3 Basic Skincare untuk Pemula, Wajib Ada di Rak Kosmetik

Konten [Tampil]

3 Basic Skincare untuk Pemula, Wajib Ada di Rak Kosmetik

Skincare akhir-akhir ini telah menjadi produk ‘wajib’ yang harus dipakai oleh setiap orang. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan pengetahuan yang cukup. Banyak yang mengabaikan dan tidak tau apa saja basic skincare untuk pemula

Kebanyakan mereka meniru teman atau famili yang cocok dengan skincare tertentu. Tanpa tahu apa saja basic skincare, padahal ini penting, lho. Tidak hanya meniru, memilih produk yang akan dipakai pun sembarangan. 

Inilah Basic Skincare untuk Pemula

3 Basic Skincare untuk Pemula, Wajib Ada di Rak Kosmetik

Dilansir dari alodokter.com, ada 3 basic skincare untuk pemula. Yaitu sunscreen, moisturizer dan facial wash. Tiga produk tersebut sangat berperan penting dalam melindungi kulit. Bagaimana peran mereka untuk kulit kita? 

1. Pembersih

Jika ada yang bilang “Pembersih adalah koentji”, aku akan sangat setuju. Karena percuma kalau pakai skincare lain tapi wajah tidak dibersihkan. 

Pembersih dapat membersihkan dan mengangkat kotoran juga debu dari pori-pori wajah. Jika pori-pori tersumbat kotoran, wajah akan terlihat kusam. 

Selain menjaga kebersihan kulit, pembersih dapat mengangkat minyak yang berlebih. Penumpukan minyak akan menghalangi meresapnya skincare. Nggak mau sia-sia dong udah pakai skincare tapi terhalang minyak membandel. 

Pembersih juga dapat mencerahkan wajah, membuat kulit wajah lebih halus dan lembut. Coba bedakan saat rutin membersihkan wajah dan jarang membersihkan wajah. Pasti akan terasa perbedaan teksturnya. 

Dilansir dari hellosehat.com, ada beberapa macam pembersih yang bisa kalian pilih. Apa saja?

  • Sabun batangan, tidak recommended untuk sabun cuci muka karena berpotensi sebagai tempat tumbuhnya bakteri dan dapat menyebabkan kulit kering.
  • Sabun cair, umumnya berupa gel, lotion atau krim. Cocok untuk semua jenis kulit, tergantung bahan dasar yang dipakai. 
  • Sabun cair tanpa busa, biasanya berupa gel atau lotion. Cocok untuk kulit kering, rentan dan sensitif. 
  • Cleansing balm, berupa krim atau kertas sekali pakai. Cocok untuk kulit kering dan biasanya dipakai untuk membersihkan make up yang bersifat anti air.
  • Micellar water, pembersih berbahan dasar air. Cocok untuk kulit sensitif dan umumnya dipakai untuk membersihkan make up
  • Cleansing oil, berbahan dasar minyak. Cocok untuk kulit kering, normal maupun kombinasi. Biasanya dipakai untuk membersihkan make up yang sulit dibersihkan dengan pembersih biasa. 
  • Soap free, pembersih bebas sabun atau kandungan sodium lauryl sulfate dan sodium laureth sulfate. Bagi sebagian orang dapat menyebabkan iritasi, dan sebagian lagi membutuhkan sabun ini sebelum perawatan chemical peeling

2. Pelembab

Pelembab atau yang juga disebut moisturizer merupakan basic skincare untuk pemula yang kedua. Sudah jelas dong ya fungsi utamanya adalah melembabkan kulit.

Bagi pemilik kulit kering, penggunaan produk ini sangat dianjurkan. Karena pelembab dapat menghidrasi kulit dan menjaga pH kulit. 

Kulit yang kering akan berpotensi mengalami radang, pelembab memegang peranan penting untuk permasalahan ini. Selain mencegah peradangan, pelembab juga dapat mempercepat pergantian sel. 

