Korean Stuff

Talking About User Persona & Empathy Map of KoreanStuff

Konten [Tampil]

Talking About User Persona & Empathy Map of KoreanStuff

Haloo pembaca setia Korean Stuff! Kita bertemu lagi nih di cuap-cuap tentang ma blog, hehe. Di episode kali ini, udah kayak film aja wkwk, kita akan berbicara mengenai user persona dan empathy map dari blog ini. 

Sebenarnya apa sih dua istilah di atas? Buat yang udah terjun ke dunia tulis menulis, khususnya copywriting, pasti pernah mendengar kata ini. Walau mungkin cuma numpang lewat di telinga atau di beranda sosmed, hehe. Simak penjelasan dibawah ini, yaw. 

Apa Itu User Persona dan Empathy Map?

Berdasarkan penjelasan dari mbak Marita Ningtyas pada kelas Blogspedia Coaching batch 3, user persona dan empathy map, dua istilah yang biasa digunakan oleh UX writer atau copywriter yang bekerja di startup. Lalu, apa yang dimaksud dengan dua istilah ini? 

Gambaran User Persona

Gampangnya, user persona adalah tokoh fiksi buatan seorang designer maupun penulis. Loh, kita kan sedang bicara tentang tulis menulis bukan design, kok lari kesana? 

Jadi, user persona biasa digunakan oleh penulis untuk menargetkan kepada para pembacanya. Penulis akan mengira-ngira, siapa sih pembaca tulisan yang dia buat. Dan kira-kira tulisan seperti apa sih yang akan dituangkan kepada para pembacanya. 

Dengan memetakan profil fiksi dari bayangannya ini, para penulis bisa lebih terarah dalam membuat sebuah tulisan. Dalam membuat user persona ada dua cara yang bisa dilakukan oleh seorang penulis, dalam hal ini blogger, ya. 

Pertama, jika belum mendaftar Google Analytics, seorang blogger bisa meraba pembacanya dari dashboard blogger/blogspot nya, karena saya pengguna blogspot jadi kita bicara blogspot aja ya hehe. Tepatnya dibagian statistik atau stats

Yang kedua, jika seorang blogger sudah menghubungkan blog nya dengan Google Analytics akan lebih mudah. Kenapa? Karena laporan di GA lebih lengkap dan menurut beberapa sumber, salah satu ‘senjata’ blogging ini lebih lengkap daripada dashboard blogspot. 

"Designer nya gimana nih, mbak?" Sebenarnya sama saja seperti seorang penulis. Orang yang bertugas mendesain ini juga membuat user persona untuk menentukan targetnya. Mereka akan meraba-raba siapa yang akan cocok untuk menggunakan produk yang dibuat. Oh iya, designer yang dimaksud disini adalah desainer produk, ya!

Gambaran Empathy Map

Saatnya kita berbicara tentang peta. Ngomong-ngomong soal peta jadi inget jargonnya Dora nih wkwkwk. Jadi, empathy map ini adalah sebuah alat visualisasi yang digunakan untuk menggambarkan si pengguna produk, jika dibuat oleh seorang designer produk, dan si pembaca, jika dibuat oleh seorang penulis. 

Jika dalam user persona lebih ke memetakan profilnya, maka peta ini adalah penjabaran dari sang profil. Biasanya berisikan bayangan kehidupan yang dijalani oleh sang tokoh fiksi. Yang umumnya terdiri dari apa yang dilakukan, apa yang dipikirkan, apa yang dirasakan, dan apa yang dipikirkan. 

Profil dari Pembaca Korean Stuff

Talking About User Persona & Empathy Map of KoreanStuff

Oke, sekarang kita akan 'mencoba' memetakan pembaca dari blog yang banyak membahas tentang Korea-koreaan ini. Kok mencoba? Iya, wkwk. Sejujurnya aku agak sulit dalam meraba-raba pembaca dari blog ini. 

Karena niat awal membuat blog ini ya hanya ingin menghailkan sesuatu dari yang aku bisa dan kuasai. Dan kupikir aku cukup tau hal-hal tentang Korea. Kalo ditanya targetnya siapa, pastinya KPopers dong atau kalau enggak ya KDrama Lovers. 

Ternyata, dalam menentukan target pembaca sebuah blog tidak semudah itu. Kita sebagai seorang blogger harus tau hal-hal lain dari target. Seperti umur, demografi, perangkat yang digunakan, minat dari si pembaca, dan masih banyak lagi. 

Sebelumnya aku sudah pernah membuat dua hal ini untuk tugas sebuah kelas. Tapi, saat itu aku belum paham sama sekali apa yang dimaksud dengan dua istilah ini. Jadi ya, acakadul hehe. Kalau untuk yang ini insyaallah udah agak paham lah, ya. Hehe. 

User Persona Pembaca Korean Stuff

  • Nama si tokoh fiksi: Mbak Kinar
  • Umur: 25 tahun
  • Domisili: Jakarta
  • Hobi/minat: Olahraga dan tentunya fangirling
  • Pekerjaan: Pemilik sebuah olshop
  • Pendidikan: S1
  • Status: Masih menyendiri dan masih mencintai biasnya tok
  • Sosmed dalam kehidupan sehari-harinya: Instagram, Twitter, Facebook, aplikasi chatting WhatsApp, dan Tiktok.

