Korean Stuff

Alfia D. Masyitoh, Sosok Ibu yang Penuh Prestasi

Konten [Tampil]

Alfia D. Masyitoh

Hai hai, kita bertemu lagi di tulisan yang kesekian. Kali ini, aku akan menceritakan sosok temanku yang juga seorang blogger. Namanya adalah Alfia D. Masyitoh. Siapa yang udah kenal sama penulis penuh prestasi ini?

Kalau belum kenal, mari kita jelajahi siapa sih sosok yang memiliki nama lengkap Alfia Dewi Masyitoh ini? Yuuk, check it out!

Mengenal Sosok Alfia D. Masyitoh

Indonesia adalah negara yang lumayan kolot. Tapi, seiring berjalannya waktu para perempuan di negara ini mulai mendapat perhatian dari banyak pihak. Mulai dari keluarga, pemerintah, dan masyarakat. Untuk menempuh pendidikan tinggi pun sudah dimudahkan.

Seperti mbak Alfia ini, beliau berhasil menempuh pendidikan hingga tingkat Strata 2 alias S2 di salah satu universitas bergengsi di Indonesia. Tepatnya di Institut Teknologi Sepuluh November jurusan Kimia. Keren sekali ibu satu ini.

Hal ini membuktikan jika perempuan sudah mulai menemukan titik kejayaannya. Tidak tanggung-tanggung, pengalaman yang dimilikinya bahkan sampai di kancah internasional.

Lalu, siapa sih sosok hebat ini? Mbak Alfia atau yang biasa dipanggil mbak Al ini adalah seorang lifestyle blogger dan juga freelancer content writer. Beliau punya berbagai keterampilan yang luar biasa dan tentunya sangat berguna untuk menghadapi berbagai kemajuan dunia.

Perempuan hebat ini mempunyai skill public speaking yang mumpuni, mampu berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, kreatif dan teliti, serta yang terakhir dan paling penting bagi seorang blogger adalah kemampuan menulis dan menyunting tulisan.

Seorang blogger identik dengan tulisan yang santai dan nyaman dibaca. Namun, berkat berbagai pengalaman yang diperolehnya, beliau juga mampu menulis artikel ilmiah yang berbasis studi literatur dan riset eksperimen. Wah, paket komplit ya.

Alfia D. Masyitoh
Sumber: Koleksi pribadi mbak Alfia

Tidak hanya terampil dalam menulis, mbak Alfia juga berpengalaman dalam mengelola website personal yang membericarakan hal-hal seputar parenting, blogging, lifestyle, dan hiburan. Ada satu fakta unik dari hiburan yang dimaksud dalam blognya. Penasaran? Baca tulisan ini sampai akhir ya hihi.

Oh iya, ada yang ketinggalan. Perempuan yang lahir di Kota Malang pada 21 Mei 1994 ini juga memiliki pengalaman dalam beberapa proyek peliputan acara serta menerbitkan artikel seputar acara sesuai SOW.

Awal Mula Menjadi Seorang Blogger

Ada yang tau clodi? Clothdiapering atau yang biasa disebut dengan clodi adalah sejenis popok kain untuk bayi yang ramah lingkungan. Popok ini terbuat dari kain yang memiliki lapisan waterproof tapi bisa dicuci sehingga mengurangi sampah yang menumpuk di muka bumi ini.

“Eh kok jadi bahas clodi?” So, clodi adalah barang yang memotivasi mbak Alfia untuk mendirikan blog yang berjudul Sundrise Journal ini. Awalnya, mbak Alfia ingin mnecari informasi tentang popok yang bisa dipakai berulang-ulang ini. Namun, sedikit sekali blog atau website yang membahas tentang clodi.

Dari situlah muncul motivasi untuk mendirikan blog yang mempunyai tagline Learning & Growing, Writing and Sharing ini. Mbak Alfia ingin orang-orang yang sedang mencari info tentang clodi tidak kesulitan dalam mendapatkan informasi. Wah, mulia banget kan cita-citanya?

