Daftar Essence untuk Kulit Kering dari Brand Korea

Konten [Tampil]
Daftar Essence untuk Kulit Kering dari Brand Korea

Punya dry skin dan ingin punya kulit yang sehat dan terawat? Jangan lewatkan essence untuk kulit kering dalam tiap langkah perawatan kulit kalian. Apa sih sebenarnya essence itu dan seberapa penting untuk kulit kering?

Dilansir dari watsons.co.id, essence adalah skincare yang berbasis air atau water-based dan memiliki bahan aktif untuk melindungi, menghidrasi dan meningkatkan kesehatan kulit.

Perbedaan Essence dan Toner

Toner untuk kulit kering yang sudah kita bahas sebelumnya dan essence untuk kulit kering jika tidak diperhatikan terlihat sama. Namun sebenarnya kedua produk ini berbeda, lho. Apa sih bedanya toner dan essence?

1. Konsentrasi Bahan

Essence memiliki konsentrasi bahan yang lebih tinggi daripada toner. Sehingga efek dari essence ini lebih targeted dan fokus. Dalam mengatasi permasalahan kulit kering pun essence lebih unggul.

Sedangkan toner memiliki konsentrasi yang lebih rendah daripada essence. Toner lebih berfokus pada pembersihan kulit dari sisa make up dan kotoran yang masih menempel pada permukaan kulit. Apalagi untuk toner jenis exfoliating.

2. Tekstur

Tekstur yang dimiliki oleh essence lebih kental daripada toner. Teksturnya mirip seperti serum dan lotion yang cair. Sedangkan tekstur toner lebih cair seperti micellar water dan air.

3. Manfaat

Fungsi essence lebih berfokus untuk melembabkan kulit juga menutrisi lebih mendalam. Selain itu, essence juga dapat mencerahkan, meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan halus.

Sedangkan toner lebih berfokus pada pembersihan lebih mendalam kotoran, make up dan minyak yang tertinggal pada kulit setelah proses cleansing. Selain itu, toner juga mampu mengecilkan pori-pori dan menyeimbangkan pH kulit.

4. Kebutuhan untuk Kulit

Essence sebenarnya cocok untuk semua jenis kulit. namun, untuk jenis kulit kering memang sangat disarankan untuk memakai produk ini karena konsentrasinya yang berfokus pada melembabkan kulit.

Sama seperti essence,toner juga cocok untuk semua jenis kulit. toner lebih recommended untuk kulit yang berminyak dan berjerawat. Mengingat fokusnya yang lebih mengarah pada pembersihan kulit.

Meskipun kedua produk ini cocok untuk semua jenis kulit, sebelum memakainya, kalian harus memastikan terlebih dahulu apakah produk yang dipakai cocok untuk jenis kulit kalian.

5. Cara Pemakaian

Urutan pemakaian essence setelah pembersih/toner dan sebelum serum/pelembab. Cara penggunaannya adalah dengan meneteskan beberapa tetes ke telapak tangan dan tepuk ringan pada wajah.

Sedangkan toner dipakai setelah pembersih dan sebelum essence. Tidak seperti essence yang dapat digunakan langsung, toner harus dituangkan terlebih dahulu pada kapas. Teteskan pada kapas kemudian usap lembut di seluruh permukaan wajah.

Rekomendasi Korean Essence untuk Kulit Kering

Essence dikenal sebagai salah satu step kecantikan Korea dan Jepang. Brand-brand asal Korea berlomba-lomba menciptakan inovasi produk ini. Diantara brand-brand tersebut ada yang menciptakan essence untuk kulit kering. Ini dia beberapa rekomendasinya.

1. Nacific Phyto Niacin Whitening Essence

Nacific adalah salah satu skincare Korea yang sudah halal dan memperoleh beberapa sertifikat termasuk BPOM. Brand yang pernah menggaet Dita Karang, KPop idol asal Indonesia, menjadi brand ambassador-nya ini memiliki produk essence yang cocok untuk kulit kering.

Yaitu Nacific Phyto Niacin Whitening Essence yang merupakan essence yang dapat membantu menghidrasi sekaligus mencerahkan kulit. Karenanya, produk ini juga dapat dipakai untuk mengatasi kulit kusam juga noda hitam.

Essence dari Nacific ini memiliki kandungan bamboo extract, hyaluronic acid dan glycerin yang dapat membantu melembabkan kulit. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan vitamin C derivatives dan niacinamide yang berperan sebagai pencerah.

Menariknya, produk ini juga mempunyai kandungan yang dapat berfungsi sebagai anti aging yakni nelumbo nucifera flower extract dan molus alba bark extract. Tidak hanya cocok untuk dry skin, skincare ini juga cocok untuk kulit berminyak dan kulit normal.

