Korean Stuff

Hipotiroid Baekhyun, Berita yang Sempat Membuat Heboh

Konten [Tampil]

Hipotiroid pada Baekhyun

Setelah menulis tentang NCT Dream, kali ini aku akan menulis tentang member EXO. Mungkin kalo diliat dari judulnya artikel ini udah agak ketinggalan, ya. Kenapa aku memilih membahas hipotiroid Baekhyun? Setelah liat trending Twitter tadi pagi aku jadi inget kalo dulu pernah ada ‘something’ sama tiroid wkwk tapi mohon maaf tidak bisa diceritakan disini. Jadinya deh diangkat jadi ide tulisan.

Tapi aku mau tanya dulu deh sama kalian, hipotiroid itu apa sih? Hipotiroidisme atau yang biasa dikenal dengan hipotiroid adalah sebuah gangguan pada kelenjar tiroid. Aduh mbak apa sih ini? Cek selengkapnya sampe bawah aja ya.

Mengenal Gangguan pada Kelenjar Tiroid

Mungkin bagi sebagian orang, nama tiroid masih asing di telinga, otak, hati, dan pikiran. Aduh apa sih wkwk. Namun, dibalik keasingannya di masyarakat, dia adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting loh.

Kelenjar tiroid adalah sebuah kelenjar yang terletak di tenggorokan dan berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Bisa dibayangin kan gimana rasanya kalo kelenjar ini mengalami gangguan?

Kelenjar yang berbetuk kupu-kupu ini bisa mengalami gangguan yang disebabkan oleh kelainan bentuk dan fungsinya. Gangguannya bermacam-macam loh, Keys. Dan umumnya terjadi pada wanita. Tapi tidak menular kok jadi tenang saja hehe.

Jenis-jenis Gangguan Tiroid

Karena kelenjar ini adalah penghasil hormon, hormon yang dihasilkan bisa saja lebih bisa saja kurang. Hal ini bisa menyebabkan gangguan yang akan terjadi pada tubuh. Begitu pula dengan perubahan bentuknya.

Nah, berikut ini adalah beberapa gangguan yang bisa disebabkan oleh perubahan-perubahan ada kelenjar tiroid ini.

1.  Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi dimana kelenjar tiroid menghasilkan hormon terlalu sedikit. Gejala dari penyakit ini adalah tubuh mudah lelah dan sulit berkonsentrasi. Dan gangguan ini yang akan kita bahas di artikel ini.

2.  Hipertiroidisme

Hipertiroidisme adalah kebalikan dari hipotiroid, yakni kondisi saat kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang terlalu banyak. Gejalanya berupa jantung berdebar, tangan gemetar, dan tiba-tiba kurus. Eh? Berat badan turun drastis maksudnya wkwk.

3.  Gondok

Adalah kondisi dimana kelenjar tiroid membesar dan menyebabkan benjolan pada leher. Kelenjar tiroid sendiri terletak dibagian depan leher.

4.  Kanker Tiroid

Seperti namanya, kanker ini adalah kanker yang menyerang kelenjar tiroid. Penyakit ini disebabkan oleh sel-sel pada kelenjar tiroid yang tumbuh dengan tidak terkendali.

5.  Nodul Tiroid

Adalah benjolan yang muncul pada kelenjar tiroid. Benjolannya bermacam-macam kayak rasa martabak. Ada yang keras, lembek, padat, atau bahkan berisi cairan. Gangguan ini bisa disebabkan karena kekurangan yodium, tumor, hingga kanker.

Penyebab dari Gangguan Tiroid

Ada akibat pastinya ada sebabnya dong ya. Lalu, apa penyebab dari gangguan pada kelenjar tiroid?

  1. Penyakit autoimun, kondisi ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh itu sendiri.
  2. Pengobatan kelenjar tiroid, yang meliputi operasi pengangkatan tiroid dan radioterapi dapat menyebabkan kerusakan pada kelenjar ini. Sehingga tidak bisa memproduksi hormon dengan normal.
  3. Penggunaan beberapa obat tertentu seperti lithium, interferon, dan amiodarone dapat menyebabkan hipertiroidisme. Biasanya, obat-obatan tersebut digunakan untuk mengobati penyakit mental, gangguan irama jantung, dan kanker.

