Korean Stuff

Ide Kemasan Snack Box Unik, Percantik Produk Buatanmu

Konten [Tampil]

Ide Kemasan Snack Box Unik, Percantik Produk Buatanmu

Packaging adalah salah satu faktor yang mendukung konsumen dalam proses keputusan pembelian. Cielah, udah kayak skripsi aja bahasanya. Apapun produknya, kemasan akan menjadi hal pertama yang dilihat. Nah bagi kalian yang memiliki usaha makanan, khususnya makanan ringan bisa banget nih simak artikel ini. Di sini, kita akan membahas ide membuat kemasan snack box unik

Kenapa harus unik? Packaging adalah branding dari sebuah produk dan menjadi hal yang pertama dilihat dan akan diingat oleh konsumen, karena kemasan adalah ciri khas. Semakin unik maka akan semakin merasuk ke dalam hati para penikmat produk kalian, eaaa. Nah, gimana sih cara membuat kemasan snack box yang unik itu? 

Ide Desain Kemasan Snack Box Unik

Ide Kemasan Snack Box Unik, Percantik Produk Buatanmu

Snack box adalah kotak makanan yang dikhususkan untuk wadah makanan ringan, seperti kue kering atau camilan lainnya. Kemasan snack box unik ini bisa dibuat sendiri, lho. Berikut ini adalah beberapa ide desainnya untuk kalian. 

1.     Desain Retro

Desain retro adalah desain yang terinspirasi dari gaya di masa lalu. Misalnya, tahun 70-an atau tahun 80-an. Makanan dengan konsep vintage, nostalgia atau klasik cocok banget nih pakai konsep kemasan snack box unik dengan desain retro.

Desain ini identik dengan warna cerah sehingga memiliki kesan yang ceria, seperti kuning, merah, hijau atau biru. Snack box bergaya retro ini memiliki banyak elemen grafis yang berkaitan dengan tema makanan.

2.     Desain Etnik

Jika desain retro adalah desain yang terinspirasi dari masa lalu, maka desain etnik adalah desain yang terinspirasi dari budaya, seni juga tradisi suatu negara atau daerah. Makanan yang cocok dengan kemasan ini adalah makanan yang memiliki konsep otentik, eksotis dan lokal.

Warna yang mendominasi desain ini adalah warna khas dari daerah atau negara yang diangkat dalam konsep tersebut. Desain ini menggunakan banyak elemen grafis seperti simbol, tulisan atau motif dari daerah atau negara yang dipakai.

3.     Desain Minimalis

Ingin desain yang tidak terlalu ramai? Konsep minimalis adalah jawabannya. Konsep minimalis adalah konsep yang mengedepankan kesederhanaan, keteraturan dan kebersihan. Desain ini cocok untuk makanan dengan konsep elegan, modern dan premium.

Warna yang biasa digunakan dalam desain ini adalah warna-warna netral seperti hitam, putih, coklat atau abu-abu. Tidak seperti kedua desain yang telah disebuutkan diatas, konsep ini tidak memakai banyak elemen grafis. Sebagai pembeda dengan brand lain, konsep ini mengandalkan logo brand dan tipografi.

Cara Membuat Kemasan Snack Box Sendiri

Ide Kemasan Snack Box Unik, Percantik Produk Buatanmu

Sebagai identitas produk, ada kepuasan tersendiri saat kita bisa menciptakan sendiri identitas tersebut. Oke, langsung saja, ide desain sudah ditangan saatnya merealisasikannya menjadi kemasan snack box unik untuk produk kita. Check it out!

1.     Menentukan Konsep Desain

Langkah pertama dalam membuat kemasan snack box adalah dengan menentukan konsep desain yang akan dipakai. Konsep atau tema desain ini harus sesuai dengan konsep produk yang akan dijual. Bagaimana cara mendapatkan ide desain?

Pertama, kita bisa melihat produk apa sih yang dijual. Misal, produk yang dijual adalah camilan coklat, maka kemasan bisa didesain dengan nuansa coklat. Yang kedua, kita bisa melihat dari target atau pangsa pasar produk yang dijual. Misalnya, jika produk ditujukan untuk anak-anak, maka kemasan bisa didesain selucu mungkin agar menarik perhatian anak-anak.

Ketiga, tambahan ide bisa ditemukan juga dari pesan yang ingin disampaikan dalam produk tersebut. Misalnya, pesan yang ingin disampaikan adalah “Konsumsi camilan sehat untuk hidup lebih sehat”. Nah, pesan ini bisa dicantumkan dalam kemasan.

Yang terakhir, kita bisa melihat dari trend kemasan masa kini. Misal gaya minimalis. Nah, kemasan bisa berubah seiring waktu, bisa setiap tahun, dua tahun sekali, atau 6 bulan sekali.

2.     Memilih Bentuk, Ukuran dan Bahan

Langkah selanjutnya adalah menentukan bentuk, ukuran dan bahan kemasan. Tiga hal tersebut akan mempengaruhi fungsi dan tampilan desain. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan tiga hal ini, yaitu.

  • Bentuk produk dan kemasan harus sesuai agar produk dapat tertata dengan baik.
  • Ukuran kemasan harus disesuaikan dengan ukuran dan jumlah produk yang akan dikemas. Pastikan produk tidak terlalu longgar atau padat saat dimasukkan ke dalam kemasan.
  • Perhatikan juga aspek kenyamanan dan kepraktisan kemasan.
  • Sesuaikan bahan kemasan dengan desain karakteristik dan jenis produk yang dijual agar produk tetap aman dan terjaga kualitasnya.
  • Pilih bahan yang ramah lingkungan, kuat dan tahan lama.

3.     Mendesain Elemen

Setelah memilih bentuk, ukuran dan bahan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mendesain elemen. Elemen ini terdiri dari visual dan teks yang akan disertakan dalam kemasan snack box unik yang akan dibuat.

Tentu saja elemen ini harus disesuaikan dengan konsep desain. Elemen inilah yang akan memberikan informasi kepada konsumen. Misalnya, bahan dasar camilan serta kandungan utama yang ada di dalamnya.

4.     Uji Coba dan Evaluasi

Langkah terakhir adalah uji coba dan evaluasi. Tanpa evaluasi, hasil yang maksimal tidak akan didapatkan. Proses ini adalah proses pengujian kualitas dan kelayakan desain kemasan yang telah dibuat.

Bagaimana sih caranya melakukan pengujian dan evaluasi ini?

  • Cetak desain menjadi kemasan nyata dan masukkan produk ke dalamnya.
  • Rasakan apakah kemasan tersebut sudah sesuai dengan yang diharapkan. Baik dari segi ukuran, bentuk, warna, teks, kualitas bahan, dan lain-lain.
  • Mintalah pendapat dari orang lain, seperti keluarga dan teman. Ingat ya, terbukalah terhadap kritik dan saran dari orang lain.
  • Bandingkan dengan kemasan produk pesaing. Teliti lagi kelebihan dan kekurangan dari desain yang sudah dibuat.

Nah, akhirnya kita sampai di penghujung tulisan ini. gimana, sudahkah kalian terinspirasi dengan secuil ide kemasan snack box unik diatas?

Sumber: atk.co.id

‹ Lebih lamaTerbaru ✓

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.