Pentingnya Kata-kata Bijak untuk Diri Sendiri Sebagai Motivasi Hidup

Konten [Tampil]

Pentingnya Kata-kata Bijak untuk Diri Sendiri Sebagai Motivasi Hidup

Motivasi sangat penting bagi pengembangan diri seseorang. Tanpa motivasi, kita tidak akan tergerak untuk semakin mengembangkan kemampuan yang kita miliki. Salah satu motivasi yang populer akhir-akhir ini adalah Kata-kata Bijak untuk Diri Sendiri.

Biasanya kata-kata ini tersebar di sosial media, kadang ada yang bilang gini “Halah apaan, menye-menye banget hidupnya pake quotes segala.” Heeey, jangan salah! Justru quotes yang kalian anggap ‘alay’ itu bisa membangkitkan semangat hidup bagi beberapa orang.

Biasanya, kata mutiara tersebut dikutip dari perkataan tokoh terkenal. Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah quotes dari Huang Renjun NCT yang bisa meningkatkan rasa percaya diri dan menguatkan diri kalian. Check it out!

Kata-kata Bijak untuk Diri Sendiri dari Renjun NCT

Huang Renjun, member dari NCT yang berasal dari China ini kerap sekali membagikan Kata-kata Bijak untuk Diri Sendiri di acara siaran radio Akdong Seoul di TBS eFM. Renjun menjadi DJ spesial untuk siaran tersebut sejak 19 Agustus 2019.

Dia melakukan siaran selama dua bulan dan kemudian diangkat menjadi DJ tetap yang kemudian dipanggil dengan nama Ren-D oleh penggemar. Inilah kumpulan kata motivasi dari Ren-D untuk kalian.

Pentingnya Kata-kata Bijak untuk Diri Sendiri Sebagai Motivasi Hidup
Source: Pinterest

1.  Orang yang selalu rendah diri akan selalu ada di posisi terbawah

Rendah diri memang dianjurkan, tapi jika kita terus-terusan merasa diri kita tidak mampu maka kita akan kalah dengan mereka yang bersemangat untuk maju. Membandingkan diri dengan orang lain akan membuat kita merasa kecil.

Ingat, ya! Setiap manusia itu memiliki kemampuan yang berbeda-beda. So, tetap lihat dirimu sebagai dirimu dan stop membandingkan diri dengan si A maupun si B.

2.  Stres yang berasal dari diri kita lebih bahaya dari stres yang berasal dari orang lain

Saat pikiran kita lelah karena diakibatkan oleh orang lain, kita bisa menghindarinya. Berbeda dengan stres yang berasal dari dalam diri kita. Kan nggak lucu ya mau menghindar dari diri sendiri haha.

Lelah dan stres dengan diri sendiri berarti bertarung dengan diri kita sendiri. Dan hal tersebut berkali-kali lipat lebih melelahkan daripada bertarung dengan orang lain. Tapi, setelah kita berhasil keluar dari pertarungan tersebut, kita akan menemukan diri kita yang lebih berkembang dari sebelumnya.

3.  Loving myself juga butuh proses

Mencintai diri sendiri wajib dilakukan oleh setiap orang. Dan untuk mencintai diri kita sendiri membutuhkan proses yang tidak mudah. Fokus pada dirimu sendiri dan fokuslah pada perasaanmu sendiri. Tapi, bukan berarti kalian bisa mengabaikan orang lain, ya!

4.  Lakukan sesuatu yang disukai oleh hatimu

Setiap orang yang melakukan sesuatu yang tidak diinginkannya pasti akan merasa kesulitan, juga akan merasa kelelahan. Tapi, jika melakukan sesuatu yang diinginkan dari dalam hati, pasti akan lebih bahagia walaupun mengalami kesulitan.

5.  Kecantikan sejati bagi wanita adalah inner beauty nya

Renjun percaya jika setiap orang memiliki standar yang berbeda untuk pujaan hati masing-masing. Tapi, dia percaya bahwa kecantikan batin adalah penentu penampilan luar seseorang. Jadi nggak hanya cantik diluar saja tetapi cantik didalam juga.

6.  Impian harus diusahakan, bukan hanya diniatkan

Setiap manusia pasti punya impian. Dan untuk mewujudkannya harus diusahakan, bukan hanya diangankan saja. Nanti impiannya nggak terwujud dong hihi.

7.  Hidup identik dengan kegiatan menabung

Menabung yang dimaksud disini bukan hanya menabung uang saja. Saat berjuang melawan tantangan dalam hidup, kita menabung harapan. Saat bekerja keras, kita menabung benih untuk masa depan. Saat bepergian, kita menabung kenangan indah. Dan saat kita tersenyum, kita menabung kebahagiaan.

8.  Jadilah individu yang open minded

Kita harus terbuka pada semua orang, karena hidup ini tidak hanya berputar pada kita saja. Kita tidak bisa membuat semua orang menyukai kita, begitupun sebaliknya. Karena hal tersebut, kita tidak boleh membeda-bedakan orang yang satu dengan yang lain.

Bagaimana Cara Meningkatkan Motivasi Diri?

1.  Tetapkan Tujuan

Tetapkan tujuan yang ingin dicapai. Kalau perlu, tulis dalam selembar kertas atau notebook kalian. Selipkan juga kata-kata motivasi dari tokoh terkenal atau idola kalian agar lebih semangat dalam mencapai tujuan.

2.  Susun Rencana Menjadi Lebih Terarah

Setelah menentukan tujuan, buat rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Tulis planning tersebut dan beri tanda centang saat sudah selesai. Dengan begini, tujuan yang ingin kita tidak akan merasa keberatan dalam mencapainya.

3.  Atasi Ketakutan Akan Kegagalan

Rasa takut akan kegagalan adalah hal yang wajar. Semua orang pasti akan merasakannya. Ceritakan tujuan yang ingin dicapai hanya pada orang-orang yang dipercaya untuk meminimalisir kritikan jika menghadapi kegagalan.

4.  Bersikap Positif

Isi hari-hari yang kalian lewati dengan kegiatan yang positif. Dengan begitu kalian akan mendapatkan energi yang positif pula. Selalu syukuri apa yang dicapai walau sekecil apapun itu. Dan jangan membandingkan diri dengan orang lain. Ingat itu, ya!

5.  Istirahat dengan Cukup

Meski langkah untuk mencapai tujuan sangatlah jauh, ingatlah untuk beristirahat. Tubuh dan pikiran juga perlu istirahat agar jalan untuk menempuh langkah selanjutnya menjadi lebih mudah.

6.  Apresiasi Diri Sendiri

Terakhir adalah berikan apresiasi pada diri sendiri. Misalnya dengan membeli barang yang diimpikan. Hal ini untuk memacu semangat kita lebih membara. Eyaaaaak wkwk.

Nah, itulah dia cara memotivasi diri melalui Kata-kata Bijak untuk Diri Sendiri. Yuk lebih semangat dalam menjalani hidup yang berharga ini. Tulisan ini ditulis untuk memenuhi tantangan #14DaysBlogspediaChallenge. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Sumber: alodokter.com, IDN Times


Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.