Korean Stuff

5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Untuk PC & Smartphone

Konten [Tampil]

5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Untuk PC & Smartphone

Saat ini, mampu berbahasa Korea menjadi impian hampir semua kalangan. Khususnya bagi mereka yang merupakan seorang KPopers dan KDrama Lovers. Belajar bahasa Korea bias melalui berbagai media, salah saunya lewat aplikasi. Banyak penyedia aplikasi belajar bahasa Korea untuk PC maupun smartphone.

Lalu, apa saja sih tips agar kita cepat menangkap pelajaran bahasa Korea ini? Simak tulisan ini sampai akhir, ya!

Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Korea Untuk PC dan Smartphone

Seiring berkembangnya teknologi, mempelajari bahasa juga bisa melalui sebuah aplikasi, salah satunya bahasa Korea. Tak heran, beragam aplikasi belajar bahasa baik untuk komputer maupun handphone pun hadir. Inilah daftar aplikasi belajar bahasa Korea untuk PC maupun smartphone.

1.  Talk To Me In Korean

Media belajar bahasa Korea yang paling terkenal saat ini adalah Talk To Me In Korean (TTMIK). Tidak hanya menyediakan versi aplikasi, TTMIK juga menyediakan versi podcast, website, dan juga buku. Tidak hanya belajar bahasa Korea, melalui TTMIK kalian juga bisa mempelajari kebudayaan Korea.

2.  Eggbun

Cara belajar bahasa Korea di Eggbun cukup unik. Yakni dengan menggabungkan fitur belajar dengan fitur chatting interaktif. Menyenangkan, bukan? Eggbun menggabungkan teks dan suara asli untuk membantu kalian lebih memahami bahasa Korea. Saat ini, aplikasi ini juga tersedia untuk bahasa Mandarin dan Jepang.

3.  Memrise

Memrise merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Korea untuk PC ataupun smartphone. Seperti namanya, aplikasi ini membantu seseorang mempelajari bahasa dengan cara mengingat. Kalian akan mempelajari kosakata dengan cara yang menyenangkan, seperti menggunakan flash card.

Selain tata bahasa dan kosakata yang umum digunakan, melalui Memrise kalian juga akan mempelajari berbagai ungkapan yang sering diucapkan dalam bahasa tersebut.

4.  Duolingo

Salah satu aplikasi belajar bahasa yng telah dikenal luas adalah Duolingo. Aplikasi ini mengusung konsep seperti sedang bermain game. Sehingga membuat penggunanya merasa senang saat menggunakannya.

Banyak bahasa yang bisa dipelajari di aplikasi ini. Salah satunya adalah bakor. Aplikasi ini membagi pembelajarannya dalam bentuk level yang hanya bisa dibuka setelah kalian menyelesaikan level sebelumnya. Hal tersebut akan memotivasi penggunanya untuk terus belajar karena merasa tertantang dengan level-level tersebut.

5.  King Sejong Institute Foundation

King Sejong Institute Foundation diambil dari nama Raja Sejong, raja Korea era Joseon yang menciptakan hangul atau huruf dalam bahasa Korea yang digunakan sampai saat ini.

Lembaga ini didirikan oleh pemerintah Korea pada tahun 2007. Lembga ini menyediakan enam aplikasi gratis yang disesuaikan dengan kemampuan penggunanya. Enam aplikasi tersebut adalah.

a.  Vocabulary Training App (Beginner/Intermediate)

Disini kalian akan mempelajari total 4.700 kata, termasuk kata yng diperbarui setiap hari dari 53 topik.

b.  Current Korean Learning App (Advanced)

Mempelajari bahasa Korea dengan cara membaca artikel atau berita berbahasa Korea.

c.  Conversation/Pronunciation App (Beginner)

Disini kalian bias belajar membuat percakapan berbahasa Korea dalam berbagai situasi.

d.  Conversation/Pronunciation App (Intermediate)

Kalian bisa membandingkan pengucapan bahasa Korea kalian dengan penutur aslinya.

e.  Grammar Training App (Intermediate)

Disini kalian bisa mempelajari tata bahasa Korea kalian melalui kuis dan game.

Tips Belajar Bahasa Korea

1.  Mempelajari Huruf Hangeul

Mempelajari sebuah bahasa harus diawali dengan mempelajari hurufnya. Bahasa Korea sendiri tidak memakai huruf alfabet seperti bahasa Indonesia. Sehingga, kita perlu mempelajari dan menghafal hurufnya yang biasa disebut huruf Hangeul.

2.  Memperkaya Kosakata

Setelah menghafal huruf Hangeul, saatnya kalian mempelajari kosakata dasar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Awali dengan belajar angka, baik angka Korea maupun China karena keduanya dipakai di negara tersebut., nama-nama hari, dan juga frasa percakapan sederhana.

3.  Pelajari Kata Pinjaman Atau Konglish

Bahasa Hangeul memiliki banyak kata pinjaman dari bahasa inggris yang biasa disebut dengan Konglish (Korean + English). Kata pinjaman sendiri merupakan kata yang bersuara dan memiliki arti yang sama dengan bahasa yang dipinjam.

Kata ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari Korea. Kata Konglish ini cukup mudah diingat karena terdengar seperti bahasa Inggris tapi dengan aksen Korea.

4.  Berlatih Membaca dengan Benar

Bahasa Korea memiliki perbedaan antara pengucapan dan penulisannya. Biasanya, diawal belajar bakor kita pasti membaca dengan mengikuti apa yang tertulis.

Lalu, gimana sih agar kita bisa berbicara bahasa Korea dengan benar? Caranya adalah dengan mendengarkan lagu KPop sambil membaca liriknya. Dijamin ampuh deh cara tersebut hehe.

5.  Menghafal Kosakata dari Drama Korea

Sebelum belajar membuat kalimat dalam bahasa Korea, alangkah baiknya kalian mempelajari kosakata bahasa Korea terlebih dahulu supaya lebih mudah.

Kalian bisa mempelajarinya melalui banyak media. Seperti drama Korea, variety show, maupun lirik lagu. Dijamin deh belajar kalian akan lebih menyenangkan.  

6.  Belajar Membuat Kalimat

Setelah menguasai kosakata, saatnya belajar menyusun kalimat. Step ini sepertinya adalah tahap yang paling sulit. Bahasa Korea tidak sama dengan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Dalam bakor, kita harus bisa membedakan mana yang kata kerja, sifat, maupun kata benda. Karena bahasanya para oppa ini memiliki banyak partikel dan akan membuat kita harus menggunakan berbagai macam grammar.

7.  Tentukan Metode Pembelajaran Terbaik

Cara ini adalah cara yang paling penting. Kalian harus mengetahui metode seperti apa yang sekiranya cocok dengan gaya belajar kalian. Tidak setiap orang memiliki tingkat pemahaman yang sama. Menentukan metode yang tepat ini juga akan membantu kalian untuk mendapatkan kenyamanan dalam belajar.

Itulah daftar aplikasi belajar bahasa Korea untuk PC dan smartphone serta tipsnya yang akan membantu kalian dalam mempelajari bahasa Korea. Masing-masing dari aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung dari kalian ingin memakai metode seperti apa.  Kira-kira kalian berminat menggunakan yang mana, nih? 

Sumber: glints.com, fimela.com

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.