Cara Menjadi Blogger Pemula Salah Satu Cara Menghasilkan Cuan

Konten [Tampil]

Cara Menjadi Blogger Pemula Salah Satu Cara Menghasilkan Cuan

Internet, khususnya search engine, semakin banyak digunakan untuk sarana pencarian informasi. Salah satu profesi yang terlibat dengan dunia internet ini adalah blogger.  Apa kalian tau, apa sih blogger itu? Lalu, bagaimana Cara Menjadi Blogger Pemula?

Banyak masyarakat yang masih awam dengan istilah blog. Apalagi blogger wkwk. Mereka mengira yang menulis adalah Google sebagai salah satu mesin pencari terpopuler. Padahal yang menulis adalah seorang blogger.

Apa Blog dan Blogger Itu? Dan Bagaimana Cara Menjadi Blogger Pemula?

Bagi orang yang baru mengenal blog, pasti bertanya “kok bisa ya nulis di Google?”, “Gimana Cara Menjadi Blogger Pemula?”, dan “Apa nulis di Google dapat duit?”. Itu adalah beberapa pertanyaan yang biasa dilontarkan. Nah, disini kita akan membahasnya satu persatu.

Pengertian Blog

Blog sendiri adalah salah satu website yang ada di Google. Jika blog adalah salah satu jenis website, lalu apa sih bedaya blog dengan web yang lain? Perbedaan yang paling mendasar terletak pada fungsinya.

Awalnya, fungsi blog digunakan untuk menyimpan catatan penggunanya. Namun, lama-lama blog bertambah fungsinya. Seperti tempat menuangkan opini, tempat berbagi informasi, hingga tempat berbisnis.

Pengertian Blogger

Lalu, apa sih blogger itu? Sebenarnya, istilah blogger merujuk pada dua arti. Yang pertama, blogger berarti seseorang yang menulis di blog atau mengelola sebuah blog. Yang kedua, blogger adalah sebuah platform menulis gratis yang sangat populer di Indonesia.

Blogger sendiri dapat diakses di https://www.blogger.com/about/?bpli=1. Kalian tau website yang berakhiran blogspot.com? Nah, mereka adalah pengguna situs blogger. Tapi domain tersebut belum di custom alias masih bawaan dari blogger. Nah, muncul lagi kan pertanyaan “Domain itu apa?”

Jadi singkatnya, domain itu akhiran dari sebuah situs. Seperti .com, .id, .my.id, dan  dot-dot yang lain. Domain-domain tersebut telah di custom dengan cara membeli dari jasa penyedia domain.

Cara Jadi Blogger Pemula Itu Gimana Sih?

Nah, pertanyaan ini nih yang selalu jadi tanda tanya besar bagi yang masih awam. Saya dulu juga begitu wkwkwk. Gimana sih Cara Menjadi Blogger Pemula itu? Ini dia step by step nya untuk kalian. Simak baik-baik, ya!

1.  Menentukan Tujuan

Pertama, kalian harus menentukan tujuan kalian membuka blog. Apakah hanya untuk menyalurkan hobi menulis atau untuk menghasilkan uang. Tanpa tujuan yang jelas, kalian akan membuang waktu yang kalian gunakan selama membangun sebuah blog. Karena ngeblog membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga, dan pikiran yang besar.

2.  Menentukan Niche/ Tema Blog

Hal kedua yang harus dilakukan adalah menentukan niche. Niche berarti tema aoa yang akan kalian angkat dalam blog kalian. Pilih sesuai dengan keahlian yang kalian miliki agar kalian enjoy dalam merawat blog. Niche yang paling popular adalah bisnis, kuliner, dan travel.

3.  Memilih Platform Blog

Hal ketiga adalah memilih tempat dimana kalian akan menuangkan tulisan kalian. Platform yang paling umum digunakan di Indonesia adalah Blogger dan Wordpress. Jika kalian belum mempunyai uang cukup dan ingin yang gratisan, kalian bisa memakai Blogger.

