koreanstuff.my.id

Syarat Liburan ke Korea Salah Satunya Visa, Yuk Mengenalnya!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Syarat Liburan ke Korea Salah Satunya Visa, Yuk Mengenalnya!

Korea Selatan menjadi negara favorit wisatawan Indonesia, mengungguli Jepang dan Eropa. Untuk berlibur ke Korea, ada syarat liburan ke Korea yang harus dipenuhi oleh wisatawan. Salah satunya adalah dengan mempunyai visa.

Syarat Liburan ke Korea

Visa dan paspor menjadi hal yang harus dimiliki oleh seseorang ketika akan melakukan perjalanan luar negeri. Baik untuk urusan pekerjaan, pendidikan, maupun pariwisata. Seperti saat akan berlibur ke Korsel kita diharuskan membawa dua dokumen tersebut sebagai syarat liburan ke Korea.

Paspor merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh negara kita (Indonesia), sedangkan visa dikeluarkan oleh negara tujuan kita.

Pengertian Visa

Dilansir dari Wikipedia, visa adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau kedutaan asing.

Jenis-Jenis Visa Korea Selatan

Visa diklasifikasikan menjadi dua jenis, yakni berdasarkan jumlah kunjungan yang masuk dan berdasarkan lama tinggal.

Berdasarkan jumlah kunjungan yang masuk

1. Visa Single Entry

Masa berlaku visa ini selama 3 bulan dan dapat digunakan untuk 1 kali kunjungan.

2. Visa Double Entry

Memiliki masa berlaku selama 6 bulan dan dapat digunakan untuk 2 kali kunjungan.

3. Visa Multiple Entry

Masa berlaku visa (tergantung pada tipe visa) merupakan visa yang memungkinkan untuk melakukan kunjungan masuk tanpa batas.

Berdasarkan lama tinggal

1. Visa Jangka Pendek

Visa dengan izin tinggal di Korea selama 90 hari.

2. Visa Jangka Panjang

Visa dengan izin tinggal di Korea lebih dari 91 hari.

Dokumen yang Dibutuhkan Untuk Mengurus Visa

1. Paspor

Masa berlaku paspor harus tersisa lebih dari 6 bulan pada saat pengajuan permohonan aplikasi visa.

2. Pasfoto

Pemohon harus melampirkan 1 lembar pasfoto berwarna dengan ukuran 3.5 cm x 4.5 cm yang telah ditempel pada aplikasi permohonan visa.

3. Formulir permohonan aplikasi visa

Kalian yang ingin berkunjung ke Korea, sebaiknya perhatikan kalian mengisi formulir yang mana. Karena ada tiga jenis formulir, yaitu pribadi, grup, dan juga untuk pemegang sertifikat penerbitan visa.

4. Sertifikat hubungan keluarga

Sertifikat hubungan keluarga ini seperti KK (kartu keluarga), akta kelahiran, dll.

5. Dokumen pembuktian identitas

Dokumen ini terbagi menjadi empat berdasarkan sebagai apa kalian melakukan perjalanan ke Korea dan untuk membuktikan identitas kalian. Diantaranya jika sebagai pegawai, jika sebagai wiraswasta, jika sebagai pelajar, jika tidak bekerja.

6. Sertifikat diagnosa TB

Sertifikat diagnosa TB harus diterbitkan oleh rumah sakit yang telah ditunjuk oleh pihak Kedutaan Besar. Jika bukan dari rumah sakit yang telah ditunjuk tersebut, maka dianggap sebagai dokumen yang tidak berlaku. Sertifikat ini digunakan jika kalian mengajukan permohonan untuk visa jangka panjang lebih dari 91 hari.

7. Formulir persetujuan karantina

Semua pemohon harus melampirkan Formulir Persetujuan Karantina. Kecuali pemohon visa diplomatik dan visa dinas.

Tempat Pengajuan Permohonan Aplikasi Visa

Pengajuan permohonan aplikasi visa dapat dilakukan Korea Visa Application Center, Jakarta. Yang beralamat di Lotte Shopping Avenue Ciputra World 1 Unit 5F-05A LT. 05 Jl. Prof. DR. Satrio No. 1, RT.18/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

KVAC (Korea Visa Application Center) buka setiap hari Senin sampai hari Jum’at pukul 11.00-16.00. Tutup pada hari Sabtu, Minggu, libur nasional, serta hari libur kedutaan Korea.

Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum Berlibur ke Korea?

Syarat Liburan ke Korea Salah Satunya Visa, Yuk Mengenalnya!

Melakukan perjalanan ke luar negeri artinya kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Karena disana kita akan jauh dari sanak saudara dan harus mempersiapkan segala hal agar disana kita tidak kerepotan. Apa aja sih barang yang harus disiapkan sebelum pergi ke Korea?

1.  Visa dan Paspor

Visa dan paspor menjadi hal yang sangat penting untuk dibawa saat ke luar negeri, termasuk Korea Selatan. Tanpa dua benda keramat tersebut, kita tidak akan bisa masuk ke negara orang.

Paspor sebagai identitas kita saat berada di luar negeri. Korea Selatan adalah negara yang memberlakukan visa untuk turis dari Indonesia. Kita wajib mengurus dua hal tersebut karena merupakan salah satu syarat liburan ke Korea.

Jika belum punya paspor segera urus di kantor imigrasi, jika sudah tinggal cek apakah sudah memasuki masa expired atau belum. Pastikan tidak memasuki masa 6 bulan sebelum expired, ya. Untuk visa sudah dijelaskan diatas.

2.  Mata Uang

Berlibur ke luar negeri juga harus mempersiapkan mata uang negara tersebut. Mata uang Korea Selatan adalah won, tukarkan uang kalian ke mata uang won. Ada nggak tips menukar uang rupiah ke won? Ada dong, ini dia.

Harga beli won di Indonesia sangat tinggi, sedangkan harga jualnya sangat rendah. Karenanya tukarkan sedikit saja jika ingin mendapat nilai terbaik.

Atau kalian bisa tukarkan uang kalian menjadi dollar, sesampainya disana kalian bisa menukarkannya dalam bentuk won.

Hindari menukarkan uang di bandara agar tidak mendapat nilai yang jelek.

Hindari juga menukar uang di tempat yang tidak resmi untuk menghindari penipuan uang palsu dan untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif.

Tempat yang paling recommended untuk menukarkan uang adalah di Authorized Money Changer.

Jika won yang kalian punya habis, kalian bisa mengambil uang di ATM yang berlogo Indonesia, seperti visa, mastercard, atau cirrus.

3.  Pelajari Transportasi yang Ada di Korea

Kalau kalian berlibur mandiri atau tanpa menggunakan jasa agen perjalanan, ada baiknya kalian mempelajari jenis-jenis transportasi yang digunakan di Korea.

Ada empat jenis kendaraan yang bisa kalian gunakan, yaitu kereta bawah tanah, bus, kereta api, dan taksi.

4.  Persiapkan Fisik dengan Baik

Pastikan fisik kalian prima saat berlibur kesana. Korea Selatan adalah negara yang masyarakatnya hobi berjalan kaki, jadi kalian akan banyak berjalan kaki disana.

Lakukan olahraga kecil-kecilan dengan rutin sebelum pergi kesana, ya, agar kalian semakin terbiasa.

5.  Pelajari Musim yang Sedang Berlangsung

Pelajari musim yang ada di Korea. Siapkan juga pakaian yang tepat dengan musim yang sedang berlangsung.

6.  Cari Informasi Makanan Halal

Sudah menjadi rahasia umum jika Korsel adalah negara dengan mayoritas non muslim. Kita tidak bisa semudah di Indonesia dalam mencari makanan halal.

Cari info mengenai makanan halal sebanyak mungkin. Jangan lupa juga cari restoran yang menyediakan makanan halal.

7.  Persiapkan Obat-obatan

Kita tidak bisa memprediksi apakah cuaca disana cocok dengan tubuh kita atau tidak. Siapkan obat-obatan untuk berjaga-jaga seandainya tubuh kita sulit beradaptasi dengan cuaca disana.

Selain hal-hal diatas, masih ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Seperti booking penginapan, tiket pesawat, membuat itinerary liburan, memprediksi budget liburan, mempersiapkan kartu SIM dan lain-lain. 

Itulah sedikit informasi mengenai syarat liburan ke Korea. Selamat berlibur ke negara impian kalian.  

Sumber: nonanomad.com, tourkekorea.net

Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

Posting Komentar