Manfaat Skincare untuk Kulit yang Lebih Sehat dan Terawat

Konten [Tampil]

Manfaat Skincare untuk Kulit yang Lebih Sehat dan Terawat

Skincare adalah salah satu kebutuhan bagi kulit. Manfaat skincare yang akan didapat sangatlah banyak jika dipakai secara rutin. Salah satunya adalah meningkatkan kepercayaan diri.

Karena skincare adalah kebutuhan, akan ada akibat yang ditanggung jika tidak memakainya. Seperti halnya jika kita tidak makan secara teratur. Apa akibatnya? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Manfaat Skincare, Apa Saja?

Manfaat Skincare untuk Kulit yang Lebih Sehat dan Terawat

Dulu, ketika masyarakat belum mengenal apa itu skincare, banyak yang beranggapan jika produk ini merupakan alat pendukung gengsi. Padahal manfaat skincare sangatlah banyak, lebih dari sekedar gegayaan!

Tahun demi tahun berlalu. Lebih banyak masyarakat yang aware terhadap manfaat memakai skincare. Apa saja sih manfaatnya?

1. Kulit Lebih Ternutrisi

Tidak hanya tubuh saja yang butuh nutrisi, kulit pun butuh nutrisi yang bisa didapatkan dari skincare. Pemakaian secara teratur, apalagi sejak dini, akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

Jika kulit terpenuhi nutrisinya, akan terhindar dari berbagai masalah kulit. Hal ini tentunya tergantung pada jenis skincare apa yang digunakan.

Seperti kulit jadi lebih lembab, sel-sel mati pada kulit terangkat, kulit lebih kenyal, noda hitam terhempas, dan masih banyak lagi. Yang paling menarik dari kulit yang ternutrisi adalah make up lebih mudah menempel.

Penggunaan skincare tidak bisa langsung dilihat hasilnya. Kalian harus bersabar dalam menunggu hasilnya. Kalian pun harus siap melewati fase tidak cocok dengan merek skincare tertentu. 

2. Mencegah Penuaan Dini

Selain kulit lebih ternutrisi, manfaat skincare yang bisa kalian dapat adalah terlambatnya penuaan dini yang menghampiri kulit. Apa sih yang menyebabkan penuaan dini?

Umumnya, penuaan dini ditandai dengan munculnya garis halus di area wajah. Hal ini dikarenakan penurunan produksi kolagen dalam tubuh. Dengan memakai produk yang tepat, masalah ini akan teratasi.

Penuaan dini biasanya dimulai saat memasuki umur 20 sampai 30 tahun. Gunakan skincare rutin di pagi dan malam hari untuk menghempas kerutan dan garis halus. 

3. Menyempurnakan Hasil Make Up

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kulit yang ternutrisi membuat make up lebih menempel. Yup, inilah yang diimpikan bagi sebagian besar perempuan. Buat apa pake make up tapi nggak nempel, ‘kan?

Selain make up yang mudah menempel, kulit yang terawat akan membuat riasan tampak lebih natural. Di beberapa kasus, kulit yang tidak terawat akan membuat riasan susah diaplikasikan atau bahkan dapat memperburuk kondisi kulit.

Seperti kasus ku beberapa bulan yang lalu. Kulit ku masuk dalam tipe dry skin sampai di tahap berkerak di bagian pipi dan dagu. Apalagi jika terpapar AC seharian. Make up jadi susah nempel dan kerak pun semakin menjadi. 

4. Mencegah Kulit Kusam

Kulit kusam adalah sebuah mimpi buruk. Iya apa iya? Memakai skincare akan membantu kalian dalam menghempaskan sel-sel kulit mati yang menempel.

Ada banyak jenis skincare yang bisa digunakan. Seperti facial wash dan produk khusus eksfoliasi.

Kenapa kulit bisa kusam? Sebagai penduduk negara beriklim tropis, kita akan selalu bersinggungan dengan cuaca panas. Hal ini membuat kulit dehidrasi dan akhirnya timbul yang namanya kulit kusam yang menjadi masalah kulit. 

5. Mengurangi Dark Spot

Dark spot adalah bintik hitam di wajah yang dapat timbul karena beberapa faktor. Seperti UV, polusi dan debu. Bagaimana cara mengatasinya?

Kalian bisa memakai skincare dengan kandungan SPF 30. Ini batas minimal, ya. Kenapa harus SPF 30? Sinar matahari semakin ganas, cuy!

Sinar UV atau sinar matahari menjadi salah satu penyumbang utama munculnya dark spot. Karenanya, perlindungan terhadap sinar UV harus lebih diperbanyak. Nah, SPF inilah yang akan membantu dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

6. Menyamarkan Bekas Jerawat

Selain kulit kusam dan kerutan, jerawat adalah salah satu masalah kulit yang harus dibasmi. Selain mengganggu saat sesi merias wajah, jerawat juga bisa menjadi radang.

Kalaupun sudah sembuh, akan ada bekas yang tertinggal. Penampilan pun akan terganggu.

