keyword turunan.

3.  Google Keyword Planner

Google memiliki banyak tool untuk membantu penggunanaya mencari kata kunci yang tepat. Selain Google Related Search, Google juga memiliki Google Keyword Planner. Kalian bisa memanfaatkan fitur ini semaksimal mungkin. Kalian juga bisa mengetahui estimasi trafik yang kalian dapat dari kata kunci yang ditargetkan.

4.  Ahrefs Keyword Tool Generator

Berikutnya ada Ahrefs yang merupakan fitur berbayar. Namun, kalian masih bisa mengaksesnya secara free namun beberapa fitur dibatasi hanya untuk pengguna premium. Fitur ini memberikan pelayanan yang sangat lengkap. Data yag diupdate pun setiap hari. Namun, harga berlangganannya sangat mahal.

5.  Google Search Console

Terakhir ada Google Search Console atau yag biasa disingkat dengan GSC. Sebenarnya, GSC bukan murni keyword tool. Fitur gratis dari Google ini sebenarnya digunakan untuk memantau, mempertahankan, serta memecahkan masalah yang ada pada situs blog atau web kita. Layanan ini juga digunakan untuk membantu meng-crawl dan mengindeks artikel lebih cepat.

Google memang memiliki robot otomatis yang dapat mengindeks artikel sehingga tulisan lebih mudah untuk ditemukan. Namun, jika kita hanya mengandalkan robot si mbah saja, artikel akan lama terindeks. Dengan menggunakan GSC, artikel-artikel tersebut akan lebih cepat terbaca oleh mesin pencarian. Nah, tool terakhirinilah yang akan kita bahas lebih mendalam. Check it out!

Fitur-fitur yang Ditawarkan Oleh Google Search Console

Ada beragam fitur yang ditawarkan oleh GSC kepada penggunanya. Apa saja? ini dia.

1.  Identifikasi Halaman Terpopuler

Google Search Console membantu kita untuk mengidentifikasi halaman mana yang paling populer diantara semua halaman yang ada di situs kita. Kita bisa melihat impression atau tayangan dan jumlah klik pada halaman-halaman yang ada di situs kita. Caranya adalah masuk pada “Performa”, jika sudah memiliki beberapa pilihan, masuk pada “Hasil Penelusuran”. Klik “Tyangan” dan juga “Posisi rata-rata”.

Selanjutnya akan muncul hasilnya dan kalian bisa melihat kata kunci mana yang banyak digunakan oleh pengguna dalam menemukan situs kita. Dengan ini juga, kita bisa tau mana kata kunci yang efektif untuk situs kita dan mana yang tidak.

2.  Isnpeksi URL

Saat kalian sudah memiliki akun GSC, kalian bisa memanfaatkannya untuk menginspeksi URL halaman blog atau artikel. Ini bisa digunakan untuk mengindeks halaman ataupun mengecek halaman sudah terindeks di mesin pencari atau belum. Caranya adaah pada bagian “Inspeksi URL” masukkan link artikel pada kotak pemeriksaan URL. Lalu klik “Minta Pengindeksan” dan “Uji URL Aktif”.

3.  Mengecek Kompabilitas Situs pada Perangkat Mobile

Kalian bisa melihat kompabilitas situs di perangkat mobile melaluui GSC ini. Meskipun bisa saja kkalian mengeceknya secara langsung mellaui smartphone kalian sendiir, tapi akan lebih akurat jika melalui tool ini. Caranya adalah masuk pada bagian “Pengalaman” dan klik “Kebergunaan Seluler”.

4.  Memeriksan Broken Link

Link hidup baik internal link maupun eksternal link pasti memiliki kemungkinan untuk menjadi broken link. Entah karena halaman yang sudah dihapus atau masalah lainnya. Broken link ini dapat mengganggu kesehatan dari situs kita. Nah, GSC dapat mengidentifikasi masalah ini. Caranya adalah masuk ke “Setelan”, pada bagian “Perayapan” klik Bika Laporan. Pada kotak “Menurut Respons”, klik Tidak ditemukan (404). Kalian akan diarahkan pada daftar broken link yang ada pada situs kalian.

