Korean Stuff

Surat untuk Sahabat, Sudah Tau Cara Buatnya Supaya Berkesan?

Konten [Tampil]

Surat untuk Sahabat, Sudah Tau Cara Buatnya Supaya Berkesan?

Zaman sekarang sudah berubah, yang dulu kirim surat baik untuk sahabat maupun orang tua lewat pak pos, sekarang bisa langsung lewat smartphone. Tapi, nggak ada salahnya loh mengirim Surat untuk Sahabat dalam bentuk fisik. Malah lebih berkesan dan akan selalu terkenang!

Perkembangan zaman semakin berkembang juga membuat berbagai ide kreatif bermunculan. Mulai dari gaya penulisan surat hingga hiasan surat. Tulisan yang awalnya hanya disecarik kertas saja, kini bisa menjadi lebih apik.  

Sedikit Cerita Tentang Surat untuk Sahabat

Cerita ini berasal dari adik saya dan sahabatnya, kok bukan saya? Sahabat saya disini-sini aja nggak kemana-mana wkwk. Sahabat adik saya itu mondok, dan setiap orang tuanya pergi sambang atau menjenguk yang mondok, pasti dia menitipkan sepucuk Surat untuk Sahabat nya. 

Apalagi saat sang sahabat sedang berulang tahun. Adik saya akan menitipkan beberapa barang yang dibungkus rapi menjadi kado dan diselipkan sepucuk surat disana. Seru banget!

Begitu pun saat adik saya ulang tahun. Pasti akan dikirim kado dari pondoknya, dan dititipkan mellaui orang tuanya. Rutinitas tersebut rutin dilakukan sejak sahabatnya pergi mondok. 

Ada cerita lain nih, adik dari sahabat saya yang mondok juga. Dari awal mondoknya dia rutin mengirim surat untuk keluarga nya di rumah. Semuanya dibahas dalam surat tersebut, mulai dari rasa rindu pada saudara-saudaranya, orang tuanya, kucing peliharaannya, hingga martabak telur di gerobak malam hari. Lucu pokoknya! 

Saya yang kebetulan waktu itu ada dirumahnya jadi ikut tau sesi pembacaan surat tersebut. Oh iya ketinggalan, dia juga melampirkan pengeluaran dari awal dia mondok. Dan pengeluaran tersebut rinci serinci-rincinya. Kata sahabat saya gini "simpan aja nanti kalau pulang ayo dibaca bersama." Bayanginnya aja udah lucu wkwk. 

Langkah Menulis Surat

Ceritanya sudah, sekarang saatnya kita mengulik bagaimana sih langkah-langkah dalam menulis surat itu? Yuk, langsung saja. Check it out!

Awalan Surat

1.  Tentukan Tujuan untuk Apa Surat Tersebut Ditulis

Biasanya, orang menulis surat itu ada beberapa alasan. Untuk menanyakan kabar, untuk menceritakan hal penting dan menarik, untuk menjalin tali silaturahmi, dan lain-lain. 

2.  Jangan Lupa untuk Mencantumkan Alamat dan Tanggal

Surat yang baik adalah surat yang memiliki alamat si pengirjm. Jangan sampai kalian mengirim surat untuk sahabat kalian tapi tidak mencantumkan alamat. Bisa-bisa dikira surat kaleng haha.

Alamat yang kalian tulis juga bisa membantu si penerima kalau-kalau lupa dengan alamat kalian. Tanggal surat juga jangan lupa dicantumkan, ya. Alamat dan tanggal biasanya berada di pojok kiri atas surat. 

3.  Rencanakan Seberapa Panjang Surat yang Akan Kalian Tulis

Jika ingin menulis surat yang singkat, cukup gunakan kartu catatan kecil. Tapi jika ingin menulis surat yang lebih panjang, kalian bisa menggunakan kartu catatan besar atau bahkan kertas jika dirasa kurang. 

4.  Tentukan Apakah Ingin Tulis Tangan atau Ketik

Tulisan tangan sepertinya terasa lebih spesial dan tentunya lebih personal. Tapi kalian harus memastikan apakah tulisan tersebut bisa dibaca atau tidak.

Jika kalian mengirim surat untuk orang yang lebih tua, lebih baik ketik saja. Supaya ukuran fontnya bisa diatur menjadi lebih besar. 

5.  Pilih Sapaan Kasual

Karena Surat untuk Sahabat ini tergolong surat pribadi, gunakan sapaan yang lebih santai. Misal panggilan sayang atau panggilan yang biasa kalian gunakan. Jangan terlalu formal, kesannya kok agak gimana gitu, ya wkwk. 

