koreanstuff.my.id

Perbandingan Interior Rumah Jepang Modern Home & Rumah Korea Modern Home

Posting Komentar
Konten [Tampil]


Perbandingan Interior Rumah Jepang Modern Home & Rumah Korea Modern Home

Setiap negara memiliki budaya dan ciri khasnya masing-masing. Tidak terkecuali Jepang dan Korea, dua negara yang terletak di Asia Timur dan bertetangga. Ciri khas tersebut dapat dilihat dari berbagai bangunan yang berjajar di negara ini. Termasuk rumah dan interiornya. Tapi, bagaimana sih interior rumah Jepang modern home dan rumah Korea dengan gaya modern

Seperti yang kita tahu, desain tempat tinggal, baik rumah maupun apartemen memiliki berbagai desain yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari klasik, minimalis hingga modern. 

Interior Rumah Jepang Modern Home

Dulu, saat kecil aku ingin memiliki rumah bergaya Jepang akibat sering menonton Doraemon. Ada yang punya pengalaman yang sama? Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas interior rumah Jepang modern home. Untuk menciptakan rumah ala Jepang yang bergaya modern harus punya interior yang bagaimana sih?

1.     Meminimalisir Dekorasi Rumah

Rumah Jepang bergaya modern memiliki dekorasi yang minimalis. Hal yang terpancar dari interior rumah modern ala Jepang adalah seni garis pose. Lukisan atau hiasan dinding apapun harus memiliki garis tepi yang bersih dan jelas. Usahakan jangan buat dinding terlihat padat dan penuh. Kuncinya terletak pada kerapian penataan dekorasi rumah.

2.     Memakai Furniture Kayu

Ciri khas interior rumah Jepang adalah menampilkan motif kayu tradisional dengan garis yang bersih dan menampilkan kesan sederhana. Untuk lebih menambah kesan rapi pada permukaan perabot, beri minyak untuk memperbaiki tekstur kayu.  

3.     Memakai Tatami 

Perbandingan Interior Rumah Jepang Modern Home & Rumah Korea Modern Home
Sumber: fun-japan.jp

Selain memakai furniture kayu, interior rumah Jepang modern home juga memadupadankan dengan karpet serat alami dengan warna yang terang. Karpet serat alami Jepang ini biasa disebut tatami. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan hangat.

4.     Memakai Interior Bernuansa Alam

Selain memakai furniture kayu, rumah modern ala Jepang juga memakai interior yang bernuansa alami lainnya dengan memberikan sentuhan hijau pada ruangan. Nuansa alam ini akan memberikan kesan santai pada ruangan. Letakkan beberapa pohon di sudut ruangan. Namun, perhatikan kecocokan ruangan dengan dekorasi tersebut, jika penempatan tidak tepat, ruangan akan terlihat berantakan.

5.     Memilih Warna yang Netral

Ciri khas lain dari interior rumah Jepang bergaya modern adalah pemilihan warna netral untuk dinding ruangan. Kunci dari pemilihan warna ini adalah serasikan warna dengan warna alam. Perbanyak warna putih pada ruangan, untuk elemen coklat dan hijau diambil dari furniture kayu dan dekorasi.

6.     Memberi Lebih Banyak Akses untuk Cahaya Matahari

Perbandingan Interior Rumah Jepang Modern Home & Rumah Korea Modern Home
Sumber: IDN Times

Untuk lebih menambah kesan alamnya, beri akses yang lebih banyak untuk cahaya matahari. Kalian bisa menambahkan skylight atau jendela besar yang menjulang dari lantai dasar ke lantai atas. Jendela ini bisa diletakkan di samping tangga persis. Jadi tangga pun akan mendapatkan lebih banyak cahaya. Rumah dengan cahaya matahari yang melimpah dipercaya dapat membawa ketenangan pikiran dan tubuh.

Interior Rumah Korea Modern Home

Interior rumah Jepang modern home sudah dibahas. Saatnya kita membahas rumah bergaya modern ala Korea. Bagaimana sih perbedaannya dengan Jepang punya? Check it out!

1.     Memiliki Pencahayaan Alami Lebih Banyak Namun dengan Nuansa Lebih Lembut

Ciri khas rumah bergaya modern ala Korea yang pertama ini sama seperti rumah ala Jepang. Namun, rumah ala Korea memiliki pencahayaan yang lebih lembut. Cahaya tetap maksimal masuk ke dalam ruangan namun tidak terlalu silau. Hal ini dikarenakan sistem pencahayaan terdapat pada tengah ruangan serta penggunaan kap lampu pada malam hari agar tidak terlalu terang dan silau.

2.     Penggunaan Furniture Kayu dan Lantai Kayu Berwarna Cerah

Interior rumah Jepang modern home dan rumah Korea bergaya modern sama-sama memilih furniture kayu untuk perabotannya. Namun, pemilihan warna furniture pada rumah ala Korea lebih cerah. Karena pemilihan kayu dengan warna gelap bertolak belakang dengan interior rumah bergaya Korea. hal ini pun berlaku untuk pemilihan lantai kayu. Pemilihan warna cerah ini bertujuan agar rumah memiliki kesan nyaman dan sejuk.

3.     Konsep Ruangan Open Plan

Perbandingan Interior Rumah Jepang Modern Home & Rumah Korea Modern Home
Sumber: vistaresidences.com

Apa kalian suka nonton drakor atau film Korea? Jika diperhatikan, apartemen atau rumah di Korea terlihat luas walaupun lahan yang digunakan terbilang sempit. Hal Ini dikarenakan hunian ala Korea mengusung konsep open plan. Konsep ini menggabungkan dua atau tiga ruangan menjadi satu dengan menambahkan sedikit sekat atau bahkan tidak memakai sekat sama sekali. Jangan lupa, perhatikan penataan agar terlihat rapi dan tidak terkesan berantakan.

4.     Perpaduan Warna yang Sederhana

Paduan warna menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam menyusun interior rumah bergaya Korea. Biasanya, warna yang dipilih tidak lebih dari tiga. Jika warna yang dipilih terlalu banyak, hal ini akan membuat ruangan terlalu ramai dan akan jauh dari kesan rapi dan sederhana.  

5.     Lantai Sebagai Tempat Utama Aktivitas

Orang Korea suka sekali memanfaatkan lantai sebagai sentra aktivitas mereka. Hal ini sama dengan konsep hidup orang Jepang. Untuk Itu, lantai dibuat senyaman mungkin untuk aktivitas sehari-hari. Selain menggunakan lantai kayu, penambahan furniture lain akan memberikan kesan nyaman seperti penambahan meja kayu pendek dan karpet bulu.

6.     Penambahan Rak Buku Eye-Catching

Perbandingan Interior Rumah Jepang Modern Home & Rumah Korea Modern Home
Sumber: alacasa.id

Hal terakhir yang menjadi ciri khas dari rumah modern ala Korea adalah penambahan rak buku yang tentunya eye-catching atau enak dipandang. Penambahan rak kayu pada rumah-rumah di Korea ini untuk mendukung hobi masyarakat Korea yang gemar membaca.

Itulah dia perbandingan interior rumah Jepang modern home dan Korea punya. Kalian ingin konsep mana untuk hunian kalian?

Sumber: bramblefurniture.com, titipjepang.com

Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

Posting Komentar