Korean Stuff

Belajar Bahasa Korea untuk Pemula, Sejarah, dan Fakta

Konten [Tampil]

belajar bahasa korea untuk pemula

Bahasa Korea atau hangeul menjadi bahasa yang diminati akibat meluasnya Korean wave atau gelombang Korea. Topik belajar bahasa Korea untuk pemula pun banyak dicari di mesin pencari. Tujuan utama dari belajar bahasa negeri ginseng ini supaya bisa mengerti dan faham apa saja yang sedang dibicarakan oleh para idolnya tanpa harus melihat terjemahan. 

Kalian bisa mempelajari bahasa hangeul ini di beberapa tempat kursus yang telah menyediakan layanan bimbel bahasa untuk bahasa Korea. Atau, jika kalian ingin tau dasarnya tanpa harus mengikuti kursus terlebih dahulu, kalian bisa mempelajarinya sendiri di rumah. 

Ngomong-ngomong soal belajar bahasa, nggak asik kalo nggak tau bagaimana sejarah dari bahasa yang sedang dipelajari tersebut. Nah, bagaimana sih sejarah dari bahasa Korea? 

Sejarah Bahasa Korea 

Taukah kalian siapa yang menciptakan bahasa Hangeul atau bahasa Korea? Hangeul diciptakan oleh raja Sejong dengan beberapa cendekiawan Korea Selatan pada tahun 1443. Bahasa Korea mulai digunakan di masyarakat setelah tiga tahun bereksperimen, tepatnya pada tahun 1446.

Hangeul diadaptasi dari bahasa Cina. Raja Sejong membuat huruf yang lebih sederhana agar masyarakat, khususnya yang kesulitan mempelajari aksara Cina, lebih mudah dalam mempelajarinya serta lebih mudah digunakan dikalangan masyarakat luas. 

Raja Sejong sendiri merupakan seorang ahli bahasa yang sangat hebat. Beliau mengakumulasi pengetahuan yang dimilikinya tentang berbagai bahasa dan tulisan untuk menyusun hangeul ini. 

Sebelumnya, nama asli dari hangeul adalah "hunminjeongeum" yang berarti "suara yang benar  untuk diajarkan pada masyarakat". Maknanya apa? Maknanya ialah orang cerdas bisa mempelajarinya sebelum pagi berakhir, bahkan orang bodoh pun dapat mempelajarinya dalam waktu 10 hari. 

Fakta Menarik Bahasa Korea

fakta menarik bahasa korea
Source: Go Global Language 

Selain diciptakan oleh raja yang merupakan seorang ahli bahasa yang hebat, bahasa Korea memiliki berbagai fakta menarik untuk diulik. Bisa jadi penyemangat kalian nih saat jenuh dalam mempelajarinya. Apa saja kira-kira fakta menariknya? Ini dia. 

1.  Menggunakan Sistem Honorifik

Ada yang berasal dari Jawa? "Loh mbak ujug-ujug tutuk boso Jowo?" Kalau menurut kacamata ku, haha, antara bahasa Jawa dan bahasa Korea memiliki kesamaan. Yakni sama-sama menggunakan bahasa yang halus dan sopan untuk orang yang dihormati dan yang lebih tua. Inilah yang disebut dengan sistem honorifik. 

  • Terdapat tiga tingkatan dalam kesopanan berbahasa di Korea. 
  • Diakhiri dengan "nida" yang menunjukkan rasa hormat dan formal yang paling tinggi. 
  • Diakhiri dengan "yo/a/o" yang menunjukkan rasa hormat dengan sedikit formal. 
  • Yang terkahir, tidak diakhiri dengan apapun yang biasa digunakan dalam percakapan santai. 

2.  Mempunyai Tanggal Peringatan

Hangeul pun punya ulang tahun loh, Keys. Antara Korea Selatan dan Utara punya tanggal yang berbeda untuk peringatan ulang tahun hangeul ini. 

Di Korsel, hari hangeul diperingati setiap tanggal 9 Oktober. Sedangkan di Korut, hari hangeul diperingati setiap tanggal 15 Januari. 

3.  Memiliki Dialek di Setiap Daerahnya

Indonesia dikenal sebagai negara dengan banyak bahasa, seperti yang sudah aku ulas sebelumnya di artikel fakta unik Indonesia. Ternyata, di setiap daerah di Korea, memiliki bahasa dan dialeknya masing-masing. Mirip seperti Indonesia 'kan?

Di Seoul, ibukota Korea Selatan, dianggap sebagai bahasa nasional dari Korea. Sedangkan untuk daerah lain seperti Daegu, Jeju, Busan, dan lain-lain, memiliki dialek serta bahasanya masing-masing. 

4.  Mempunyai Dua Sistem Perhitungan

Korea memiliki dua sistem perhitungan, tidak seperti di Indonesia yang langsung "satu, dua, tiga" atau bahasa Inggris yang langsung "one, two, three". Sistem ini dipengaruhi oleh budaya Tiongkok. 

5.  Buku Panduannya Telah Mendapat Pengakuan dari UNESCO

Buku Panduan Bahasa Korea atau Hunminjeongeum Haeryebon, telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO dalam Memory of the World Register pada bulan Oktober tahun 1997. 

Buku ini memperoleh penghargaan karena telah berhasil memberikan kontribusi dalam mengurangi angka buta huruf di Korea. 

Belajar Bahasa Korea untuk Pemula 

bahasa orea untuk pemula
Source; I-Gen

Sejarah sudah tau, fakta pun sudah tau, saatnya kita belajar bahasa Korea untuk pemula. Dalam mempelajari sebuah bahasa, terlebih dahulu kita akan mempelajari cara membaca, menulis, lalu dilanjutkan ke tahap menulis. 

Belajar Huruf Konsonan

Dalam bahasa Korea, huruf konsonan ada 19 huruf yang terdiri dari 14 konsonan dasar dan 5 konsonan tambahan yang dibuat dengan konsonan dasar.

Belajar Huruf Vokal

Huruf vokal dalam bahasa Korea total ada 21 huruf, yang terdiri dari 10 vokal dasar dan 11 vokal tambahan yang dibuat dari vokal dasar. Huruf vokal biasanya dipasangkan dengan huruf yang tidak memiliki bunyi seperti yang sudah disebutkan dibagian huruf konsonan. 

Belajar Menulis Hangeul

Pada umumnya, kata dalam bahasa Korea berasal dari huruf-huruf yang berkelompok. Ada beberapa aturan dalam penulisan hangeul. 

  1. Dalam penulisan, huruf konsonan selalu didahulukan. Seperti kata yang berarti pergi. Huruf ditulis lebih dulu dari huruf.
  2. Ada kalanya, sekumpulan kata dapat memiliki dua huruf konsonan yang biasa disebut dengan 받침 (batchim). Contohnya adalah yang berarti tangan. Memiliki batchim karena terdapat huruf dibagian bawah. Sedangkan untuk kata yang berarti sapi, tidak mempunyai batchim karena tidak ada huruf konsonan dibagian bawah kata.

Itulah panduan belajar bahasa Korea untuk pemula beserta sejarah dan faktanya. Kalian sudah sampai tahap mana belajarnya? 

Sumber: namsankoreancourse.com, ruangguru.com

1 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Artikelnya cocok untuk adik saya nih, sering belajar yang begini dia tuh. Saya malah pusing ngeliat aksaranya wkwk

    BalasHapus