koreanstuff.my.id

SMTown Concert, Family Gathering Rutin SM Entertainment

2 komentar
Konten [Tampil]

SMTown Concert, Family Gathering Rutin SM Entertainment

Konser musik adalah hal rutin yang digelar oleh seorang penyanyi, tak terkecuali idol KPop. Konser grup atau solo sudah biasa dikalangan fans. Namun, apa jadinya jika satu perusahaan melangsungkan konser dan artisnya berkumpul jadi satu? Hal ini rupanya sudah menjadi jadwal rutin di beberapa agensi. Dan salah satu yang selalu menarik perhatian dan masih rutin digelar hingga saat ini adalah SMTown concert milik SM Entertainment.

Kebayang nggak rame nya kayak apa? Mengingat SM Entertainment merupakan salah satu agensi KPop terbesar di Korea Selatan. Artisnya bermacam-macam. Grup ada, sub unit ada, solo ada, sampai DJ pun ada.

Apa Itu SMTown Concert?

SMTown Concert adalah konser rutin yang digelar oleh SM Entertainment dan diisi oleh hampir seluruh artis dibawah naungan agensi tersebut. SMTown sendiri merupakan nama proyek, baik album maupun konser, yang digunakan oleh SM Entertainment untuk gabungan seluruh artisnya.

Awalnya, SMTown hanyalah proyek peluncuran album spesial natal pada tahun 1999 lalu. Seiring berjalannya waktu, album pun semakin bertambah. Hingga akhirnya mereka memulai konser rombongan satu agensi. Konser keluarga ini pertama kali digelar di China pada tahun 2002 dan berlanjut di Seoul, ibukota Korea Selatan pada tahun 2003 dan tahun 2007.

SMTown Live yang populer untuk penyebutan konser ini mulai digunakan pada tahun 2008 dengan konser bertajuk “SMTown Live ‘08” atau yang juga disebut Tur Asia. Pada waktu tersebut, KPop belum sepopuler sekarang sehingga baru diadakan di tiga negara, yakni Korea Selatan, China dan Thailand.

Pada tahun 2010, agensi yang didirikan oleh Lee Soo Man ini memperluas area konser hingga ke Amerika dengan tajuk “SMTown Live ’10 World Tour”. Selain Korea Selatan dan Amerika Serikat, negara tempat digelarnya konser ini antara lain adalah Jepang, Perancis dan China.

Tidak berhenti disitu saja, world tour ini dilanjutkan pada “SMTown Live ’12 World Tour” atau yang juga disebut “SMTown Live World Tour III” yang digelar pada tahun 2012. Sayangnya, Prancis tidak termasuk ke dalam konser ini. Namun, mereka menambah daftar negara yang masuk ke dalam list, yaitu Indonesia, Taiwan, Thailand dan Singapura. Inilah saat pertama kalinya keluarga besar SM Entertainment menyambangi Indonesia. Di tahun 2014 hingga tahun 2023, agensi berlogo pink ini rutin mengadakan konser.

Konser Gratis dari SMTown

SM Entertainment adalah agensi yang terkenal ‘pelit’ di kalangan fans. Namun, perusahaan yang menaungi EXO ini pernah mengadakan konser gratis, lho. Bahkan sampai tiga kali! Kalian pernah menonton konser gratis ini nggak? Kalo aku sudah pasti pernah, wkwk.

1. SMTown Live Culture Humanity

Konser gratis ini pertama kali diadakan pada saat pandemi COVID-19, tepatnya pada 1 Januari 2021. Tema yang diangkat dalam acara ini adalah SMTown Live Culture Humanity. Konser ini disiarkan di berbagai platform, yakni YouTube, Facebook, Twitter (yang sekarang berubah menjadi X), V Live, Beyond Live, TikTok dan KNTV. Konser ini sukses besar dan berhasil mengumpulkan 35,83 juta penonton dari 186 negara. 

Tujuan dari diadakannya konser ini adalah untuk menghibur orang-orang di seluruh dunia yang saat itu sedang mengalami kesulitan akibat pandemi COVID-19. Bagaimana reaksi para fans? Banyak yang mengira pengumuman tersebut hanya prank saja, mengingat SM Entertainment yang dikenal agak ‘pelit’. Ternyata benar, guys

Aku pribadi, melalui tulisan ini, sangat berterimakasih kepada SM Entertainment telah menghibur banyak orang di tengah kondisi sulit tersebut.

