Banner Besar Korean Stuff

JNE: Berinovasi, Bersosialisasi, Hingga Mendulang Prestasi

Konten [Tampil]

 

JNE: Berinovasi, Bersosialisasi, Hingga Mendulang Prestasi

Siapa sih yang nggak kenal JNE? Yang biasa belanja di e-commerce pasti sudah nggak asing dengan ekspedisi satu ini. JNE adalah salah satu ekspedisi populer di Indonesia. 

Nah ternyata, ekspedisi yang punya logo berwarna merah dan biru ini memiliki banyak sekali inovasi, lho. Tidak hanya itu, JNE juga tidak melupakan kewajiban mereka dalam memenuhi CSR yang mana hal ini jadi salah satu kewajiban yang sering dilupakan. Keren, ya? 

#JNE33Tahun, Tak Bosan Berinovasi 

Dulu, waktu awal-awal kenal yang namanya belanja online, ku kira JNE ini hanya sekedar perusahaan yang bergerak di bidang antar jemput paket aja. Yang sistemnya ya gitu-gitu aja. Customer antar paket ke kantor atau kurir menjemput paket ke rumah customer, diantar kurir ke tempat tujuan, dan sampe deh. 

Nyatanya tidak, guys. Selain antar jemput paket, perusahaan ini terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan teknologi terbaru. Apa saja sih terobosan baru yang diciptakan oleh JNE? 

Inovasi untuk Meningkatkan Pelayanan Pengiriman Barang

1.  Layanan JTR dan COD

JNE memiliki beberapa macam produk pengiriman, salah satu yang biasa dipakai adalah JNE Express. Seiring dengan ketatnya persaingan, ekspedisi ini menghadirkan layanan JTR dan COD.

Udah paham lah ya COD ini apa. Nah, kalau layanan JTR adalah pengiriman untuk paket dalam ukuran besar dengan tarif yang akan dikenakan minimal 10 kg. Layanan ini sama saja penyebutannya dengan JNE Cargo dan JNE Tracking. Beberapa hari yang lalu aku pakai layanan ini. Lumayan cepet loh nyampenya.

JNE: Berinovasi, Bersosialisasi, Hingga Mendulang Prestasi
Sumber: Koleksi pribadi

2.  JNE Loyalty Card

Inovasi lainnya yang dihadirkan adalah JNE Loyalty Card. Yang merupakan program keanggotaan yang ditujukan untuk customer setia/loyal JNE. Customer yang memiliki kartu ini akan mendapatkan berbagai keuntungan.

Seperti potongan harga saat periode promo, kecepatan layanan dan hadiah menarik lainnya yang akan menunggu para customer loyal ini.

3.  MegaHub

MegaHub adalah pusat sortir berskala besar yang memiliki kapasitas rata-rata 1 juta paket per hari. Lokasinya berada di Kedaung Wetan, Neglasari, Tangerang, Banten. Lokasinya strategis karena dekat dengan pintu M1 Bandara Soetta.  

4.  Lacak Resi

Dulu, marketplace langganan ku pernah agak ngendat saat akan melakukan lacak paket. Kebetulan waktu itu aku sedang pake ekspedisi JNE. Akhirnya aku searching lah cara “Lacak resi JNE”. Ketemu dong!

Layanan satu ini sangat membantu memang kalau aplikasi marketplace sedang eror. Atau saat mau melacak paket kita sudah sampai dimana.

5.  Kerjasama dengan Marketplace 

Perusahaan yang telah berdiri sejak 33 tahun yang lalu ini juga berinovasi dengan membangun kerjasama dengan beberapa marketplace terkenal di Indonesia. Seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada,Bukalapak, Zalora dan Elevenia. Siapa nih yang sering pake JNE kalo belanja online?

