Mau Punya Kulit Flawless? Coba Step Skincare Korea Ini

Konten [Tampil]
Mau Punya Kulit Flawless? Coba Step Skincare Korea Ini

Siapa sih yang tidak mengidam-idamkan kulit putih seperti orang Korea? Selain putih, orang Korea juga terkenal memiliki kulit yang sehat. Ternyata rahasianya terletak pada step skincare Korea yang rutin dilakukan, lho.

Rutinitas perawatan kulit ala Korea ini juga termasuk 3 basic skincare yang kemarin sudah kita bahas. Penasaran? Langsung aja yuk, cusss!

10 Step Skincare Korea

Berikut ini adalah 10 step skincare Korea yang bisa kalian aplikasikan untuk kulit flawless dan sehat.

1. Remover Makeup

Makeup sudah melekat di keseharian para perempuan. Tapi, yang jadi masalah adalah kadang lupa membersihkannya. Hal ini bisa memicu permasalahan kulit, seperti jerawat.

Remover makeup sangat penting sebagai pencegahan permasalahan kulit akibat pori-pori tersumbat sisa makeup. Wanita Korea biasanya memakai remover makeup ini sebagai langkah awal dalam step skincare Korea.

Kalian bisa memakai produk cleansing, seperti cleansing balm, cleansing oil dan micellar water. Pilih yang sesuai dengan kondisi kulit kalian.
Mau Punya Kulit Flawless? Coba Step Skincare Korea Ini

2. Face Wash

Makeup remover saja tidak cukup. Untuk itulah diperlukan yang namanya double cleansing. Metode ini adalah metode cleansing dengan dua langkah.

Langkah pertama adalah dengan memakai makeup remover. Yang kedua adalah dengan face wash atau cuci muka. Di Korea, double cleansing menjadi hal wajib dalam proses perawatan kulit.

Meskipun rasanya sudah cukup membersihkan wajah dengan salah satu langkah saja, tapi hal itu tidaklah cukup. Kotoran tidak akan terangkat dengan sempurna.

3. Exfoliator

Langkah ketiga dalam rangkaian perawatan kulit ala Korea adalah memakai exfoliator. Apa itu? Exfoliator adalah produk yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Prosesnya disebut dengan eksfoliasi.

Exfoliator bertujuan mengangkat sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit yang lebih sehat. Langkah ini adalah salah satu kunci kulit halus orang Korea. Namun, step ini tidak wajib untuk dilakukan.

Kapan sebaiknya proses eksfoliasi dilakukan? Banyak yang berpendapat jika pengangkatan sel kulit mati ini dilakukan satu minggu dua kali. Rentan waktu tersebut cukup untuk menjaga kulit tetap halus.

Jika kalian ingin mengaplikasikannya setiap hari pun tidak apa-apa. Dengan catatan produk yang dipakai cukup lembut untuk penggunaan sehari-hari.

4. Hydrating Water

Setelah pengangkatan sel kulit mati yang berpotensi menyebabkan kulit lebih kering dari sebelumnya, saatnya mengembalikan kelembaban kulit dengan hydrating water.

Produk hydrating water yang umumnya dipakai adalah toner. Bagi kalian yang memiliki kulit kering, penuaan dini mulai muncul, produk ini berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit. Selain itu, toner juga berfungsi untuk menyiapkan kulit menerima skincare selanjutnya.

Pengaplikasian toner bisa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan dituangkan terlebih dahulu ke kapas seperti akan memakai remover makeup.

Yang kedua adalah langsung dituangkan ke telapak tangan yang sudah bersih dan ditepuk-tepuk ke wajah. Langkah kedua ini menjadi pilihan wanita Korea untuk pengaplikasian toner.

5. Essence

Step skincare Korea selanjutnya adalah essence. Berbeda dengan hydrating water yang hanya memberikan kelembaban, essence dapat menutrisi kulit hingga lebih halus dan kenyal.

Essence mampu menghidrasi hingga tingkat sel. Kunci glowing kulit wanita Korea adalah dari produk ini. Mereka percaya produk ini bisa memberikan efek cerah pada wajah.

6. Serum/ Ampoule

Masih dengan skincare yang berfungsi untuk melembabkan. Step selanjutnya adalah memakai serum. Produk ini berperan sebagai booster yang dapat melembabkan kulit.

Bedanya dengan essence adalah pada kandungannya. Dimana kandungan aktif dalam serum lebih tinggi sehingga hasilnya lebih cepat terasa.

Selain serum, ada lagi booster yang dapat melembabkan kulit, yaitu ampoule. Dilansir dari halodoc.com, ampoule memiliki konsentrasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan serum dan tanpa mengandung pengawet.

Biasanya, ampoule dijual dalam dosis kecil karena penggunaannya yang spesifik dan bukan termasuk skincare untuk penggunaan sehari-hari.

7. Masker

Ini nih yang kayaknya paling melekat di ingatan jika membicarakan skincare Korea. Biasanya, para idol sering memamerkan rutinitas mereka yang satu ini.

Biasanya, masker yang umumnya dipakai adalah sheet mask atau masker lembaran. Sama seperti exfoliator, penggunaan masker tidak wajib alias opsional.

