koreanstuff.my.id

Daftar Coklat Korea Halal, Rekomendasi Oleh-oleh Untukmu

Posting Komentar
Konten [Tampil]

 

Daftar Coklat Korea Halal, Rekomendasi Oleh-oleh Untukmu

Bagi sebagian orang, liburan tanpa membeli oleh-oleh rasanya kurang lengkap. Buah tangan atau oleh-oleh ini biasanya berupa makanan, pernak-pernik, baju, atau barang-barang yang lain. Di tulisan kali ini, kita akan membahas daftar coklat Korea halal yang bisa jadi buah tangan saat liburan ke Korea.

Seperti yang kita tahu, coklat menjadi makanan favorit hampir semua kalangan usia. Terutama anak-anak. Karenanya, coklat bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang recommended.

Daftar Merek Coklat Korea Halal

Meskipun Korea termasuk negara dengan mayoritas nonmuslim, bukan berarti tidak ada makanan/minuman halal disana. Nah, apa saja sih merek coklat Korea halal yang bisa dijadikan oleh-oleh?

Daftar Coklat Korea Halal, Rekomendasi Oleh-oleh Untukmu

1.     Lotte Choco Pie

Lotte Choco Pie merupakan coklat yang diproduksi oleh PT LOTTE Indonesia dan diluncurkan pada 4 Februari 2016. Snack yang sering muncul di drama Korea ini memiliki slogan “Tiga kelezatan, satu kehangatan”. Tiga kelezatan yang dimaksud adalah softcake lembut dengan marsmallow fluffy ditengah dan dilapisi dengan coklat berkualitas.

Snack ini tersedia dalam tiga kemasan yakni Lotte Choco Pie Marshmallow 6 Pcs Per Pack, 2 Pcs Per Pack dan 1 Pcs Per Pack. Salah satu jajanan favorit para bocil kalau disini. Untuk kemasan 1 Pcs Per Pack dijual dengan harga 2000 rupiah, kalau disini tapi, ya. Tiap daerah bisa beda-beda harganya.

2.     Lotte Pepero

Selain Lotte Choco Pie, Lotte Pepero juga sering muncul di drakor, lho. Jika Jepang punya Pocky, maka Korea punya Pepero. Sama seperti Pocky, coklat Korea halal ini berbentuk stik yang dibalut dengan coklat yang lezat tentunya.

Lotte Pepero memiliki 6 rasa yang bisa jadi pilihan. Diantaranya adalah original, whote cookie, almond, crunchy, snowy almond dan choco filled. Kalian sudah pernah coba yang mana nih?

3.     Lotte Chaltteok Rice Cake Pie

Rekomendasi coklat yang ketiga juga dari Lotte, yakni Lotte Chaltteok Rice Cake Pie. Seperti namanya, bahan dasar snack ini adalah tteok atau kue beras yang dipadukan dengan pie coklat yang manis.

Saran penyajian yang paling recommended untuk jajanan satu ini adalah dengan memasukkannya ke dalam freezer dan disajikan saat masih dingin. Kalian akan merasakan paduan rasa kenyal dari tteok dan kelembutan coklat.

4.     Orion Chocolate ‘Mushroom’ Biscuits

Coklat keempat datang dari Orion yakni Orion Chocolate ‘Mushroom’ Biscuits. Produk ini merupakan biskuit dengan sentuhan coklat diatasnya hingga berbentuk seperti jamur.  Snack ini cocok disajikan saat natal, tahun baru dan perayaan ulang tahun. Tersedia kemasan 50 gr.

5.      Lotte Ghana Milk Chocolate

Lotte Ghana Milk Chocolate adalah coklat Korea halal selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan oleh-oleh. Produk ini terbuat dari susu dan coklat yang berkualitas tinggi. Camilan ini memiliki rasa yang creamy, tekstur lembut dan meleleh di mulut.

6.        Kemy Mini Crispy Roll 21

Cari snack Korea yang dipanggang dan tidak digoreng? Kemy Mini Crispy Roll 21 ini bisa jadi jawabannya. Produk ini melewati proses pemanggangan yang sempurna dengan bagian tengah yang masih lembut.