Inovasi untuk UKM dan UMKM

JNE: Berinovasi, Bersosialisasi, Hingga Mendulang Prestasi
Friendly Logistics JNE yang Membantu Pergudangan Bagi UKM dan UMKM
Sumber: swa.co.id

1.  Layanan Pesona

Buat yang suka jajan, JNE juga mewadahi hobi jajan kalian, lho. Adalah Layanan Pesona yang merupakan online shop yang menyediakan oleh-oleh khas Nusantara dari seluruh UKM (Usaha Kecil dan Menengah) seluruh Indonesia. Pesona sendiri adalah singkatan dari Pesanan Oleh-oleh Nusantara. Bisa banget nih ya untuk memajukan industri UKM di Indonesia.

2.  JNE untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)

Kalo tadi untuk UKM, sekarang untuk UMKM nya nih. Ada banyak hal yang dilakukan oleh JNE untuk UMKM Indonesia. Salah satunya adalah dengan membangun E-fulfillment pada tahun 2017 lalu di beberapa cabang.

Fungsinya adalah untuk membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan produk dan digital marketing. Sedangkan logistiknya, akan ditangani oleh JNE, mulai dari manajemen hingga pengiriman.

3.  Friendly Logistics

Untuk melengkapi dukungannya pada UKM dan UMKM, #JNE menghadirkan layanan Friendly Logistics yang akan menangani pergudangan para pelaku usaha tersebut. Ide ini muncul karena banyaknya industri kecil yang waktunya disita oleh urusan pergudangan, sehingga menurunkan upaya peningkatan penjualan.

Fasilitas yang dapat ditawarkan adalah warehousing, digital marketing, technology development, order fulfillment, shipping management dan juga delivery.

Inovasi di Bidang Teknologi

1.  Mengadopsi Teknologi Blockchain

Untuk mendukung berbagai inovasi yang telah berkembang selama 33 tahun, JNE turut mengikuti perkembangan teknologi. Salah satunya adalah dengan mengadopsi teknologi blockchain.

Teknologi ini digunakan untuk memperketat keamanan dan transparansi data pengiriman. Yang mana data pengiriman ini tidak akan bisa dimanipulasi sehingga pelanggan pun akan dapat kabar yang pasti-pasti aja.

2.  Penggunaan Kecerdasan AI & Machine Learning dalam Proses Sortir Barang

AI tuh bisa jadi ‘musuh’ kalau disalahgunakan. Tapi, kalau dimanfaatkan dengan baik akan bermanfaat banget. Seperti pemanfaatan AI oleh JNE ini yang dikolaborasikan dengan Machine Learning dalam proses sortir barang.

Hasilnya, proses sortir paket/barang akan lebih efisien hingga 30%.Tentunya, kesalahan pengiriman juga akan diminimalisir dengan teknologi ini.

3.  Pembayaran Digital

Ini nih yang saat ini menjadi trend yang sudah banyak diterapkan diberbagai sektor. Customer bisa melakukan pembayaran melalui dompet digital, kartu debit dan juga kartu kredit. Mantap ‘kan?

4.  Aplikasi MyJNE

JNE mengembangkan aplikasi yang bisa digunakan untuk lacak resi sehingga tidak perlu buka browser dulu kalau mau lacak paket. Selain itu, aplikasi MyJNE juga dapat digunakan untuk melihat lokasi kantor JNE terdekat, cek ongkir juga transaksi antara penjual dan pembeli.

Aplikasi ini nantinya akan dihubungkan dengan nomor telepon pengguna. Baik pengguna iOS maupun android, bisa memakai aplikasi ini.

Memenuhi CSR dengan Membantu Sesama

JNE: Berinovasi, Bersosialisasi, Hingga Mendulang Prestasi
Kumpulan Dokumentasi CSR yang Dilakukan JNE
Sumber: jne.co.id

CSR atau singkatan dari Corporate Social Responsibility adalah tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan pada masyarakat sekitar yang terdampak kegiatan bisnisnya. CSR adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh perusahaan dan JNE tidak lupa untuk memenuhinya. Berikut ini adalah beberapa kegiatan sosial yang dilakukan oleh JNE.

