Skincare Korea untuk Kulit Kombinasi yang Recommended

Konten [Tampil]

Skincare Korea untuk Kulit Kombinasi yang Recommended

Kalau kalian mencari produk kecantikan asal negeri ginseng untuk kulit berjerawat akan ada banyak. Untuk kulit kombinasi ada nggak? Ada dong. Di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Skincare Korea untuk Kulit Kombinasi

Tapi, kalian tau nggak sih apa itu kulit kombinasi? Yuk, langsung saja simak penjelasan dibawah ini. 

Skincare Korea untuk Kulit Kombinasi, Ketahui Dulu Apa Itu Kulit Kombinasi

Mungkin beberapa dari kalian baru mendengar masalah kulit satu ini. Sebelum membahas Skincare Korea untuk Kulit Kombinasi, kita akan membahas dulu apa sih jenis kulit satu ini dan bagaimana perawatannya.

Kulit kombinasi adaah masalah umum yang terjadi di negara tropis seperti Indonesia. Kulit kombinasi adalah gabungan dari dua jenis kulit. Yakni kulit berminyak dan kulit kering.

Satu daerah kulit memiliki minyak dan bagian yang lain lebih kering, sensitif, atau malah normal. Kulit seperti ini membutuhkan perawatan yang ekstra. Karena bisa saja salah satu daerah kulit tidak coock dengan skincare yang sedang digunakan. 

Minyak berlebih pada kulit wajah biasanya terdapat pada daerah T-zone yang mencakup dagu, hidung, dan dahi. Daerah pipi bisa kering bisa juga berminyak tergantung dari seberapa banyak minyak yang diproduksi oleh tubuh. Area kering biasanya terdapat disekitar mata dan mulut. 

Pemilik kulit kombinasi biasanya mengeluhkan masalah lain. Seperti pori-pori besar, komedo, dan juga kulit yang mengkilap alias glowing. Tapi bukan glowing karena skincare, ya. Namun, untuk kulit kombinasi ini kondisinya tidak seperah pemilik jenis kulit berminyak. 

Bagaimana Cara Merawat Kulit Jenis Ini? 

Karena kulit kombinasi tidak hanya merawat satu jenis kulit saja, dibutuhkan cara ekstra agar kulit bisa ternutrisi dengan baik. Check it out

1.  Bedakan Perawatan Seusai Jenis Kulit

Pada dasarnya, setiap kulit memiliki perawatannya masing-masing. Cara terbaik merawat kulit kombinasi adalah menggunakan obat berjerawat berbentuk krim untuk area yang berjerawat.

Gunakan juga pelembab tanpa kandungan minyak untuk area kulit yang kering. Tapi sekarang, sudah banyak pelembab yang dirancang khusus untuk mengurangi minyak di daerah T-zone dan melembabkan pipi yang cenderung kering. 

2.  Pilihlah Pembersih Wajah yang Tepat

Jangan gunakan cleanser berbahan dasar minyak jika kalian memiliki kulit kombinasi. Karena pembersih jenis ini akan menambah kadar minyak di daerah T-zone dan mengiritasi kulit yang kering. 

Gunakan pembersih berbahan dasar air, baik itu bentuk gel ataupun krim. Cleanser berbahan dasar air lebih lembut dan efektif menghilangkan kotoran. Setelah pemakaian pun kulit tidak akan terasa berminyak dan tidak akan merasa kering. 

Jangan lupa juga untuk selalu rutin membersihkan wajah dua kali sehari. Agar masalah kulit kalian tidak bertambah parah. Pastikan juga cara membersihkan wajah sudah benar, ya. 

3.  Gunakan Air Hangat

Sebaiknya gunakan air hangat untuk membilas sabun sisa cuci muka. Kenapa? Karena air hangat dapat mengurangi kadar minyak secara perlahan. Uap panasnya bisa membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.

Setelah mencuci muka pun jangan langsung digosok menggunakan handuk, tapi tepuk-tepuk wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih.

Untuk menjaga kelembaban kulit, kalian bisa menggunakan hydrating serum yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Hydrating serum bisa membantu dalam mengurangi masalah minyak berlebih. 