Mengenal Hipotiroid

Mengenal hipotiroid

Sudah dijelaskan diawal ya kalau hipotiroid adalah kondisi saat si kelenjar memproduksi hormon yang terlalu sedikit.

Katanya, hidup pas-pasan itu enak. Tapi, apa yang akan terjadi saat ada yang kurang? 

Saat kelenjar tiroid memproduksi hormon yang terlalu sedikit, berat badan akan labil kayak remaja. Kadang naik kadang turun. Tapi lebih banyak naiknya.

Gejala awalnya sepele, tapi seiring berjalannya waktu gejala akan semakin memberat. Dan itu sangat-sangat tidak enak pemirsa. Yang paling sering terjadi juga penderita hipotiroid tidak tahan dengan suhu dingin.

Penyakit ini dapat terjadi pada bayi yang baru lahir meskipun kasusnya jarang ditemukan. Kondisi ini dinamakan dengan hipotiroidisme kongenital. Gejalanya bisa berupa sesak napas, penyakit kuning, atau lidah berukuran besar.

Penyebab Hipotiroidisme

Apa saja sih penyebab dari penyakit satu ini? Ini dia.

  • Pola makan yang rendah yodium
  • Kelainan bawaan
  • Gangguan pada hormon TSH (Thyroid-Stimulating Hormone)
  • Wanita diatas 60 tahun
  • Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kelenjar tiroid
  • Sedang hamil dan atau melahirkan dalam kurun waktu 6 bulan terakhir
  • Menderita gangguan bipolar, sindromdown, atau sindrom turner
  • Menderita penyakit autoimun

Gejala Hipotiroidisme

  • Mudah lelah dan mudah pusing
  • Susah BAB
  • Otot terasa kaku, lemah, dan nyeri
  • Mudah kedinginan dan lebih sensitif terhadap suhu dingin
  • Kulit kasar, kering, mudah mengelupas, dan keriput
  • Berat badan naik tanpa penyebab yang pasti
  • Wajah menjadi bengkak dan suara parau
  • Rambut mengalami kerontokan
  • Kuku rapuh
  • Pelupa dan sulit untuk berkonsentrasi
  • Denyut jantung lambat

Hipotiroid Baekhyun, Berita yang Mengejutkan Banyak Orang

Siapa yang tidak kenal dengan Baekhyun, pria kelahiran 92 ini merupakan member EXO yang menempati posisi vocal line bersama Chen dan DO. Member satu ini memiliki segudang prestasi, serta karir solo yang sukses.

Namun siapa sangka dibalik kesuksesan tersebut selama ini mereka hidup berdampingan, yakni hipotiroid Baekhyun. Waktu denger berita itu aku nangis. Baekhyun nggak pernah keliatan sedih, nggak keliatan kalau dia punya penyakit yang seserius itu. 

Bahkan, karena penyakitnya ini dia hampir gagal debut di EXO. Tapi dia berhasil membuktikan bahwa dia bisa hingga sekarang.

Awal mula berita ini terungkap ke publik adalah pada saat tahun 2021 dimana diwaktu itu Baekhyun akan pergi melaksanakan tugas negara yakni wajib militer.

Namun, alih-alih menjadi tentara aktif justru dia masuk ke pelayanan publik. Banyak yang heran dong kenapa orang yang selama ini nggak ada tanda-tanda sakit kok masuk di unit yang notabene disediakan untuk warga Korea yang tidak bisa menjadi tentara aktif karena beberapa alasan, salah satunya adalah memiliki sebuah penyakit.

Ternyata dispatch, salah satu media Korea, mengungkapkan bahwa Baekhyun menderita penyakit hipotiroidisme. Jadi sedih lagi huhuhu.

Selain Baekhyun, ada lagi satu member EXO yang masuk ke pelayanan publik. Yakni Suho. Leader EXO ini masuk ke unit ini dikarenakan memiliki masalah dengan penglihatannya.

