Festival Musim Gugur di Korea, Sudah Pernah Kesini?

Konten [Tampil]
Musim gugur di Korea

Seperti yang kita ketahui, iklim antara Indonesia dan Korea sangat berbeda. Jika Indonesia hanya memiliki dua musim, maka negeri ginseng ini memiliki empat musim. Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah musim gugur di Korea. 

Musim gugur berlangsung dari bulan September hingga bulan Oktober. Wah, sebentar lagi nih. Saat musim luruh (dalam bahasanya Upin Ipin) di Korea, banyak festival yang diadakan. Sepeti halnya musim semi. Apa saja festivalnya? 

Beberapa Festival yang Diadakan Saat Musim Gugur di Korea

Ada banyak festival yang diadakan saat musim gugur di Korea sedang berlangsung. Ada yang dilaksanakan saat bulan September, Oktober, dan juga November. Acaranya pun diadakan di berbagai kota di Korea. 

Bulan September

Festival musim gugur yang ada di Korea
Source: 두드림

1. Festival Tari Topeng Andong

Kalian ingin tau budaya Korea lebih banyak? Bisa nih berkunjung ke festival tari satu ini. Festival Tari Topeng Andong menampilkan pertunjukan tari topeng tradisional dari Korea 

Fakta menariknya, tari topeng ini telah ditetapkan oleh Administrasi Warisan Budaya Korea sebagai Properti Budaya Tak Penting. Tari Topeng Andong berlangsung dari akhir September hingga awal Oktober dan digelar di Taman Talchum. 

2. Festival Horizon Gimje

Gimje merupakan persawahan terluas di Korea Selatan dan memiliki produksi beras yang melimpah. Karenanya, di setiap musim panen, diadakan acara yang bernama Festival Horizon Gimje. 

Ada berbagai acara menarik yang bisa kalian ikuti disini. Seperti mamasak nasi internasional, menerbangkan layang-layang, dan pengalaman dalam memanen padi secara global. Pecinta makanan dan budaya pun bisa banget loh kesini. Kalian bisa mencicipi makanan lokal tradisional dan menikmati pertunjukan budaya.

Bulan Oktober

Festival lentera
Source: Sindonews Lifestyle 

1. Festival Baudogi Namsadang Anseong

Festival Baudogi Namsadang Anseong berasal dari gabungan kata Baudogi, Namsadang, dan juga Anseong. Namsadang merupakan sebuah kelompok yang melakukan perjalanan dan menampilkan pertunjukan ke seluruh negeri pada era Joseon. Baudogi sendiri adalah seorang tokoh legendaris dalam kelompok Namsadang. Sedangkan Anseong, adalah nama kota yang menjadi markas dari kelompok Namsadang tersebut. 

Festival yang digelar di Matchum Land Anseong ini mulai diadakan pada tahun 2001 dan merayakan sejarah kelompok pertunjukan tertua di Korea. Namsadang Nori, nama dari kelompok tersebut, telah tercatat dalam Daftar Perwakilan UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan. Wah, daebak!

2. Festival Yudeung Namgang Jinju

Yudeung dalam bahasa Korea berarti lentera mengambang. Festival yang diadakan di area sungai Namgang dan Benteng Jinjuseong ini adalah festival yang menampilkan beragam tampilan pencahayaan lentera yang mengambang di sungai. 

Kalian pun bisa membuat lentera keinginan kalian sendiri dan menghanyutkannya di sungai. 
Festival ini dipilih oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata sebagai festival promosi global. Keindahan lentera yang dihanyutkan di aliran sungai akan semakin menambah keindahan malam kalian di Korea Selatan. 

3. Festival Sori Internasional Jeonju

Korea dikenal dengan musiknya yakni KPop, bahkan penjualan album di seluruh KPop store mencapai angka yang fantastis. Namun, selain memiliki musik Korean Pop yang mendunia, Korea juga memiliki musik tradisional yang mendunia loh, Keys. 
Namanya adalah Festival Sori Internasional Jeonju. 

Festival satu ini menggunakan media musik untuk berkomunikasi dan menyebarkan keindahan musik tradisional Korea ke seluruh dunia. Festival ini telah diakui oleh seluruh dunia dan masuk ke dalam daftar "25 Festival Internasional Terbaik" di Songlines, majalah musik terkenal di Inggris. 

Bahkan nih, festival ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Takbenda Kemanusiaan Pansori. Festival ini digelar di Pusat Kesenian Sori Jeollabuk-do. 

4. Festival Film Internasional Busan

Siapa pecinta film disini? Film berbahasa Inggris, film Indonesia, atau film Korea? Wajib nih kalian datang kesini. 

Festival yang diadakan di Teater Sinema Busan ini akan menampilkan film domestik Korea dan internasional yang bisa kalian pilih. Wah, bisa nambah daftar film yang sudah ditonton nih. 

5. Festival Budaya Hwaseong Suwon

Ada lagi nih 'Korea punya' yang masuk ke dalam warisan budaya UNESCO. Adalah Istana Haenggung Hwaseong yang masuk ke dalam warisan budaya dunia UNESCO. Kalian bisa.menikmati pemutaran ulang Parade Makam Jeongjo, festival lentera, dan juga parade warga. 

6. Festival Bibimbap Jeonju

Pastinya kalian sudah tidak asing dengan bibimbap dong, ya. Ternyata, salah satu makanan populer ini juga memiliki festivalnya sendiri loh, Keys. Tepatnya berada di Jeonju, yang merupakan kota yang sudah dikenal dengan masakan Korea nya yang sangat lezat. Festival ini diadakan di Desa Hanok, Jeonju. 

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kalian lakukan disini. Seperti, mencicipi resep lokal, ikut kompetisi memasak, belajar memasak bibimbap tradisional, hingga membuat bibimbap raksasa. Wah, menarik sekali ya. 

Bulan November 

Festival musim.gugur bulan November
Source: My Korean Drama

1. Festival Lentera Seoul

Jika festival lentera di Jinju diadakan pada bulan Oktober, festival lentera di Seoul diadakan pada bulan November. Sungai Cheonggyecheon akan dipenuhi dengan lentera sepanjang 1.2 kilometer. Kalian bisa mengikuti serangkaian programnya, seperti membuat lentera harapan, lentera tradisional, pelembab lampu LED, dan lampu yang berbentuk bulan. 

2. Festival Kedelai Jangdan Paju 

Satu lagi festival kuliner yang ada saat musim gugur di Korea. Adalah Festival Kedelai Jangdan Paju yang diadakan Taman Pyeonghoa-Nuri Imjingak. Kalian bisa mencoba makanan yang berbahan dasar kedelai jangdan. Mantap banget nggak tuh? 

Itulah beberapa festival musim gugur di Korea. Kira-kira, kalian tertarik dengan festival yang mana nih? 

Sumber: visitkorea.id


1 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.