Korean Stuff

Serba-serbi Furniture Ala Korea Inspirasi dalam Menata Rumah

Konten [Tampil]

Serba-serbi Furniture Ala Korea Inspirasi dalam Menata Rumah

Mengulik Furniture Ala Korea pasti tidak akan ada habisnya. Apalagi bagi para pecinta drakor. Perabotan yang unik serta penataan ruangnya meninggalkan kesan tersendiri bagi para pemirsa drama Korea. 

Banyak dari K-Drama Lovers yang ingin memiliki ruangan ala-ala drama Korea. Tapi sebelum itu, kalian harus tau dulu nih, apa saja furniture yang biasa digunakan dan segala 'tetek bengek' dari ruang ala drakor ini. 

Daftar Furniture Ala Korea yang Wajib Ada di Rumahmu

Ada beberapa Furniture Ala Korea yang wajib digunakan jika kalian ingin mendekor rumah dengan nuansa drakor. Dengan menambahkan perabot ini, suasana 'Korea' nya akan semakin terasa, guys. Ini dia daftarnya! 

1.  Sofa Berkaki

Serba-serbi Furniture Ala Korea Inspirasi dalam Menata Rumah
Source: shopee.co.id

Untuk bagian ruang tamu maupun ruang keluarga, kalian bisa menggunakan sofa berkaki, nih. Bukan tanpa alasan sofa jenis ini dijadikan pilihan. Ada dua alasan yang menjadikan sofa ini sebagai pilihan. 

Alasan yang pertama yaitu membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas. Pilihlah sofa dengan model slim. Sofa jenis bulk akan membuat ruangan terlihat sempit dan menghalangi pandangan. Alasan yang kedua, kalian akan lebih mudah dalam membersihkan bagian lantai. 

2.  Rak Gantung

Serba-serbi Furniture Ala Korea Inspirasi dalam Menata Rumah
Source: Pinterest

Biasanya, rumah ala Korea memilih menggunakan rak gantung daripada rak biasa. Hal ini dimaksudkan agar ruangan terlihat lebih luas dan rapi, guys. Rak ini bisa diletakkan di dapur, kamar, maupun ruang keluarga. Kalian bisa meletakkan barang koleksi dan juga foto keluarga disini. 

3.  Rak Buku

Serba-serbi Furniture Ala Korea Inspirasi dalam Menata Rumah
Source: Pinterest

Desain interior bergaya Korea modern biasanya menyertakan buku didalamnya. Bahkan di dalam ruang keluarga pun biasanya diletakkan buku-buku yang dipajang di atas rak buku. Kalian bisa memadukan rak buku dengan kursi santai maupun sofa. Bisa jadi sudut baca di dalam rumah, nih. Kalian bisa healing di rumah kalian sendiri. Biasanya rak buku diletakkan di dalam kamar dan juga ruang keluarga. 

4.  Cermin Besar

Serba-serbi Furniture Ala Korea Inspirasi dalam Menata Rumah
Source: grid.id

Kalian bisa meletakkan cermin besar di rumah kalian untuk menambah kesan Korea. Cermin ini akan membuat ruangan lebih luas. Pilihlah cermin dengan model minimalis, seperti cermin bundar yang saat ini sedang menjadi trend

Untuk membuat ruangan lebih bercahaya, letakkan cermin berlawanan dengan jendela rumah. Dengan begitu, cermin akan memantulkan cahaya matahari dari luar rumah dan rumah akan tampak lebih cerah. 

Ciri Rumah Ala Korea                                          

Setiap negara memiliki ciri khas nya masing-masing, termasuk untuk desain interiornya. Nah, Korea juga punya sendiri nih, guys. Mau tau? Simak dibawah ini, ya!

1.  Pencahayaan Terang Bernuansa Lembut

Ciri yang pertama adalah ruangan dengan pencahayaan yang terang namun tetap bernuansa lembut. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pencahayaan di tengah ruangan dan memakai shade lamp supaya cahaya yang dihasilkan merata dan tidak terlalu silau. 

2.  Memaksimalkan Cahaya Alami

Rumah dengan desain Korea menempatkan matahari sebagai sumber utama pencahayaan. Keunikan Furniture Ala Korea juga akan semakin menonjol dengan pengaturan cahaya alami yang maksimal. Sistem ini bisa didapatkan dengan meletakkan jendela besar menghadap ke matahari terbit. 

3.  Lantai Adalah Pusat Aktivitas Rumah

Budaya masyarakat Korea sama dengan masyarakat Jepang yang sebagian aktivitasnya dilakukan diatas lantai. Oleh karenanya, penataan lantai rumah harus dilakukan dengan maksimal demi kenyamanan warga rumah. Kalian bisa memakai lantai kayu, meletakkan karpet bulu, ataupun memakai meja kecil untuk mendukung aktivitas di rumah. 

4.  Penggunaan Kayu Berwarna Cerah Untuk Lantai dan Perabotan

Interior ala Korea banyak menggunakan bahan dari kayu tapi dengan pemilihan warna yang cerah. Hal ini juga berlaku untuk pemilihan warna lantai. Lantai yang gelap akan bertolak belakang dengan gaya Korea. 

Kalian bisa memilih lantai kayu dengan warna seperti pohon pinus untuk rumah kalian. Pemilihan furniture dengan bahan kayu berwarna cerah bisa membuat kesan rumah menjadi sejuk dan nyaman. 

5.  Ruangan yang Terbuka Tanpa Sekat

Korean design juga identik dengan ruangan tak bersekat. Ini akan membuat rumah terlihat lebih otentik. Ruang tanpa sekat bisa diterapkan pada rumah berukuran kecil. Tapi ingat, jika kalian menerapkan konsep ini pada rumah kalian, pastikan barang harus tertata rapi agar rumah tidak terlihat penuh. 

6.  Penggunaan Warna yang Sederhana

Ciri khas terakhir dari rumah bergaya Korea adalah pemilihan warna yang tidak terlalu banyak. Inilah yang memberikan rumah ala negeri ginseng terlihat menarik. Biasanya penggunaan warna dalam rumah ini hanya terdiri dari tiga warna. Seperti putih, coklat muda, dan peach. 

Serba-serbi Furniture Ala Korea Inspirasi dalam Menata Rumah
Source: Pinterest

Tips Menata Rumah Menggunakan Korean Design

1.  Gunakan furniture serba putih untuk memperoleh kesan elegan dan estetik. Selain itu, rumah akan terlihat lebih bersih. Dan jangan lupa, pilihlah perabotan yang simpel. 

2.  Jika penggunaan warna putih dirasa terlalu monoton, gunakan warna lain yang lebih soft. Seperti warna pink atau pastel. 

3.  Gunakan sofa warna putih dengan paduan bantal warna warni dan beberapa tanaman hias pada ruang tamu. 

4.  Pilihlah sofa panjang tanpa coffee table agar ruangan terlihat lebih lapang. 

5.  Pilih konsep open plan atau tanpa sekat.

6.  Gunakan lantai kayu dan maksimalkan fungsi lantai untuk aktivitas keluarga. 

7.  Lengkapi furniture rumah dengan rak buku yang eye catching

Nah, itulah tips and tricks menyusun rumah dengan nuansa ala Korea. Kira-kira kalian akan pakai Furniture Ala Korea yang mana, nih? Jangan lupa, pilih perabotan yang sesuai dengan kebutuhan mu, ya. Agar rumahmu tidak terlihat sempit. 

Sumber: midello.id, therumahproperty.com, www.malindafurniture.com

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.