Apa Itu Skincare & Seberapa Penting untuk Kesehatan Kulit?

Konten [Tampil]

Apa Itu Skincare & Seberapa Penting untuk Kesehatan Kulit?

Apa itu skincare? Istilah ini beberapa tahun terakhir ramai diperbincangkan. Bukan karena produknya yang baru muncul. Tapi karena penggunaan istilah tersebut baru dipakai dan dikenal oleh banyak orang. 

Ada yang tau air mawar? Produk yang sudah lama dipakai oleh masyarakat ini adalah salah satu contoh dari skincare, lho. Hanya saja dulu masyarakat belum mengenal bahwa air mawar adalah bagian dari skincare

Mengenal Lebih dalam Apa Itu Skincare

Apa Itu Skincare & Seberapa Penting untuk Kesehatan Kulit?

Skincare berasal dari bahasa Inggris yaitu skin yang berarti kulit dan care yang berarti peduli, yang kemudian dikenal sebagai perawatan kulit. Skincare sendiri merupakan aktivitas merawat kulit, terutama wajah, dengan menggunakan produk tertentu. 

Produk perawatan kulit memiliki berbagai macam produk sesuai dengan fungsi dan kebutuhan penggunanya. Mengingat permasalahan kulit pun bermacam-macam. 

Sejarah Singkat Kemunculan Skincare

Skincare atau produk perawatan kulit sudah dipakai sejak zaman dahulu. Tentunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bagaimana sih sejarah dari produk kesehatan kulit ini?

1. Zaman Kuno

Skincare sudah ada sejak zaman kuno, terutama orang Mesir Kuno yang juga menjadi tempat ditemukannya bukti pertama keberadaan skincare. Selain Mesir Kuno, peradaban lain yang tercatat sudah merawat kulit adalah orang-orang Yunani dan Roma.

Penduduk Mesir Kuno menggunakan produk perawatan kulit yang berasal dari minyak alami. Seperti minyak esensial dan minyak zaitun yang berfungsi untuk merawat kulit dan melindungi dari paparan sinar matahari.

Sedangkan peradaban Yunani dan Roma dikenal menggunakan ramuan alami dan bahan-bahan herbal. Bahan yang biasa digunakan adalah madu dan susu.

2. Awal Abad Modern

Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempengaruhi perkembangan skincare pada awal abad modern. Pada zaman ini, penemuan berbagai produk telah berkembang.

Contohnya seperti penemuan sabun dan krim yang mengubah cara orang untuk merawat dan membersihkan kulit. Pemahaman akan struktur kulit dan bahan dasar skincare pun semakin berkembang.

3. Abad Ke-20

Pada abad ini, industri kecantikan berkembang pesat. Berbagai produk baru mulai bermunculan. Seperti serum dan lotion. Bahan dasar pembuatan produk perawatan kulit pun mulai bergeser pada penggunaan bahan sintetis.

Ilmu dermatologi dan sains semakin berkembang. Sehingga menghasilkan produk yang variatif, efektif dan aman untuk kulit.

4. Era Modern

Pada era ini, ilmu dan teknologi semakin berkembang. Industri ini pun semakin mengembangkan ide dan inovasi mereka.

Produk baru yang lebih variatif pun bermunculan. Seperti produk yang mampu melindungi dari sinar matahari dan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap individu pun semakin banyak.

Pentingnya Skincare untuk Kesehatan Kulit

Apa Itu Skincare & Seberapa Penting untuk Kesehatan Kulit?

Siapa nih yang sering mengeluhkan sinar matahari yang menusuk dan polusi yang semakin tidak terkendali? Aku adalah salah satunya. Hampir setiap hari beraktivitas di luar membuat ku harus bertarung dengan dua hal tersebut.

Matahari dan polusi adalah musuh dari kulit. Setiap hari bergesekan dengan mereka, membuat kulit menjadi kusam, kering, bahkan gosyong. Selain itu, polusi dapat menyebabkan berbagai penyakit kulit salah satunya adalah jerawat.

