Menyelami Fungsi Sunscreen dalam Proses Perawatan Kulit

Konten [Tampil]
Menyelami Fungsi Sunscreen dalam Proses Perawatan Kulit

Tabir surya atau bahasa kerennya sunscreen merupakan salah satu skincare terpenting yang sering diabaikan. Padahal fungsi sunscreen sangatlah penting untuk kesehatan kulit.

Selain sering diabaikan, produk satu ini sering disamakan dengan sunblock yang sudah lebih dulu populer. Kasihan sekali ya nasib sunscreen ini.

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Menyelami Fungsi Sunscreen dalam Proses Perawatan Kulit

Sebelum membicarakan apa saja fungsi sunscreen, alangkah baiknya kita belajar membedakan dulu dua produk yang sering disamakan. Siapa lagi kalau bukan sunscreen dan sunblock. Apa saja sih perbedaan keduanya?

1. Tekstur

Perbedaan pertama terletak pada tekstur kedua produk ini. Sunscreen memiliki tekstur yang lebih ringan dan tentunya lebih mudah menyerap. Karenanya, sunscreen lebih nyaman digunakan sehari-hari.

Berbeda dengan sunscreen, sunblock bertekstur lebih berat, kental dan proses penyerapannya lebih lama. Setelah diaplikasikan, kulit akan terasa lebih kaku memiliki lapisan diatasnya.

2. Kandungan

Dua produk yang sering disamakan ini nyatanya memiliki perbedaan kandungan, lho. Apa saja?

Sunscreen memiliki kandungan bahan kimia seperti octinoxate, avobenzone atau oxybenzone yang mampu menyerap sinar UV menjadi panas yang tidak berbahaya.

Sedangkan sunblock memiliki kandungan bahan mineral seperti seng oksida atau titanium dioksida. Kandungan ini berfungsi memantulkan sinar matahari.

3. Cara Kerja

Sunscreen dan sunblock sama-sama memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV. Namun, cara kerja dari keduanya berbeda.

Sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UV sebelum mencapai lapisan kulit. Sedangkan sunblock bekerja dengan cara membentuk lapisan di atas kulit.

4. Kemampuan

Sinar UV terdiri dari dua, yakni sinar UVA dan UVB. Dua produk ini memiliki kemampuan melindungi yang berbeda.

Beberapa jenis sunscreen hanya mampu melindungi dari sinar UVB saja. Namun ada beberapa yang mampu melindungi dari keduanya. Untuk itu, periksa bahan-bahan yang terkandung terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memakainya.

Sedangkan sunblock umumnya dapat melindungi kulit dari dua sinar tersebut. Ini berarti perlindungan yang dihasilkan oleh sunblock terhadap sinar UV lebih maksimal.

5. Bentuk

Perbedaan terakhir terletak pada bentuk produk. Sunscreen memiliki bentuk yang lebih beragam. Seperti lotion, krim, gel hingga spray. Sedangkan sunblock umumnya hanya berbentuk lotion atau krim.

Di beberapa produk kecantikan bahkan sudah mengandung sunscreen. Contohnya hand and body lotion, cushion dan BB cream.

Fungsi Sunscreen untuk Kulit

Menyelami Fungsi Sunscreen dalam Proses Perawatan Kulit

Gimana nih sudah bisa membedakan sunscreen dan sunblock ‘kan? Saatnya kita membicarakan apa saja fungsi sunscreen yang katanya sangat penting untuk kulit kita? Check it out!

1. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama akan menyebabkan meningkatnya risiko kanker kulit. Hanya dengan memakai sunscreen risiko tersebut bisa menurun, lho.

Siapa sih yang mau terserang penyakit seperti kanker? Apalagi kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling berbahaya.

2. Memberi Perlindungan dari Sinar Matahari

Fungsi sunscreen yang kedua dan paling utama adalah dapat memberikan perlindungan dari sinar UV. Tidak hanya berpotensi menyebabkan kanker kulit, sinar UV juga dapat menyebabkan kerusakan lain pada kulit.

Dengan memakai sunscreen, kita bisa mengurangi risiko-risiko yang mungkin akan terjadi. Apalagi bagi kalian yang sering beraktivitas di luar ruangan. Produk satu ini wajib ada di tas.

3. Mengurangi Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, kulit akan menunjukkan perubahan. Namun, banyak juga yang belum usianya kulit sudah menunjukkan perubahan tersebut. Contohnya adalah munculnya kerutan halus.

Hal ini merupakan salah satu tanda penuaan dini. Kabar baiknya, dengan rutin memakai sunscreen, risiko penuaan dini akan berkurang.

