Healing Tipis-tipis dengan Piknik Murah di Lamongan

Konten [Tampil]

Berkutat degan kesibukan selama hari kerja selama sepekan membuat otak lelah dan suasana hati agak mendung. Untuk mengembalikan suasana hati agar dapat kembali bekerja dengan tenang, kita perlu istirahat sejenak dari rutinitas yang melelahkan tersebut. Mengunjungi tempat piknik murah salah satunya.

Mengistirahatkan otak dan hati tidak melulu harus liburan ke luar kota dan ke destinasi wisata yang ‘wow’. Kita bisa healing tipis-tipis dengan mengunjungi tempat yang nggak membuat dompet jadi tipis juga.

Rekomendasi Tempat Piknik Murah di Lamongan

Buat kalian arek-arek Jawa Timur khususnya warga Lamongan dan sekitarnya, bisa nih ke salah satu tempat piknik murah yang ada di pusat kotanya soto ini. betul sekali, alun-alun jawabannya.

Alun-alun Kabupaten Lamongan berada di tengah-tengah kota da memiliki luas 4.900 m2. Daerah ini biasa disebut dengan lamkot yang merupakan singkatan dari Lamongan kota atau Lamongan bagian kota. Karena sebagian besar wilayah Lamongan sendiri masih berupa pedesaan.

Alun-alun Lamongan terletak di Jl. Lamongrejo, Tumenggungan, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan.

Senin kemarin, aku pergi kesana karena ada sedikit urusan. Aku berangkat siang hari di jam istirahat kerja dan berangkat dengan seorang temanku. Di tengah perjalanan temanku bilang "Bentar kita turun dulu, ini kok kayaknya bocor" dan ternyata benar. Roda belakang sepeda motor yang kami kendarai bocor.

Terpaksa kami harus berjalan di tengah panasnya Gresik dan gempuran debu kendaraan. Seketika aku menyesal tidak memakai sepatu. Sandal ku yang tadinya hitam sudah berubah menjadi abu-abu akibat debu dan berjalan jauh untuk mencari bengkel.

Jangan ditiru ya, Keys. Kalau bepergian menggunakan sepeda motor wajib menggunakan sepatu untuk alas kaki. Bukan bertujuan agar terlihat stylish tapi ini demi keselamatan kalian sendiri. Tentunya juga agar kaki tidak terlalu tersengat matahari. Seperti yang kita tau Indonesia saat musim kemarau matahari sangat terik.

Saat berkunjung kesini, kalian tidak perlu khawatir dengan kendaraan yang kalian bawa. Karena sudah tersedia tempat parkir untuk kendaraan pribadi kalian. Ada banyak wahana

Fasilitas yang Ada di Alun-alun Lamongan

Pemda Lamongan tidak hanya menyiapkan ruang terbuka untuk masyarakatnya, dalam hal ini alun-alun, namun juga menyiapkan fasilitas pendukung. Ada beberapa wahana yang bisa kalian nikmati di pusat kota Soto ini. Dilansir dari Detik Jatim, Ini dia wahana-wahana yang ada di alun-alun Lamongan.

1.  Monumen Pesawat TNI AU

Jika WEGO memiliki pesawat Boeing 737, alun-alun pun memiliki pesawat berupa monumen pesawat TNI AU. Pesawat ini berada ditengah-tengah alun-alun. Pesawat miliki Angkatan Udara ini mempunyai nomor lambung P 086 N 2255. Biasanya masyarakat mengambil foto dengan backgroun pesawat ini.

2.  Menara Air Peninggalan Zaman Belanda

Dari bagian tengah, kita bergeser ke selatan alun-alun. Disini terdapat bangunan tinggi yang merupakan Toren atau menara air peninggalan Belanda. Menara ini dulunya digunakan untuk mengalirkan air dari selatan untuk warga kota.

Menara ini dibangun pada saat Raden Tumenggung Joyodinegoro menjabat sebagai Bupati Lamongan. Berdiri sejak tahun 1924, menara yang memiliki tiga bagian ini masih berdiri tegak hingga sekarang.

3.  Bianglala

Fasilitas ketiga yang ada di salah satu tempat piknik murah di Lamongan ini adalah bianglala. Wahana ini biasa kita temukan di pasar malam namun versi agak kecil.di alun-alun Lamongan, kalian akan menemukan bianglala yang berdiri dengan gagahnya.

Wahana ini pernah mangkrak selama dua tahun akibat pandemi COVID-19 hingga akhirnya pada tahun 2022 lalu wahana ini kembali dibuka untuk umum. Kebetulan, kemarin aku sempat menaiki wahana ini. Namun, aku tidak sempat melihat fasilitas lain yang ada disini karena keterbatasan waktu. Semoga next time diberi kesempatan untuk kesini lagi.

Sudah lama sekali aku ingin naik wahana ini. Dulu, aku pernah hampir kesini bersama dengan temanku. Namun, karena pada saat itu tiba-tiba turun hujan akhirnya kami memutuskan untuk pulang saja.

Tiket masuk permainan ini hanya dibanderol dengan harga 5000 per orang. Namun sayang, tiket tersebut hanya bisa dinikmati untuk satu putaran saja. Tapi tenang, kecepatan putarannya tidak secepat di bianglala yang biasa ada di pasar malam.

Dari sini, kalian bisa melihat pesona Lamongan dari ketinggian. Seru sekali! Aku sempat mengambil beberapa potret saat aku sampai di puncak.

4.  Masjid Agung Lamongan

Alun-alun Lamongan berhadapan dengan Masjid Agung Lamongan. Meski sedang bersenang-senang, ibadah harus tetap jalan, ya.

Yang aku suka dari masjid ini adalah kebersihan dan penataannya. Tempat wudhu dan tempat untuk sholat tidak membingungkan para jamaah. Jika pada masjid umumnya tempat wudhu berada disamping bangunan, disini tidak. Tempat wudhu dan toilet berada di bagian depan masjid setelah memasuki area masjid.

Dari tempat wudhu kalian akan dibawa untuk masuk lebih dalam ke tempat mukenah. Mukenah yang disediakan pun bersih dan wangi sehingga para jamaah lebih nyaman saat menunaikan ibadah. Lemari yang digunakan untuk tempat mukenah pun dibuat lebih tinggi sehingga menghindarkan mukenah dari bau tidak sedap.

Masuk lebih dalam lagi, kalian akan dihadapkan dengan kulkas berisi air dingin disebelah kiri. Masya Allah. Lanjut lebih dalam barulah kalian sampai di tempat menunaikan sholat. Bentangan karpet sajadah yang empuk membuat ibadah semakin khusyuk. Tentunya tempatnya pun luas. Enak banget pokoknya.

5.  Titik Nol KM Lamongan

Di arah timur laut alun-alun, tepatnya di Jl Lamongrejo No. 20 Kauman, Sidokumpul, Kec. Lamongan terdapat titik Nol KM Lamongan. Bangunan yang diresmikan pada Desember 2022 ini memiliki desain inspired by logo city branding Lamongan Megilan.

Bangunan ini memiliki satu patok 0 KM berbahan beton berlapis tembaga. Terdapat ornamen akrilik bertuliskan 0 KM Lamongan juga logo Lamongan Megilan berupa bandeng lele. Di bagian depannya terdapat taman yang diharapkan dapat menjadi tempat favorit masyarakat untuk berswa foto.

Selain spot-spot diatas, alun-alun Lamongan masih memiliki wahana lain, lho. Ada taman bermain untuk anak-anak, jogging tracking serta lapangan basket. Gimana, lengkap belum untuk menjadi rekomendasi tempat piknik murah di Lamongan?