Korean Stuff

Gimana Cara Website Muncul di Google? Google News Aja!

Konten [Tampil]

bagaimana cara agar website muncul di Google?

Sudahkah kalian tau cara website muncul di Google? Sebuah situs tidak bisa langsung muncul di mesin pencari, Google salah satunya. Butuh perjuangan agar bisa memunculkan situs kita di search engine ini. Karena itulah Google menyediakan tool yang bisa kita gunakan agar situs kita muncul di SERP. Salah satunya adalah GSC yang sudah pernah kita bahas sebelumnya.

Namun, taukah kalian? Ada lagi tool yang disediakan oleh Si Mbah untuk membantu kita. Yakni Google News! Wah apaan tuh? Apa kalian sudah mengenalnya? Langsung kenalan aja yuk. Check it out!

Sudahkah Kalian Mengenal Google News?

Ada yang bilang, tak kenal ya kenalan. Begitu juga dengan Google News, kalau nggak kenal tandanya apa? Ya kenalan dong, wkwk. Seperti yang sudah aku bilang tadi, GNews adalah salah satu tool dari Google yang sangat bisa membantu kita untuk memunculkan situs di search engine.

Tapi, Google News kan artinya Google Berita? Iya, benar. Sebenarnya, Google News adalah layanan dari Mbah Google yang menyediakan berita dari website dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia. Layanan ini memudahkan pembaca untuk mengakses berita dengan mudah. Layanannya juga bisa diakses secara gratis, tak heran hingga saat ini aplikasinya sudah diunduh lebih dari 1 milyar di Google Play Store.

Kalian tidak perlu login untuk bisa menikmati layanan dari search engine raksasa ini. Jika kalian menggunakan akun Google saat mengakses platform ini, kalian akan diberi fitur personalized content. Yang berarti berita-berita yang disuguhkan akan sesuai dengan minat kalian.

Meskipun Google News berfungsi untuk membaca berita, tidak hanya web berita besar saja yang bisa masuk ke dalamnya loh. Situs biasa seperti blog kita pun bisa. Asalkan kontennya menarik dan layak untuk dipublikasikan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk blog kita. Mengingat besarnya pengguna dari platform ini.

Cara Memasang Google News

Setelah berkenalan dan mengetahui apa Google Berita itu, saatnya kita mengulik nih cara memasangnya. Seperti Google Analytics dan juga Google Search Console, sebenarnya aku sudah lama memasang ini. Namun, karena kewajiban dari kelas Blogspedia Coaching yang aku ikuti jadilah aku menulis tutorial ini. Emang dasarnya males wkwk nggak akan nulis kalo nggak ada tugas dari kelas. Oke, langsung saja.

Pertama, kalian harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa hal, yakni

  1. Feed rubrik. Jika masih blogspot, gunakan “https://koreanstuff.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss”. Dan jika sudah ber-TLD, gunakan “https://koreanstuff.my.id/feeds/posts/default?alt=rss”. Ganti nama domain yang aku bold dengan nama domain kalian ya.
  2. Kode pelacakan di Google Analytics yang UA.
  3. Logo berdimensi 512 x 512 pixels berformat png.
  4. Logo berdimensi 200 x 20 pixels berformat png.

CATATAN: Tidak harus sama dengan logo di blog, warna boleh berbeda tapi bentuknya harus sama. Siapkan dua gambar untuk mode terang dan mode gelap. Email untuk Google News dan GSC harus sama.

Kalian bisa membuat gambarnya dengan aplikasi Canva, ya. kalian bisa langsung atur ukurannya supaya gambar yang dihasilkan tjakep.

tutorial mencari kode tracking
Cara mencari kode tracking GA

Kedua, masuk ke halaman Google News. Kalian bisa mengkliknya disini. Langsung saja kalian bisa mengikuti langkah ini.

