Siapa sih
yang nggak kenal JNE? Yang biasa belanja di e-commerce pasti sudah nggak
asing dengan ekspedisi satu ini. JNE adalah salah satu ekspedisi populer di
Indonesia.
Nah
ternyata, ekspedisi yang punya logo berwarna merah dan biru ini memiliki banyak
sekali inovasi, lho. Tidak hanya itu, JNE juga tidak melupakan kewajiban mereka
dalam memenuhi CSR yang mana hal ini jadi salah satu kewajiban yang sering
dilupakan. Keren, ya?
#JNE33Tahun, Tak Bosan Berinovasi
Dulu, waktu
awal-awal kenal yang namanya belanja online, ku kira JNE ini hanya
sekedar perusahaan yang bergerak di bidang antar jemput paket aja. Yang
sistemnya ya gitu-gitu aja. Customer antar paket ke kantor atau kurir
menjemput paket ke rumah customer, diantar kurir ke tempat tujuan, dan sampe
deh.
Nyatanya
tidak, guys. Selain antar jemput paket, perusahaan ini terus berinovasi
dan menyesuaikan diri dengan teknologi terbaru. Apa saja sih terobosan baru
yang diciptakan oleh JNE?
Inovasi untuk Meningkatkan Pelayanan Pengiriman Barang
1. Layanan JTR dan COD
JNE memiliki
beberapa macam produk pengiriman, salah satu yang biasa dipakai adalah JNE
Express. Seiring dengan ketatnya persaingan, ekspedisi ini menghadirkan layanan
JTR dan COD.
Udah paham
lah ya COD ini apa. Nah, kalau layanan JTR adalah pengiriman untuk paket dalam
ukuran besar dengan tarif yang akan dikenakan minimal 10 kg. Layanan ini sama
saja penyebutannya dengan JNE Cargo dan JNE Tracking. Beberapa
hari yang lalu aku pakai layanan ini. Lumayan cepet loh nyampenya.
Sumber: Koleksi pribadi |
2. JNE Loyalty Card
Inovasi
lainnya yang dihadirkan adalah JNE Loyalty Card. Yang merupakan program
keanggotaan yang ditujukan untuk customer setia/loyal JNE. Customer
yang memiliki kartu ini akan mendapatkan berbagai keuntungan.
Seperti
potongan harga saat periode promo, kecepatan layanan dan hadiah menarik lainnya
yang akan menunggu para customer loyal ini.
3. MegaHub
MegaHub
adalah pusat sortir berskala besar yang memiliki kapasitas rata-rata 1 juta
paket per hari. Lokasinya berada di Kedaung Wetan, Neglasari, Tangerang,
Banten. Lokasinya strategis karena dekat dengan pintu M1 Bandara
Soetta.
4. Lacak Resi
Dulu, marketplace
langganan ku pernah agak ngendat saat akan melakukan lacak paket.
Kebetulan waktu itu aku sedang pake ekspedisi JNE. Akhirnya aku searching
lah cara “Lacak resi JNE”. Ketemu dong!
Layanan satu
ini sangat membantu memang kalau aplikasi marketplace sedang eror. Atau
saat mau melacak paket kita sudah sampai dimana.
5. Kerjasama dengan Marketplace
Perusahaan
yang telah berdiri sejak 33 tahun yang lalu ini juga berinovasi dengan
membangun kerjasama dengan beberapa marketplace terkenal di Indonesia.
Seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada,Bukalapak, Zalora dan Elevenia. Siapa
nih yang sering pake JNE kalo belanja online?
Inovasi untuk UKM dan UMKM
1. Layanan Pesona
Buat yang
suka jajan, JNE juga mewadahi hobi jajan kalian, lho. Adalah Layanan Pesona
yang merupakan online shop yang menyediakan oleh-oleh khas Nusantara
dari seluruh UKM (Usaha Kecil dan Menengah) seluruh Indonesia. Pesona sendiri
adalah singkatan dari Pesanan Oleh-oleh Nusantara. Bisa banget nih ya untuk
memajukan industri UKM di Indonesia.
2. JNE untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)
Kalo tadi
untuk UKM, sekarang untuk UMKM nya nih. Ada banyak hal yang dilakukan oleh JNE
untuk UMKM Indonesia. Salah satunya adalah dengan membangun E-fulfillment
pada tahun 2017 lalu di beberapa cabang.
Fungsinya
adalah untuk membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan produk dan digital
marketing. Sedangkan logistiknya, akan ditangani oleh JNE, mulai dari
manajemen hingga pengiriman.
3. Friendly Logistics
Untuk
melengkapi dukungannya pada UKM dan UMKM, #JNE menghadirkan layanan Friendly
Logistics yang akan menangani pergudangan para pelaku usaha tersebut. Ide
ini muncul karena banyaknya industri kecil yang waktunya disita oleh urusan
pergudangan, sehingga menurunkan upaya peningkatan penjualan.
Fasilitas
yang dapat ditawarkan adalah warehousing, digital marketing, technology
development, order fulfillment, shipping management dan juga delivery.
Inovasi di Bidang Teknologi
1. Mengadopsi Teknologi Blockchain
Untuk
mendukung berbagai inovasi yang telah berkembang selama 33 tahun, JNE turut
mengikuti perkembangan teknologi. Salah satunya adalah dengan mengadopsi
teknologi blockchain.
Teknologi
ini digunakan untuk memperketat keamanan dan transparansi data pengiriman. Yang
mana data pengiriman ini tidak akan bisa dimanipulasi sehingga pelanggan pun
akan dapat kabar yang pasti-pasti aja.