5.  Memeriksa Backlink

Backlink bukan lagi hal asing bagi para blogger, khususnya yang mempelajari SEO. GSC mampu mengidentifikasi situs-situs yang menyjmbangkan backlink ke situs kita. Cara melihatnya adalah pada bagian “Tautab”.

6.  Submit Sitemap

Kalian juga bisa menambahkan sitemap pada GSC agar artikel maupu halaman lain pada situs kalian dapat terindeks lebih cepat.

7.  Identifikasi Masalah pada Situs

Keamanan adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik situs. Layanan dari Google ini akan membantu kaian dalam mendeteksi masalah di situs kalian, misalnya masalah pengindeksan. Google Search Console akan memberi peringatan melalui email dan akan membantu menyelesaikannya.

Cara Memasang GSC

Setelah mengetahui fitur-fiturnya, kini saatnya kita memasang Google Search Console. Lanjuuut!

  1. Buka Google Search Console. Kemudian masukkan akun gmail.
  2. Akan ada dua pilihan, yakni “Domain” dan “Awalan URL”.
  3. Pilih yang “Awalan URL”. Pilihan ini bisa digunakan baik bagi yang belum ber-TLD maupun sudah.
  4. Masukkan URL blog kemudia klik “Lanjutkan”.
  5. Selanjutnya masuk ke bagian Setting lalu “Verifikasi Kepemilikan”. Untuk blog yang menggunakan CMS Blogspot akan otomatis terverifikasi.
  6. Namun, jika kalian ingin memverifikasi lebih lanjut, kalian bisa memverifikasinya dengan pilihan yang disediakan. Diantaranya adalah Tag HTML, Domain, Google Analytics, File HTML, dan Google Tag Manager. Jika kalian menggunakan email yang sama untuk Google Analytics dan Google Search Console maka akan otomatis terverifikasi.
  7. Untuk kalian yang sudah punya akun GA, kalian bisa menautkan keduaya. Caranya adalah dengan masuk ke halaman Google Analytics. Pada bagian admin pilih Penautan Search Console”.

Riset Keyword dengan Google Search Console

Saat aku mengikuti kelas Bimbingan Adsense oleh Alex Alfand, pada pertemuan pertama kita diberi materi riset keyword dengan menggunakan Google Search Console, Keywordtool.io, Ahrefs Keyword Generator, dan What’s MySerp. Nah, bagaimana caranya?

  1. Masuk pada bagian “Performa”, kemudian klik “Hasil Penelusuran”.
  2. Centang semua kotak yang ada (Klik, Tayangan, CTR, dan Posisi arat-rata)
  3. Scroll hingga ke bawah dan kalian akan menemukan data berupa kueri, halaman, negara, perangkat, tampilan penelusuran, dan tanggal.
  4. Pada bagian kueri, kalian akan menemukan kata kunci lengkap dengan jumlah klik, tayangan, CTR, dan posisi.
  5. Cari keyword yang memiliki klik dan tayangan paling banyak.
  6. Copy keyword yang sudah dipilih. Paste pada keywordtool.io dan juga Ahrefs Keyword Generator.
  7. Pilih keyword yang tidak beda jauh atau jika ada kata kunci yang sama persis dengan keyword yang ada di kueri GSC.
  8. Setelah dapat, copy dan tempel pada pencarian Google. Ingat ya, sebelumnya kalian harus memasang ekstensi What’s MySerp yang bisa didapatkan di Chrome Etension.
  9. Setelahnya akan ditampilakan hasil untuk kata kunci tersebut lengkap degan volume, keyword difficulty, dan juga CPC.
  10. Pilih keyword yang diinginkan. Yeay! Kalian sudah mendapatkan kata kunci berdasarkan riset.
Untuk lebih jelasnya kalian bisa menonton video ini ya. 


Naah, demikian tulisan mengenai keyword tool gratis yang salah satunya adalah GSC senjata para blogger hehe. sampai jumpa di tulisan selanjutnya, ya.  

Sumber: jagoanhosting.com, niagahoster.co.id, blogspedia.my.id

1 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. betul sekali GSC atau GWT(google webmaster tools) memang sangat membantu blogger meskipun fitur lama yg paling amazing yakni add url google sudah disable.

    setidaknya fitur" di GWT masih gratis dan masih bisa digunakan, salam kenal Filza Halwa, sukses selalu

    BalasHapus