Korean Stuff

Cara Membuat KPop Stuff Sendiri untuk Ide Usaha

Konten [Tampil]

 

Cara Membuat KPop Stuff Sendiri untuk Ide Usaha

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, bisa kita lakukan dengan bekerja. Tapi, jika dengan bekerja dirasa masih 'kurang' apa yang harus dilakukan? Yup, mencari uang tambahan adalah solusinya. Seperti yang biasa dilakukan oleh para KPoper, dengan cara membuat KPop stuff sendiri

Tidak hanya KPopers yang sudah bekerja yang mencari income tambahan dengan cara ini, yang masih menempuh pendidikan pun banyak dan sangat bisa berkecimpung di sini. Lumayan 'kan bisa nambah-nambah uang jajan? 

Salah satu contoh KPop stuff yang sering seliweran di sosial media adalah photo card. Merchandise satu ini banyak sekali dicari oleh penggemar. Apalagi jika pc tersebut merupakan foto langka. 

Selain photo card, masih banyak jenis-jenis KPop stuff yang hadir untuk melengkapi kegiatan fangirling/fanboying kalian. Diantaranya ada poster, postcard, lightstick, banner, boneka dan hand fan

Cara Membuat KPop Stuff Sendiri

KPop stuff memiliki dua jenis, yang pertama adalah official yang diproduksi dan dijual secara resmi oleh perusahaan artis terkait. Dan yang kedua adalah unofficial yang biasa diproduksi dan dijual oleh fans sendiri. Tentunya yang kita bahas yang kedua dong ya hehe. Gimana.sih cara membuat KPop stuff sendiri untuk ide usaha? 

1.  Photocard

Alat dan Bahan

  1. Kertas photo card (jenis art carton, hologram atau crystal)
  2. Laptop atau hp
  3. Printer                                             
  4. Gunting
  5. Mesin laminasi (bisa diganti dengan lakban putih)

Langkah-langkah

  1. Buka aplikasi edit foto, bisa pakai hp atau laptop. Jika memakai hp, kalian bisa memakai Canva, dan jika memakai laptop, kalian bisa memakai Corel Draw, Photoshop atau Microsoft Word. Disini kita akan menggunakan aplikasi Microsoft Word, tutorialnya bisa ditonton pada video di bawah ini ya.
  2. Buat tabel sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Umumnya, photo card berukuran 88 x 55 mm atau dalam satuan centimeter adalah 8.8 x 5.5 cm.
  3. Pastikan bagian pojok foto tidak tajam dengan memanfaatkan fitur corner rounding 15%.
  4. Simpan dan cetak photo card yang telah selesai dan potong menggunakan gunting.
  5. Laminasi foto agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti robek atau terkena tetesan air.
  6. Jika tidak memiliki mesin laminasi, kalian bisa menggunakan lakban putih. Lapisi bagian depan dan belakang photo card untuk memberikan perlindungan yang maksimal.

2.  Hand Fan

Alat dan Bahan

  1. Bahan kipas polos dan gagang kipas (bisa kalian dapatkan di Shopee atau e-commerce lain)
  2. Kertas stiker
  3. Laptop atau hp
  4. Gunting

Langkah-langkah

  1. Buat desain dengan menggunakan hp atau laptop. Sesuaikan dengan ukuran kipas yang akan dibuat.
  2. Disini, kita akan memakai aplikasi PicsArt, tutorialnya bisa kalian lihat di bawah ini, ya.
  3. Setelah selesai, cetak dengan menggunakan kertas stiker dan gunting sesuai dengan pola.
  4. Tempelkan pada sisi depan dan belakang kipas.
  5. Pasang gagang kipas.

Selain hand fan dan photo card, kalian juga bisa membuat pernak-pernik lain. Seperti tumblr dan kaos. Untuk kaos kalian bisa bekerjasama dengan konveksi dan juga sablon kaos. Bahan kaos yang dipakai pun bermacam-macam sesuai dengan kualitasnya. 

Media Pemasaran KPop Stuff 

Cara Membuat KPop Stuff Sendiri untuk Ide Usaha

Cara membuat KPop stuff sendiri sudah tau, sekarang kita akan membahas dimana sih produk-produk ini dipasarkan? Zaman yang serba canggih ini sangat-sangat memudahkan kita untuk melakukan apapun. Termasuk dalam hal pemasaran.

Meskipun pemasaran sudah memiliki banyak media, kalian tidak boleh menyerah jika belum memperoleh hasil yang diharapkan. Karena sejatinya rejeki sudah diatur sesuai dengan porsinya masing-masing.

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengenalkan produk yang kalian miliki. Kalian bisa memanfaatkan sosial media, seperti Instagram, Facebook, Twitter juga Tik Tok sebagai tempat branding produk kalian.

Buat branding semenarik mungkin agar pembeli tertarik dan buat konten secara rutin untuk menaikkan engagement brand. Buat sosmed yang ramai digunakan seperti yang sudah disebutkan di atas. Pembeli akan lebih percaya dengan brand yang memiliki banyak media sosial. Customer juga akan lebih mudah menghubungi kalian jika memiliki banyak akun sosmed.

Langkah kedua setelah membangun branding adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga sebagai media transaksi jual beli agar lebih aman, seperti Shopee. Costumer lebih menyukai transaksi melalui pihak ketiga agar lebih aman dan terhindar dari scammer karena uang tidak langsung masuk ke rekening penjual, melainkan ditahan dulu oleh sistem.  

Seperti yang kita tau, banyak sekali penipuan-penipuan KPop stuff yang merugikan banyak KPopers, apalagi dari Twitter. Para penipu tersebut membeli akun yang sudah besar sehingga pembeli telah menaruh kepercayaan karena jumlah followers yang besar.

Jika transaksi dilakukan melalui pihak ketiga, sistem secara otomatis akan membatalkan transaksi dan me-refund uang pembeli jika sudah melewati batas waktu pengiriman. Dan enaknya lagi, jika melalui aplikasi pihak ketiga kalian bisa mendapatkan gratis ongkir yang tentunya akan lebih menarik customer.

Itulah dia cara membuat KPop stuff sendiri dan media pemasarannya. Apa kalian tertarik dengan bisnis ini?

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.