2. Penggunaan Kecerdasan AI & Machine Learning dalam Proses Sortir Barang
AI tuh bisa
jadi ‘musuh’ kalau disalahgunakan. Tapi, kalau dimanfaatkan dengan baik akan
bermanfaat banget. Seperti pemanfaatan AI oleh JNE ini yang dikolaborasikan
dengan Machine Learning dalam proses sortir barang.
Hasilnya,
proses sortir paket/barang akan lebih efisien hingga 30%.Tentunya, kesalahan
pengiriman juga akan diminimalisir dengan teknologi ini.
3. Pembayaran Digital
Ini nih yang
saat ini menjadi trend yang sudah banyak diterapkan diberbagai sektor. Customer
bisa melakukan pembayaran melalui dompet digital, kartu debit dan juga kartu
kredit. Mantap ‘kan?
4. Aplikasi MyJNE
JNE mengembangkan
aplikasi yang bisa digunakan untuk lacak resi sehingga tidak perlu buka browser
dulu kalau mau lacak paket. Selain itu, aplikasi MyJNE juga dapat digunakan
untuk melihat lokasi kantor JNE terdekat, cek ongkir juga transaksi antara
penjual dan pembeli.
Aplikasi ini
nantinya akan dihubungkan dengan nomor telepon pengguna. Baik pengguna iOS
maupun android, bisa memakai aplikasi ini.
Memenuhi CSR dengan Membantu Sesama
CSR atau
singkatan dari Corporate Social Responsibility adalah tanggung jawab
sosial yang dilakukan oleh perusahaan pada masyarakat sekitar yang terdampak
kegiatan bisnisnya. CSR adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh perusahaan
dan JNE tidak lupa untuk memenuhinya. Berikut ini adalah beberapa kegiatan
sosial yang dilakukan oleh JNE.
1. Bersih-bersih di Pantai Bersama Pandawara Group dan Anak-anak SMK
Siapa yang
nggak kenal Pandawara Group, sekelompok anak muda yang fokus pada permasalahan
sampah yang akhir-akhir menyita perhatian warganet. JNE bersama Pandawara Group
pada 2023 lalu melakukan aksi pembersihan Pantai Kesenden yang berada di Cirebon,
Jawa Barat.
JNE juga
pernah collab dengan anak-anak SMK 4 Kupang untuk membersihkan Pantai
Oesapa di Kupang, NTT. Dalam acara tersebut, JNE juga memberikan sosialisasi
mengenai produk yang dimiliki JNE juga turut serta mengajak para murid serta
guru yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk peduli pada lingkungan.
2. Mendukung Pembangunan RS dan Posko Mudik
Sesuai
dengan tagline JNE yakni #ConnectingHappiness, JNE turut serta menjadi
donatur untuk pembangunan RS Hasyim Asy’ari di Jombang yang diresmikan pada
tahun 2023 lalu. Donasi tersebut telah lebih dulu diserahkan pada tahun 2021
lalu.
Selain itu,
JNE juga ikut meramaikan lebaran 2023 dengan membangun posko mudik di beberapa
titik. Seperti di Lampung, Cirebon, Tasikmalaya, Tegal dan Cilegon.
3. Distribusi Al-Quran
JNE
berkolaborasi bersama SPAI (Sarana Penghapal Al-Quran Indonesia) sejak tahun
2019 lalu rutin membagikan Al-Quran diseluruh Indonesia. Tak heran jika
ekspedisi ini mendapatkan Program Pengiriman 1 Juta Al-Quran dari BMH
(Baitul Maal Hidayatullah).
4. Membantu di Masa COVID-19
COVID-19
adalah masa-masa sulit bagi semua orang. Ekonomi menurun sangat drastis pada
waktu itu. Dilansir dari tempo.co, JNE melakukan beberapa hal sebagai bentuk
kepedulian kepada masyarakat.
Salah satunya
adalah dengan menggratiskan biaya pengiriman penangan COVID-19 ke seluruh
Indonesia. JNE juga berkolaborasi dengan berbagai lembaga untuk memberikan
manfaat bagi masyarakat luas.
Prestasi, Buah dari #GasssTerusSemangatKreativitasnya yang Digaungkan JNE
Berkat
semangat dan kreativitas serta pemenuhan tanggung jawab sosial yang selama ini
dilakukan, JNE berhasil meraih berbagai prestasi. Salah satunya adalah Indonesia
Best 50 CSR Brand Equity Awards 2024 Kategori Courier
Service.
Penilaian ini berdasarkan dua kriteria, yakni CSR activity awareness dan CSR image. Penilaian ini diambil dari survei yang melibatkan 10.000 responden.
Selain itu,
JNE juga berhasil menyabet penghargaan lain, yaitu.
- Digital Popular Brand 2024 Category Courier Service dari infobrand.id
- Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dari Badan Narkotika Nasional
- Program Pengiriman 1 Juta Al-Quran dari BMH (Baitul Maal Hidayatullah)
- Best 50 CEO Awards 2024 in Courier Category dari The Iconomics
- Penghargaan UMKM Summit 2024 dari OMG Communication
- Penghargaan Kolaborasi Palestina dan Tokoh Pemberdayaan dari Rumah Zakat
- Indonesia
Super Awards 2023
Kategori Super Logistic Partner dari Shopee
- Dan masih banyak lagi.
33 tahun
sudah perjalanan JNE memberikan kemudahan bagi masyarakat. Dimulai dari inovasi
di berbagai bidang, pemenuhan tanggung jawab sosial pada masyarakat sekitar,
sampai akhirnya mendulang prestasi yang gemilang. Emang, ya, yang namanya usaha
tidak akan menghianati hasil.
Akhir kata,
selamat ulang tahun JNE! Tetap berkarya selalu dan menjadi manfaat bagi sekitar.
#JNEContentCompetition2024
Sumber:
bisnis.com, idntimes.com, jne.co.id
Posting Komentar