Dinamakan Kemy Mini Crispy Roll 21 karena terbuat dari 21 biji-bijian. Yakni jagung, beras merah, nasi putih, millet ketan, millet, barley, gandum hitam, sorgum, kacang hitam, beras ketan, soba, kacang hitam, wijen hitam, kacang hijau, beras hitam, kacang adzuki, kacang merah, ketan hitam, seolitae, seomogtae, biji wijen dan kacang polong.

7.     Orion Korean Cake with Chocolate

Orion sepertinya merek yang muslim friendly, ya. Camilan kedua dari orion yakni Orion Korean Cake with Chocolate termasuk jajaran coklat Korea halal. Jajanan ini memiliki bentuk yang mirip dengan Lotte Choco Pie. Orion Korean Cake with Chocolate memiliki kemasan berukuran 468 gram yang terdiri dari 12 pcs.  

Cara Cek Kehalalan Produk Korea

“Produk ini halal atau tidak, ya?” Pertanyaan tersebut adalah salah satu ungkapan keraguan dari umat muslim. Karena seperti yang kita tahu, agama Islam melarang umatnya makan makanan yang dilarang dalam syariat Islam. Nah, bagaimana sih cara membedakan halal tidaknya suatu produk?

1.     Cek Logo Halal

Cara pertama dan paling mudah dilakukan adalah cek logo halal yang ada di kemasan produk. Kita tidak perlu repot-repot belajar bahasa hangeul agar bisa membaca komposisi pada kemasan produk.

Meskipun Korea adalah negara dengan minoritas kaum muslim, mereka juga punya logo halal, lho. Logo ini dikeluarkan oleh KMF, yang merupakan lembaga resmi yang telah diakui oleh pemerintah. Dikutip dari nu.or.id, tugas dari lembaga ini adalah sebagai pengelola kegiatan keagamaan Islam. Seperti pendidikan, pelatihan, pusat halal nasional, pengaturan jamaah haji dan penetapan tanggal penting.

Lembaga yang memiliki kepanjangan Korea Muslim Federation ini memiliki kantor pusat di Seoul dan beberapa kantor cabang, salah satunya adalah di Busan. Logo halal Korea memiliki warna hijau dan putih, logo masjid dengan tulisan halal dalam bahasa Arab di tengah kubah masjid, serta tulisan HALAL dan Korea Muslim Federation Halal Committee dibawah gambar masjid.

Daftar Coklat Korea Halal, Rekomendasi Oleh-oleh Untukmu
Logo Halal Korea
Source: kmfhalal.org

2.     Cek Komposisi

Langkah kedua adalah dengan melihat komposisi produk yang akan kita beli. Dari situ, kita bisa tahu, apakah produk tersebut mengandung bahan-bahan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh umat muslim atau tidak. Sayangnya, kebanyakan produk Korea menggunakan bahasa hangeul di kemasannya.

Ada beberapa kata yang bisa menjadi patokan halal tidaknya suatu produk yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini, ya. 

Daftar Coklat Korea Halal, Rekomendasi Oleh-oleh Untukmu

3.     Cek dengan Aplikasi Halal

Di era serba canggih ini, kalian bisa melakukan apapun dengan smartphone. Salah satunya adalah untuk memeriksa kehalalan coklat Korea halal yang sedang dicari. Kalian bisa memakai aplikasi Halal MUI atau Halal Korea. Penggunaannya pun cukup mudah. Kalian tinggal memasukkan nama atau kode produk pada aplikasi tersebut.

4.     Cari di Rekomendasi Lembaga Halal

Cara keempat untuk melihat produk Korea yang halal adalah dengan mencari rekomendasi produk di lembaga halal yang terpercaya seperti MUI. Selain MUI, kalian juga bisa melihat list produk Korea halal di Lembaga Pengkajian Pangan. Lembaga-lembaga tersebut sudah memberikan sertifikasi halal untuk beberapa produk Korea.

5.     Cari Informasi Lebih Banyak

Cara terakhir mendeteksi halal atau tidaknya suatu produk adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Kalian dapat bertanya pada pramuniaga di toko tersebut. Dengan begitu, kita dapat memastikan kehalalan produk tersebut.

Seperti kata pepatah “Malu bertanya sesat di jalan.”

Akhirnya kita sampai di penghujung tulisan ini. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya! Jadi, coklat Korea halal mana nih yang akan kalian jadikan pilihan oleh-oleh saat liburan ke negeri ginseng tersebut?

Sumber: iqipedia.com, nu.or.id

Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

Posting Komentar