koreanstuff.my.id

3 Franchise Dibawah 50 Juta untuk Bisnis F&B Mu

Posting Komentar
Konten [Tampil]

3 Franchise Dibawah 50 Juta unuk Bisnis F&B Mu

Bisnis food and beverage atau yang dikenal dengan F&B/FnB merupakan bisnis yang bergerak dibidang makanan dan minuman. Peluang usaha ini cukup besar dan ada berbagai cara untuk memasukinya. Daftar sebagai mitra usaha franchise dibawah 50 juta salah satunya.

Memulai usaha FnB dengan jalur franchise tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja sih kelebihdan dan kekurangan dari franchise itu? Check it out!

Franchise Dibawah 50 Juta

Dalam memulai bisnis, hal pertama dan utama yang harus disiapkan adalah modal. Nah, bagi kalian yang memiliki modal pas-pasan, kita punya solusinya, nih. Apakah itu? Caranya adalah bergabung dengan franchise dibawah 50 juta. Berikut ini adalah daftarnya.

1.     Arofah Kebab

Seperti namanya, Arofah Kebab adalah franchise dengan menu utama kebab. Selain itu, Arofah Kebab juga menyediakan hotbeef dan burger. Mereka selalu berinovasi menciptakan berbagai kebab varian baru. Brand dengan klaim “spesialis kebab” ini didirikan oleh Mutoharoh, dan bernaung dibawah CV. Indoberkah Mandiri Sejahtera.

Arofah Kebab telah berdiri sejak tahun 2013 dan telah memiliki lebih dari 500 cabang. Waralaba kebab ini telah tersebar di beberapa kota, diantaranya adalah Bandung, Jabodetabek, Lampung, Balikpapan, Makassar dan Pangkal Pinang. Mereka telah meraih beberapa penghargaan, lho. Salah satunya adalah “TrustMark 2022”. Untuk bergabung dengan Arofah Kebab kalian perlu menyiapkan modal sebesar 35 juta.

3 Franchise Dibawah 50 Juta untuk Bisnis F&B Mu

Keunggulan Arofah Kebab

  • Franchisee dapat menjalankan usahanya secara mandiri ataupun dibantu oleh tim. 
  • Pemilihan lokasi yang strategis dapat dibantu oleh tim, dan jika diperlukan akan dibantu dengan pegawai yang kompeten.
  • Menggunakan bahan baku premium dan menyediakan layanan antar langsung ke lokasi mitra. 
  • Adanya garansi pindah lokasi gerai dan pegawai jika omset tidak sesuai standar harapan. 
  • Biaya kemitraan lebih terjangkau dengan fasilitas yang lebih lengkap. 

Alamat dan Kontak

  • Alamat: Jl. Raya Pondok Cipta No. 33, RT. 004 RW. 008 Bintara, Kec. Bekasi Barat, Kota Bekasi Jawa Barat 17134
  • No. Telp.: (021) 889 68601/0813 8629 3056
  • Email: info@arofahkebab.com/arofahkebab@gmail.com
  • Website: arofahkebab.com

2.      Sabana Fried Chicken

Franchise dibawah 50 juta selanjutnya adalah Sabana Fried Chicken. Brand satu ini bisa jadi pilihan kalian dalam berbisnis, khususnya bagi yang menjadikan ayam sebagai makanan favorit. Sabana Fried Chicken telah berdiri sejak 8 Agustus 2006 dan telah dipercaya mitra di Pulau Jawa dan Sumatera.

Ada cerita menarik nih dibalik berdirinya Sabana Fried Chicken. Awal mula diciptakan waralaba fried chicken ini adalah karena kekhawatiran sang founder, yaitu bapak H. Syamsalis, akan produk ayam yang telah beredar di pasaran belum jelas kualitas dan proses penyembelihannya. Karena itulah, franchise yang berpusat di Bekasi ini bertekad memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan fried chicken yang halal, bergizi dan juga nikmat. 

Sabana Fried Chicken hanya bekerjasama dengan rumah potong ayam yang bersertifikasi halal, sehingga kehalalannya terjamin dan menghasilkan produk yang berkualitas. Mereka juga telah memperoleh berbagai penghargaan. Yang terbaru diraih pada tahun 2019 lalu yaitu “No. 1 Franchise Choice Award”. Untuk bergabung bersama Sabana Fried Chicken, kalian hanya perlu menyiapkan modal sebesar 22 juta. 

3 Franchise Dibawah 50 Juta untuk Bisnis F&B Mu

Keunggulan Sabana Fried Chicken

  • Penyembelihan ayam sesuai dengan syariat Islam.
  • Proses pencucian selama 5 kali dengan air mengalir.
  • Modern, higienis dan tanpa pengawet.
  • Menggunakan bahan alami sehingga lebih sehat. 
  • Telah memiliki sertifikat halal MUI.
  • 100% produk Indonesia.
  • Free royalty, promosi, survei, pelatihan dan support manajemen. 

Alamat dan Kontak

  • Alamat: Jl. Jatimakmur No.36 Kel.Jatimakmur, Kec. Pondok Gede, Kota Bekasi
  • No. Telp.: 082121210068
  • Email: info@sabana.co.id
  • Website: sabana.co.id

3.      Tahu Jeletot Taisi

Franchise dibawah 50 juta selanjutnya adalah Tahu Jeletot Taisi. Bagi kalian pecinta pedas, bisa banget coba bergabung dengan franchise tahu ini. Waralaba ini telah berdiri sejak tahun 2012. 

