3 Toko KPop di Korea, Recommended untuk Berburu Merchandise

Konten [Tampil]
3 Toko KPop di Korea, Recommended untuk Berburu Merchandise

Toko KPop di Korea adalah salah satu tujuan utama bagi KPopers yang sedang berlibur ke Korea. Kurang lengkap rasanya jika ke Korea tanpa berbelanja merchandise di pusatnya langsung.

Tapi, tahukah kalian bagaimana sih sejarah KPop hingga mendunia seperti sekarang? Sampai bisa memiliki genre musik sendiri, bahkan menjadi trendsetter khususnya bagi anak muda. Langsung saja, check it out!

Toko KPop di Korea

3 Toko KPop di Korea, Recommended untuk Berburu Merchandise

Saat berlibur ke negeri ginseng, kalian akan dengan mudah menemukan toko merchandise KPop, khususnya di kota Seoul selaku ibukota Korea Selatan. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi oleh para KPopers baik dari dalam maupun luar negeri. Inilah daftar toko KPop di Korea.

1. Myeongdong Street

Myeongdong adalah salah satu distrik yang menjadi pusat perbelanjaan di Seoul. Seperti namanya tempat shopping ini berada di jalanan Myeongdong.

Tepatnya di pertemuan dua jalan. Dimulai dari Stasiun Kereta Bawah Tanah Myeongdong (Seoul Subway No. 4) dan dari Lotte Department Store di Eulji-ro.

Disini, kalian bisa menemukan berbagai toko dengan produk beraneka ragam. Salah satunya merchandise KPop.

Selain pernak-pernik KPop, disini kalian juga dapat menemukan produk fesyen, makanan, make up, bahkan jasa seperti bank dan salon rambut.

Akses menuju Myeongdong Street bisa memakai kereta dengan dua rute, yakni
  • Kereta tujuan Eulji-ro 1-ga Station, line 2, exit 5
  • Kereta tujuan Myeongdong Station, line 4, exit 6
Info Selengkapnya
  • Alamat: 66, Eulji-ro, Jung-gu, Seoul
  • Jam buka (konsumsi/kuliner): 11 siang sampai 11 malam
  • Jam buka (non konsumsi): 10 pagi sampai 10 malam
  • For more info: +82-2-778-0333
  • Website: tour.junggu.seoul.kr

2. MusicKorea

MusicKorea adalah salah satu platform online store merchandise di Korea. Selain toko online, mereka juga punya offline store yang bisa kalian kunjungi di Korea langsung.

Disini, kalian bisa menemukan berbagai merchandise, salah satunya album. Koleksi album disini terbilang lengkap. Bahkan mereka juga membuka pre-order untuk album yang akan dirilis.

Info Selengkapnya 

  • Alamat: 99, Odo-ro, Paju-si, Gyeonggi-do, 10864 Korea Selatan
  • Jam buka: 9.30 - 18.00
  • Hari libur: Sabtu, Minggu dan hari besar
  • For more info: 031-946-8210
  • Website: musikkorea.com

3. KTOWN4U

Siapa yang tidak mengenal KTOWN4U? Tempat ini menjadi surganya pemburu merchandise. Selain terkenal dengan online store nya, situs ini juga memiliki offline store, lho.

Mereka memiliki dua toko yang bisa kalian kunjungi. Yang pertama ada di Coex Artium dan cabang kedua berada di Insa-dong.

Selain menjual merchandise, mereka juga menawarkan cafe dan KPop Academy. KTOWN4U buka dari pukul 12.siang hingga 8 malam.

Coex Artium
  • Alamat: Coex Artium 2F, 3F, 4F, 513 Yeongdong-daero, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Rute: Keluar dari Samseong Station melalui Exit 5 dan 6 Subway line 2, jalan lurus melewati Millenium Square, lalu naik tangga di sebelah Starbucks, dan kalian akan menjumpai gedung di sebelah kanan.
Cabang Insa-dong
  • Alamat: 3F, 49, Insadong-gil, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Rute: Keluar melalui pintu exit 6 Anguk Station di Subway line 3, masuk ke Insadong-gil, lurus sekitar 120 meter, offline store KTOWN4U berada di lantai 3 gedung Annyeong Insadong.

Sejarah Lahir Hingga Mendunianya KPop

3 Toko KPop di Korea, Recommended untuk Berburu Merchandise

Bagaimana sih awal mulanya KPop lahir dan sampai bisa melahirkan deretan toko KPop di Korea? Tidak hanya menduniakan musiknya, KPop bahkan turut membawa budaya Korea dikenal oleh seluruh dunia, lho.

1. Tahun 1950-an

Awal kepopuleran KPop dimulai sejak tahun 1950-an. Hayo, siapa yang baru tau? Bahkan beberapa sumber mengatakan jika musik genre baru ini muncul lebih lama dari tahun tersebut.

Artis pertama yang membawa identitas ini adalah The Kim Sisters. Grup ini menjadi grup Korea pertama yang muncul di chart Billboard.

Meskipun terkendala bahasa, mereka mampu menembus pasar Amerika dan juga menjadi grup KPop pertama yang meraih kesuksesan di negeri Paman Sam tersebut.

2. Tahun 1970-an

Pada tahun ini, musik rock mulai diperkenalkan dengan pelopornya adalah Cho Yong Pil. Selain pop dan rock, genre lain yang berkembang di Korea Selatan adalah musik trot yang merupakan gabungan musik tradisional dengan musik gospel/kerohanian.