Nacific Phyto Niacin Whitening Essence hadir dengan kemasan 50 ml. untuk harga berada di kisaran 370 ribu. Lumayan pricey, ya. Tapi, karena setiap satu kali pemakaian hanya membutuhkan beberapa tetes jadi produk bisa awet berbulan-bulan.

2. Innisfree Black Tea Youth Enhancing Treatment Essence

Kalian punya kulit kusam dan kasar? Essence dari Innisfree ini mungkin bisa jadi jawaban yang tepat untuk permasalahan tersbeut. Seperti namanya, produk ini memiliki kandungan utama black tea yang dikenal kaya akan antioksidan.

Kandungan ini dinilai mampu memperlancar siklus pergantian sel yang melambat hingga menyebabkan penumpukan dan kasarnya tekstur kulit. Alhasil, kulit akan terasa halus, bersih dan bercahaya.

Selain black tea, essence ini juga mengandung vitamin C derivatives yang berfungsi sebagai pencerah. Selain itu, ada juga kandungan anti aging yakni 8 peptides. Innisfree Black Tea Youth Enhancing Treatment Essence ini cocok untuk semua jenis kulit, dengan permasalahan kulit kusam dan mengelupas.

Kalian bisa mendapatkannya dengan sekitar 550 ribu rupiah, lebih mahal daripada Nacific Phyto Niacin Whitening Essence. Produk ini tersedia dalam dua pilihan kemasan yakni 75 ml dan 145 ml. Oh iya, essence ini sudah mengantongi sertifikat BPOM, ya.

3. COSRX Advanced Snail Mucin 96 Power Essence

Selain dikenal sebagai obat sakit gigi, lendir siput juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar skincare. Hal ini karena kandungannya yang dikenal mampu mengatasi kelembaban kulit yang berkurang juga mengembalikan vitalitas kulit.

Diantara kandungan tersebut adalah glycolic, hyaluronic acid, allantoin dan juga kolagen. Untuk itulah, COSRX memanfaatkannya sebagai bahan dasar untuk produk essence mereka yakni COSRX Advanced Snail Mucin 96 Power Essence. 

Produk ini memiliki formulasi snail mucin sebanyak 96%. Allantoin yang terkandung didalamnya berfungsi sebagai anti-inflamasi. Ada juga arginine yang berfungsi sebagai anti-aging dan juga pencerah. 

Tidak hanya cocok untuk kulit kering, produk ini juga cocok untuk semua jenis kulit. Terutama kulit sensitif dan berjerawat. 

Produk yang sudah bersertifikasi BPOM ini tersedia dalam kemasan 100 ml. Dibanderol dengan harga sekitar 275 ribu, yang mungkin akan membuat dompet cukup menangis. 

4. Pyunkang Yul Essence Toner

Tiga produk diatas udah cukup membuat dompet bersedih, kini ada rekomendasi terakhir yang bisa jadi ‘angin segar’ untuk dompet kita. Adalah Pyunkang Yul Essence Toner, yang juga bisa dipakai sebagai toner. 

Berapa harganya? Eits, sabar dulu. Kita bicarakan kandungannya terlebih dahulu. Essence ‘multitasking’ ini mengandung astragalus root extract yang dapat melembabkan, menjaga tingkat elastisitas kulit, anti-aging dan pencerah. 

Selain itu, produk dengan kemasan warna biru ini juga mengandung arginine dan butylene glycol yang juga berfungsi sebagai pelembab. 

Kelebihan dari produk ini adalah dapat meresap dengan cepat. Sehingga proses penyerapan skincare lain akan berjalan mulus. 

Produk ini cocok untuk semua jenis kulit dengan fokus permasalahan pada kulit sensitif, kemerahan dan berjerawat. 

Untuk kemasannya, Pyunkang Yul menyediakan tiga ukuran, yakni 30 ml, 100 ml dan 200 ml. Oh iya, hampir saja terlewat. Untuk harga berada pada kisaran 80 ribu. Lumayan ‘kan dengan harga segitu bisa dapat kulit glowing seperti artis Korea

Udah tau ‘kan ya bedanya toner dan essence untuk kulit kering? Untuk melengkapi treatment kulit kering kalian, ada produk lain yang bisa jadi pelengkap. Yakni serum untuk kulit kering yang akan aku bahas di artikel selanjutnya!

Sumber: id.my-best.com, IDN Times

21 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Essence Korea terkenal dengan teksturnya yang ringan dan kemampuannya untuk menembus ke dalam lapisan kulit terdalam untuk menghidrasi dan menutrisi kulit. Tinggal dipilih aja mana yang paling cocok untuk kebutuhan kulit kita dong ya

    BalasHapus
  2. Waktu belum tahu kadang aku suka kebalik toner sama essence. Kadang toner dipakai juga sebelum make up, haha. Pas udah tahu oh itu yg namanya essence yang biasa MUA pakai sebelum pelembab, hehe.