Masker berfungsi untuk memberikan kelembaban yang intens dan nutrisi untuk kulit. Umumnya, masker dipakai setiap 2 sampai 3 kali dalam seminggu.
Mau Punya Kulit Flawless? Coba Step Skincare Korea Ini

8. Eye Cream

Area mata juga menjadi fokus utama perawatan kulit oleh wanita Korea. Pasti kalian sangat jarang kan melihat orang Korea memiliki kantung mata? Apalagi artis yang punya jam tidur lebih sedikit. Under eye nya kinclong-kinclong, euy.

Rahasianya terletak pada pemakaian eye cream. Setiap hari, mereka mengaplikasikan produk ini sebelum tidur. Tujuannya adalah mencegah kantung mata agar tidak hitam dan otot di area under eye tidak cepat kendur.

9. Moisturizer

Moisturizer atau pelembab adalah salah satu basic skincare yang tidak boleh dilewatkan. Meskipun sudah memakai essence, serum atau ampoule.

Kulit tetap butuh kadar air, untuk itu penggunaan moisturizer ini sangatlah penting. Produk ini biasanya diaplikasikan setiap dua kali sehari di pagi dan sore hari.

10. Sunscreen

Step terakhir adalah menggunakan sunscreen. Kunci utama perawatan kulit ada pada produk ini. Jadi, plissss jangan di-skip, ya!

Fungsi dari sunscreen tidak hanya sekedar menghalangi sinar matahari saja. Fungsi tabir surya lebih dari pada itu. Salah satunya adalah mencegah penuaan dini.

Para wanita Korea sangat-sangat aware dengan penggunaan tabir surya. Bahkan di dalam ruangan pun mereka tetap memakai sunscreen.

Wah, ternyata pemakaian produk perawatan kulit tidak boleh sembarangan, ya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, step skincare Korea ini harus urut dan jangan dilewatkan. Selain itu, kalian juga bisa membarenginya dengan memakai produk skincare Korea terbaik lainnya yang bisa dibaca di artikel selanjutnya.

Sumber: beuatynesia.id, koreanbeauty.com

17 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Banyak banget tahapan skincare untuk kulit flawless. Jujur aku paling males double cleansing gitu. Kalau remover makeup aku paling pakai facial wash aja, haha. Micellar water aku aja sampai kadaluarsa 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahapannya banyak tapi jadi muluuss malah jadi pengen yaa mbaa wkwkwk, beauty is pain ceunah

      Hapus
  2. ya Allah step stepnya banyak yaa.. kok aku kurang bisa telaten ya mbak. paling cuma cleanding foam sama exfoliator aja 2 hari sekali, masker jarang banget

    BalasHapus
  3. Kalo aku biasanya pake sheet mask di luar rangkaian skincare. Baru tau kalo mereka makenya begitu..

    BalasHapus
  4. banyak juga step skincarenya yaa dan baru tahu banget tentang ampoule ini..waahh makasii infonya mba Filza

    BalasHapus
  5. Sangat ribet untukku yang males kak 🥲, tapi apalah daya aku juga pengen kayak oppa oppa korea

    BalasHapus
  6. Ini kl diikutin smua bsa jdi kya orang Korea yh mbak?,,,, 😅, pengen coba tp dompet kosong,,, 🥲

    BalasHapus
  7. Wiih banyaknya ooy tahapannya, ada nggak ya yang bisa di skip tahapannya, yang basic² aja gitu, biar friendly buat kantong mahasiswa 🤭

    BalasHapus
  8. Wah, ternyata pemakaian tonnernya langsung ditepuk-tepukan di wajah ya, mungkin jadi terasa lebih segar. Mau coba ikutin step-stepnya nih, supaya kinclong

    BalasHapus
  9. Waah ternyata rangkaian skincare nya banyak juga ya. Pantas saja orang-orang Korea wajahnya mulus-mulus. Harus dipraktekkan nih kak, terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  10. Tak heran orang-orang Korea kulitnya sangat glowing, ternyata perawatannya saja lumayan harus sabar ya dengan 10 step skincare.
    Yang mau kulitnya mulus kaya idol-idol Korea, boleh juga nih tipsnya dicoba

    BalasHapus
  11. Cantik itu ternyata nggak murah ya. Jujur aku baru melakukan perawatan kulit setelah usia 30an ini. Untungnya baru sekarang, kalau dari dulu Uang gaji habis karena skinker aja haha.

    BalasHapus
  12. Ternyata rahasianya ini to, bening-bening ya artis Korea itu, kadang sampai melongo saya mengaguminya

    BalasHapus
  13. wahh.. ternyata panjang juga ya stepnya.. emak yang biasa pakai bedak doank kalau keluar-keluar kayak diriku bisa ampun-ampun kalau harus melewati banyak banget step skinerce. Tapi biar kulit wajah sehat boleh banget dicoba nih kedepannya.

    BalasHapus
  14. Banyak juga tahapannya, tetapi wajar, sih, karena tujuannya juga biar kulit kinclong seperti artis Korea. Kalau aku yang nggak pernah ke-skip itu sunscreen dan moisturizer.

    BalasHapus
  15. Pantesan muka-muka orang Korea glowing banget ya, ternyata oh ternyata, step skin care-nya aja luar biasa. Kayanya aku bakal bikin contekan dulu, karena takut salah langkah 🤣🤣

    BalasHapus
  16. Gimana ya kak biar ga males nglakuin 10 step itu.. apalagi kalau pas buru buru

    BalasHapus