Korean Stuff

Tau Cara Membahagiakan Diri Sendiri Menurut Ilmu Psikologi?

Konten [Tampil]

Tau Cara Membahagiakan Diri Sendiri Menurut Ilmu Psikologi?

Tuntutan zaman semakin keras, kadang bisa menekan seseorang. Entah itu dari segi ekonomi, sosial, tingkat pendidikan, dan lain-lain. Karenanya selfhealing dengan Cara Membahagiakan Diri Sendiri itu perlu. 

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membahagiakan diri kita berdasarkan ilmu psikologi. Ada yang sudah tau caranya? 

Cara Membahagiakan Diri Sendiri Menurut Ilmu Psikologi

Mengapa kita perlu membahagiakan diri kita? Kita akan lebih mensyukuri hidup, lebih percaya pada diri kita bahwa kita mampu. Dan, kita juga bisa membahagiakan orang di sekitar kita. Langsung saja, ini dia Cara Membahagiakan Diri Sendiri berdasarkan ilmu psikologi. 

1.  Lebih Memahami Diri

Cara yang pertama adalah dengan lebih memahami diri sendiri. Seseorang yang kehilangan dirinya sendiri bisa menjadi tidak percaya diri, menyalahkan diri sendiri, dan tidak apa yang diinginkan oleh dirinya.

Dengan lebih paham akan diri kita, kita jadi lebih bisa menemukan diri kita yang mulai hilang. Dengan mengenal diri sendiri, kita bisa lebih bahagia karena apapun yang dilakukan berasal dari hati kita.

Yakinlah dengan apa yang dilakukan dan sesuai dengan apa yang kita mau, membuat kita lebih relaks dalam mengerjakannya. Kita akan menjadi lebih bahagia dari sebelumnya. 

2.  Enjoy Your Life

Nikmati hidupmu, jangan jadikan hidup yang berharga ini menjadi beban. Setiap orang pastinya memiliki masalah, entah itu berat atau ringan. Namun sebenarnya, berat tidaknya sebuah masalah tergantung dari bagaimana kita menyikapinya. 

Kuncinya adalah lapang dada. Terima semua masalah yang menimpa diri kita. Dengan begitu, kita akan merasa lebih ringan dalam menjalani hidup yang berharga ini. Dan kita akan lebih santai dalam menghadapi masalah-masalah yang akan datang.

3.  Cintai Pekerjaanmu

Cintai setiap pekerjaan yang kalian lakukan. Entah itu bekerja kantoran, menjadi pedagang, ibu rumah tangga, sedang menempuh pendidikan, dan pekerjaan apapun itu.

Dengan begitu, kita akan lebih semangat dalam menjalaninya. Lalu bagaimana jika jenuh dengan pekerjaan tersebut? Setiap orang juga memiliki rasa bosan, pikiran yang meneriakkan untuk healing atau bahkan berhenti dari pekerjaan tersebut pastinya selalu ada.

Jika sedang mengalami fase tersebut, pikirkan bahwa kalian beruntung berada dalam posisi tersebut. Karena banyak sekali orang yang ingin berada di posisi kalian sekarang. Istirahat sejenak juga perlu, jika dirasa terlalu jenuh dengan pekerjaan yang sedang ditekuni. 

4.  Jangan Pelit dengan Diri Sendiri

Jangan terlalu pelit dengan diri sendiri. Kita sendiri juga perlu reward dari diri kita untuk sekedar menyenangkan hati dan pikiran seperti yang pernah dibahas dalam tulisan berjudul Pentingnya Kata-kata Bijak untuk Diri Sendiri Sebagai Motivasi Hidup. Apalagi setelah menyelesaikan suatu pekerjaan atau apapun itu yang dirasa cukup berat. 

Seperti membeli baju, sekedar healing ke pantai, mengunjungi kafe, dan lain-lain. Jangan terlalu membatasi diri untuk tidak mengeluarkan uang untuk kita sendiri, meskipun dengan alasan finansial yang masih kurang. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan juga dalam membelanjakan sesuatu. Bedakan antara gaya hidup dengan kesederhanaan, ya.