Mbak Kinar adalah seseorang yang memiliki sopan santun. Dia adalah orang supel, mudah bergaul, dan mempunyai banyak teman. Mbak Kinar ini adalah orang yang cukup modis namun masih merakyat. Dia berada di tingkat menengah.

Kegiatan sehari-harinya adalah mengurus olshopnya yang mulai berkembang dan tidak lupa fangirling. Karena mbak Kinar ini berminat dengan dunia olahraga, maka dia memiliki prinsip hidup yang sehat dan tetap enjoy dalam keadaan apapun.

Peta Empati Pembaca Korean Stuff

Saatnya kita jabarkan kehidupan sehari-hari yang dijalani oleh mbak Kinar sitokoh fiksi. Langsung saja, check it out!

1.  Apa yang Dipikirkan dan Dirasakan

Dalam kesehariannya, mbak Kinar memikirkan bagaimana cara mengembangkan usaha yang sedang dijalaninya. Meski dia mempunyai prinsip menjalani hidup yang santuy, tapi dia juga ingin olshopnya semakin berkembang. Siapa sih yang nggak ingin usahanya berkembang?

Terkadang mbak Kinar juga merasakan rasa bahagia saat sang idol melaksanakan comeback, olshopnya mengalami kenaikan, atau saat hal kecil yang diinginkan tercapai. Tapi, mbak Kinar juga kadang merasa down saat olshop yang dijalankannya sedang mengalami penurunan.

2.  Apa yang Dilakukan

Hal yang biasa dilakukan oleh mbak Kinar dalam kehidupan sehari-harinya adalah mengurus olshop dan fangirling. Lagi-lagi kok nge-fangirl. Iya dong, fangirling tuh bisa jadi sarana menghibur diri loh. Coba aja deh hehehe.

Biasanya, mbak Kinar akan membicarakan hal-hal yang berbau Korea dengan teman sefrekuensinya. Namun, jika sudah masuk ke dunia kerja alias ngolshop, mbak Kinar akan menjelma menjadi pebisnis muda yang profesional.

3.  Apa yang Dilihat

Masih berhubungan dengan pekerjaan, mbak Kinar setiap hari berjibaku dengan sosmed untuk berjualan, orderan, packing barang, dan hal lain terkait online shop. Namun, saat dia ingin istirahat sejenak, dia akan beralih menjadi seorang fangirl dengan menonton video konser, variety show, ataupun drakor.

4.  Apa yang Didengar

Mbak Kinar dalam kehidupan kesehariannya mendengar obrolan tentang dunia perdagangan dan juga dunia per-KPop-an. Karena mbak Kinar ini tipe orang yang mudah bergaul, dia juga mendengar obrolan orang-orang disekitarnya.

5.  Permasalahan

Meskipun terkesan menjalani kehidupan dengan santai, bukan berarti mbak Kinar tidak mempunyai sebuah problem. Dia juga mempunyai beberapa masalah. Seperti toko online nya yang kadang mengalami penurunan.

Alasan Mbak Kinar Mampir Kesini

Mbak Kinar ingin mencari informasi mengenai hal-hal tentang Korea. Bukan hanya KPop saja yang dinikmati oleh KPopers. Ada banyak hal dari negeri ginseng tersebut yang bisa menarik perhatian. Seperti wisatanya, budayanya, makanannya, dan masih banyak lagi.

Apa Nama untuk Pembaca Korean Stuff?

Talking About User Persona & Empathy Map of KoreanStuff

Mbak Marita berkata, sebuah blog haruslah memiliki sebuah nama panggilan untuk para pembacanya. Hal ini bertujuan agar blog semakin menarik di mata pembaca. Jadi apa nama panggilan untuk blog ini?

Setelah melalui beberapa pemikiran, aku memutuskan untuk memanggil para pembacaku dengan nama “Keys”. Ada apa dengan nama ini?

Nggak ada something special sih karena aku bukan pemikir yang bisa menciptakan sebuah kata lengkap dengan filosofinya hehe. Alasannya simpel!

Logo dari blog ini adalah huruf ‘K’ dan ‘S’ yang merupakan inisial dari blog yang logonya warna kuning ini. ‘K’ dalam bahasa Inggris dibaca kei. Kemudan ditambah dengan huruf ‘S’ sebagai inisial akhir. Jadilah nama “Keys” tersebut yang dalam bahasa Inggris juga berarti kunci-kunci.

Mungkin hanya itu informasi mengenai user persona dan empathy map yang aku ketahi. Bila ada kesalahan informasi mohon perbaikannya ya, Keys! Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sumber: glints.com

8 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Suip. Bagus penjelasannya detail. Jadi makin faham tentang user persona dan empathy map aku. Makasih infonya ya mba Filza

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya mbak. 💚

      Hapus
  2. makin tercerahkan ya ketika bikin sosok imajiner pembaca blog kita haha. Udahlah meraba-raba mengkhayal juga.
    so far, penjelasan dan penjabaran tentang persona pembaca blog mbak udah spesifik banget yaaah hehe. Aku masuk slaah satunya nggak ya? Kusuka nonton Kdrama dan udah jadi mamah muda niih wkwk :D

    BalasHapus
  3. Jelas bgt karakter tokoh Mbak Kinar, ntah knp aku nyambung bgt, apa gegara penyuka k-pop juga wkkwkw

    BalasHapus
  4. Mbak Kinar ditunggu ya cerita-cerita kerennya terutama tentang Olahraga dan fangirling

    BalasHapus