Daftar artis yang turut serta memeriahkan acara kemanusiaan ini adalah Kangta, TVXQ, Super Junior, Taeyeon (SNSD), Taemin (Shinee), Baekhyun (EXO), Kai (EXO), Red Velvet, semua unit NCT, aespa dan ScreaM Records (Gino, Imlay dan Raiden).

Dalam konser ini ada beberapa kolaborasi spesial dari artis SM. Kolaborasi tersebut adalah lagu “UN Village” miliki Baekhyun EXO yang dibawakan bersama dengan Mark NCT. Lagu ini sebenarnya tidak memiliki bagian rap, mengingat Baekhyun sendiri adalah main vocal di grupnya.

Namun, pada konser ini lagu “UN Village” sedikit ditambah sentuhan rap dari main rapper NCT 127 dan NCT Dream yakni Mark Lee. Special collaboration selanjutnya yang cukup ‘petjah’ adalah kolaborasi antara Raiden dan Chanyeol featuring Winter aespa untuk lagu “Yours”.

2. SMTown Live 2022: SMCU Express at Kwangya

SMTown Concert, Family Gathering Rutin SM Entertainment
Sumber: @SMTOWNGLOBAL on X

Meskipun pandemi di tahun 2022 sudah cukup mereda, SM Entertainment tetap mengadakan konser gratis untuk para fans nya. Sama seperti konser sebelumnya, SMTown Live 2022: SMCU Express at Kwangya ini juga digelar pada tanggal 1 Januari.

Konser gratis kedua dari SM Entertainment ini berhasil menggaet 51 juta penonton. Konser ini ditayangkan di berbagai platform streaming dan jaringan broadcasting terpilih di beberapa negara terpilih. Dan Indonesia masuk ke negara terpilih ini, lho. Platform terpilih di Indonesia adalah Insert Live, RCTI+, Vision+, Trans TV dan Vidio.

Sama seperti konser tahun 2021 lalu, konser ini juga memiliki kolaborasi yang ramai dibicarakan oleh netizen. Salah satunya adalah yang dikenal dengan unit “Zoo” yang berisikan Giselle aespa, Taeyong NCT 127, Jeno NCT Dream, serta Yangyang dan Hendery WayV. Mereka berlima adalah rapper dalam grupnya masing-masing. Hingga saat ini, stage video yang diunggah di akun YouTube SMTOWN berhasil mendapat view sebanyak 90 juta. Daebak!

Selain unit “Zoo”, konser tahun 2022 tersebut juga diramaikan dengan super group pertama di Korea Selatan yang juga bentukan SM Entertainment yakni GOT the beat. Grup ini terdiri dari BoA, Taeyeon dan Hyoyeon SNSD, Wendy dan Seulgi Red Velvet, serta Winter dan Karina aespa. Mereka membawakan lagu yang berjudul “Step Back”.

3. SMTown Live 2023: SMCU Palace at Kwangya

SMTown Concert, Family Gathering Rutin SM Entertainment
Sumber: @SMTOWNGLOBAL on X

Tahun 2023 ini adalah tahun ketiga diadakannya konser gratisan dari SM Entertainment. Konser tahun ini memiliki konsep yang masih sama dengan tahun sebelumnya. Disiarkan di seluruh dunia, dan tentunya ada beberapa negara spesial. Lagi-lagi, Indonesia Masuk ke dalam negara tersebut.

Pada SMTown Live 2023: SMCU Palace at Kwangya ini para artisnya membawakan lagu-lagu dari winter album SMTown yang bertajuk 2022 Winter SMTown: SMCU Palace. Album ini berisi 10 lagu dan 7 diantaranya dibawakan di konser ini.

Di konser SMTown ini, ada lagu yang wajib masuk ke set list. Adalah lagu "Dear My Family" dan lagu "Hope". Dua lagu ini sudah seperti lagu kebangsaan warga SM Entertainment. Lagu-lagu ini biasanya dibawakan oleh seluruh artis yang berpartisipasi dalam konser. 

Menarik, ya? Jadi pengen nonton langsung, wkwk. Kalian pernah nonton SMTown concert ini belum? 

Sumber: Wikipedia

Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

2 komentar

  1. SMCU Palace SMTOWN 2023 ini udah lama sih, pas tahun baru 1-1-2023 dulu... Rutin udah tahunan, tapi sayang, karena pertengahan 2023 kemarin ada prahara besar-besaran di SM, dan diakhiri dengan hengkangnya nyai sooman, akhirnya tahun baru 1-1-2024 kemarin udah nggak ada lagi konser SMTOWN :')

    BalasHapus
  2. Sayang banget, ya mbak :) padahal konser gratisan itu udah ditunggu sama banyak orang.

    BalasHapus

Posting Komentar