Blog milik mbak Alfia berdiri sejak bulan November 2020. Namun, berbulan-bulan blog ini tidak diisi dengan satupun artikel. Mbak Alfia menyadari kalau ngeblog tidak semudah membalikkan tangan.

Menulis harus konsisten! Jika hanya mengandalkan mood saja, tulisan akan lama jadinya atau bahkan tidak akan jadi sama sekali. Inilah yang dirasakan oleh mbak Alfia. Hingga pada suatu titik, ibu dari satu anak laki-laki ini membuka laptop dan menemukan draft tulisan yang lalu-lalu.

Akhirnya diselesaikanlah tulisan tersebut untuk kemudian di-publish di blognya. Ternyata, setelah sabar menuggu tulisan tersebut disambut baik dari pembaca. Mbak Alfia pun merasakan jika tulisannya bisa mendatangkan manfaat untuk banyak orang melihat dari respon pembaca.

Dari situlah semangatnya untuk melanjutkan blog yang mulai berdebu itu membara. Selain menjadi umat yang bermanfaat tersebut, mbak Alfia juga memiliki alasan lain yang semakin menguatkan untuk menekuni dunia blogging ini.

Apa saja? Yakni sebagai media aktualisasi diri, menyalurkan hobi, sebagai saran self-healing, personal branding dan memperluas jaringan yang dimiliki, dan yang terakhir adalah pundi-pundi uang untuk beli cilok.

Jujurly, aku kagum dengan para emak blogger ini. Mereka bisa membagi waktu antara anak, suami, pekerjaan rumah, dan blogging. Lalu, bagaimana cara mbak Alfia membagi waktu antara pekerjaan rumah dan menulis?

Pertama adalah kerjakan di malam hari. Kedua, utamakan tanggung jawab rumah. Yang ketiga adalah mengikat ide yang telah muncul di kepala. Dan yang terakhir adalah rutin dan membuat jadwal terdaftar. Jadwal ini bisa dibuat dalam bentuk content planning seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya di blogku yakni Korean Stuff.

Pencapaian Gemilang dan Pengalaman Berharga

Alfia D. Masyitoh
Sumber: Koleksi pribadi mbak Alfia

Mengapa aku mengangkat judul “Alfia D. Masyitoh, Sosok Ibu yang Penuh Prestasi”? nah, jawabannya ada di subbab bagian ini. Jujur, aku insecure dengan teman yang kukenal dari kelas Blogspedia Choacing ini. Prestasinya ituloh banyak bangeet! Mau tau? Ini dia.

  1. 2008, 2011, 2015, dan 2016 – Juara 1 lomba pidato tingkat nasional.
  2. 2016 – Seminar ICSAST Di ITS Surabaya.
  3. 2016 – ISoC di ITS Surabaya.
  4. 2017 – ICYC di USM, Malaysia.
  5. 2017 – Seminar Internasional di Penang, Malaysia.
  6. 2018  – Joint research di AMTEC, UTM, Malaysia.
  7. 2019 – Artikel terpilh dalam lomba Menulis Nasional kategori Fanfiction yang diseleggarakan oleh Memory Project dan berhasil terbit pada buku antologi berjudul “Sebatas Mimpi”.
  8. 2021 dan 2022 – Peliputan acara Talkshow Ruang Publik KBR yang diselenggarakan oleh NLR Indonesia dan KBR.id.
  9. 2021 – Pemenang terbaikvketiga dalam event Challenge Hari Blogger Nasional 2021 yang diselenggarakan oleh Blogspedia.
  10. Publikasi jurnal ilmiah di jurnal internasional bereputasi.

Fakta Super Unik, Emak-emak KPopers

Walaupun penuh dengan bakat dan prestasi yang sangat gemilang tersebut, mbak Alfia nyatanya seorang emak-emak yang cinta dengan oppa-oppa Korea loh. Dan kebetulan, kami berasal dari fandom yang sama. Yakni EXOL!