Di tahun ini terjadi perselisihan politik di sana. Lahirlah lagu-lagu dengan lirik yang bertema kesadaran sosial dan anti bullying. Musik ini dipopulerkan oleh komposer rock-folk yaitu Kim Min Ki.

Dia adalah aktivis yang menggunakan musik sebagai wadah menyalurkan bentuk protes, hingga albumnya dilarang beredar. Salah satu lagunya yang populer berjudul “Morning Dew”.

3. Tahun 1990-an

Setelah mengalami perjalanan selama bertahun-tahun, akhirnya lahirlah musik dan mega fandom yang bisa kita nikmati hingga saat ini.

Grup KPop pertama yang lahir pada era ini adalah Seo Taiji and Boys. Mereka menggabungkan musik Pop Korea dengan Pop Amerika dan menciptakan koreografi hip-hop.

4. Generasi Pertama (90 - 00)

Setelah kesuksesan Seo Taiji and Boys yang berhasil menemukan ramuan baru di dunia musik Korea, generasi pertama KPop pun dimulai.

Di tahun inilah agensi-agensi yang kemudian disebut Big 3 mulai dibentuk. Idol KPop yang dianggap sebagai yang pertama adalah HOT.

Kenapa dianggap sebagai yang pertama? Mereka adalah grup dengan komposisi terbaik pada saat dan itu dan telah melewati masa pelatihan. HOT merilis lagu Candy pada tahun 1997, yang kemudian di-remake oleh NCT Dream pada tahun 2022 kemarin.

Grup lain yang terbentuk pada saat itu adalah boyband Sechskies yang debut pada 1997, SES yang debut pada tahun 1997 dan Fin.KL yang debut pada tahun 1998.

5. Generasi Kedua (00 - 10)

Gen 1 berakhir dan dimulailah gen 2 pada awal tahun 2000-an. Generasi ini diawali dengan debutnya GOD atau Groove Over Dose.

GOD kemudian diikuti dengan debutnya grup lain yang populer hingga saat ini yakni TVXQ.yang debut pada 2003. Setelahnya lahir grup-grup lain yang hingga sekarang masih meraih kepopulerannya.

Seperti Super Junior yang debut pada tahun 2005, BIGBANG yang debut pada 2006, juga F.T. ISLAND yang debut pada tahun 2007.

Selain grup-grup diatas, ada juga girl grup yang hingga saat ini masih tenar dan dikenal. Adalah SNSD/Girls Generation, Wonder Girls dan 2NE1.

Generasi inilah yang akhirnya membawa dan membuka jalan bagi KPop mulai dikenal di kancah internasional. Mereka mulai melakukan tur dunia, membintangi film dan drama, juga muncul di berbagai program TV.

6. Generasi Ketiga (10 - 18)

Jika generasi kedua adalah pembuka jalan bagi KPop dikenal dalam skala internasional, maka generasi ketiga adalah yang mempertahankannya hingga saat ini.

Bukan tanpa alasan, generasi kelima telah dimulai tapi generasi ketiga masih mendominasi. Terbukti dengan chart lagu di berbagai platform musik yang masih dikuasai oleh grup dari generasi ketiga. Seperti EXO, BTS, BLACKPINK dan Seventeen.

Konsep yang ditawarkan di generasi ini pun semakin bervariasi. Seperti EXO yang mengusung konsep planet yang sudah seperti memiliki ‘dunia’ nya sendiri, hingga BLACKPINK yang mengusung konsep girl crush.

Pada generasi ini juga, promosi grup mulai diperluas. Di era ini, sosmed mulai berkembang dan menjadi wadah untuk memperoleh kepopuleran yang lebih luas. Generasi ini mulai menggunakan Facebook, Instagram dan Twitter.

7. Generasi Keempat (18 - 23)

Memasuki generasi selanjutnya dimulai pada tahun 2018 hingga tahun 2023. Generasi ini lebih modern dan bisa dikatakan lebih dekat dengan fans.

Mereka menambah wadah promosi dengan memanfaatkan TikTok dan sosial media lainnya. Di generasi ini juga muncul inovasi aplikasi yang memungkinkan idol lebih leluasa berinteraksi dengan fans.

Diantara aplikasi tersebut adalah V Live dan Dear U Bubble. Dengan dua aplikasi tersebut, para idol dapat melakukan siaran live dan mengirim pesan walau di tengah malam sekalipun.

8. Generasi Kelima (23 - sekarang)

Generasi selanjutnya adalah generasi kelima yang baru saja dimulai. Sayangnya, awal dimulainya generasi ini memicu perdebatan di kalangan penggemar.

Mereka mendebatkan siapa grup yang membuka gen ini. Peralihan dari gen 4 ke gen 5 pun dianggap terlalu cepat. Penggemar juga menilai bahwa agensi hanya berlomba-lomba ingin mendapatkan posisi pertama.

Meskipun begitu, kelahiran gen 5 membawa warna baru di dunia KPop dengan musik yang lebih berwarna. Diantara grup yang lahir pada gen ini adalah RIIZE, ZEROBASEONE, BABYMONSTER dan XODIAC yang memiliki member asal Indonesia yakni Zayyan.

Wah, menarik ya sejarah lahirnya musik yang kita nikmati sehari-hari ini. Kalian yang pernah berkunjung ke Korea sudah mampir belum ke toko KPop di Korea yang sudah kita bahas di atas? Tulis pengalamanmu di bawah, ya!

Sumber: lafilm.edu, rukita.co

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.