Ada banyak
hal yang harus dilakukan oleh para blogger untuk menerbitkan sebuah artikel.
Sallah satunya adalah membuat SEO checklist untuk blogger. Ceklis apa sih itu
sebenarnya?
Nah,
kebetulan checklist SEO ku sudah harus di-update nih. Karena SEO atau yang
punya kepanjangan search engine optimization ini ilmu yang harus dipelajari
terus menerus.
Aku berkesempatan mengikuti webinar yang bertajuk “SEO Checklist For Blogger: Winning The SERP”. Webinar ini adalah event yang diadakan oleh BRT Network yang menggaet narasumber ahli, dalam hal ini SEO, yakni Mas Miftah.
Siapakah Mas Miftah Itu?
Miftahul
Khoir atau yang akrab dipanggil dengan Mas Miftah ini adalah seorang ahli di
bidang digital marketing. Saat ini beliau menjabat sebagai Head of Digital
Marketing, tepatnya Assistant Vice President Digital Marketing dan Business
Marketing di KlikDokter.
Mas Miftah
memulai karirnya di dunia digital sekitar 8 atau 9 tahun yang lalu. Berawal
dari ‘terjebak’ dalam kondisi yang bukan passion-nya dan bisa dibilang
masa-masa “Yang penting punya kerjaan”. Meskipun beliau terjun di bidang yang
awalnya bukan passion-nya, tapi bisa se-wow sekarang tuh luar biasa banget
sih.
Sekitar tahun
2015/2016, Mas Miftah aktif membagikan ilmunya mengenai SEO pada
blogger-blogger lain. Bukan melalui WAG seperti sekarang, dulu harus ketemuan
di tempat yang sudah disepakai. Karena pada tahun tersebut belum banyak sumber
yang dapat dengan mudah diakses untuk belajar SEO.
SEO Checklist untuk Blogger
Waktu
pertama kali lihat topik materinya, aku langsung mbatin, “Wah, menarik nih.”
Bener ternyata, materinya penuh dengan daging alias berbobot. Dari sini aku
juga jadi tau, masih banyak hal mengenai SEO yang belum aku pelajari.
Fungsi dari
SEO Checklist adalah untuk melihat treatment saja yang telah kita berikan pada
blog kita, juga impact apa yang sudah diterima. Jadi, materi apa sih yang
didapat oleh peserta di webinar yang diadakan 19 Juli kemarin? Ini dia!
1. Skill Dasar Konten
Writer
Skill dasar
yang harus dimiliki oleh content writer ada 3, yaitu.
- Kemampuan kreatif, kemampuan ini yang akan menjadi tulisan yang menarik. Kalokata Mas Miftah, kemampuan kreatif ini bisa diasah salah satunya dengan cara melihat hal-hal yang sedang trending di sosial media.
- Solutif, harus ada actionable yang harus memastikan tulisan tersebut dapat dilihat oleh search engine dan tertarget.
- Keterampilan teknis, yakni menguasai tools yang ada dan memahami cara kerja dari search engine.
Cara kerja search engine sendiri ada 3, yakni crawling (Artikel dibaca oleh bot search engine), indexing (Disimpan di database), kemudian menampilkan artikel ketika ada user yang mencariinformasi terkait artikel tersebut dengan catatan artikel dapat menjawb pertanyaan user.
2. Pengembangan
Topik Halaman
Hal-hal lain
yang harus dimiliki oleh seorang blogger, yakni.
- Brainstorming, menghasilkan ide-ide yang segar dan inovatif untuk konten yang lebih menarik.
- Strory telling, mengemas konten dengan narasi yang akan menghanyutkan pembaca.
- Base on data, artikel harus berdasarkan data bukan asumsi saja.
3. Positioning
Salah satu
jenis artikel adalah artikel yang fresh dan tidak ada di data tapi berdasarkan
unit bisnis. Untuk menghasilkan jenis artikel ini adalah dengan cara mengulik
positioning, caranya adalah.
- Set target utama blog, tentukan mau fokus kemana blog yang akan dibuat atau niche/tema blog.
- Jangan utamakan SEO, utamakan audience atau pembaca, dalam hal ini manusia, yang berbeda dengan bot Google.
- Pahami audience, bertujuan untuk menyesuaikan gaya tulisan agar pembaca lebih nyaman dalam membaca tulisan kita.
4. Navigasi Website
Navigasi
website adalah satu dari banyaknya hal penting yang harus diperhatikan dalam
struktur blog. Semuanya aja penting! Beberapa kali ikut kelas-kelas blogging,
yang juga mencakup SEO, navigasi website ini harus ditata sedemikian rupa agar dapat
memenangkan SERP.
3 hal yang harus diperhatikan dalam navigasi website
adalah.
- Crawling status, pastikan website mengizinkan bot untuk membaca seluruh isi website dan artikel.
- Website navigation yang terdiri dari kategorisasi, breadcrumb (tempat artikel berada) dan internal linking (halaman di dalam website saling terkait satu sama lain).
- Experience, mencakup core web vital yang dapat menjawab kebutuhan users. Tterdiri dari speed, readibility halaman dan ketersediaan halaman.
5. YMYL
YMYL adalah
Your Money Your Life yang merupakan website-website yang mempengaruhi kehidupan
orang. Ada tiga tipe artikel, yakni.
- Tidak YMYL, seperti artikel tentang pemenang awards, review gadget dan berita olahraga.
- Mungkin YMYL, seperti artikel tentang berita cuaca, cara membersihkan gigi dan kecelakaan mobil.
- Pasti YMYL, seperti artikel tentang bank, pendidikan, kesehatan dan hukum.
6. E-E-A-T
Dulu, saat
aku mulai ngeblog, istilah di dunia SEO yang paling menarik perhatian ku adalah
E-A-T. Dan sekarang udah ditambah dong. Jadinya E-E-A-T sejak 15 Desember 2022
lalu.
Belajar
E-A-T dan menerapkannya di blog aja masih meraba-raba, malah ditambah E-E-A-T.
Apa nggak tambah pusying? Itulah yang kurasakan dulu. Sekarang? Ya masih pusing
hehe.
Jadi, buat
yang masih bingung, E-E-A-T adalah singkatan dari Experience, Expertise,
Authoritativeness dan Trustworthiness. Apa sajakah itu?
- Experience, konten yang ditulis berdasarkan pengalaman penulis, sehingga tulisan tersebut lebih trusted karena ada ‘testimoni’ nya.
- Expertise, konten yang ditulis oleh ahlinya atau orang yang berpengalaman di bidangnya. Misal, dokter yang menulis di website kesehatan.
- Authoritativeness, reputasi yang dimiliki website sudah besar dan dikenal banyak orang.
- Trustworthiness, bangun rasa percaya pembaca dengan menampilkan sumber yang terpercaya dan menghindari konten penipuan.
Sampai sini kerasa banget nggak nih dagingnya? Ini baru setengah materi, lho. Untuk lanjutannya kita bahas di artikel selanjutnya, ya. See you!
Posting Komentar