Korean Stuff

Sebuah Buku Inspiratif dari Seorang Penulis Hebat, Penasaran?

Konten [Tampil]

Sebuah Buku Inspiratif dari Seorang Penulis Hebat, Penasaran?

Indonesia dikenal dengan sastranya yang begitu luar biasa. Maka tak heran jika banyak sastrawan hebat yang melahirkan karya-karya hebat. Mereka menghasilkan puisi, novel, dan karya lainnya yang tentunya top markotop hehe. Salah satu yang kita bahas kali ini adalah Buku Inspiratif berupa novel dari seorang penulis. Penasaran, kan? Tapi, kalian tau nggak sih apa itu buku yang memiliki embel-embel inspiratif? 

Buku Inspiratif Itu Apa Sih?

Gampangannya Buku Inspiratif itu buku yang menginspirasi kita, guys. Buku tersebut menceritakan kisah-kisah yang bisa menginspirasi kita. Biasanya jenis ini berasal dari novel atau buku motivasi. Siapa disini yang suka baca novel? Bacaannya yang ringan dan tidak membuat ngantuk menjadi alasan bagi banyak orang untuk menyukainya.

Tapi, banyak loh yang belum bisa membedakan antara inspiratif, inspirasi, dan ispirator. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), inspiratif berarti bersifat inspirasi. Sedangkan inspirasi bermakna ilham. So, dapat disimpulkan bahwa inspiratif adalah sesuatu yang bisa memberikan ilham untuk seseorang.

Lalu, isnpirator itu apa? Inspirator adalah orang memberi inspirasi atau orang yang menginspirasi. Kata ini lebih merujuk pada orang. Sedangkan arti inspiratif lebih fleksibel karena dapat merujuk pada berbagai objek. Seperti film atau buku.

Ciri-ciri Cerita Inspiratif

Kisah inspiratif memiliki beberapa ciri, diantaranya adalah.

1.  Selalu menginspirasi pembacanya untuk lebih peduli dan berempati kepada sekitarnya.

2.  Tujuan penyusunannya adalah untuk memberikan inspirasi kebaikan kepada banyak orang.

3.  Cerita jenis ini dapat menggugah perasaan pembacanya, sehingga pembaca seolah-olah bisa merasakan menjadi sang tokoh dalam cerita.

Sebuah Judul Buku yang Sangat Menginspirasi

Kalau ada yang bertanya “Cerita apa sih yang menurut kamu nggak bisa dilupakan?” Saya pasti menjawab Tulisan Sastra karya dari Tenderlova. Pertama, mari kita perkenalkan penulisnya dulu hihi. Tenderlova adalah seorang penulis novel yang telah menerbitkan beberapa judul novel dan dia adalah seorang NCTZen. NCTZen hayuk merapat hehe.

Nah, Tulisan Sastra adalah salah satu karyanya yang mendapat predikat best seller. Novel ini diangkat dari Wattpad dan akan segera difilmkan. Buku Inspiratif ini terinspirasi dari NCT DREAM, grup idol KPop yang berada dibawah naungan SM Entertaiment. Buku ini menceritakan tentang persaudaraan. Yah, kok nggak ada romansanya? Ada, dong!

Sebuah Buku Inspiratif dari Seorang Penulis Hebat, Penasaran?
Visualisasi Anak Bapak Suyadi - Source: Pinterest

Novel ini mengisahkan tentang tujuh laki-laki bersaudara, anak-anak dari pak Suyadi yang saling merangkul dan menguatkan setelah kepergian pak Suyadi. Kenapa judulnya Tulisan Sastra? Apa tulisan ini penuh dengan sastra Indonesia? Jadi, Sastra yang dimaksud disini adalah si pemeran utama yang memiliki nama lengkap Andhika Sastra Gautama.

Dia adalah anak keempat dari tujuh bersaudara tersebut. Harusnya Sastra ini yang jadi penengah diantara abang-abang dan adik-adiknya. Tapi justru dialah yang selalu menjadi orang yang bertugas sebagai ‘kompor’ jika ada yang bertengkar. Namun, dibalik itu semua Sastra adalah sosok yang sangat peduli kepada saudara dan orang disekelilingnya. Termasuk Sahara, sang kekasih.

Ada kalimat yang ditulis oleh Tenderlova dalam buku ini, dari Sastra untuk Sahara. “Sahara, hidup itu perihal menyambut dan kehilangan. Kamu tau lagu Sampai Jumpa-nya Endank Soekamti, kan? Ya kira-kira begitulah. Tapi kamu tau alasan manusia punya perasaan? Sebab itu adalah satu-satunya cara kamu mengingat dengan kesan yang tak habis-habis. Jadi jangan terlalu sedih jika menemukan kehilangan-kehilangan lainnya. Sedihlah seperlunya, lalu ingat bahwa sebenarnya kamu tidak benar-benar kehilangan. Sesuatu itu abadi dalam kenang yang kamu bawa dalam perasaanmu. Sampai sini paham, kan?

Lalu, apa yang dikatakan oleh Sahara? Sahara bilang begini “Sastra, kamu lupa tentang satu hal. Semakin singkat suatu cerita, semakin dalam luka yang tertoreh. Kehilangan memang akan terus terjadi. Tapi kalau aku boleh memilih, aku belum siap kehilangan kamu.” Kenapa Sahara bilang begitu? Karena disuatu malam berhujan Sastra ditelan dalam keabadian dan kenangan yang mendalam.

Sebuah Buku Inspiratif dari Seorang Penulis Hebat, Penasaran?
Visualisasi Tokoh Sastra - Source: Pinterest

Sastra itu orang baik, yang selalu menyayangi orang terdekatnya dan melindungi mereka. Dari kisah ini, kita bisa belajar bahwa persaudaraan itu sangatlah penting untuk dijaga. Dari kisah ini juga, saya semakin menyayangi dan menghargai adik-adik saya. Kok adik-adik? Adik saya banyak karena orang tua saya menganut prinsip seperti orang tua Sastra, yakni banyak anak banyak rejeki.

Ada satu kalimat dari pak Suyadi untuk Sastra yang sangat melekat dalam pikiran sejak pertama kali membaca tulisan ini. Bunyinya gini “Kalau rasanya capek bekerja keras, capek menghadapi masalah-masalah hidup, ya istirahat. Istighfar, bukannya ngeluh. Mengeluh nggak akan menyelesaikan apapun, Sastra.” Kalimat ini bisa jadi pengingat untuk kita semua saat menghadapi masalah hidup. Hiyaaaa masalah hidup wkwk.

Meskipun buku ini sangat menguras air mata, tapi banyak pelajaran hidup yang bisa kita dapatkan dari sini. Pokoknya the best lah buku ini, nggak tau lagi mau ngomong apa haha. Kalian yang non-kpopers juga bisa membaca buku ini loh. Relate banget pokoknya sama kehidupan.

Gimana teman-teman, apa teman-teman punya buku yang sangat menginspirasi kalian? Cuap-cuap bertema Buku Inspiratif ini ditulis untuk memenuhi #14DaysBlogspediaChallenge yang diadakan oleh Blogspedia.

Sumber: kapanlagi.com

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.