    BalasHapus
  3. Wow, melihat harganya saja bikin dompet menangis ya. Memang butuh usaha juga untuk memiliki kulit glowing seperti artis korea.

    BalasHapus
  4. Kenapa pemakaian toner harus dituang ke kapas dulu ya mbak? Tidak bisa dengan di spray saja? Ap

    BalasHapus
  5. Nacific sepertinya lumayan familiar di Indonesia, namanya sering terdengar diperbincangkan dalam dunia per-skincare-an. Produknya lumayan beragam juga, ya, termasuk ada essence di dalamnya

    BalasHapus
  6. Ini mah yang namanya ada harga ada rupa. Tapi...belum terjangkau euy, walaupun kulitku memang cenderung kering sih akhir-akhir ini. Mana cuaca juga pengaruh bikin kulit makin kering. Penasaran sama serum untuk kulit kering nih. Tunggu artikel berikut ah...

    BalasHapus
  7. Wah aku jg lagi butuh toner ini kebetulan keknya pas nih kalo mau dicobain hihi..
    apalagi aku jarang banget kan cocok sama toner, kadang kulit jadi makin kerin ggitu

    BalasHapus
  8. Wah, makasih banyak referensinya. Kebetulan kulit wajahku cenderung kering. Butuh treatment kgusus agar keringnya nggak saingan dengan saldo di akhir bulan.

    BalasHapus
  9. Essence punya keunggulan bagus ya buat menjadikan kulit wajah gak kering kerontang alias terhidrasi dengan baik. Apalagi ini essence-nya lagi Hits pula ya

    BalasHapus
  10. Sebelumnya, aku memang belum paham bedanya antara essence dan toner. Kupikir keduanya sama untuk menyegarkan gitu. Ternyata beda.

    BalasHapus
  11. Tulisan ini jadi mencerahkan, apa perbedaan toner dan essence. Jadi tidak ada yang salah pakai lagi. termasuk bagi yang kulit kering.

    BalasHapus
  12. Aku tuh cocok dgn Innisfree meski harganya agak sedikit mehong drpd lainnya. Utk penampilan, apapun akan aku lakukan. Yg pntg dpt cuan krn penampilan jg salah satu yg dibutuhkan saat jd influencer.

    BalasHapus
  13. Informasinya lengkap banget nih tentang essence untuk kulit kering! Jadi paham bedanya sama toner ya. Kayaknya penting banget nih buat tambahin ke rutinitas skincare biar kulit tetap lembab dan sehat. Nacific Phyto Niacin Whitening Essence kayaknya menarik juga, tapi harganya agak bikin mikir dua kali. Tapi, untuk kulit kering kayaknya worth it deh buat nyoba. Makasih ya udah sharing!

    BalasHapus
  14. Wah informasi seputar skincare Korea di sini makin lengkap aja infonya. Setelah sebelumnya facial wash, sekarang essence and Tonernya. Semkain tak sabar pengen cobain salah satu lroduk Korea ini

    BalasHapus
  15. Kulitku juga termasuk jenis kulit kering. Tap aku belum pernah coba diantara produk diatas. Kira-kira yang paling recomended yang mana ya.

    BalasHapus
  16. Jadi antara toner sama essence ini secara fungsi bisa saling menggantikan kah?
    Semisal gak ada toner, tapi langsung ke essence, bisa kan yaa..?
    Aku lagi ngincer 1 produk essence, soalnya.. punyanya Laneige. Soalnya produk dia gak ada toner. Langsung stepnya ke essence gitu..

    BalasHapus
  17. Skincare dari Korea ini sepertinya mulai disukai oleh masyarakat kita. Secara lihat hasil kulit orang Korea bagus-bagus ya...
    Kebetulan tipe kulit saya juga cenderung kering nih.

    BalasHapus
  18. Kadang bingung juga ya membedakan antara toner dan essence. Saat ini saya masih pake toner essence merk lokal. Baca2 artikel ini jadi tergiur untuk merasakan manfaat black tea dalam produk Innisfree nih. Mau aah cobain.

    BalasHapus
  19. Saya pengguna setia Pyung Kang Yul enak banget di kulit dan membuat kulit terasa terhidrasi sekali, yang lainnya belum mencobanya

    BalasHapus
  20. ketiga-tiganya bikin dompet mengsedih ya kak?? hihi...btw, antara toner sama essence, lebih sering pake toner dan ternyata kudu dua-duanya ya dipakenya

    BalasHapus
  21. Dari semuanya pernah coba yang Nacific aja. Memang enak sih di wajah. Nggak berat juga saat diaplikasikan di wajah

    BalasHapus