Sebagian orang mengatasi ini dengan menggunakan masker. Apalagi sejak pandemi COVID-19, masker sudah seperti aurat yang jika dilepas akan mengurangi rasa percaya diri.

Tapi, tahukah kamu? Penggunaan masker saja tidak cukup, lho. Apalagi jika penggunaannya kurang tepat.

Contohnya masker sekali pakai yang pemakaiannya dipakai berulang kali. Bakteri dan virus akan berpesta di kulit wajah jika hal ini terjadi.

Akibatnya, wajah akan berkeringat sehingga kulit menjadi lebih lembab dan hangat. Masalah pada kulit pun akhirnya bermunculan.

Nah, dengan memakai skincare rutin, masalah kulit akibat polusi dan sinar matahari akan teratasi. Selain itu, kulit juga lebih sehat.

Ubah mindset bahwa kulit putih dan glowing adalah tujuan dari pemakaian skincare. Rutin memakai skincare sebenarnya bertujuan untuk merawat dan menutrisi kulit.

Langkah Menjaga Kesehatan Kulit

Apa Itu Skincare & Seberapa Penting untuk Kesehatan Kulit?

Setelah kita berbicara mengenai apa itu skincare dan pentingnya produk perawatan kulit, saatnya kita membicarakan langkah dalam menjaga kesehatan kulit. Bagaimana caranya? Check it out!

1. Rutin Membersihkan Wajah/Area Kulit yang Tidak Tertutup

Langkah pertama dalam menjaga kesehatan kulit adalah rutin membersihkan kulit. Percuma saja jika kamu rutin memakai produk perawatan kulit tapi tidak membersihkan kulitmu.

Cuci muka dua kali sehari setiap pagi dan malam hari. Cuci muka di pagi hari akan memaksimalkan penyerapan skincare yang akan dipakai. Sedangkan di malam hari, akan membantu membersihkan sisa make up dan kotoran yang menempel.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kalian bisa menerapkan metode double cleansing. Yang merupakan metode membersihkan wajah dengan dua tahap.

Tahap pertama adalah wajah dibersihkan dengan kapas dan cleanser. Bisa menggunakan milk cleansermicellar water, atau produk yang sejenis. Tahap kedua adalah dengan memakai facial wash.

2. Memakai Sunscreen/Tabir Surya

Sunscreen merupakan salah satu basic skincare yang tidak boleh ditinggalkan. Sunscreen adalah kuncinya per-skincare-an.

Aku pernah mengikuti Development Class yang didalamnya juga mencakup Beauty Class. Di sana dijelaskan, bahwa percuma skincare yang dipakai harganya mahal dan kualitasnya oke jika tidak memakai sunscreen.

Kenapa? Karena sunscreen merupakan benteng bagi kulit kita, yang akan melindungi dari sinar matahari.

3. Memakai Pelembab/Moisturizer

Selain sunscreenmoisturizer atau pelembab juga masuk ke dalam basic skincare. Pelembab atau moisturizer berfungsi untuk mengunci kelembaban kulit.

Aktivitas di luar ruangan akan mengurangi kelembaban kulit. Untuk itu, memakai moisturizer sangat penting untuk kesehatan kulit.

4. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Yang terakhir adalah menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian. Percuma saja kalau skincare yang dipakai kualitasnya bagus tapi tidak diimbangi dengan gaya hidup yang sehat.

Kalian bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, minum air putih yang cukup, istirahat cukup, rajin olahraga dan yang terpenting berhenti merokok. Berat? Memang!

Akhirnya, terjawab sudah pertanyaan apa itu skincare. Dengan penggunaan yang rutin, manfaat memakai produk perawatan akan sangat terasa untuk kesehatan kulit. Apa saja manfaatnya? Baca manfaat skincare di artikel selanjutnya, ya!

Sumber: alodokter.com, g24news.tv

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.