Mengenal Terapi Seni Salah Satu Cara Mengatasi Trauma Psikologis

Konten [Tampil]

Mengenal Terapi Seni Salah Satu Cara Mengatasi Trauma Psikologis

Setiap orang pastinya memiliki kesehatan mental dan trauma yang berbeda-beda. Trauma yang dialami pun bermacam-macam. Karenanya, Cara Mengatasi Trauma Psikologis pun bervariasi tergantung penyebabnya.

Mengatasi trauma psikologis bisa dilakukan dengan cara terapi. Salah satu terapi yang akan kita bahas kali ini adalah terapi seni. Ada yang tau? Apa baru dengar tentang terapi ini? Yuk, kita bahas jenis terapi ini bersama-sama. Simak tulisan ini baik-baik, ya!

Bagaimana Cara Mengatasi Trauma Psikologis?

Sebelum kita membicarakan Cara Mengatasi Trauma Psikologis, saya mau nanya nih, kalian tau nggak apa itu trauma psikologis? Trauma psikologis adalah suatu jenis kerusakan jiwa akibat kejadian buruk yang dialami, yang bersifat traumatik atau tidak bisa dilupakan.

Trauma ini menyebabkan persepsi atau pandangan individu dalam menghadapi sesuatu atau stres di masa depan, gangguan jiwa, dan gangguan stres pasca trauma. Biasanya, individu dengan trauma psikologis akan lebih sensitif saat bertemu dengan kejadian serupa yang membuatnya memiliki trauma tersebut.

Nah, bagaimana sih cara untuk mengatasi hal ini? Ada banyak cara yang bisa dilakukan tergantung dari kondisi individu masing-masing. Mengatasinya pun bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain, seperti mendatangi psikolog atau psikiater. Apa aja cara yang bisa dilakukan?

1.  Konsultasi dengan psikiater atau psikolog

Cara yang paling dianjurkan untuk mengatasi trauma adalah mendatangi psikolog. Jika trauma sudah menjadi PTSD, terapi utama yang harus dilakukan adalah psikoterapi. Obat-obatan juga kadang diberikan sebagai bagian dari terapi.

2.  Lebih peduli pada diri sendiri

Cara lain yang bisa dilakukan adalah lebih mencintai diri sendiri. Sibukkan diri kalian dengan hobi atau kesibukan lain agar pikiran kalian teralihkan dari ingatan akan trauma tersebut. Lakukan sesuatu yang menyenangkan, seperti healing bersama teman-teman haha.

3.  Bercerita atau curhat ke orang terdekat

Bercerita pada orang terdekat akan masalah yang dialami dapat meringankan beban pikiran. Cara ini juga akan membuat kalian merasa tidak sendirian.

4.  Menulis

Untuk kalian yang masih malu bercerita pada orang lain, kalian bisa menyalurkan perasaan kalian pada tulisan. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi rasa traumatik.

5.  Berusaha menghadapi rasa takut

Peristiwa traumatis biasanya meninggalkan rasa takut akan sesuatu. Maka dari itu, hadapi rasa takut itu dan jangan biarkan ketakutan menghalangi kalian untuk maju.

6.  Relaksasi

Cara terakhir adalah bermeditasi dan melakukan peregangan. Pusatkan pikiran, konsentrasi, dan perasaan positif yang dapat menumbuhkan semangat.

Macam-macam Trauma Psikologis

Trauma psikologis memiliki banyak varian loh, guys. Udah kayak mie instan aja wkwk. Apa aja macam-macam trauma psikologis? Ini dia daftarnya.