Hal ini membuktikan kalau menjadi KPopers nggak selamanya buruk.

Ini nih hiburan yang dimaksud. Selain menyukai musiknya, mbak Alfia juga menyukai drakornya. Idol dan aktor penyemangatnya adalah Baekhyun EXO dan Choi Woo Sik. Tentunya sang suami lah pendukung pertamanya, bahkan suami dari penyuka warna peach ini mendukung fangirling sang istri. Wah!

Kalo aku sendiri, yang menjadi penyemangatku adalah impian untuk bertemu dengan Chen EXO dan Mark Lee hehe. Dan juga menonton konser mereka berdua baik sebagai penyanyi solo maupun dengan grup masing-masing.

Kalo kata mbak Alfia “Impian ketemu Baekhyun dan Woosik harus dipegang.” Aku pun begitu. Hal ini bisa menjadi pengingat untuk tetap semangat selain impian-impian yang lain yang juga menjadi sumber penyemangat.

Selain menyukai Choi Woo Sik, pemilik blog dengan tema warna pink cerah ini juga jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Lee Junki dalam drama Moonlovers: Scarlet Heart Ryeo. Tidak hanya jatuh akan visualnya, mbak Alfia juga jatuh dengan talenta yang dimilikinya.

Itulah tulisan mengenai teman sesama blogger dan juga sesama EXOL yakni mbak Alfia D. Masyitoh yang sangat-sangat menginspirasi untuk berprestasi. Sekian dan sampai jumpa ditulisan berikutnya!

17 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Wah nyambung banget dong ini kumpul sesama kpopers, pasti bagian terakhirnya ini jadi wawancara yang paling seru dari sesi yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wawancaranya diselingi sama topik KPop mbak hahaha. Diawal, ditengah, diakhir wkwk.

      Hapus
  2. Keren banget mbk alfia. Prestasinya banyak banget. Kalo ketemu sesama fandom obrolannya pasti seru ini. Btw aku juga suka Exo. Cuma ya suka aja sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut aku sama mbak Alfia. Btw, haiii mbaak, kapan-kapan kita ngobrolin exo yuk hehe.

      Hapus
  3. Halo mbak Alfia, beda huruf "d" aja nama kita hhe. Keren bgt prestasinya mbak Alfia, udah S2 juga ditengah-tengah kesibukannya sebagai ibu. Lahiran 94 juga sama 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai typo ya ini kalo manggil di WAG entar pada bingung wkkw.

      Hapus
  4. "Indonesia adalah negara yang lumayan kolot." Wah menohok sekali ini, hehehe. Menarik, menarik!

    Btw, seneng ngeliat partner ngobrol yang saling mengenalkan dengan baik satu sama lain.

    BalasHapus
  5. Asyik dong nemu sesama EXOL, biasnya siapa btw? Jangan-jangan rebutan bias hehehe.

    Tetap semangat berkarya Filda dan mom Alfia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak rebutan doong soalnya kita we are one hahaha. Btw, tetap semangat berkarya juga yaaa mbak.

      Hapus
  6. Ini blogger di BC #3 yang jadi favoritkuh wkwk. mantap nih sesama EXOL bersatu di sini.hehe Lanjutkan gerak kolaborasinya mbak alfia n mbak filza~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya ngira sesama penyuka Korea-korea aja ternyata sefandom hehe.

      Hapus
  7. Mantul ya ketika EXOL ketemu EXOL. Salam mantan HOTTEST!

    BalasHapus
  8. suami dan istri emang harus selalu saling dukung, sangat menginpirasi sekali prestasi dan perjalanan akademiknya

    BalasHapus
  9. keren banget, menginspirasi and full pengalaman yang membuat hati ini iri. upst tak boleh ya, harus bersyukur ding...

    BalasHapus