Jika sudah seperti ini, merawat kulit sudah sangat diperlukan. Inilah salah satu manfaat skincare yakni dapat menghilangkan noda bekas jerawat.

Selain itu, skincare juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Pilih skincare khusus anti acne untuk mengatasi masalah per-jerawatan ini.

7. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Tampil sehat dan segar adalah salah satu faktor meningkatnya kepercayaan diri. Hal ini bisa didapat jika kalian rajin merawat diri. Caranya ya dengan memakai produk perawatan kulit.

Tapi, jangan lupa untuk memilih skincare yang cocok untuk kulit wajah kalian. Karena produk yang tidak cocok akan semakin merusak kulit yang selama ini dijaga. 

8. Menjaga Kelembaban

Manfaat dari memakai skincare selanjutnya adalah menjaga kelembaban kulit. Dengan rutin merawat nya, kulit akan lebih kenyal, lembut dan lembab.

Untuk hasil lebih maksimal, aplikasikan skincare pada malam hari. Hal ini dikarenakan kulit akan melakukan regenerasi setiap pukul 1 sampai 3 dini hari.

9. Membersihkan Kulit

Manfaat skincare terakhir yang bisa kita dapatkan adalah kulit yang bersih. Kalian bisa mendapatkan manfaat ini dari facial wash.

Penggunaan facial wash bertujuan untuk membersihkan make up, debu, kotoran dan polusi yang menempel pada kulit. Yang mana jika dibiarkan kotoran tersebut akan menumpuk dan menyebabkan masalah pada kulit.

Akibat Tidak Memakai Skincare

Manfaat Skincare untuk Kulit yang Lebih Sehat dan Terawat

Selain memberikan manfaat, skincare juga memberikan dampak negatif. Tapi jika tidak dipakai dengan rutin, atau bahkan jika tidak memakainya sama sekali. Apa saja akibat tidak memakai skincare?

1. Penumpukan Kotoran pada Kulit

Rumah jika tidak dibersihkan secara rutin akan terjadi penumpukan sampah dan kotoran di setiap sudutnya. Begitupun dengan kulit yang jika tidak dibersihkan akan terjadi hal yang sama.

Membersihkan kulit adalah salah satu step penting yang tidak boleh dilewatkan. Masalah utama yang ditimbulkan dari penumpukan kotoran ini adalah proses regenerasi kulit yang terhambat sehingga tekstur kulit tidak merata.

Selain itu, kotoran yang menumpuk akan mengakibatkan penyumbatan pori-pori. Jika dibiarkan akan menyebabkan kulit kering, jerawat atau iritasi.

2. Tanda-tanda Penuaan Muncul Lebih Cepat

Akibat kedua dari tidak menggunakan skincare adalah tanda-tanda penuaan lebih cepat muncul. Skincare yang membantu memperlambat munculnya tanda penuaan adalah pelembab atau moisturizer.

Jika diabaikan terus-menerus, kulit akan mengalami kekeringan dan memicu peradangan. Akhirnya, produksi kolagen akan terhambat dan kerutan halus pun muncul sedikit demi sedikit.

3. Skip Facial Wash Akan Menurunkan Efektivitas Skincare

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa facial wash mampu mengangkat kotoran yang ada pada kulit. Jika kulit bersih, proses penyerapan skincare lain seperti serum dan pelembab akan sempurna.

Percuma saja memakai skincare berkualitas tinggi tapi wajah tidak dibersihkan terlebih dahulu. Jadi, jangan skip bebersih kulit, ya! 

4. Make Up Lebih Sulit Menempel

Kulit yang sehat juga menjadi salah satu faktor keberhasilan make up. Contohnya saja idol KPop pada saat konser. Semakin berkeringat semakin flawless. Ini dikarenakan mereka melakukan skin prep terlebih dahulu.

Kulit yang tidak dirawat atau melewatkan skin prep sebelum make up akan menyebabkan tampilan yang kurang sempurna. Seperti, make up tidak tahan lama, sulit menempel, sulit diratakan dan lain sebagainya.

5. Memicu Tumbuhnya Jerawat dan Memperparah Jerawat

Tidak semua orang memiliki tipe kulit yang mudah berjerawat. Tapi, jika tidak dirawat lama kelamaan akan memicu timbulnya jerawat. Apalagi jika kondisi kulit dalam keadaan kering dan tidak segera diberi pelembab.

Jerawat juga dapat ditimbulkan dari pori-pori yang tersumbat oleh kotoran. Kulit berminyak juga rentan terhadap jerawat. Pilihlah produk yang sesuai dengan skin type yang kalian miliki.

Itulah manfaat skincare bagi kesehatan kulit. Yuk, mulai merawat kulit dengan rutin menggunakan skincare. “Bagaimana jika aku pemula?” Bisa dimulai dengan basic skincare untuk pemula, ya. Yuk baca tulisannya!

Sumber: IDN Times, jakartaaestheticclinic.co.id, senka.id

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.