  1. Trauma akan pengobatan
  2. Trauma terhadap duka cita
  3. Trauma bencana alam
  4. Trauma atas kesepian
  5. Trauma kompleks
  6. Trauma pelecehan seksual
  7. Trauma bunyi keras
  8. Trauma bullying
  9. Trauma kegelapan
  10. Trauma atas kandasnya hubungan
  11. Trauma pada ketinggian
  12. Trauma berhubungan seks
  13. Trauma menjadi pusat perhatian
  14. Trauma menyakiti orang lain
  15. Trauma KDRT

Saatnya Mengenal Apa Itu Terapi Seni

Seni merupakan media ekspresif dan bisa digunakan untuk membantu seseorang dalam berkomunikasi, mengatasi stress, dan lebih mengeksplor kepribadian mereka. Bahasa sederhananya gini, terapi seni adalah terapi menggunakan seni sebagai alat metodenya. Seperti melalui lukisan ataupun musik.

Terapi seni memanfaatkan prose penciptaannya untuk meningkatkan kesehatan mental, fisik, maupun emosional seseorang. Tujuan diberikannya terapi ini adalah agar setiap orang yang mengalami trauma psikologis dapat mengeksplorasi ekspresi dalam dirinya dan bisa mengembangkan kemampuan baru.

Dalam kasus-kasus tertentu, terapi ini dikombinasikan dengan terapi lainnya. Seperti terapi perilaku kognitif atau terapi kelompok. Teknik yang digunakan disini mencakup mewarnai, memahat, menggambar, melukis, maupun kolase.

“Tapi saya nggak bisa menggambar/melukis. Apa bisa mencoba terapi ini?” Boleh saja. Untuk bisa mencoba terapi ini tidak  memerlukan kemampuan artistik. Yang terpenting dari terapi ini adalah kalian bisa menganalisis apa yang kalian buat dan bagaimana perasaan kalian saat melakukannya.

Salah satu Cara Mengatasi Trauma Psikologis ini bisa diikuti oleh berbagai rentang usia, guys. Tapi tidak semua orang yang mengidap trauma psikologis bisa menjalani terapi ini. Nah, berikut ini adalah kondisi seni bisa digunakan sebagai media terapi.

  1. Anak-anak dengan ketidakmampuan belajar
  2. Orang dewasa dengan stress berat
  3. Anak dengan masalah perilaku sosial, baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah
  4. Orang dengan masalah kesehatan mental atau masalah psikososial
  5. Orang yang pernah mengalami peristiwa traumatis
  6. Pengidap PTSD atau kanker
  7. Orang yang mengalami kegelisahan, depresi, gangguan emosional, gangguan makan, maupun cedera otak
  8. Orang yang kecanduan obat-obatan terlarang

Mengenal Terapi Seni Salah Satu Cara Mengatasi Trauma Psikologis
Lukisan Renjun NCT - Source: Pinterest

Terapi seni juga pernah dijalani oleh Renjun NCT loh. Dia menjalani terapi ini karena mengalami cedera di bagian dahinya saat konser pertama NCT DREAM. Dia mendapatkan luka saat berlari dibawah panggung yang gelap dengan suasana yang tegang.

Setelah kejadian itu, dia mengalami trauma psikologis dan dokter yang menanganinya menyarankannya untuk menjalani terapi seni. Renjun sering membagikan karyanya pada NCTZen (sebutan untuk penggemar NCT). Tapi siapa sangka, ternyata gambar-gambar tersebut adalah bagian dari terapi yang dijalaninya.

Dimana Kita Bisa Mendapatkan Terapi Seni?

  1. Rumah sakit/rumah sakit jiwa/pusat kesehatan
  2. Sekolah
  3. Organisasi masyarakat/lembaga pemasyarakatan
  4. Pusat komunitas
  5. Panti jompo
  6. Kantor terapi pribadi
  7. Studio seni
  8. Tempat perlindungan wanita
  9. Tempat penampungan tunawisma
  10. Perguruan tinggi
  11. Rumah kelompok
  12. Pusat perawatan perumahan

Nah, itulah informasi mengenai Cara Mengatasi Trauma Psikologis melalui terapi seni. Tulisan ini ditulis dalam rangka memenuhi tantangan #14DaysBlogspediaChallenge yang diadakan oleh Blogspedia. Terimakasih dan sampai jumpa lagi. Papay~

Sumber: halodoc.com, m.liputan6.com, dosenpsikologi.com

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.