Korean Stuff

DIY, Ide Bisnis Kreatif dan Unik yang Bisa Jadi Inspirasi

Konten [Tampil]

DIY, Ide Bisnis Kreatif dan Unik yang Bisa Jadi Inspirasi

Siapa yang tau DIY? Semua orang pasti tau dong. Singkatan dari Do It Yourself ini identik dengan kerajinan tangan. Biasanya, DIY memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan barang yang berguna dan bisa dijadikan sebagai Ide Bisnis Kreatif dan Unik.

Bisnis akhir-akhir ini semakin bervariasi. Jika kita sebagai pebisnis tidak berinovasi, kita akan kalah saing dengan pebisnis lain. Ada berbagai ide-ide menarik yang bisa dituangkan dalam bentuk DIY. Apa saja? Intip informasi berikut ini. 

Ide Bisnis Kreatif dan Unik dengan DIY

Mungkin ada beberapa orang yang jika mendengar kata DIY berpikir begini "males banget harus buat-buat." Tapi bagi mereka yang memiliki jiwa bisnis justru hal ini jadi kesempatan untuk mengais cuan. Ini dia beberapa Ide Bisnis Kreatif dan Unik DIY yang bisa mendatangkan uang. 

1.  Aksesoris Wanita

Aksesoris selalu menarik perhatian berbagai kalangan, apalagi aksesoris handmade. Entah itu gelang, bros, kalung, ataupun anting. Yang paling banyak diminati adalah gelang dan bros.  

Aksesoris ini bisa dijual dimana saja, baik online maupun offline. Melalui media online, kalian bisa memasarkannya melalui sosmed atau marketplace seperti Shopee.

Sedangkan untuk penjualan offline, kalian bisa menitipkan di toko pernak-pernik, tempat wisata, dan juga wisata religi seperti sunan-sunan. Yang pernah atau sering ke sunan pasti nggak asing sama gelang warna-warni hihi. 

Untuk bahannya bervariasi, kalian bisa menggunakan batu-batu kecil, liontin, senar, kawat, kancing, dan lain-lain. Modalnya berapa? Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Sekitar 500 ribu bahkan bisa kurang dari itu sudah cukup untuk memulai bisnis aksesoris handmade

2.  Gantungan Kunci

Sama seperti aksesoris, gantungan kunci juga sangat diminati. Bahan yang dibutuhkan juga bervariasi. Bisa dari kain flanel, kayu, maupun liontin. Kalian bisa berkreasi sebanyak apapun.

Penjualannya juga terbilang mudah, dan sama seperti aksesori ganci ini bisa dijual melaui media online maupun offline

3.  Buket Bunga

Ini nih yang paling laris pada saat musim-musim tertentu. Biasanya buket ramai peminat saat musim wisuda dan musim nikah. Bunga yang ditawarkan biasanya ada dua pilihan, bunga segar dan bunga palsu. 

Untuk bunga palsu ini bisa dari kain flanel ataupun bunga plastik. Tapi kebanyakan memakai kain flanel karena bisa dikreasikan sesuai imajinasi masing-masing. Selain buket bunga, ada juga buket snack dan buket uang.

4.  Totebag

Totebag juga saat ini menjadi tren karena penggunaannya yang praktis. Apalagi untuk anak kuliah, tote bag dinilai cocok untuk orang yang barang bawaannya tidak terlalu banyak, namun tetap bisa mendukung pemakainya untuk tetap tampil stylish

Menjual tote bag dengan gambar-gambar lucu adalah pilihan yang menarik. Apalagi jika kalian menyediakan layanan custom totebag. Akan ada banyak peminat yang berdatangan pada bisnis kalian. 

5.  Phone Case

DIY custom case hp juga bisa jadi Ide Bisnis Kreatif dan Unik untuk kalian nih. Minat pembeli untuk membeli barang satu ini cukup banyak loh. 

Bahan yang digunakan pun bermacam-macam. Mulai dari kain, benang, sedotan, foto, cat akrilik, dan masih banyak lagi sesuai dengan kreativitas kalian. Apalagi dengan banyaknya fans K-Pop, bisnis satu ini semakin laris manis. KPopers biasanya akan membuat phone case dengan gambar wajah sang idol. 

6.  Dompet Koin

Siapa yang suka ngumpulin koin dari uang kembalian? Biasanya ada yang suka ngumpulin dan tempatnya dibedakan dengan uang kertas. Karena jika kebanyakan uang koin akan terlalu ribet jika dicampur dengan uang kertas. Ini bisa jadi peluang usaha untuk kalian. 

Kalian bisa memanfaatkan kain perca atau kain dengan motif lucu. Bentuk kain sedemikian rupa dan tambahkan resleting pakaian yang biasa dijual dipasaran. Tinggal memasarkannya deh, mudah bukan? 

7.  Sabun Lucu

Kalian juga bisa mengkreasikan sabun untuk dijual. Gimana caranya? Buat sabun menggunakan sabun batangan yang dicairkan. Kemudian tambahkan dengan beberapa aroma, seperti minyak esensial, teh hijau, madu, atau yang lain. Penambahan bahan-bahan alami ini bisa semakin meningkatkan manfaat sabun. 

Kemudian, bentuk sabun menggunakan cetakan lucu. Atau bisa juga hias menggunakan tali rami atau pita. Wah, bisa jadi souvenir nih. 

DIY, Ide Bisnis Kreatif dan Unik yang Bisa Jadi Inspirasi

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Ini?

Pasti kalian juga bertanya-tanya kan, gimana sih cara mulainya? Sebenarnya, bisnis ini sangat mudah dilakukan di kota-kota besar. Tapi untuk kalian yang berdomisili di desa tidak ada salahnya kok mencoba. Kalian bisa memanfaatkan dunia digital untuk memasarkan produk kalian. 

1.  Tentukan Target Pasar

Pertama-tama kalian harus menentukan target pasar terlebih dahulu. Tentukan siapa yang akan kalian tawari produk kalian dan untuk kalangan usia berapa produk yang kalian buat. Sebisa mungkin pilih produk yang bisa menjangkau semua usia. 

2.  Branding

Setelah menentukan target pasar, yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuat branding. Branding akan membantu produk kalian diingat orang. Juga bisa membantu dalam perluasan produk. Buat logo dan merk yang mudah diingat dan bisa mewakili produk yang kalian tawarkan. 

3.  Pemasaran

Langkah yang terakhir yaitu mengeksekusi produk dan dipasarkan. Manfaatkan platform digital semaksimal mungkin. Kenalkan produk kalian pada masyarakat luas melalui dunia maya. Jadi, jika kalian tidak punya toko fisik pun tidak apa-apa. 

Itulah sekelumit Ide Bisnis Kreatif dan Unik dengan memanfaatkan DIY. Apa kalian sudah menentukan akan menjual apa?

Sumber: bp-guide.id

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.