EXO Album: EXIST, Kembalinya ‘King’ Gebrak Dunia KPop

Konten [Tampil]

 

EXO Album: EXIST, Kembalinya ‘King’ Gebrak Dunia KPop
Source: Instagram @weareoneexo

EXO-L mana suaranya! Setelah berabad-abad menunggu akhirnya EXO comeback dengan 7th EXO album yang bertajuk “EXIST”. Lebay banget berabad-abad, hehe. eh, bentar. Kokkayak ada yang salah sama judulnya, ya? bukannya 2 tahun yang lalu EXO sudah comeback?

Sini-sini, aku kasih tau, ya. jadi, EXO memang sudah merilis album dengan title track “Don’t Fight The Feeling” tepatnya pad atanggal 7 Juni 2021. Nah, album yang biasa disingkat menjadi “DFTF” ini merupakan special album. Sedangkan EXIST” adalah album ke-7 setelah dirilisnya “Obsession” yang merupakan album ke-6.

Urutan EXO Album Gimana Aja Sih?

Album “Don’t Fight The Feeling” sempat menjadi perdebatan kecil di tengah-tengah EXO-L setelah pengumuman comeback kali ini.pasalnya,banyak yang mengira jika “DFTF” merupakan album yang ke-7. Ternyata setelah dicek ulang album tersebut merupakan album spesial. Supaya kalian tidak bingung, inilah urutan EXO album dari debut hingga sekarang, dilansir dari Wikipedia berdasarkan waktu rilis.

1.     MAMA The 1st Mini Album (rilis April 2012)

2.     XOXO The 1st Album (rilis Juni 2013)

3.     XOXO The 1st Album Repackage (rilis Agustus 2013)

4.     Miracles in December Special Winter Album (rilis Desember 2013)

5.     Exology Chapter 1: The Lost Planet Live Album konser EXO yang pertama (rilis Desember 2014)

6.     EXODUS The 2nd Album (rilis Maret 2015)

7.     Love Me Right The 2nd Album Repackage (rilis Juni 2015)

8.     Overdose The 2nd Mini Album (rilis Mei 2015)

9.     Sing For You Special Winter Album (rilis Desember 2015)

10.  EXO Planet 2: The EXO’luXion Live Album konser EXO yang kedua (rilis Februari 2016)

11.  EX’ACT The 3rd Album (rilis Juni 2016)

12.  LOTTO The 3rd Album Repackage (rilis Agustus 2016)

13.  For Life Special Winter Album (rilis Desember 2016)

14.  The War The 4th Album (rilis Juli 2017)

15.  THE WAR: The Power of Music The 4th Album Repackage (rilis September 2017)

16.  EXO Planet 3: The EEXO’rDIUM Live Album konser EXO yang ketiga (rilis Oktober 2017)

17.  Universe Special Winter Album (rilis Desember 2017)

18.  Don’t Mess Up My Tempo The 5th Album (rilis November 2018)

19.  Love Shot The 5th Album Repackage (rilis Desember 2018)

20.  EXO Planet 4: The ElyXiOn Live Album konser EXO yang keempat (rilis Januari 2019)

21.  Obsession The 6th Album (rilis November 2019)

22.  EXO Planet 5: The EXplOration Live Album konser EXO yang kelima (rilis April 2020)

23.  Don’t Fight The Feeling Spesial Album (rilis Juni 2021)

24.  EXIST The 7th Album (rilis Juli 2023)

Meraih Septuple Million Seller dengan Album EXIST

Ada yang pernah mendengar septuple million seller? Mungkin bagi sebagian orang belum terlalu mahir bahasa Inggris seperti aku, kata-kata tersebut masih asing di telinga. Septuple menurut KBBI berarti berlipat tujuh.

Maksud dari predikat septuple million seller yang diraih oleh EXO ini adalah album ke-7 yang telah mencapai pre-order lebih dari 1 juta copies. Dengan album “EXIST” ini EXO meraih 1,6 juta kopi per tanggal 9 Juli 2023. Album ini masuk dalam PO tertinggi sepanjang waktu. DAEBAK!

Jika “EXIST” adalah albumke-7 yang menyentuh angka tersebut, lalu apa saja album yang sudah meraih angka penjualan tersebut?

EXO Album: EXIST, Kembalinya ‘King’ Gebrak Dunia KPop

Fakta Menarik Lainnya

Selain mendapat predikat septuple million seller, ada banyak fakta menarik yang mengiringi hadirnya EXO album ini. Apa aja?

1.     Hadir dengan Formasi Lengkap Namun Juga Tidak lengkap

Kembalinya boyband yang merupakan sunbae dari NCT Dream ini hadir dengan formasi lengkap, namun juga tidak lengkap. Maksudnya gimana tuh?