4.  Gunakan Toner

Kulit yang kering dan berminyak memiliki tingkat pH yang berbeda. Dimana tingkat pH kulit normal berada di angka 5.5. pH yang kurang atau lebih dari itu dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit.

Kalian bisa menggunakan toner untuk membantu menyeimbangkan pH kulit. Toner berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Gunakan toner setelah mencuci muka. Hindari toner yang mengandung alkohol ya agar kulit kalian tidak kering. 

5.  Melakukan Eksfoilasi

Membersihkan dan melembabkan kulit wajah saja tidaklah cukup. Dibutuhkan juga eksfoilasi untuk memberikan manfaat yang lebih. Eksfoilasi bermanfaat untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Juga menjaga kulit agar tetap halus. 

Gunakan eksfoliator yang mengandung asam hidroksi. Lakukan eksfoliasi dua sampai empat kali dalam seminggu untuk mengurangi kadar minyak dalam kulit dan juga kotoran dalam kulit. 

6.  Gunakan Tabir Surya atau Sunscreen

Sunscreen umumnya digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tapi, manfaat tabir surya tidak hanya sekedar itu. Sunscreen bisa membantu untuk melembabkan kulit juga lho. 

Untuk kalian pemilik kulit kombinasi, gunakan sunscreen yang mengandung asam beta hidroksi dan bersifat non-komedogenik. Sunscreen jenis ini tidak akan menyumbat pori-pori kalian.

Jika pemakaian tabir surya jenis ini kulit kalian semakin berminyak, gunakan sunscreen yang berbahan dasar mineral atau sunscreen yang berbentuk bedak bubuk. 

7.  Perhatikan Pola Makan

Kecantikan kulit tidak hanya didapat dari perawatan luar saja, tapi perawatan dalam juga perlu. Perhatikan pola makan kalian agar kulit semakin sehat dan bercahaya setiap hari. Selalu penuhi kebutuhan cairan kalian. 

Minum delapan gelas air putih dalam sehari dan pilih makanan sehat yang kaya akan antioksidan. Jangan lupa juga berolahraga supaya kulit kalian semakin ‘bling-bling’. 

8.  Manjakan Wajah dengan Clay Mask

Pemilik kulit kombinasi jangan salah dalam memilih masker ya. Tidak semua masker cocok untuk jenis kulit ini. Masker yang tidak cocok justru akan menutup pori-pori dan mengikis lapisan pelindung terluar dari kulit kalian. 

Alangkah baiknya gunakan clay mask atau masker tanah liat. Masker satu ini akan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Clay mask juga bisa menyetap minyak berlebih tanpa menimbulkan iritasi. 

9.  Hindari Produk yang Mengandung Alkohol

Selalu baca komposisi bahan apa saja yang digunakan dalam produk skincare kalian. Hindari produk yang mengandung alkohol. Alkohol menarik air dari sel-sel kulit sehingga membuat kulit semakin kering. Sedangkan daerah yang berminyak akan memproduksi minyak semakin banyak untuk mengembalikan kelembapan kulit.

10. Lindungi Kulit dengan Vitamin A

Vitamin A dikenal mampu menangkal radikal bebas yang ada pada sel-sel kulit. Vitamin A juga akan meghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, vitamin A akan merangsang pergantian sel-sel kulit untuk mencegah penuaan dini.

Pastikan skincae yang kalian gunakan mengandung vitamin A. biasanya, vitamin A dicantumkan sbagai retinol atau tretinoin.

Rekomendasi Skincare Korea untuk Kulit Kombinasi

Sekarang saatnya kita akan membahas apa saja sih skincare asal negeri ginseng yang bisa untuk kulit kombinasi. Langsung saja, ini dia daftarnya!

1.  Banila Co Clean it Zero Purifying Oil Cleanser

2.  Etude House Wonder Pore Freshner

3.  A’pieu Glycolic Acid Cream

4.  Innisfree Balancing Cream with Green Yea

5.  Mamonde Floral Essential Serum

6.  Dr. Jart+ Dermaclear Micro Milk Peel

7.  Laneige Water Sleeping Mask

Nah, itulah dia daftar Skincare Korea untuk Kulit Kombinasi. Udah pernah coba belum?

Sumber: hellosehat.com, IDN Times


Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.