Bagian Utama Surat

1.  Sapa Si Pembaca

Setelah menulis salam, sapa terlebih dahulu si penerima surat. Bisa diawali dengan menanyakan kabar, atau  berterimakasih atas surat yang dikirimkan terakhir kali. Seperti contoh "apa kabar disana? Semoga kamu disana baik-baik aja, ya"

2.  Tulislah Poin Utama dari Surat yang Ditulis

Tuliskan apa yang akan kalian ceritakan pada sahabat kalian. Sebisa mungkin buatlah setiap topik untuk setiap paragraf agar cerita kalian mudah diikuti dan lebih menarik si pembaca surat.

3.  Menulis Balasan untuk Surat Terakhirnya

Setelah kalian menyampaikan kabar dan cerita kalian, saatnya tulis mengenai sahabat kalian. Tulis balasan untuk surat terakhirnya.

Jika ini pertama kalinya kalian saling surat menyurat, kalian bisa menulis tentang apa yang berkesan atau hal lucu yang menimpa kalian. Jadi surat ini bisa jadi surat dua arah bukan hanya surat satu arah saja. 

4.  Tulis Pertanyaan untuk Membangun Dialog

Tidak hanya komunikasi secara langsung saja yang membutuhkan dialog. Berkomunikasi secara tidak langsung melalui surat pun membutuhkan dialog agar komunikasi semakin menyenangkan.

Kalian bisa menanyakan pertanyaan sederhana, seperti "bagaimana denganmu? Apa ada kejadian seru yang bisa kau ceritakan?"

5.  Pertahankan Nada dan Suasana Surat

Dalam menulis surat, gunakan nada yang biasa kalian gunakan saat berkomunikasi secara langsung. Hal ini juga untuk membangun kenyamanan saat membaca. Sesuaikan juga bahasa yang kalian gunakan dengan ceruta yang akan disampaikan.

Jika menulis surat duka cita, gunakan bahasa yang lebih serius. Jika menulis surat yang berisi cerita liburan atau hak lain yang menyenangkan, gunakan bahasa yang lebih ceria. 

Surat untuk Sahabat, Sudah Tau Cara Buatnya Supaya Berkesan?

Penutup Surat

1.  Tulis Bagian Penutup

Setelah mencurahkan segala yang ingin disampaikan, akhiri dengan kalimat penutup. Seperti "Kau tau? Tinggal disini ternyata sangat menyenangkan. Mungkin akan lebih menyenangkan jika kamu juga tinggal disini."

2.  Tulis Salam Penutup

Tulis malam penutup yang bersifat ramah atau bisa juga gunakan nama panggilan kalian berdua. Akhiri dengan tanda koma dan tambahkan nama kalain di bawahnya.

Jika ingin menggunakan penutup yang lebih personal, gunakan juga tanda tangan diatas nama kalian. 

3.  Periksa Kembali Surat yang Sudah Ditulis

Setelah selesai, periksa kembali apakah surat yang telah ditulis sudah benar atau mungkin ada beberapa kata yang agak rancu. Periksa juga ejaan dalam tulisan kalian. 

4.  Tulis Alamat Kalian dan Alamat Sahabat Kalian pada Amplop

Tulis nama depan dan belakang sahabat kalian dibagian tengah amplop. Lalu, tulis alamat lengkapnya dibawah namanya. Dibagian bawah alamat rumah, tulis nama kota, provinsi dan juga kode posnya.

Lalu, alamat kita sebagai pengirim ditulis dimana? Tulis dibagian atas pojok kiri amplop atau dibelakang amplop dengan format yang sama. 

5.  Beri Perangko 

Ini opsional sebenarnya tergantung kalian akan mengirim surat lewat mana. Jika melalui pos, kalian bisa menempelkan perangko pada amplop.

Jika melalui perantara lain, seperti jasa ekspedisi perangko tidak perlukan. Atau jika dititipkan pada orang juga tidak perlu menggunakan perangko. 

Bahan yang Bisa Digunakan untuk Menghias Surat Atau Kado

Untuk berkirim surat, biasanya digandengi juga dengan hadiah atau kado. Kalian pasti ingin memberikan kenangan yang baik kan pada sahabat kalian? Kalian bisa gunakan beberapa bahan berikut ini. 

  • Tambahkan pita
  • Gunakan tali rami
  • Gunakan kertas kado warna hitam
  • Gunakan kertas kopi polos
  • Bungkus hadiah menyerupai lipatan baju
  • Tambahkan bunga kering sebagai hiasan
  • Tambahkan dekorasi mini dibagian atas kado
  • Gunakan kotak kado berbentuk lingkaran

Itulah cuap-cuap seputar Surat untuk Sahabat yang kita bahas dikesempatan ini. Jadi gimana, apa kalian sudah menemukan ide yang mengesankan untuk berkirim surat pada sahabat kalian? 

Sumber: ruparupa.com, id.wikihow.com

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.