4. Mengurangi Noda Hitam di Wajah

Salah satu masalah kulit yang akan muncul jika terpapar sinar matahari dalam jumlah banyak adalah munculnya noda hitam.

Selain mampu mengurangi noda hitam di wajah, tabir surya juga diklaim dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan kerusakan pada skin barrier akibat paparan sinar matahari.

5. Mempertahankan Warna Kulit Agar Tetap Rata

Kulit belang adalah satu dari permasalahan kulit yang dihadapi oleh banyak orang, khususnya bagi wanita berhijab. Kulit belang ini menyebabkan rasa ketidakpercayaan diri turun.

Nah, sunscreen bisa nih membantu mengatasi kulit belang ini. Dengan memakai produk ini, kalian dapat mempertahankan warna kulit yang merata agar tidak belang.

Bagaimana jika sudah terlanjur belang? Kalian dapat memakai produk lain seperti serum vitamin C yang dapat membantu meratakan warna kulit.

6. Mengurangi Peradangan

Efek paparan sinar matahari selain menyebabkan noda hitam dan penuaan dini, juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan.

Kemerahan dan peradangan yang terjadi pada saat kulit terpapar sinar matahari bisa diatasi dengan pemakaian sunscreen. Jadi, jangan lupa selalu pakai sunscreen, ya.

Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Menyelami Fungsi Sunscreen dalam Proses Perawatan Kulit

“Aku sudah pakai sunscreen tapi kok kulitku sama saja seperti sebelum pakai sunscreen?” Kasus seperti ini banyak sekali ditemukan. Jawabannya ada pada cara pemakaiannya.

Konon katanya sunscreen tidak boleh dipakai asal-asalan. Pemakaian yang salah akan mengakibatkan sunscreen tidak berfungsi alias sia-sia. Nah gimana sih cara pakai sunscreen yang baik dan benar?

1. Pilih Produk yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan produk yang digunakan tepat dan sesuai dengan skin type kalian. Selain itu, pilihlah produk dengan spektrum luas yang dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB.
Karena sudah memakai sunscreen, bukan berarti kalian bisa bebas ya. Hindari paparan terus menerus agar kinerja sunscreen semakin maksimal.

2. Kocok Terlebih Dahulu Sebelum Digunakan

Ada beberapa jenis sunscreen yang mengharuskan pengguna mengocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Contohnya sunscreen yang gel dan spray.

Tujuan dari langkah ini adalah agar partikel yang bisa saja mengendap di bagian bawah akan tercampur kembali. Dengan begitu, sunscreen akan lebih maksimal dalam melindungi kulit kalian.

3. Apply 30 Menit Sebelum Keluar Rumah

Waktu pemakaian sunscreen pun ada aturannya. Yaitu 30 menit sebelum keluar rumah. Sumber lain mengatakan, jika kalian dalam keadaan terburu-buru, 15 menit sebelum harus sudah apply sunscreen.

Kenapa tidak boleh langsung keluar? Waktu tersebut adalah waktu yang ideal untuk kulit menyerap sunscreen dan mencegahnya luntur karena keringat.

Bagaimana jika ingin berenang? Kalian bisa memilih sunscreen yang tahan air. Jadi saat berenang kulit tetap terlindungi dari sinar UV.

4. Gunakan Sesuai Takaran

Dalam jurnal Frontiers in Medicine Dermatology disebutkan bahwa orang dewasa paling tidak memakai 35 ml untuk seluruh tubuh atau setara dengan 2 sdm penuh.

Untuk wajah, ada perbedaan pendapat dari para ahli. Menurut The British Medical Journal, tidak ada standar pasti dalam penggunaan sunscreen.

Sedangkan dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan bahwa penggunaan sunscreen yang benar adalah 2 ruas jari yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Kemudian oleskan merata pada wajah.

5. Pakai Secara Merata

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, gunakan sunscreen merata di area yang terbuka. Jadi tidak hanya wajah saja yang harus dilindungi dengan sunscreen.

Oleskan menyeluruh dan ratakan. Jika ingin memakai di area sekitar mata, oles pelan-pelan karena area tersebut sensitif.

