Korean Stuff

Perbandingan Iklim di Korea Selatan dan di Indonesia

Konten [Tampil]

Perbandingan Iklim di Korea Selatan dan di Indonesia

Apa itu iklim? Iklim adalah rata-rata cuaca di suatu tempat dalam jangka waktu yang lama. Penentuan iklim suatu wilayah rata-rata adalah 30 tahun. Di tulisan ini, kita akan membahas iklim di Korea Selatan aja, hehe.

Apa kalian tau iklim antara Korsel dan Indonesia itu berbeda? Mari kita kupas satu-satu disini. Simak baik-baik, ya!

Bagaimana Iklim di Korea Selatan

iklim di Korea memiliki dua macam, yakni iklim benua dan iklim samudera. Akibatnya dari dua iklim di Korea Selatan ini, perubahan musim sangatlah jelas.

Bisa dikatakan cuacanya ekstrim. Saat musim panas udara bisa sangat panas dan lembab, sedangkan saat musim dingin udara bisa sangat dingin dan kering.

Korea sendiri memiliki empat musim. Kalian sudah tau dong pasti hehe. Tapi disini kita akan membahasnya lebih mendetail. Check it out!

1.  Musim Panas

Musim ini berlagsung pada Juni hingga bulan Agustus. Musim panas adalah waktu dimana cuaca yang paling panas dalam setahun. Di bulan Agustus, suhu di Korea mencapai 25.47 derajat celcius.

Tapi jika dibandingkan dengan Indonesia lebih panas, ya. Kadang di daerah padat bahkan bisa sampai 35 derajat celcius.

Semenanjung Korea dikelilinngi oleh laut, sehngga musim ini sangat pas jika dimanfaatkan untuk berolahrga di pantai. Bulan Juli dan Agustus juga waktu yang pas untuk berenang di laut.

2.  Musim Dingin

Masa ini adalah masa yang paling dingin dalam satu tahun. Musim dingin berlangsung dari bulan Desember hingga bulan Februari. Kalian tau berapa suhunya?

Suhu rata-rata saat musim dingin tiba adalah -8 di daerah utara dan 0 derajat celcius di daerah selatan.

Kalian bisa menikmati olahraga musim dingin jika berlibur pada saat bulan-bulan tersebut. Kalian bisa bermain papan seluncur salju di bagian timur karena di daerah tersebut salju turun paling banyak.

3.  Musim Semi

Musim semi adalah musim favorit wisatawan saat berlibur karena timing dan suasananya yang pas. Hal yang dicari dsaat musim ini tiba adalah bunga sakura yang bermekaran.

Suhu udaranya tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Banyak juga bunga-bunga bermekaran pada waktu ini. Musim ini berlagsung dari bulan Maret hingga bulan Mei.

Namun, musim semi memiliki curah hujan yang relatif banyak. Karenanya jika berlibur saat musim ini kalian harus meyediakan payung saat menikmati indahnya Korea, ya.

4.  Musim Gugur

Musim lain yang juga sangat pas untuk berjalan-jalan adalah musim gugur. Musim ini berlangsung dari bulan September sampai bulan November.

Jika musim semi hujan relatif lebih banyak, di musim gugur cuaca lebih cerah. Sehingga musim gugur menjadi waktu yang pas untuk jalan-jalan. Karenanya juga, banyak festival olahraga yang diadakan pada bulan-bulan ini.

Lalu, Bagaimana dengan Iklim di Indonesia?

Perbandingan Iklim di Korea Selatan dan di Indonesia

Indonesia sendiri dipengaruhi oleh 3 iklim, yaitu iklim muson, iklim laut, dan juga iklim tropis. Apa saja itu?

1.  Iklim Muson

Iklim muson atau yang biasa disebut iklim musim dipengaruhi oleh angin musiman yang selalu berubah-ubah setiap periode tertentu. Satu periode biasanya adalah 6 bulan.

Iklim muson terdiri dari dua jenis, yakni muson barat dan muson timur. Muson barat atau angin musim barat daya bertiup dari bulan Oktober hingga April yang basah sehingga membawa musim hujan.

Sedangkan muson timur atau musim timur laut bertiup dari bulan Mei hingga bulan September dan membawa angin kering sehingga terjadi musim panas.

2.  Iklim Laut

Iklim yang kedua ini disebabkan karena wilayah Indonesia yang dikelilingi banyak laut. Sehingga terjadi banyak penguapan air dan membawa hujan.

3.  Iklim Tropis

Iklim tropsi terjadi akibat Indonesia berada di wilayah tropis. Iklim ini memiliki sifat panas dan hanya memiliki 2 musim. Berbeda dengan iklim di Korea Selatan yang mengakibatkannya memiliki 4 musim.

Waktu yang Pas untuk Mengunjungi Korea

1.  Awal Musim Semi

Berbicara mengenai awal muim semi mengingatkanku pada salah satu episode di kartun Masha and The Bear. Dimana dalam episode tersebut diperlihatkan adegan si beruang yang membuka jendela saat musim semi dimulai.

Salju-salju mulai mencair dan matahari tampak memperlihatkan sinarnya. Juga bunga-bunga yang mulai bermekaran. Mungkin begitulah kira-kira gambaran awal musim semi di Korea Selatan.

Membayangkannya pasti asyik, kan? Apalagi ditemani dengan bunga sakura yang bermekaran. Waktu yang paling tepat adalah saat memasuki bulan April dimana di bulan tersebut bunga berwarna pink ini mulai bermekaran. 

2.  Akhir Musim Semi

Menikmati keindahan Korea nggak hanya bisa dilakukan saat awal musim semi saja. di akhir musim juga bisa kok. Masih banyak bunga bermekaran. Suhu udara juga lebih bersahabat dibandingkan dengan awal musim yang lebih dingin.

Di periode ini juga banyak disuguhkan festival-festival. Salah satunya festival lampion yang diadakan setiap bulan Mei. Kalian juga bisa mengunjungi restoran yang menyuguhkan makanan kelas dunia. Oh ya, pasar malamnya juga nggak kalah menarik untuk disinggahi.

3.  Awal Musim Panas

Jika kalian mencari udara hangat saat berlibur, kalian bisa mengunjungi Korea saat pertengahan Juni hingga Juli. Di bulan-bulan ini juga wisatawan tidak terlalu ramai sehingga kalian tidak akan terjebak dalam keramaian.

Udara di periode ini cenderung panas namun hangat saat malam hari. Sehingga cocok untuk bermain air dan pasir sambil menikmati keindahan pantai.

4.  Oktober dan November

Pada bulan ini adalah saat dimana musim gugur datang dan juga waktu terbaik untuk mengunjungi Korea. suhu di siang hari cukup hangat, sekitar 20 derajat celcis.

Terif hotel dan tiket pesawat pun turun drastis. Kota-kota pun tidak terlalu dipadati oleh wisatawan. Tapi, kalian akan menemukan penduduk lokal dan wisatawan yang bersantai di taman sambil menikmati keelokan musim gugur.

5.  Musim Dingin

Waktu terakhir yang cocok untuk megunjungi Korsel adalah musim dingin. Kalian bisa mencoba ski dan backpacking. Kabar baiknya, akomodasi dan harga makanan turun drastis pada periode ini.

Itulah informasi mengenai iklim di Korea Selatan dan waktu yang tepat untuk mengunjungi negeri ginseng. Gimana nih, mau liburan di bulan apa kalian?

Sumber: sumber.belajar.kemdikbud.go.id, hangguk.com, www.agoda.com

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.