Fakta Unik Indonesia yang Jarang Diketahui, Sudah Tau Belum?

Konten [Tampil]

Fakta Unik Indonesia yang Jarang Diketahui, Sudah Tau Belum?

Indonesia adalah negara yang kaya akan keragamannya. Mulai dari sumber daya alamnya hingga sumber daya manusianya. Bahkan Indonesia juga dikenalmemiliki beragam makanan yang legendaris, salah satunya adalah kue apem. Ada banyak Fakta Unik Indonesia yang Jarang Diketahui oleh orang banyak. 

Indonesia juga memiliki berbagai budaya yang unik dan menarik. Hal ini karena negara ini memiliki beragam suku budaya. Penasaran? Simak tulisan ini sampai akhir, ya.

Fakta Unik Indonesia yang Jarang Diketahui

Siapa yang penasaran dengan Fakta Unik Indonesia yang Jarang Diketahui? Ada banyak sekali fakta menarik untuk diulik. Langsung saja, check it out!

1.  Salah Satu Negara dengan Pulau Terbanyak

Indonesia dikenal dengan jajaran pulaunya, nggak heran kalau Indonesia masuk ke dalam deretan negara dengan pulau terbanyak di dunia. Tak tanggung-tanggung, indonesia berada di posisi ke-5. Wow!

Nggak hanya pulau besar saja, tapi indonesia juga memiliki pulau-pulau kecil. Bahkan tiga pulau di Indonesia masuk ke dalam pulau terbesar di dunia.

Wah, apa saja? Pulau Papua dengan peringkat kedua, pulau Kalimantan dengan peringkat ketiga, dan pulau Sumatera berada di posisi keenam.

Namun sayang, pulau kecil di Indonesia banyak yang tidak terurus. Padahal pulau-pulau tersebut memiliki keindahan yang tiada duanya. Tidak kalah dengan pulau lainnya.

2.  Negara yang Menjadi Pusat Maritim Terbesar di Dunia

Sekitar 62% wilayah Indonesia adalah lautan. Dan laut Indonesia masuk ke dalam daftar coral triangle bersama 5 negara lainnya. Apa itu coral triangle?

Adalah negara dengan tingkat keanekaragaman hayati dan jumlah terumbu karang terbesar di dunia.Lima negara lainnya yakni Malaysia, Timor Leste, Papua Nugini, Filipina, serta Kepulauan Solomon.

Dan Indonesia adalah yang terbesar dengan luas keseluruhan sekitar 6 juta km2. Negara kita tercinta ini memiliki 590 spesies karang yang wajib banget untuk dilestarikan.

3.  Memiliki Suku Bangsa Terbanyak

Ada yang tau berapa jumlah suku yang dimiliki oleh Indonesia? Suku di Indonesia berjumlah 740 suku dengan 270 nya berada di Papua. Karenanya, Indonesia menjadi negara dengan jumlah suku terbanyak di dunia.

4.  Peraih Piala Thomas Terbanyak

Piala Thomas merupakan kejuaraan bulutangkis internasional yang diadakan setiap dua tahun sekali. Ajang ini termasuk dalam event terbesar di dunia.

Dan Indonesia berhasil menjadi negara dengan peraih piala Thomas terbanyak sejak diselenggarakan yakni pada tahun 1994. 

5.  Negara dengan Hutan Bakau Terbanyak

Indonesia juga dikenal dengan kekayaan alamnya, hutan bakau termasuk ke dalam daftar ini. Luas hutan bakau yang ada di Indonesia adalah 2.5 juta sampai 4.5 juta hektar.

Angka ini sudah termasuk 25% hutan bakau di dunia. Wah, nggak heran ya kalo Indonesia merupakan negara dengan hutan bakau terluas di dunia. 

6.  Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia

Indonesia adalah negara dengan suku terbanyak, karenanya Indonesia juga menjadi negara dengan bahasa terbanyak kedua di dunia. Dengan jumlah bahasa sebanyak 707 bahasa. Keren!