Jika kalian sudah mempunyai budget cukup, kalian bisa menggunakan Wordpress. Biaya tersebut dikeluarkan untuk membeli hosting. Tapi saran saya, untuk blogger pemula sebaiknya gunakan Blogger dulu. Jika dirasa ilmu blogging sudah cukup, kalian bisa pindah ke Wordpress.

4.  Mulailah Menulis

Setelah memiliki blog, saatnya isi blog tersebut dengan tulisan kalian. Ingat, kalian harus mengisinya dengan tulisan original. Tulis sesuai dengan niche yang telah kalian tentukan.

5.  Percantik Blog

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah percantik blog kalian. Based on pengalaman saya, setelah custom domain dan template, blog saya semakin ramai dikunjungi oleh pengguna dunia maya. Walaupun template gratisan sih wkwk. Tambahkan widget menarik agar blog kalian semakin indah dipandang.

Apakah Blog Bisa Menghasilkan Uang?

Jawaban dari pertanyaan diatas aadalah tentu saja BISA! Siapa bilang blog tidak bisa menghasilkan uang? Darimana blogger bisa menghasilkan cuan? Ini dia sumbernya!

1.  Jaringan Periklanan

Cara yang paling popular dikalangan blogger adalah melalui periklanan. Ada yang sudah tau Adsense? Adsense merupakan program periklanan dari Google, biasanya dipakai oleh Youtuber maupun Blogger. Selain dari Adsense, kalian juga bisa memakai jasa periklanan lain. 

2.  Penjualan Ruang Iklan di Blog

Cara yang kedua adalah dengan menjual ruang iklan di blog kepada para pengiklan. Penghasilan dari sini lebih pasti. Jika dari jaringan periklanan yang menentukan tarif adalah si penyedia jasa iklan, maka dengan cara ini kita sendiri yang akan menentukan tarif.

3.  Menjual Produk Sendiri

Jika kalian memiliki bisnis, kalian bisa mempromosikan bisnis tersebut di blog kalian. Biasanya cara ini dilakukan dengan meletakkan link menuju platform penjualan kalian.

4.  Menjual Jasa

Jika kalian ahli dalam bidang tertentu, kalian bisa membuka jasa melalui blog kalian. Seperti contoh, kalian memiliki ahli di bidang desain. Nah, blog ini bisa menjadi tempat kalian membangun branding dan mempublish setiap portofolio yang dibuat.

5.  Program Afiliasi

Afiliasi adalah program dimana kita membantu mempromosikan suatu produk dan kita akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Cara ini bisa dilakukan bagi kalian yang tidak memiliki produk tapi ingin berjualan.

Tentang Blogspedia

Tau Blogspedia darimana? Saya pertama kali tau ada komunitas yang sangat bermanfaat ini dari seorang teman yang juga alumni Blogspedia Coaching. Blogspedia itu apa sih?

Blogspedia sendiri merupakan sebuah wadah yang menaungi blogger yang masih newbie atau dalam kamus bahasa Blogspedia biasa disebut dengan cupuers. Blogspedia ini memiliki banyak layanan (?) bingung namainnya apa wkwk.

Ada Blogspedia Group yang bisa menjadi tempat kalian untuk mengirim tulisan, dibayar loh jika tulisan kalian lolos seleksi penerbitan. Ada Blogspedia Coaching yang merupakan layanan pelatihan blogging dari Blogspedia. Coaching ini hanya diadakan satu tahun sekali dan gratis.

Blogspedia juga menyediakan jasa-jasa terkait dunia blog. Ada jasa penulisan artikel, jasa install template blog, dan juga jasa pembuatan toko online. Lihat info selengkapnya mengenai Blogspedia disini

Nah, itulah informasi mengenai Cara Menjadi Blogger Pemula yang kami sajikan untuk kalian. Gimana nih, udah ada niatan buat ngeblog? Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas #14DaysBlogspediaChallenge.

Sumber: sugeng.id

2 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Menarik kak infonya. Jadi makin yakin untuk serius lagi nulis di blog. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terimakasih kembali. Semoga bermanfaat ya :)

      Hapus