Selain itu, pelembab juga mampu melindungi kulit dari zat berbahaya, menghilangkan noda membandel dan menekan tanda penuaan. 

Ada 3 jenis moisturizer yang bisa kalian pilih, yaitu. 

  • Lotion, memiliki konsistensi paling ringan. 
  • Krim, lebih melembabkan dibanding lotion tetapi kurang melembabkan jika dibandingkan dengan salep. Memiliki tekstur yang kental dan halus.
  • Salep, memiliki tekstur yang paling kental dan memiliki konsistensi yang paling berat. 

3. Sunscreen

Basic skincare terakhir adalah sunscreen. Banyak yang mengira sunscreen atau tabir surya ini masuk ke dalam golongan make up, padahal tidak!

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang tidak boleh ditinggalkan. Sunscreen sama seperti pembersih yang merupakan ‘koentji’ dari rangkaian perawatan kulit. 

Sunscreen harus berada di urutan terakhir sebelum make up sebagai perlindungan terhadap sinar UV.

Kenapa tabir surya sepenting itu? Karena paparan sinar matahari efeknya tidak main-main. Bisa menyebabkan kerusakan kulit bahkan kanker kulit, lho. 

Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30, disarankan SPF 50, untuk memaksimalkan perlindungan terhadap pancaran sinar matahari. Oleskan minimal 15 menit sebelum keluar rumah, dan reapply setiap 2 jam sekali. 

Tips Memilih Skincare untuk Pemula

3 Basic Skincare untuk Pemula, Wajib Ada di Rak Kosmetik

Selain tidak mengutamakan pemakaian basic skincare untuk pemula, banyak orang awam yang tidak menyesuaikan skincare yang dipakai dengan kulit mereka. 

Alhasil, efek dari ketidakcocokan pada produk tersebut sangat terasa. Nah, bagaimana sih cara memilih skincare bagi pemula? Ini dia. 

1. Kenali Jenis Kulit 

Tips pertama dalam memilih basic produk perawatan kulit adalah dengan mengenali jenis kulit. Yang mana di setiap jenisnya memerlukan perlakuan yang berbeda. 

Umumnya, tipe kulit wajah dibagi menjadi 5, yaitu normal, kering, berminyak, sensitif dan kombinasi. Dengan mengenali jenis kulit, perjalanan memilih skincare yang cocok tidak akan berat. 

2. Pakai Basic Skincare Terlebih Dahulu 

Mau punya kulit putih seperti orang Korea? Kuatkan dulu basic skincare nya, jangan pakai produk macam-macam dulu. Jika kulit tidak ‘rewel’, basic skincare saja sudah cukup kok. 

Jika kulit sudah bermasalah, boleh memakai skincare tambahan. Seperti toner, eksfoliasi, serum, essence, krim malam, krim siang dan masih banyak lagi. 

3. Perhatikan Kandungan Bahan dan Sesuaikan dengan Skin Type Kalian 

Tidak semua bahan dasar pembuatan produk perawatan cocok dengan semua jenis kulit. Baca dan teliti terlebih dahulu bahan-bahan yang digunakan. 

Khusus untuk kulit sensitif, hindari produk yang mengandung bahan pemicu iritasi atau alergi yang dimiliki. Seperti alkohol, pewarna buatan dan pewangi. 

Bagaimana, sudah tau 'kan basic skincare untuk pemula? Ingat, ya, skincare dasar yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan adalah sunscreen. Apa sih fungsinya sunscreen? Yuk, baca tulisan ku tentang fungsi sunscreen disini!

Sumber: everydayhealth.com, nakita.grid.id, nivea.co.id

40 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Waahh terimakasih kak atas informasinya, bermanfaat sekaliii, bagus, aku suka dengan cara nulisnya, soalnya gampang difahami juga. Lopyu oll, MasyaAllah tabarakallah bunda bunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali ayange eunseok. Semoga bermanfaat ya

      Hapus
  2. Cowok juga harus memperhatikan ini ya kak. Pembersih, pelembab, sunscreen. Meski terkesan sepele tapi skincare ini jg berperan penting thd kegantengan cwok nih. Kan kalo cowoknya ganteng, pasti cwek2 bnyk yg suka kan. Begitu pula sebaliknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kak. Skincare tidak hanya untuk cewek aja ya, cowok juga perlu pake skincare.