Awalnya EXO akan comeback dengan formasi lengkap yakni 8 member. Namun, pada tanggal 3 Mei 2023 agensi yang menaungi EXO yakni SM Entertainment mengumumkan bahwa Kai akan mulai menjalani wajib militer pada tanggal 11 Mei 2023. Akhirnya EXO hanya akan melakukan promosi dengan 7 member. Sedih banget, ya.

Meski begitu, pemiliki nama lengkap Kim Jong In ini muncul di 2 MV pre-release yaitu “Let Me In” dan “Hear Me Out”. Proses syuting 2 music video tersebut dilakukan sebelum Kai berangkat wamil. Sedangkan MV untuk title track album ini yakni “Cream Soda” dilakukan setelah Kai berangkat wamil. Jadi, member yang juga bagian dari SuperM ini tidak bisa berpartisipasi daam video klip tersebut.

Sebenarnya pihak agensi tidak mendadak mengirim Kai untuk menjalankan kewajiban tersebut. Sebelumnya member yang memiliki kulit berwarna eksotis ini telah menunda wamil sebanyak lima kali. Meski Kai tidak muncul dalam MV “Cream Soda” namun suaranya tetap mengisi lagu tersebut.

2.     Tidak Ada Lagu Berjudul “EXIST”

Jika umumnya sebuah album memiliki title track atau lagu yang berjudul sama, di albumnya yang ke-7 ini EXO tidak memiliki lagu yang sama judulnya dengan tajuk yang diusung. Album ini memiliki total 9 lagu, yaitu “Cream Soda”, “Regret It”, “Hear Me Out”, “Private Party”, “Cinderella”, “No Makeup”, “Love Fool”, “Another Day” dan terakhir adalah “Let Me In”. agu favorit kalian yang mana, nih?

3.     Dibuka dengan Pre-release 2 Lagu dan Punya 3 Music Video

Comeback EXO kali ini diawali dengan dirilisnya 2 music video seperti yang sudah dijelaskan diatas. 2 MV tersebut adalah video untuk lagu “Let Me In” yang dirilis pada tanggal 12 Juni 2023 dan “Hear Me Out” yang dirilis pada tanggal 30 Juni 2023.

Sebelumnya, lagu “Let Me In” sudah dinyanyikan oleh EXO di acara fanmeeting untuk merayakan anniversary EXO ke 11 tahun yang bertajuk EXO’ CLOCK. Fanmeeting ini diadakan pada tanggal 8-9 April 2023 di KSPO Dome, Olympic Park, Seoul.

Netizen menduga jika dinyanyikannya lagu sebelum tanggal rilis (pre-release) adalah strategi marketing terbaru dari SM Entertainment. Karena sebelumnya, aespa yang juga girlgroup besutan SM Entertainmnet melakukan hal yang sama di konser mereka.

4.     Memiliki Logo yang Berbeda di Setiap MV, Bahkan di Setiap Comeback

Sudah menjadi rahasia umum jika EXO memiliki logo yang berbeda pada setiap comeback mereka. Usut punya usut, beberapa logo tersebut dibuat oleh salah satu member yakni Park Chanyeol.

Di album yang menandakan kembalinya EXO ini juga memiliki icon yang berbeda dari album sebelumnya. Namun ternyata, dari 3 MV yang hadir meramaikan album ini juga memiliki logo yang berbeda-beda, lho.

EXO Album: EXIST, Kembalinya ‘King’ Gebrak Dunia KPop 

Comeback di ‘Bulannya’ KPop

EXO melangsungkan comeback nya pada tanggal 10 Juli 2023. Kenapa kok ‘bulannya’ KPop? Pasalnya, pada bulan ke tujuh ini banyak sekali idol KPop yang comeback dan ada pula yang debut.

NCT Dream yang merupakan ‘adik’ dari EXO juga akan merilis album mereka pada bulan yang sama tepatnya pada tanggal 17 Juli 2023 dengan tajuk “ISTJ”. Yang membuat comeback ini semakin ramai adalah tanggal comeback EXO bertepatan dengan debutnya boyband baru dari WakeOne yaitu Zerobaseone yang dibentuk dari Boys Planet 2023.

Banyak fans dari grup tersebut yang sedikit mengkhawatirkan idolanya karena debut bersamaan dengan comebacknya ‘king’. Tapi tenang, setiap grup punya porsi popularitasnya masing-masing. Semangat berkarya untuk Zhang Hao dan teman-teman!

Selain EXO, Zerobaseone dan NCT Dream, masih banyak loh grup-grup yang comeback di bulan ini. Siapa saja? ada ITZY, NewJeans, Jungkook BTS yang debut solo, Treasure, NMIXX, Forestella, SWAN (PURPLE KISS), Jun Seventeen, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah secuil kisah para pangerannya EXO-L haha. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya, ya! Dan sebagai penutup marikita saksikan MV dari EXO ini, hehe.

Sumber: Wikipedia

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.