1.  Bersih-bersih di Pantai Bersama Pandawara Group dan Anak-anak SMK 

Siapa yang nggak kenal Pandawara Group, sekelompok anak muda yang fokus pada permasalahan sampah yang akhir-akhir menyita perhatian warganet. JNE bersama Pandawara Group pada 2023 lalu melakukan aksi pembersihan Pantai Kesenden yang berada di Cirebon, Jawa Barat.

JNE juga pernah collab dengan anak-anak SMK 4 Kupang untuk membersihkan Pantai Oesapa di Kupang, NTT. Dalam acara tersebut, JNE juga memberikan sosialisasi mengenai produk yang dimiliki JNE juga turut serta mengajak para murid serta guru yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk peduli pada lingkungan.

2.  Mendukung Pembangunan RS dan Posko Mudik

Sesuai dengan tagline JNE yakni #ConnectingHappiness, JNE turut serta menjadi donatur untuk pembangunan RS Hasyim Asy’ari di Jombang yang diresmikan pada tahun 2023 lalu. Donasi tersebut telah lebih dulu diserahkan pada tahun 2021 lalu.

Selain itu, JNE juga ikut meramaikan lebaran 2023 dengan membangun posko mudik di beberapa titik. Seperti di Lampung, Cirebon, Tasikmalaya, Tegal dan Cilegon.

3.  Distribusi Al-Quran 

JNE berkolaborasi bersama SPAI (Sarana Penghapal Al-Quran Indonesia) sejak tahun 2019 lalu rutin membagikan Al-Quran diseluruh Indonesia. Tak heran jika ekspedisi ini mendapatkan Program Pengiriman 1 Juta Al-Quran dari BMH (Baitul Maal Hidayatullah).

4.  Membantu di Masa COVID-19

COVID-19 adalah masa-masa sulit bagi semua orang. Ekonomi menurun sangat drastis pada waktu itu. Dilansir dari tempo.co, JNE melakukan beberapa hal sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat.

Salah satunya adalah dengan menggratiskan biaya pengiriman penangan COVID-19 ke seluruh Indonesia. JNE juga berkolaborasi dengan berbagai lembaga untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Prestasi, Buah dari #GasssTerusSemangatKreativitasnya yang Digaungkan JNE

Berkat semangat dan kreativitas serta pemenuhan tanggung jawab sosial yang selama ini dilakukan, JNE berhasil meraih berbagai prestasi. Salah satunya adalah Indonesia Best 50 CSR Brand Equity Awards 2024 Kategori Courier Service

Penilaian ini berdasarkan dua kriteria, yakni CSR activity awareness dan CSR image. Penilaian ini diambil dari survei yang melibatkan 10.000 responden. 

Selain itu, JNE juga berhasil menyabet penghargaan lain, yaitu. 

  1. Digital Popular Brand 2024 Category Courier Service dari infobrand.id
  2. Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dari Badan Narkotika Nasional
  3. Program Pengiriman 1 Juta Al-Quran dari BMH (Baitul Maal Hidayatullah)
  4. Best 50 CEO Awards 2024 in Courier Category dari The Iconomics
  5. Penghargaan UMKM Summit 2024 dari OMG Communication
  6. Penghargaan Kolaborasi Palestina dan Tokoh Pemberdayaan dari Rumah Zakat
  7. Indonesia Super Awards 2023 Kategori Super Logistic Partner dari Shopee
  8. Dan masih banyak lagi. 

33 tahun sudah perjalanan JNE memberikan kemudahan bagi masyarakat. Dimulai dari inovasi di berbagai bidang, pemenuhan tanggung jawab sosial pada masyarakat sekitar, sampai akhirnya mendulang prestasi yang gemilang. Emang, ya, yang namanya usaha tidak akan menghianati hasil.

Akhir kata, selamat ulang tahun JNE! Tetap berkarya selalu dan menjadi manfaat bagi sekitar.

#JNEContentCompetition2024

Sumber: bisnis.com, idntimes.com, jne.co.id

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.