  1. Pada bagian home, klik “Tambahkan publikasi”.
  2. Pada bagian “Nama publikasi” atau “Publication name” isi dengan nama blog. Kalau blog ini aku isi dengan nama “Korean Stuff”.
  3. Lanjut dibawahnya yakni “Primary website property” isi dengan domain blog. Isi dengan https atau http. Misal, https://koreanstuff.my.id/.
  4. Isi kotak lokasi yang berada dibawahnya, isi “Indonesia”.
  5. Centang kotak kecil yang ada dibawahnya. Yang terdapat tulisan “By checking….”
  6. Klik “Add Publication” atau “Tambah Publikasi”.
  7. Pada bagian “NEWS PUBLICATION” atau “PUBLIKASI”, klik pada bagian yang telah dibuat tadi.
  8. Lalu, klik “Edit”. Kalian akan diarahkan pada kotak setting. Disana terdapat tiga menu, yakni “Umum”, “Setelan konten”, serta “Tinjau dan publikasi”.
  9. Pada bagian “Umum”, terdapat kotak deskripsi. Isi dengan deskripsi blog kalian untuk menjelaskan isi blog tersebut.
  10. Pada kotak kategori, isi dengan kategori blog kalian. Pada kotak negara, isi dengan “Worldwide”. Untuk bagian properti, pilih “Allow all properties”.
  11. Saat scroll ke bawah, kalian akan menemukan bagian “Tracking” yang nantinya diisi dengan kode tracking dari akun Google Analytics kalian yang versi UA. Cara melihatnya adalah dengan masuk ke halaman GA, pilih Admin lalu Properti. Pilih yang kode berawalan UA.
  12. Jika sudah klik “Next” dan simpan.
  13. Selanjutnya, kita akan dibawa ke bagian “Setelan konten”. Pada bagian “Section” klik “New section” dan pilih feed.
  14. Akan muncul beberapa kotak. Pada bagian “Section title” isi dengan nama blog. Di kotak bawahnya, yakni “RSS” isi dengan feed rubrik yang tadi telah disiapkan.
  15. Kotak “View access” tetap isi dengan “Anyone”. Dan klik add kemudian next.
  16. Sampai di bagian terakhir yakni “Tinjau dan publikasi”. Akan ada beberapa kesalahan yang belum diperbaiki.
  17. Yang pertama, kita bisa terlebih dahulu melakukan verifikasi GSC. Caranya adalah simpan dulu lalu masuk pada “Go to publication”.
  18. Kotak negara yang tadi sudah diisi akan kosong lagi dan isi kembali dengan negara Indonesia. Gulir sampai bawah hingga ada tulisan “Verify in search console” dan klik.
  19. Scroll lagi ke bawah hingga menemukan tulisan “Additional website property URLs” dan tambahkan URL kita pada kotak tersebut.
  20. Di bagian paling bawah, terdapat “Contacs” dan isi dengan email kita. Ingat, email nya harus email yang sama dengan yang digunakan. Centang kebutuhan yang dibutuhkan dan pilih “Add”.
  21. Akan ada spam gmail dan klik verifikasi.
  22. Kembali ke halaman publisher tadi. Klik simpan lalu next.
  23. Nah, langkah selanjutnya adalah memasang gambar yang telah disiapkan tadi. Masukkan square logo, rectanguar logo, dan juga gambar yang dark mode. Gambar tidak akan bisa masuk jika ukuran tidak sesuai. Untuk itu, sesuaikan dulu ya. klik simpan.
  24. Kembali lagi ke halaman utama publisher center dan klik edit lagi. Pada bagian “Tinjau dan publikasi” tadi, masih ada dua kesalahan yang belum diperbaiki.
  25. Scroll hingga ke bawah dan kalian akan menemukan kotak “Testing your publication”. Klik pada “Follow publication”.
  26. Selanjutnya, kita akan memperbaiki kesalahan yang belum diperbaiki. Terdapat tulisan “Please review our term of service”. Artinya kita diminta untuk me-review term of service mereka. Klik review.
  27. Kalian akan dibukakan term of service dari GNews dan akan ada semacam kotak bodata disana.
  28. Isi nama dengan nama blog, email dengan email yang digunakan tadi, pada kotak “Title” dan “Organization” isi dengan nama blog lagi.
  29. Centang kotak pada bagian bawah, klik submit.
  30. Reload halaman yang memuat kesalahan. Dan jeng jeng, masih ada satu kesalahan. Klik review dan ternyata kesalahan ada pada bagian feed.
  31. Gimana cara memperbaiki maslaahnya? Refresh dan reload terus hingga sekitar 10 menit, tapi ingat ya tergantung masing-masing blog juga. Lakukan penyegaran terus hingga semua artikel muncul.
  32. Jika sudah muncul, kembali lagi ke bagian “Tinjau dan publikasi”. Jika review artikel sudah terlihat, klik publish dan got it.
  33. Proses pendaftaran tidak bisa langsung diterima.kalian harus menunggu hingga satu minggu.
  34. Yeay! Kalian tinggal menunggu agar blog bisa masuk ke Google Berita.