Brand makanan ringan ini telah berhasil mendirikan 500 cabang dalam kurun waktu yang cukup singkat yakni 10 tahun. Untuk modal, kalian dapat menyiapkan dana sebesar 20 sampai 55 juta untuk mendapatkan paket lengkap dari Tahu Jeletot Taisi. 

3 Franchise Dibawah 50 Juta untuk Bisnis F&B Mu

Keunggulan Tahu Jeletot Taisi

  • Proses pembukaan usaha terbilang mudah dan tidak ribet dengan harga yang terjangkau. 
  • Cocok untuk pemula di dunia bisnis. Karena tidak perlu memikirkan perencanaan, tes produk dan survei pasar. 
  • Akan menghasilkan, mengingat mereka sudah terkenal, dan akan pay back dalam kurun waktu 6 bulan. 

Alamat dan Kontak 

  • Alamat: Graha Taisi, Jl. Raya Sawangan, Gg. Kost Warteg Adi No. 8 RT.04 RW.04 Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat
  • No. Telp.: 021-77 88 88 99/0811 8585
  • Email: 808tahujeletottaisi@gmail.com
  • Website: tahujeletot.com

Kelebihan dan Kekurangan Franchise

Berbisnis apapun itu, pasti memiliki lebih dan kurangnya masing-masing. Termasuk menjadi seorang franchisee atau orang yang bermitra dengan pemilik franchise (waralaba). Bekerjasama dengan frachisor (pemilik franchise) berapapun modalnya pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini juga berlaku untuk franchise dibawah 50 juta. Apa saja sih kelebihan dan kekurangan franchise?

Kelebihan Franchise

3 Franchise Dibawah 50 Juta untuk Bisnis F&B Mu

1.     Brand Sudah Lebih Dahulu Dikenal Masyarakat

Keunungan pertama yang akan kalian dapatkan saat bergabung bersama waralaba atau franchise  adalah memiliki usaha dengan nama yang sudah dikenal oleh masyarakat. Biasanya, mereka telah memiliki konsumen dan pangsa pasarnya sendiri. Dengan begitu, kalian tidak perlu melakukan analisis pesaing dan strategi marketing.

2.     Manajemen Bisnis Sudah Tertata

Saat membangun usaha dari nol, kita harus memikirkan manajemen yang sesuai dengan bisnis kita. Berbeda dengan franchise yang sudah memiliki manajemen yang telah matang. Umumnya, para franchisor membuka kesempatan kerjasama jika bisnis yang dia bangun telah memiliki pasar dan reputasi. Strategi nya juga biasnaya sudah sampai ditahap berkelanjutan.

3.     Kemudahan Menajemen Finansial

Setiap waralaba memiliki aturan dan manajemennya masing-masing. Tak terkecuali dengan manajemen keuangan. Biasanya sistem manajemen finansial telah diatur oleh pemilik franchise/waralaba. Investor juga cenderung menyukai bisnis yang telah memiliki marketing serta keuangan yang kokoh.

4.     Kerjasama Terbangun Sejak Awal

Enaknya bergabung menjadi mitra usaha franchise adalah kalian tidak perlu repot-repot membangun kerjasama dengan berbagai pihak dari awal. Karena kerjasama tersebut pastinya sudah dibangun oleh pemilik franchise. Contoh dari kerjasama ini antara lain kerjasama dengan pemasok bahan baku, iklan, dll. Selain itu, biasanya franchisor juga akan memberikan beberapa pelatihan untuk franchisee.

5.     Peluang untuk Sukses Lebih Cepat

Umumnya, franchisee akan memiliki peluang sukses yang lebih besar. Hal ini dikarenakan franchise telah memiliki konsumen, dan tak jarang dari mereka yang loyal. Reputasi mereka pun telah bagus, sehingga kalian tidak perlu memulainya dari awal.

Kekurangan Franchise

3 Franchise Dibawah 50 Juta untuk Bisnis F&B Mu

1.     Franchisee Kurang ‘Berkuasa’

Karena manajemen yang sudah diatur oleh pihak franchisor, franchisee biasanya akan lebih sulit mengatur bisnisnya. Ide-ide yang dimiliki akan sulit dikembangkan, kreatifitas tidak dapat diaplikasikan, ruang gerak pun terbatas. Hal ini terjadi karena adanya perjanjian khusus yang telah disepakati di awal kerjasama.

2.     Reputasi Tergantung Teman Franchisee di Brand yang Sama

Meski telah memiliki nama baik dan konsumen tetap, hal ini tidak menjamin reputasi akan selalu bagus. Jika ada franchisee lain melakukan kesalahan yang berakibat pada rusaknya reputasi, waralaba yang sedang kalian kelola pun akan terkena dampak rusaknya reputasi tersebut.

3.     Konsumen Terjebak Trend Pasar

Trend akan selalu berubah-ubah, hal ini pun berpengaruh pada pembelian konsumen. Karena kebanyakan masyarakat cenderung lebih mengikuti trend yang sedang berlangsung.

4.     Pemotongan Keuntungan/Royalti

Bekerjasama dengan waralaba tidak hanya membutuhkan modal di awal saja. Setiap bulannya franchisee diwajibkan membayar royalti dari keuntungan yang telah diperoleh kepada franchisor.

Daftar franchise dibawah 50 juta sudah kita bahas. Kelebihan dan kekurangannya pun sudah. Setelah membaca tulisan ini, sudahkah kalian tercerahkan?

Sumber: jurnal.id, supportstartup.net

Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

Posting Komentar