5.  Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan

Salah satu cara menyenangkan diri sendiri adalah dengan melakukan hobi. Ini bisa jadi selfhealing untuk diri kita. Dengan menekuni hobi yang disukai, kita bisa menjadi lebih enjoy, lebih bahagia, dan akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Jalani hobi kalian dan jangan lupa untuk tetap melaksanakan kewajiban yang ada. 

6.  Damai dengan Masa Lalu

Tidak semua orang punya masa lalu yang baik. Dan tidak semua orang juga bisa menerima masa lalu yang cukup buruk. Hal tersebut bisa menjadi penyesalan dalam hidup dan akan membebani setiap langkah yang kita tuju. 

Terima masa lalu kalian, mungkin akan ada yang bilang gini "nggak segampang itu!" I know, tapi kita bisa mencoba menerima masa lalu kelam tersebut pelan-pelan. Jika kita terus-menerus takut dengan masa lalu, kita akan takut juga dalam mengahadapi masa depan. 

7.  Positive Thinking

Cara Membahagiakan Diri Sendiri selanjutnya adalah dengan selalu berpikir positif. Selalu positive thinking akan membawa dampak positif juga pada hidup kita. Berpikir positif akan mempengaruhi tingkah laku kita ke arah yang lebih positif juga. Kata-kata positif akan berpengaruh pada alam bawah sadar kita.

Jika terus kita terus berpikiran negatif, otak akan memprosesnya dan akan mensugesti kita pada pemikiran yang negatif.

8.  Selalu Mensyukuri Apa yang Dimiliki

Syukuri apa yang ada, salah satu lirik lagu dari band d'Masiv ini patut untuk diterapkan dalam kehidupan.
Dengan bersyukur atas apa yang kita miliki, kita akan lebih bahagia. Kalo kata orang Jawa legowo. Kadang kala kita juga perlu untuk melihat keatas, agar kita termotivasi untuk lebih maju. Tapi ada kalanya kita juga harus melihat kebawah agar kita bisa bersyukur dengan yang kita miliki saat ini. 

Selalu melihat keatas juga tidak baik, kenapa? Kita akan selalu berpikir hidup kita ini selalu terasa kurang. Padahal jika mau lebih melihat orang disekitar, hidup yang kita miliki ini jauh lebih baik daripada mereka. 


Tau Cara Membahagiakan Diri Sendiri Menurut Ilmu Psikologi?

9. Be Yourself

Ini nih poin yang paling penting. Untuk lebih bahagia, kita harus bisa menjadi diri sendiri. Setiap manusia pastinya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Mungkin si dia punya keahlian A dan kamu tidak punya.

Tapi percayalah! Kamu juga punya kelebihan lain yang mungkin jika mau menggalinya lebih dalam akan menemukan potensi yang luar biasa. 

10. Sayangi Orang Sekitar

Untuk menjadi lebih bahagia, bahagiakan juga orang sekitar. Jangan terlalu egois dan mementingkan diri sendiri. Kita adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Dengan menyayangi dan lebih peduli pada orang sekitar, kita akan mempunyai teman dan merasa lebih dipedulikan.

Seperti halnya pepatah "setiap yang kita tanam, pasti akan kita tuai"

Begitu pula dengan hidup, jika kita menyayangi orang di sekitar kita, kita juga akan disayangi oleh mereka. Dengan lebih memperhatikan orang sekitar, akan ada kesenengen sendiri yang timbul dalam diri kita. 

Itulah tulisan mengenai Cara Membahagiakan Diri Sendiri berdasarkan kacamata psikologi. Ingat, ya! Hidup cuma sekali, jadi jangan disia-siakan, bahagiakan dirimu. Tapi jangan lupa juga untuk melihat orang disekitarmu. Selamat berbahagia bersama.

Sumber: gramedia.com

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.