Di posisi pertama yaitu Papua Nugini dengan jumlah bahasa sebanyak 839 bahasa. Ada 67 bahasa induk yang digunakan oleh berbagai macam suku di negara kita ini. Dan setiap daerahnya pun memiliki lebih dari satu bahasa. 

7.  Negara dengan Garis Pantai Terpanjang Ketiga di Dunia

Karena Indonesia adalah negara dengan pulau terbanyak, yakni di posisi kelima, tak heran jika Indonesia juga masuk dalam negara dengan garis pantai terpanjang. Negara merah putih ini berada di urutan ketiga.

Di Posisi pertama, ada Kanada dengan garis pantai sepanjang 202.080 km. Di Urutan kedua, ada Norwegia dengan garis pantai sepanjang 58.133 km. Dan Indonesia di posisi ketiga dengan garis pantai sepanjang 54.720 km. 

8.  Pemilik Ragam Hayati Terbanyak di Dunia

Indonesia masuk ke dalam daftar negara megadiverse. Ada yang tau apa itu? Megadiverse adalah negara yang memiliki keanekaragaman hayati terbanyak, memiliki banyak spesies endemik, dengan flora dan fauna yang bermacam-macam. 

Indonesia berada di urutan kedua setelah negara Brazil. Dengan jumlah spesies burung sebanyak 1.592, jumlah spesies mamalia sebanyak 515, jumlah spesies reptil sebanyak 781, jumlah spesies bunga sebanyak 25.000, dan masih banyak lagi. 

Tradisi Unik yang Hanya Ada di  Indonesia

Fakta Unik Indonesia yang Jarang Diketahui, Sudah Tau Belum?

Selain memiliki beragam fakta yang unik dan menarik, Indonesia juga memiliki beragam tradisi loh. Nah, setelah kita membicarakan tentang Fakta Unik Indonesia yang Jarang Diketahui, saatnya kita berbicara tentang tradisi unik yang dimiliki Indonesia. Inilah dia! 

1.  Gigi Runcing - Suku Mentawai, Kalimantan

Bagi masyarakat suku mentawai, ada 3 kriteria wanita cantik. Yakni telinga panjang, memiliki tato atau titi, dan memiliki gigi runcing. Gigi yang runcing diyakini akan menambah kecantikan para wanita. 

2.  Kebo-keboan - Banyuwangi

Kebo-keboan merupakan tradisi meminta hujan pada saat musim kemarau yang dilakukan di desa Alasmalang, Singojuruh, Banyuwangi. Tradisi ini biasanya diadakan pada 10 Muharram.

Beberapa laki-laki harus berdandan menjadi kerbau dan membajak sawah. Setelah itu, mereka akan diarak keliling desa, diikuti dengan karnaval kesenian rakyat. 

3.  Adu Betis - Sulawesi Selatan

Tradisi adu betis dilakukan untuk mensyukuri musim panen yang diadakan di dusun Paroto, desa Sanaeko, Barebbo, Bone, Sulawesi Selatan. Tradisi ini dilakukan dengan permainan Malanca yang dilakukan oleh para pemuda dan mereka harus mengeluarkan kekuatannya. 

4.  Tabuik - Sumatera Barat

Tabuik berasal dari bahasa Arab tabut, yang berarti mangarak. Sama seperti tradisi kebo-keboan di Banyuwangi, tradisi ini juga diadakan setiap tanggal 10 Muharram.

Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa duka yang mendalam dan rasa hormat masyarakat Islam di Pariaman terhadap cuci Nabi Muhammad SAW. 

Itulah beberapa Fakta Unik Indonesia yang Jarang Diketahui dan beberapa tradisi unik yang hanya ada di negara ini. Apakah kecintaan kalian terhadap negeri ini semakin bertambah setelah membaca tulisan ini? 

Sumber: travel.wego.com, hipwee.com, idrtimes.com

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.