Diketahui, pemilik album Bambi ini menderita penyakit hipotiroid sejak berada di bangku SMA. Udah cukup lama, ya?

Semoga lekas sembuh untuk Baekhyun!

Daftar Artis Korea yang Menderita Gangguan Tiroid

Artis Korea penderita gangguan tiroid

Selain Baekhyun, ada lagi artis Korea yang juga menderita gangguan pada kelenjar ini.

1.  Solji EXID

Pada tahun 2016, Solji EXID didiagnosa menderita penyakit hipertiroid yang merupakan kebalikan dari penyakit yang diderita Baekhyun. Setelah menjalani pengobatan selama dua tahun dan hiatus dari dunia hiburan, Solji dinyatakan telah sembuh dari hipertiroid.

2.  Uhm Jung Hwa

Yang kedua adalah Uhm Jung Hwa yang didiagnosis menderita kanker tiroid. Dia harus hiatus dari dunia hiburan selama delapan tahun.

3.  Park So Dam

Pada tahun 2021 kemarin, Park So Dam juga didiagnosis menderita penyakit kanker tiroid papiler. Sang agensi pun mengabarkan bahwa dia telah melakukan prosedur operasi.

Itulah sedikit hipotiroid Baekhyun dan pengenalan dengan kelenjar tiroid yang nggak seterkenal kelenjar getah bening. Apa kalian punya pengalaman terkait ini? Bisa dishare di kolom komentar ya.

Sumber: alodokter.com

14 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. saya juga penggemar K-Pop. sedih juga ya mengetahui kabar ini. semoga mas Baek Hyun bisa survive

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin. Semoga Baekhyun dan kita semua diberi kesehatan.

      Hapus
  2. IYAAAA SEDIH SHOCK DAN KAGET BANGET AKU TUH TERNYATA BAEKHYUN SAKITNYA SEPARAH ITUUUU 😭😭😭😭

    Nggak keliatan sama sekali ya kan? Tapi emang di EXO's Ladder terutama yg season 1 itu dia emang keliatan gampang capek sih. Ternyata dia sakit 😖

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih berjamaah EXOL waktu denger beritanya. Dan baru ngeh loh Baekhyun kok gemuk kurus gemuk kurus gitu. Ternyata dia sakit :(

      Hapus
  3. Se-energic itu bisa terkena juga ya? Serem bgt yaa penyakitnya. Aku baru tau penyakit tiroid. Kalau gondok tau, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak masalah energic enggaknya mbak. Bisa jadi dia punya keturunan atau yang lain. Dan Baekhyun emang bertekad dia tetep debut walaupun di masa depan mungkin akan terjadi apa-apa sama dia diatas panggung. Salut banget.

      Tiroid ini emang nggak seterkenal itu, padahal menurut sumber yang aku baca, doi ini bukan penyakit langka.

      Hapus
  4. Jadi inget judul skripsi, emang penyakit ini silent disorder tanpa disadari suka nongol, sehat selalu kak Filza

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, boleh tau nggak judul skripsinya? Btw, makasih banyak buat doanya. Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan ya mbak.

      Hapus
  5. Wah salut sama kegigihan baekhyun. Oh iya suho kalo gag salah minus parah kan ya? Kayaknya yg familier di kita ini si penyakit gondok. Padahal itu salah satu gangguan tiroid juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, katanya Suho minus 16.

      Bisa nih kita tiru semangatnya Baekhyun sama Suho juga hehe.

      Bener, aku juga baru tau dulu pas cari-cari info soal tiroid ini.

      Hapus
  6. ternyata banyak juga efek kalo kena hipotiroid yaa.. bahkan bisa sampe kena imun penderita.. hmm.. semoga lekas sehat Oppa

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak bisa diajak main-main penyakit satu ini. semoga sehat-sehat terus kita semua.

      Hapus
  7. Aku jadi kepikiran, ngecek² diriku, pernah ga pernah hiks. Serem juga penyakitnya

    BalasHapus