      Hapus
  3. Rekomendasi produk produknya juga dong mbak, mau nyoba ini, kalau bisa sama reviewnya ya, makasih mbak☺

    BalasHapus
  4. Wah.. aku kurang 1 berarti nih, sunscreen! Padahal sunscreen basic banget ya. Otw beli su sunscreen deh habis ini. Makasih untuk tips memilih sunscreen nya, mb. Lengkap banget tulisannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak. Biar skincare lainnya lebih maksimal hasilnya. Semoga bermanfaat, ya!

      Hapus
  5. Waaah... Makasih banget... Biasanya aku cuma pake pelembab doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak. Dilengkapi skincare lainnya untuk investasi di masa depan hehe.

      Hapus
  6. Woylah aku cuman make sunscreen doang, kukira udah bagus itu plizzz, ternyata selama ini salah, sedih begete...ㅠㅠㅠ

    BalasHapus
  7. Waduh, kalau lihat konten @soappleasure malah sabunnya batangan semua itu, kira-kira gimana tuh :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soappleasure itu sabun natural ya kak. Mohon maaf artikel di atas penjelasannya kurang. Sabun natural itu tidak pakai deterjen, dan yang tidak direkomendasikan itu yang pakai deterjen. Tapiii, memang sabun batangan lebih rentan terhadap penumpukan bakteri. Monggo didiskusikan dengan brand terkait, ya.

      Hapus
  8. Dengan basic-nya dulu dikuatkan, pengaruh ke skin barrier juga bisa bikin sehat ya kak. Ini juga lagi daku terapkan, biar lebih makin sehat kulitku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betullss, yuk konsisten terus. Biar tetap sehat dan cantik tentunya.

      Hapus
  9. Meskipun hanya pakai make up tipis-tipis, tapi saya selalu melakukan pembersihan secara ganda (double cleansing). Pertama, pakai micellar water. Kedua, pakai facial wash. Buat saya, jadi terasa maksimal bersihnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiiih cakep nih. Kalo nggak double cleansing kayak ada yang kurang ya kak.

      Hapus
  10. Setuju, basic skin care harus ada di meja rias. Eh...kalau pembersihku berupa sabun wajah sih, jadi sedia di KM deh. Makin tambah usia, tambah serum...hihi...

    BalasHapus
  11. Saya karena kulit berminyak, untuk pelembab masih sering skip karena lebih cocok pakai sunscreen hybrid yang udah ada pelembabnya

    BalasHapus
  12. Wah ini sih skincare basic dasar yang harus dipenuhi SEBELUM beranjak ke skincare selanjutnya ya. Semoga banyak yang sudha prakterkin ini :)

    BalasHapus
  13. Aku pemakai skincare dasar :)) Bener, yang penting memang perawatan dasarnya. Pakai serum mah kadang-kadang aja. Pakai krim malam kalau ingat :))

    BalasHapus
  14. saya biasanya suka pake yang paketan begitu gapapa gak ya? Misalnya paketan sunscreen dan moisturizer. soalnya suka lupa kalo satu-satu gitu hehe

    BalasHapus
  15. Sejak zaman Ibu saya, saya sering lihat beliau pakai pembersih wajah. Katanya mengangkat kotoran di wajah dulu. Dan ternyata pembersih inilah kunci dari skincare ya Mbak.

    BalasHapus
  16. Aha, dulu sebelum rutin pakai skincare, saya benar-benar bingung harus mulai pakai apa dulu. Nah, bener sih, kalau untuk pemula cukup pembersih, pelembab, dan sunscreen.