6. Reapply Setiap 2 Jam Sekali

Meskipun sunscreen sudah dipakai sebelum make up atau keluar rumah, sunscreen harus tetap di reapply setiap 2 jam sekali jika sering beraktivitas di luar ruangan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  • Pastikan tangan sudah bersih.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu.
  • Pastikan wajah sudah kering.
  • Pilih sunscreen sesuai aktivitas, spray/bedak jika sudah ber-make up, krim jika tidak memakai make up.
Fungsi sunscreen ternyata tidak boleh dipandang sebelah mata, ya. Bagi kalian yang ingin mulai merawat kulit, bisa nih mengikuti step skincare orang Korea yang bisa dibaca disini

Sumber: halodoc.com, klikdokter.com,

20 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Laaah, baru tau kalo mau make sunscreen harus di kocok dulu. Selama ini aku salah berarti?! Ga pernah ak kocok terlebih dahulu eh..

    BalasHapus
  2. Boro-boro pake sunscreen, perawatan basic aja belas sama sekali, auto kerasa klo mandi kelobotnya mak prul Mak prul gtu. Klo udah gtu kadang nyesel banget.

    BalasHapus
  3. Aku banget ini, paling gak bisa kalau gak pakek sunscreen, apalagi waktu kegiatan diluar ruang. Kalau gak pakek berasa wajah kering kusam gak enak bangettt

    BalasHapus
  4. Baru tahu banget deh.. cara pakainya..emang harus dikocok ya.. makanya hasilnya tak maksimal

    BalasHapus
  5. Kukira sama.. ternyata berbeda yaa mba. Selama ini lebih sering pakai sunscreen ajaa,

    BalasHapus
  6. Aku juga nih suka ketuker mbak beda sunscreen sama sunblock. Kirain sama aja fungsinya, ternyata beda ya 😅 aku belum pernah sih kalau pakai sunblock. Kalau sunscreen itu pun juga jarang.

    BalasHapus
  7. waduh gagal paham dong ya saya selama ini, saya pikir sama nih, keduanya bisa melindungi dari sinar matahari, ternyata sistem kerjanya beda ya, lebih sering pakai sunblock kalau saya

    BalasHapus
  8. Ya ampun ku kira kalo sunscreen untuk wajah sunblock untuk badan hahaha sama2 bisa untuk badan dan wajah ya kak?

    BalasHapus
  9. selama ini ternyata aku cuma pake sunscreen, kurang sunblock :(

    BalasHapus
  10. aku nih yang baru baru ini menyadari pentingnya sunscreen dan baru juga pakai. Tapi kadang masih suka lupa jadi ya ngga dipakai tiap hari deh apalagi sampai reapply setiap 2 jam.

    BalasHapus
  11. hehe aku kira sama suncreen sama sunblok, kemarin beli sunscreen kok ndak cocok di wajah, udah deh aku pakai sublock aja dari pada ndak kepake hehe..

    BalasHapus
  12. Meskipun engga pakai makeup minimal pakai sunscreen sih ya mbak

    BalasHapus
  13. Untuk yang awam per-skincare-an seperti saya, ini pengetahuan banget lho tentang perbedaan sunscreen dengan sunblock

    BalasHapus
  14. Sebagai orang yang aktivitas hariannya antar jemput Anak, aku nggak bisa melewatkan sunscreen. Boleh dibilang sunscreen adalah perisai terakhir untuk menangkal UVA Dan UVB. Daripada udah kena bnoda Hiram dan sebagainya..gpp repot dikit sebelum pergi hehe

    BalasHapus
  15. Saya sudah bestie banget, nih, sama sunscreen. Bahkan, saat tidak kemana-mana pun sehabis mandi pasti langsung pakai sunscreen. Karena terbiasa, saya tidak merasa repot rutin memakainya. Malah mengenal karena baru tahu sunscreen sekarang-sekarang.

    BalasHapus
  16. dulu sebelum tau ilmunya, aku taunya yang kupakai sunblock eh ternyata sebenernya sunscreen, emang dasar ya kita kadang main pakai pakai aja tanpa tau sebenernya hasil bisa maksimal kalau kita tau jenis dan manfaat dari yang kita pakai

    BalasHapus
  17. Baru tahu kalau harus re-apply setiap 2 jam sekali. Harus sedia sunscreen kemana pun sedang pergi nih, biar kulitnya terlindungi.

    BalasHapus
  18. saya jarang reapply nih, wah berarti harus reapply sunscreen nih supaya hasilnya optimal, terimakasih remindernya

    BalasHapus
  19. Peer banget kalau mau reapply sunscreen padahal ini penting ya

    BalasHapus
  20. aku cukup ketar ketir juga masalah paparan sinar matahari yang mengenai kulit wajah. karena cenderung tipis, kulit diwajah, butuh olesan pemantul sinar X yaitu dengan sunccreen dan sunblock. tinggal disesuaikan kebutuhan dan penggunaannya saat apa

    BalasHapus