Untuk lebih mudahnya kalian bisa lihat divideo ini, ya.


Manfaat Memasang Google News

Memasang Google News memiliki manfaat lain selain dapat membantu dalam pengindeksan. Tentunya sangat berguna bagi kita para blogger. Apa saja manfaatnya? Ini dia.

1. Memudahkan Situs Bisa Nangkring di Page One

Sudah jadi rahasia jika sebuah situs ingin unjuk diri di posisi pertama Google harus menerapkan teknik SEO secara terus menerus agar mesin pencari tersebut semakin cita denga situs tersebut. Namun, selain menerapkan teknik optimasi kalian juga bisa memanfaatkan Google News loh.

Google tentu saja memiliki syarat untuk sebuah situs agar bisa masuk di posisi ini. Jika blog atau situs tersebut memiliki konten yang berkualitas, maka akan dipertimbangkan agar bisa berada di posisi ini.

2. Menambah Trafik Pengunjung

Saat sebuah situs atau blog bisa tampil di halaman pertama, otomatis akan mendapatkan trafik yang berkualitas dari pengunjung. Tapi tetap harus menarik dan bermanfaat bagi pengunjung.

Selain itu, saat sebuah blog mudah dicari maka akan semakin mempermudah orang untuk mengenal dan lama kelamaan akan betah untuk membaca informasi yang disampaikan jika informasi dirasa relevan dengan yang dicarinya. Dalam hal ini, fitur personalized content sangat berperan dalam penyesuaian niche dengan kegemaran pembaca sehingga akan mendapatkan pembaca yang tepat sasaran.

3. Sebagai Media Branding

Saat kalian sudah dikenal oleh banyak orang dan telah banyak emndapatkan trafik, kalian akan memperoleh brand yang baik untuk situs kalian. Sebagai penulis, kalian akan dikenal ahli dalam bidang tersebut.

4. Tidak Perlu Melakukan Budgeting Iklan

Saat brand sudah dikenal, kalian tidak perlu melakukan penganggaran untuk iklan. Bisa hemat uang ‘kan? Kalian juga berpeluang mendapatkan traffic organic yang awet dan berkualitas.

5. Berpeluang Mendapat Backlink

Backlink memiliki peran penting dalam mendongkrak kualitas sebuah situs. Saat situs kalian sudah dipercaya, bisa saja blogger lain akan menggunakannya sebagai referensi dan memberikan link yang mengarah pada blog kita. Semakin banyak dapat backlink, maka akan semakin tinggi kepercayaan sebuah blog.

Demikian informasi mengenai cara website muncul di Google. Apa kalian siap mempraktekkannya?

Sumber: niagahoster.co.id, YouTube channel Alex Alfand

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.