    BalasHapus
  17. Aku pelembab ada, pembersih ada , suncscreennya yang ngga ada, tapi ada juga jarang make tipe orang yang kurang telaten, padahal bener luh klo pake rangkaian basic secara rutin ini pasti juga hasilnya akan keliatan di wajah.

    BalasHapus
  18. Aku sekarang ini lagi pake basic skincare doang setelah beberapa waktu lalu harus berhenti karena nggak cocok sama satu produk. Cuma memang cari pelembapnya yang emang udah mengandung sunscreen juga. Jadi, lebih ringkes aja gitu.

    BalasHapus
  19. Basic skincare sangat penting untuk kita yang ingin memiliki kulit terawat. Pengalaman saya, dengan rutin skincare-an basic, Alhamdulillah jerawat di wajah mereda, kusam juga berkurang.

    BalasHapus
  20. Basic Skincare ini yang punya istri. Saya kadang aja numpang. hehe. Btw, Tips dalam membeli skincare memang harus betul-betul memperhatikan banyak hal ya, Kak. Paling penting keamanan produknya.

    BalasHapus
  21. Ini aku sebagai cowok juga pengen skincarean. tapi apa daya saya tidak begitu paham. Tanya istri malah dia minta skinker dia wkwkw.. tapi ini bakal jadi acuan nih, thanks infonya kak

    BalasHapus
  22. Aku setiap hari pakainya pembersih dan pelembab aja sih. Kalau sunscreen jarang, kaya kebanyakan aja gitu, wkwkwk padahal ini basic ya. Duh emang harus rajin sih, aku males-malesan pakainya 😌

    BalasHapus
  23. Ternyata pelembab justru yang terpenting yaa mba, duh iyaa deh habisni beli moisturizer juga huhu.. kupikir cream malam, pagi, serum itu udah cukup, ternyata engga huhu

    BalasHapus
  24. Ah pas banget nih dengan kondisi saya. Kalau tiga bahan dasar skincare di rumah emang cuma ada pembersih, pelembab sama sunscreen aja.
    Sayangnya itu pun saya man jarang dipakai...

    BalasHapus
  25. Untuk penggunaan sehari-hari, sekarang aku justru lebih sering pakai moisturizer gel kak. Kalau pembersih ini yang susah, karena aku akhir-akhir ini justru lebih sering pakai sabun batangan. Ternyata nggak recomended yah?

    BalasHapus
  26. Pembersih itu wajib banget nget nget, jangan sampai ketinggalan. Kalau perlu pakai double cleanser deh...

    BalasHapus
  27. So far saya baru pakai pembersih. Next coba juga ya pelembab dan suncreen, minta dulu dah yang punyanya istri, siapa tahu cocok biar bisa barengan pakainya

    BalasHapus
  28. Pembersih dan Sunscreen sih yang aku gak bisa ketinggalan, kemana-mana selalu ku bawa. Kalau pelembab aku malah gak pakai hehehe... besok-besok bisa nih coba-coba pakai pelembab..

    BalasHapus
  29. Nah aku nggak pernah 3 basic Skin Care ini karena emang punya banyak manfaat buat kulit aku. By the way Aku lebih suka moisturizer yang bentuknya krim. Terus pakai sunscreen yang SPF 50 PA++++ karena rasanya lebih terlindungi aja gitu kulitnya dari efek buruk Uva dan UVB

    BalasHapus
  30. Penting banget mengenal jenis kulit yaa..
    Jadi, ketika memilih produk tuh beneran paham ingredientsnya bermanfaat.

    Aku masi trust issue ama facial wash berbentuk gel.
    Asa bersih atau engga?
    Hihihi.. kayanya cuma perasaan aku aja sih.. karena gak bikin kulit kering tuh berasa minyak di kulitku belum bersih sempurna. Kudu double cleansing aja apa yaa..??

    BalasHapus
  31. Dulu aku gak pernah pakai sunscreen karena aku anggap gak penting. Tapi setelah tau manfaatnya aku masukkan barang wajib dong. Basic skincare yang wajib ada malah.

    BalasHapus